Bagi anda yang berencana untuk membeli kendaraan, tentunya terlebih dahulu harus membangun garasi yang nantinya akan berfungsi sebagai tempat untuk menaruh kendaraan. Jangan sampai anda justru menjadi bagian dari polemik di masyarakat yang belakangan ini makin marak, soal ketiadaaan garasi yang membuat akses jalan jadi terganggu. Tentu anda tidak ingin ikut terlibat di dalamnya bukan? Karena dengan menaruh kendaraan pribadi pada jalan umum, sama saja kita merampas hak orang lain.
Oleh sebab itu, keberadaaan garasi tentunya sangat diperlukan. Selain memberikan perlindungan terhadap kendaraan yang kita miliki, maka kita juga turut andil dalam menjaga ketertiban jalan tanpa harus mengganggu hak orang lain. Dan pastinya anda pun akan merasa lebih aman, jika kendaraan anda berada dalam lingkungan rumah, tanpa perlu khawatir akan berbagai hal yang tidak diinginkan.

Nah bagi anda yang kebetulan sedang mencari inspirasi untuk desain garasi, maka kali ini kita akan memberikan apa yang anda butuhkan. Simak saja berbagai desain garasi di bawah ini. Barangkali ada salah satunya yang menarik bagi anda, dan cocok untuk diterapkan pada rumah hunian anda. Jadi jangan kemana-mana ya, simak terus ulasannya hingga selesai!

Desain Garasi Dengan Konsep Carport

Pada umumnya, garasi akan ditempatkan pada bagian sisi samping atau bisa juga pada belakang rumah. Namun tentunya hal itu jadi sulit diwujudkan, jika tidak ada lagi lahan tersisa yang bisa dimanfaatkan. Kalau hal tersebut yang saat ini sedang anda rasakan, maka hadirkan saja garasi pada bagian depan rumah anda.

Anda bisa memakai desain garasi dengan konsep carport terbuka seperti pada contoh diatas. Dengan begitu, maka persoalan lahan yang terbatas tidak lagi menjadi sebuah masalah untuk anda. Dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada pada depan rumah anda, maka anda bisa menghadirkan sebuah area untuk memarkirkan kendaraan.
Dengan bentuk diatas, dimana hanya dinding dua sisi dan juga bagian penutup atap, mampu memberikan kesan tampilan yang apik. Dan pastinya desain ini akan cocok untuk berpadu dengan rumah minimalis anda. Dengan konsepnya yang simpel, namun tetap mengedepankan fungsionalitas, jelas sangat serasi dengan tema minimalis yang ada pada hunian anda.
Penggunaan warna putih untuk keseluruhan desainnya, menjadi sebuah penanda yang jelas karena kontras dengan warna abu-abu pada rumah. Atau bisa juga sebaliknya, jika bangunan anda memakai warna putih, maka untuk desain garasi ini bisa anda berikan warna abu-abu atau krem agar bisa menjadi penanda visual yang kentara. Tambahkan satu penerangan besar pada bagian tengah atapnya, agar tampil makin cantik di malam hari.

Desain Garasi Dengan Kanopi

Untuk desain garasi yang berikutnya masih serupa dengan yang sebelumnya, yaitu dengan memanfaatkan area yang ada pada depan rumah. Yang berbeda, desain garasi kali ini menggunakan kanopi, sebagai media untuk memberikan perlindungan pada kendaraan anda. Mengingat harga pemasangan kanopi yang terbilang tidak terlalu mahal, maka ide desain garasi yang satu ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk anda yang sedang bingung dalam merancang garasi.

Untuk merancang garasi dengan kanopi ini, maka anda bisa menggunakan baja ringan yang terbilang ekonomis. Meski ekonomis, namun untuk urusan kualitasnya baja ringan tidak bisa dianggap remeh. Sehingga baja ringan bisa menjadi pilihan yang ideal untuk material garasi anda. Pada bagian atapnya anda bisa menggunakan material kaca ataupun alderon, yang mampu menahan panas dengan baik dan juga tidak berisik saat sedang hujan.
Meskipun terbilang sederhana, namun desain diatas masih terlihat oke untuk berpadu dengan rumah minimalis anda nantinya. Penggunaan warna putih pada seluruh tiangnya, kemudian bentuk atap segitiga seperti diatas, tetap mempunyai kelayakan estetik untuk menunjang sisi minimalisnya. Dan sedikit saran, sebaiknya hindari material atap spandek atau zincalume, karena kurang dalam meredam panas dan cenderung berisik saat hujan tiba.

Desain Garasi Bergaya Skandinavia

Konsep minimalis merupakan sebuah konsep yang bisa dikatakan cukup mudah untuk digabungkan dengan konsep lainnya. Karena memang sifatnya yang cenderung simpel, dimana tidak menghadirkan banyak hal berlebih, dan lebih mengutamakan sisi fungsi yang maksimal. Contohnya adalah melalui perpaduan di bawah ini, dimana garasi bergaya skandinavia mampu menambah cantik gaya minimalis yang diusung pada bangunan rumah.

Gaya skandinavia sangat terasa sekali melalui adanya penggunaan kayu pada pintu garasi, dan juga pada atap. Kemudian pada bagian atas ruang garasi, penyusunan kayu memanjang, yang dilapisi material kaca untuk penutupnya, memberikan bukaan cukup lebar ke dalam garasi tersebut. Tentunya hal ini membuat suasana di dalam garasi pada siang hari menjadi lebih cerah dan terang meskipun tanpa penerangan, karena sudah ada pencahayaan alami yang masuk.
Jika anda berniat menghadirkan desain garasi ini ke dalam hunian minimalis anda, anda bisa gunakan pintu kayu dorong seperti di atas. Nantinya, kesan natural tersebut akan semakin menambah aspek keindahan dari tampilan minimalis yang ada. Untuk bagian dinding, membiarkan tampil apa adanya atau unfinished boleh juga untuk dicoba.

Desain Garasi Samping Rumah

Untuk desain garasi yang berikutnya ini letaknya berada pada samping rumah. Sehingga bagi anda yang masih memiliki lahan sisa di bagian samping, tentunya ide desain ini cocok untuk anda pertimbangkan. Tidak perlu bentuk yang megah dan berlebihan, untuk mendapatkan penampilan yang indah secara simpel dan sederhana.

Contohnya melalui desain garasi yang satu ini. Cukup dengan bentuk persegi panjang sederhana, namun bisa memberikan kesan tampilan yang indah secara estetik. Dengan penggunaan material yang di dominasi oleh kayu, menjadikannya nampak memberikan perlindungan yang hangat bagi kendaraan milik anda. Jika masih ada lagi sedikit sisa lahan di sebelah garasi, maka hadirkan taman mini yang bisa menambah kesan natural untuk penampilannya.
Pada bagian dalam, dinding kayu yang telah dipernis membuat interior garasi anda tampil cantik nantinya. Ditambah dengan pencahayaan lampu yang sedikit temaram, mampu menambah kesan hangat yang ada. Untuk bagian pintunya, anda bisa menggunakan pintu dorong samping maupun pintu tarik dari atas. Tidak perlu banyak menambahkan sentuhan dekoratif, agar kesan minimalis yang ada tetap terjaga dan berpadu selaras dengan tema hunian anda.

Desain Garasi Dengan Pintu Kaca

Kemudian untuk anda yang menginginkan adanya kesan modern dalam gaya minimalis, maka bisa mencoba ide desain yang satu ini. Mungkin biasanya elemen kaca akan digunakan sebagai material atap carport. Namun untuk kali ini akan kita gunakan sebagai material pintu penutup garasi anda.

Dan anda bisa melihat contoh hasilnya melalui desain di atas. Terlihat jadi lebih modern bukan? Anda bisa mengaplikasikan ide desain ini untuk rumah minimalis anda yang memiliki lantai lebih dari satu. Atau jika hanya berlantai satu, maka anda bisa tempatkan garasi anda pada samping rumah. Hasilnya tidak akan kalah memukau kok!
Desain garasi dengan pintu kaca ini selain memberikan kesan yang lebih elegan serta modern, juga juga memberikan dampak adanya pencahayaan yang maksimal. Namun jika anda ingin merapkan ide desain garasi ini, maka sebaiknya perhatikan dengan cermat aspek keamanan yang ada. Terapkan standar keamanan yang tinggi pada rumah hunian anda, atau setidaknya dengan pemasangan kamera CCTV untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.
Nah itu tadi ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai berbagai desain garasi elegan yang cocok untuk diterapkan pada rumah bergaya minimalis. Semoga ulasan kali ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan