Jika kita berbicara mengenai seni desain eksterior rumah, maka bisa dipastikan akan menyinggung soal keberadaan taman yang ada pada rumah hunian. Keberadaan taman mungkin bisa dikatakan sebisa mungkin harus ada pada sebuah rumah hunian, mengingat banyaknya manfaat yang akan diberikan. Dari sisi penampilan sendiri, keberadaan taman tentu akan menambah tinggi nilai keindahan sisi eksterior rumah anda. Belum lagi dengan manfaat lainnya yang berkaitan dengan kesehatan, karena keberadaan taman sangatlah mempengaruhi kelancaran sirkulasi udara yang ada pada rumah. Maka sangat wajar, jika banyak orang mendambakan adanya taman pada eksterior rumah hunian mereka.

Namun pada realitasnya, orang masih terkendala dengan luas lahan yang ada ketika ingin menciptakan sebuah area taman pada eksterior rumah. Saat ini, memang luas lahan jadi problematika yang umum ditemui, terutama pada wilayah kota-kota besar dimana tidak banyak lagi ada lahan tersisa. Namun anda tidak perlu berkecil hati, karena kami akan berusaha berbagi pengetahuan kepada anda untuk tetap bisa mewujudkan adanya taman pada rumah anda, yaitu dengan metode taman minimalis. Apa sih itu taman minimalis? Bagaimana cara mewujudkannya ke dalam area rumah yang tidak terlalu luas? Lalu apa saja tips-tips untuk desain taman minimalis yang tidak hanya sehat namun juga tetap mengusung keindahan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari langsung saja kita simak bersama melalui pembahasan dibawah ini.

Apa Sih Taman Minimalis Itu?

Sebenarnya apa sih yang disebut taman minimalis itu? Taman minimalis bisa dikatakan merupakan sebuah konsep yang lahir dari adanya permasalahan luas lahan, dimana sang pemilik rumah juga menginginkan adanya sebuah taman pada lahan rumah mereka yang tidak terlalu luas. Taman minimalis merupakan sebuah konsep taman, dimana akan memakai luas lahan seadanya ataupun luas lahan sisa, namun tetap mengedepankan sisi fungsionalitas taman dan juga keindahan estetika yang ditampilkannya. Bisa dikatakan, bahwa ide desain taman minimalis yaitu bagaimana caranya menciptakan taman yang sehat dan indah meski pada lahan sempit.

Lalu apa hal pertama yang harus diperhatikan dalam menentukan desain taman minimalis anda? Yang pertama tentunya anda harus menganalisa dulu lahan anda. Tentukan bagian sisa lahan ataupun lahan yang bisa dimanfaatkan, untuk nantinya anda sulap menjadi taman yang cantik. Dari posisinya, ada beberapa letak yang biasanya dijadikan taman yaitu bagian depan, samping, maupun bagian belakang rumah. Pada bagian depan rumah, biasanya desain taman minimalis akan lebih menitikberatkan kepada aspek keindahan visual, karena letaknya yang berada pada area dimana terkoneksi dengan orang sekitar yang kebetulan sedang melintas. Dan pada bagian samping atau belakang rumah, ide desain taman biasanya lebih mengedepankan fungsionalitas, sebagai pemberi manfaat ekologis maupun area untuk bersantai ringan bersama keluarga.

Tips Desain Taman Minimalis


Jika memang ada lahan tersisa pada bagian depan rumah anda, maka anda bisa memulai untuk merancang taman minimalis anda sekarang juga. Manfaatkan space yang ada pada bagian depan rumah, sebagai area yang memberikan kesan hijau natural. Pada konsep desain taman minimalis, anda sebaiknya tidak memakai terlalu banyak jenis tanaman. Gunakan hanya beberapa jenis saja, sesuai dengan selera anda, namun pilihlah jenis tanaman yang sekiranya mempunyai bentuk beragam dan berbeda-beda antar satu dengan yang lainnya. Taman minimalis anda memang tidak terlalu besar, namun bukan berarti tidak bisa jadi menarik bukan? Anda bisa memakai pot bunga dengan bentuk yang menarik, lalu coba anda letakkan pada bagian tengah taman anda yang nantinya akan berguna sebagai focal point. Lalu pada desain taman minimalis, usahakan untuk memberi batasan visual yang cukup kentara. Seperti pada contoh ilustrasi diatas, adanya pola batuan yang membatasi taman minimalis anda pada bagian sampingnya akan membuat taman anda menjadi semakin tegas dan nampak mencolok.

Apakah lahan anda mempunyai area samping yang masih tersisa? Pada bagian area samping yang tidak terpakai oleh bangunan biasanya akan digunakan sebagai jalan alternatif ataupun jalan samping untuk masuk ke rumah. Lalu kenapa tidak anda coba manfaatkan untuk sekaligus menjadi taman daripada hanya sebagai area yang berfungsi untuk akses jalan. Seperti pada contoh ilustrasi diatas, anda bisa menciptakan sebuah taman minimalis pada bagian samping rumah anda. Sebuah taman yang kecil, namun memiliki bukaan yang lebar, akan sangat cocok jika diletakkan bersebelahan dengan ruang makan maupun ruangan keluarga. Untuk jenis tanaman, anda bisa memilih berbagai tanaman yang rindang untuk memberikan kesegaran pada ruangan disamping taman anda. Namun tetaplah menjaga jumlahnya, agar tidak terlalu penuh dan kacau dimana hal tersebut menyalahi konsep desain taman minimalis yang anda. Kemudian yang terakhir, anda bisa menambahkan desain jalan setapak dengan menggunakan paving block ataupun sejenisnya sebagai pijakan jalan akses keluarga anda. Pijakan ini jugalah yang akan memberikan sebuah garis visual, dimana sesuai dengan konsep desain taman minimalis yang bercirikan adanya batas yang kentara.

Pada desain taman minimalis yang berada pada bagian belakang rumah, maka anda bisa berkreasi dengan mengedepankan sisi fungsionalitasnya, atau bahkan keduanya. Anda bisa berkreasi menciptakan sebuah taman yang juga berfungsi sebagai area untuk bersantai bersama keluarga, dengan menambahkan satu set kursi dan juga meja kecil di tengah taman belakang anda. Tentu anda akan memilih furnitur dengan bentuk yang tidak terlalu besar dan juga jumlahnya yang tidak terlalu banyak untuk tetap dapat memberikan kesan minimalis pada taman anda. Anda boleh sedikit berkreasi dengan tanaman yang cukup beragam, namun perlu diingat untuk menjaga keteraturan letaknya agar tidak terjadi kekacauan visual. Dengan pengaturan yang pas maka dipastikan desain taman minimalis anda akan jadi tampak cantik dan berwarna.

Ingin punya taman minimalis tapi tidak ada sama sekali lahan yang tersisa? Tenang, anda bisa mensiasatinya dengan sedikit kreasi dan inovasi. Anda bisa mencoba untuk meniru tips desain taman minimalis seperti pada contoh gambar diatas. Anda bisa memanfaatkan bagian tangga yang berdekatan dengan dapur untuk disulap menjadi sebuah taman minimalis. Gunakan pot-pot kecil berisi tanaman kesukaan anda pada setiap bagian anak tangga. Pada bagian samping tangga yang berbatasan dengan tembok, anda bisa memberikan tambahan aksen berupa tanaman rambat atapun tanaman yang menjalar. Taman kecil pada area dekat dapur ini jelas sangat mendukung konsep taman minimalis dimana mengutamakan aspek manfaat. Jelas ada banyak sekali manfaat yang akan didapat dengan adanya taman kecil pada area dapur dan meja makan. Sedikit tips, tentu anda harus memberikan perhatian dan perawatan yang cukup ekstra jika taman anda berdekatan dengan area dapur, terutama dengan adanya kehadiran serangga dan sejenisnya.

Sedikit tips bagi anda yang berencana mengkreasikan taman minimalis anda untuk berada di dalam area rumah. Cobalah untuk memperhatikan temperatur ruangan dan juga pemilihan tanaman yang pas. Kemudian berikan bukaan yang lebar pada bagian atas taman minimalis anda. Jika memungkinkan, berikan bukaan yang mampu memancarkan sinar matahari secara langsung. Kelembaban juga merupakan variabel yang harus dijaga pada taman minimalis anda. Dan yang terakhir sebagai pilihan opsional anda bisa menambahkan pagar kecil sebagai pembatas jika memang ada banyak anak kecil di dalam rumah anda, demi keamanan si buah hati yang sedang dalam masa belajar dan rasa keingintahuan yang besar.
Demikian pembahasan singkat yang bisa kami berikan mengenai beberapa tips dalam mendesain taman minimalis. Semoga ulasan yang kami berikan bisa menambah pengetahuan anda dan juga sebagai inspirasi dalam menciptakan taman minimalis yang cantik dimana akan semakin menambah keindahan eksterior rumah hunian anda.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan