Rumah merupakan suatu tempat untuk dapat kita bernaung atau kita tempati untuk berteduh dari teriknya sinar matahari dan derasnya hujan. Rumah juga merupakan tempat ternyaman untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan melakukan aktivitas yang lainnya.

Terkadang anda bingung untuk membangun rumah baru anda atau cukup dengan merenovasi rumah yang sudah ada, hal ini memang sering membuat kita bingung karena kita tidak bisa sembarangan untuk memilihnya. Hal ini dapat memengaruhi kenyamanan kita dengan rumah tersebut.

Dalam setiap pilihan untuk bangun rumah atau renovasi rumah tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing yang dapat menjadi pertimbangan dalam memutuskan hal tersebut demi kenyamanan financial, batin dan lahiriyah.

Kelebihan Dan Kekurangan Bangun Rumah

Setiap membangun rumah tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan dari membangun rumah itu sendiri, berikut ini beberapa hal yang harus anda ketahui tentang kelebihan dan kekurangan dalam membangun rumah sendiri yaitu :

1.Kebebasan dalam mendesain rumah

Dalam pembuatan sebuah rumah tentu saja anda mempunyai keinginan untuk memiliki rumah yang bagus, yang nyaman untuk di tempati karena bentuk atau keadaan rumah juga memengaruhi emosional setiap orang dalam kehidupan sehari – harinya.
Jika rumah sempit dan penataan ruangan yang berantakan seringkali akan membuat kita menjadi emosional sehingga kita perlu mendesain sendiri bagaimana bentuk atau tatanan ruang dari rumah tersebut seperti yang anda inginkan.
Anda bisa juga mendesain rumah anda sendiri sesuai keinginan anda dan anda juga bisa meminta bantuan dari seorang arsitek untuk membantu anda dalam mendesain sebuah rumah agar rumah tersebut menjadi sesuai keinginan anda.

2.Rumah tumbuh

Rumah tumbuh disini yang di maksudkan yaitu rumah yang nantinya akan dikembangkan lagi. Jadi, untuk pertama kalinya anda membangun ruah dengan desain yang anda inginkan dan sesuai biaya yang anda miliki nanti suatu saat anda bisa dengan mengembangkannya lagi menjadi lebih dari yang anda inginkan dan mimpikan. Jadi rumah tumbuh adalah rumah kembangan.
Untuk model bangun rumah ini sangat cocok untuk menjadikannya rumah tumbuh karena anda saat membangun rumah yang pertama bisa juga mendesain yang nantinya akan dikembangkan dan hal itu bisa disesuaikan dengan dana yang anda miliki.

3.Biaya

Jika anda akan melakukan pembangunan rumah baru maka anda hanya perlu menyediakan dana untuk membuat rumah tersebut, hal ini meliputi biaya untuk membeli tanah atau lahan kosong, material – material yang berkualitas baik yang digunakan untuk membangun rumah agar bertahan hingga bertahun – tahun kemudian.
Selain itu, jika anda ingin mempunyai rumah yang berdesain fleksibilitas, bentuk dan lain – lainnya sederhana ini juga kira – kira akan memakan biaya yang sedikit tetapi jika anda ingin membangunnya dengan ukuran yang mewah maka tentu saja akan memakan biaya yang sangat banyak.

4.Pembangunan dapat menyesuaikan dengan dana yang anda miliki

Sebelum anda membangun suatu rumah tentu saja anda harus menghitung – hitung dahulu sekiranya akan mengeluarkan dana seberapa banyak untuk tipe – tipe rumah yang sudah anda inginkan dan anda idam – idamkan.
Hal ini dapat anda diskusikan dengan kontraktor yang anda percayai untuk membantu anda dalam merinci berapa banyak dana yang harus anda keluarkan dalam pembangunan suatu rumah yang anda inginkan.
Jika suatu rumah yang anda inginkan memakan biaya yang terlalu besar anda bisa menggantinya dengan pembangunan suatu rumah yang bisa sesuai dengan dana yang anda miliki sehingga anda tidak perlu berhenti di tengah – tengah pembangunan karena kekurangan biaya dalam pembangunan suatu rumah yang anda mimpikan.
Dengan membuat rumah yang sesuai dengan dana yang anda miliki merupakan nantinya akan menjadi suatu kepuasan tersendiri bagi anda karena rumah yang anda bangun juga merupakan desain dan rumah yang anda inginkan.

Kelebihan Dan Kekurangan Renovasi Rumah

Bagi anda yang memilih untuk merenovasi rumah dibandingkan membangun rumah juga memeilki sebuah kelebihan dan kekurangan masing – masing namun anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut sehingga anda dapat mempertimbangkannya dan menjadi bahan acuan dalam nanti memutuskannya.

Kelebihan dan kekurangan dari renovasi rumah yaitu sebagai berikut

1.Kebebasan dalam mendesain rumah

Karena rumah ini sudah dalam bentuk rumah jadi bukan tanah kosong maka anda harus menyesuaikannya dengan model bangunan terdahulu seperti bentuk lama dairumah tersebut dan jumlah kamar – kamar dari bangunan tersebut.
Anda bisa saja mendesain rumah yang akan direnovasi tersebut sesuai dengan keinginan anda namun hal ini juga harus memperhatikan keterbatasan – keterbatasan yang anda miliki seperti contohnya bentukdari bangunan tersebut, tatanan kamar bangunan tersebut.
Jika anda ingin merenovasi mungkin hanya bisa merenovasi sedikit sesuai dengan keinginan anda dan sisanya adalah keaslian dari bangunan terdahulu tersebut.

2.Rumah tumbuh

Rumah tumbuh yaitu rumah yang nantinya akan dikembangkan lagi dari rumah awal tersebut. Rumah tumbuh ini dirasa kurang cocok untuk termasuk dalam renovasi rumah. Hal ini karena rumah awal yang sudah terbatas desainnya yang tidak bisa anda rombak lagicukup sulit untuk nantinya menjadi rumah tumbuh.
Anda yang sudah memiliki keterbatasan untuk merenovasi rumah cukup sulit juga untuk menjadikannya rumah tumbuh juga. Namun, tidak perlu khawatir karena anda masih bisa mengembangkannya menjadi rumah yang anda inginkan yaitu dengan menyesuaikan dengan keadaan yang tersedia dan  dengan kontraktor yang menurut anda tepat dan dapat di percaya.

3.Biaya

Dalam kategori renovasi rumah banyak masyarakat yang mempercayai bahwa biayanya akan memakan dalam jumlah yang sedikit, hal ini terjadi karena tidak semuanya dibangun namun hanya beberapa ruangan yang menurut anda tidak sesuai dengan selera anda dan anda saat ada di bangunan lama tersebut kurang nyaman dengan bentuk dari ruangan tersebut.
Biaya yang nantinya akan dikeluarkan yaitu biaya untuk membongkar bagian ruangan yang anda tidak sukai dan pemasangan kembali bangunan yang nantinya akan dibangun dan hal itu merupakan biaya tambahan yang akan dikeluarkan saat merenovasi rumah.

4.Hemat tanpa biaya pembangunan

Bagi anda yang tidak ingin repot – repot mengeluarkan biaya pembangunan yang menurut orang – orang memakan biaya yang sangat banyak karena anda bisa langsung menempatinya dan jika anda ada yang merasa suatu ruangan tertentu kurang cocok dengan anda, anda bisa merenovasinya sedikit menjadi sesuai keinginan anda.

5.Praktis dapat langsung di tempati

Untuk anda yang cenderung ingin cepat menggunakan rumah yang baru atau memiliki keterbatasan waktu dalam waktu proses pembangun rumah baru yang cukup lama anda bisa membeli rumah yang sudah siap tempati dan bisa langsung menempatinya.

Hal ini sangat membantu anda karena jika ada yang perlu direnovasi tidak akan memakan waktu yang lama seperti membangun suatu rumah dan ini merupakan cara yang paling sederhana anda bisa menempati rumah dengan cepat, sederhana dan tentu saja dengan kenyamanan yang terjamin.

Demikian sedikit tips dari kami semoga bermanfaat untuk anda yang ingin bangun rumah atau renovasi .

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan