Setiap orang pasti mendambakan rumah dengan ruang yang leluasa untuk bergerak terutama bila memiliki anak. Anda mungkin salah satunya yang menginginkan rumah berkesan luas. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mendesain ulang agar tercipta ruang-ruang yang luas di rumah. Selain teknik pewarnaan pada plafon dan dinding serta pemakaian kaca cermin berukuran besar di dinding bisa menjadi tips yang jitu untuk menciptakan ruang luas tersebut.

Anda harus mencermati beberapa hal dalam pemilihan dan pemasangan plafon agar hasilnya lebih maksimal. Bila rumah untuk ditempati sendiri misalkan, maka pemilihan dan pemasangan plafon rumah haruslah sesuai dengan keinginan anda dan keluarga tentunya. Namun apabila anda ingin bisnis rumah yang artinya rumah akan dijual kembali, anda bisa memilih plafon yang tepat dan disukai banyak orang dan dengan harga yang minimal tentunya.

Namun plafon yang murah belum tentu memberikan rasa nyaman, begitupun sebaliknya dengan plafon yang mahal belum tentu memberikan kepuasan bagi Anda. Sebaiknya untuk pemasangan dan pemilihan plafon ini pastikan bahwa Anda ikut terlibat langsung dalam prosesnya, agar hasil akhirnya sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

 

Ingin plafon rumah Anda terlihat tinggi simak beberapa tips di bawah ini :

 

1 | Teknik Pengecatan pada plafon rumah

Apabila Anda bingung menentukan cat plafon yang sesuai untuk ruangan di dalam rumah anda? Pada sebuah keadaan tertentu penggunaan warna memang suatu teknik untuk membentuk citra atau persepsi orang terhadap sebuah ruangan. Pemilihan cat yang tepat akan membantu Anda merubah tata ruang menjadi lebih baik apabila ruangan sebelumnya dirasa kurang sempurna. Penggunaan teknik pewarnaan plafon ini tentu saja melibatkan elemen rumah lainnya yakni dinding. Untuk menciptakan kesan tinggi pada plafon, dinding sebaiknya berwarna lebih terang dan plafon dengan warna yang lebih gelap.

Cat warna terang juga bisa dipergunakan pada area yang ada di batas atas dinding dengan permukaan plafon. Warna gelap sebaiknya di aplikasikan pada dinding. Teknik pewarnaan yang seperti ini bisa menciptakan kesan pandangan mata yang membuat dinding lebih tinggi dari ukuran sebenarnya. Pada akhirnya Anda akan mendapatkan ruang-ruang yang terlihat lebih tinggi dari ukuran sebenarnya.

Apabila anda menginginkan kesan hangat maka Anda bisa memilih warna yang sedikit gelap seperti coklat atau abu-abu pada plafon di rumah anda. Dan sebaliknya pengguna warna cerah akan membentuk persepsi plafon rumah tinggi, seperti penggunaan warna putih pada ruangan yang plafonnya rendah.

Selain menggunakan teknik pewarnaan pada cat dinding dan plafon, Anda juga bisa menggunakan plafon yang mengikuti bentuk atap rumah Anda. Dengan cara ini ruangan akan terkesan lapang. Atap pelana kuda adalah desain atap yang sempurna untuk sebuah rumah dan kemudian ditutup dengan plafon.

 

2 | Plafon berbahan kayu

Anda bisa mendesain ulang plafon menggunakan bahan dari kayu papan panjang agar plafon rumah terlihat lebih tinggi dari ukuran sebenarnya. Kayu papan tersebut diatur dengan posisi vertikal sehingga ujung-ujung papan akan bertemu pada bagian atas dinding dan ujung-ujung lainnya berada di bagian bawah menempel pada konstruksi atap dibagian atas. Garis-garis vertikal inilah yang akan membuat plafon rumah terkesan lebih tinggi.

 

3 | Ketinggian pemasangan plafon yang sesuai

Pada dasarnya masalah ketinggian plafon ini juga menurut selera pemilik rumah saja. Namun bila Anda menginginkan tinggi plafon terlihat ideal maka biasanya ada kisaran ketinggian plafon yang sering kita jumpai, yaitu berkisar diantara 2,80 sampai dengan 3,50. Apabila anda bertanya bagaimana pemasangan plafon yang lebih baik, maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalkan menghadirkan kesan luas pada sebuah ruangan, maka yang bisa anda lakukan ada dengan memasang plafon pada ketinggian yang tinggi. Terapkan kombinasi antara teknik plafon dinaikkan (up ceiling) dengan bantuan warna cat. Bisa juga lakukan dengan sedikit modifikasi, yaitu menciptakan celah horizontal di bidang vertikal plafon. Anda harus mengecat permukaan bidang plafon dengan warna terang agar langit-langit terasa semakin tinggi dan ruang terkesan luas.

Kemudian lakukan teknik up ceiling modifikasi yang didukung oleh pencahayaan yang baik. Sebaiknya taruh lampu di celah atas, pada sudut pertemuan antara garis sudut dinding dan garis sudut permukaan plafon. Kemudian arahkan sinar lampu ke permukaan plafon. Dengan pengaturan cahaya seperti ini, permukaan plafon terlihat lebih terang sehingga menciptakan kesan lebih tinggi dari ukuran sebenarnya. Namun apabila plafon Anda memiliki perbedaan ketinggian, sisakan sedikit celah antara sudut pertemuan plafon dan dinding. Manfaatkan celah itu untuk menaruh lampu, lalu arahkan sinarnya langsung ke bawah. Teknik pencahayaan langsung ini akan menciptakan plafon yang berkesan lebih tinggi daripada sebenarnya.

 

Itulah beberapa tips yang bisa di pertimbangkan, apabila anda berencana membanagun rumah bertipe minimalis, bersama CV. Karya Mandiri bisa memberikan solusi dan inovasi untuk mewujudkan keinginan pembangunan rumah anda.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan