Bagian belakang rumah memang seringkali menjadi area yang sangat cocok sebagai tempat untuk mendapatkan relaksasi. Biasanya sebagian besar orang akan menata bagian belakang rumahnya untuk menjadi taman yang asri. Dengan keberadaan taman ini diharapkan mampu menjadi area penyejuk dan juga tempat untuk relaksasi bagi siapapun penghuni yang membutuhkan suasana nyaman dan menyenangkan.
Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai taman belakang, akan tetapi lebih kepada desain patio yang bisa Anda terapkan pada taman belakang. Apa sih perbedaan patio dengan taman? Secara mudahnya, patio lebih dikhususkan sebagai area bersantai karena di dalamnya terdapat kursi, meja, ataupun perabotan lainnya yang bisa digunakan untuk bersantai seperti tempat tidur gantung.

Lalu seperti apa desain patio yang cantik dan mampu memberikan suasana relaksasi yang tenang dan mendalam? Yuk langsung saja kita lihat bersama melalui pembahasan di bawah ini!

Patio Bergaya Semi Etnik

Untuk desain yang pertama hadir dari patio bergaya semi etnik. Tentu cukup mudah untuk mengadopsi desain patio ini, karena memang desainnya yang terbilang sederhana dan tidak membutuhkan banyak detail yang rumit. Jika terdapat kolam renang pada bagian belakang rumah Anda, maka rasanya pilihan desain ini bisa menjadi pasangan yang pas untuk berada disampingnya.

Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa furnitur berbahan kayu berupa kursi dan juga meja berkaki rendah seperti diatas. Tambahkan tempat tidur gantung yang bisa digunakan untuk berbaring dan juga menambah kesan etnik yang ingin anda terapkan. Untuk bagian penutupnya, Anda bisa menggunakan kanopi yang berbahan membrane pada bagian atapnya.

Patio Dengan Tema Skandinavian

Bisa menyatu dengan alam rasanya adalah sebuah hal mewah, terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan besar. Semakin berkembangnya industrialisasi, dan juga semakin padatnya penduduk, membuat berbagai tempat alami yang ada sudah mulai tergerus tergantikan oleh berbagai bangunan. Jadi, mulailah untuk mengubah taman belakang Anda menjadi area untuk menyatu kembali dengan alam.

Sangat mudah sekali untuk menerapkan patio bertema skandinavian ke dalam taman belakang. Karena memang tidak dibutuhkan banyak hal. Yang Anda perlukan hanyalah menempatkan sebuah kursi memanjang, dua kursi biasa, dan sebuah meja. Cukup hanya itu saja, tanpa perlu ada hal lainnya
Gaya skandinavian memang sangat identik sekali dengan alam terbuka. Dengan begitu maka Anda tidak membutuhkan adanya atap pada patio Anda nantinya, karena Desain patio ini membutuhkan bukaan yang lebar. Untuk bagian lantainya Anda bisa menggunakan paving blok ataupun material lainnya. Sederhana memang, namun untuk suasana yang di dapat tentu tidaklah mengecewakan.

Patio Dengan Elemen Kayu

Memang sudah tidak diragukan lagi bahwa elemen kayu mampu memberikan kesan dan nuansa yang hangat secara alami. Terlebih jika elemen kayu tersebut dihadirkan bersebelahan langsung dengan unsur alam yang ada, tentunya akan menjadi jauh lebih natural. Ide itulah yang mendasari desain patio yang satu ini.

Untuk bisa menciptakan desain patio yang ini maka Anda membutuhkan cukup banyak material kayu nantinya. Gunakan elemen kayu sebagai landasan atau lantai tempat patio Anda berada. Anda bisa menggunakan split level atau ketinggian yang berbeda untuk lantai kayu tersebut seperti pada contoh di atas.
Pada pemilihan furniturnya tentu sangat disarankan untuk lebih dominan menggunakan meja dan juga kursi yang berbahan dasar kayu. Namun meski begitu tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk menambahkan hal lainnya seperti sofa ataupun meja yang lebih berkesan modern. Yang penting dari keseluruhan detail yang ada tetap di dominasi oleh unsur kayu agar desain patio yang anda rancang mampu tampil secara sempurna.

Patio Diatas Kolam Ikan

Tentu rasanya sangat menyenangkan jika bisa bersantai minum teh bersama keluarga di sore hari, sembari menikmati gemericik air dan juga melihat ikan hias yang berenang kesana kemari. Hal ini bisa Anda dapatkan setiap hari, jika Anda mengadopsi desain patio yang satu ini.

Pada bagian lantai patio, Anda bisa menggunakan warna putih yang nantinya akan terlihat kontras dibandingkan warna elemen kayu yang ada pada pinggir kolam. Perbedaan warna inilah yang juga memberikan batas visual antara ruang patio dengan pinggiran kolam ikan. Untuk warna pada furnitur, Anda bisa bebas memilih sesuai dengan kesukaan Anda. Warna putih yang senada dengan lantai juga oke, seperti contoh diatas.
Jangan lupa untuk memperhatikan tinggi lantai patio dan juga volume air maksimal pada kolam Anda saat merancangnya. Usahakan agar terdapat adanya jarak yang cukup, untuk menghindari adanya lantai licin karena air kolam seringkali membasahi lantai patio. Ingin patio ini tampil romantis untuk acara makan malam? Tentu bisa. Cukup tambahkan penerangan yang cukup agar patio Anda bisa difungsikan pada malam hari.

Patio Pada Sudut Taman Belakang

Kemudian yang berikutnya ada desain patio yang bisa Anda terapkan pada sudut taman belakang Anda. Daripada melebarkan taman Anda, kenapa tidak Anda gunakan saja spacae yang ada untuk digunakan sebagai patio multifungsi. Selain sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, nantinya patio ini bisa juga Anda gunakan sebagai area untuk meeting kecil bersama klien. Tentu menjadi jauh lebih menyenangkan diiringi dengan hamparan pemandangan cantik nan alami.

Untuk mengkreasikan desain patio yang satu ini juga terbilang cukup mudah. Berikan space berupa persegi panjang yang akan dipasang paving blok sebagai lantai untuk patio. Anda bisa menambahkan furnitur berupa kursi dengan sandaran tangan, untuk memberikan kesan yang lebih semi formal saat akan digunakan untuk rapat nantinya.
Berikan sebuah meja panjang pada tengah patio, yang bisa dipakai untuk menaruh cangkir dan juga gelas saat menjamu tamu penting Anda. Menambahkan dekorasi berupa pot bunga kecil di atas meja, dan juga lukisan bunga pada dinding patio, akan membuat tampilan patio Anda semakin cantik dan menarik. Yang pasti para tamu Anda akan betah berbincang lama jika berada di patio yang menyejukkan ini.

Patio Bergaya Minimalis

Lalu yang terakhir, ada patio bergaya minimalis yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda. Idenya yang simpel, pasti akan cocok diterapkan bagi Anda yang tidak terlalu suka hal yang ribet dan detail. Terlebih lagi jika memang gaya interior Anda mengusung tema serupa, maka patio ini akan semakin menambah tinggi nilai keseluruhan dari penampilan hunian Anda.

Desain patio ini juga cocok untuk Anda yang kurang memiliki waktu dalam mengurus taman belakang milik Anda. Karena memang luas taman yang ada terbilang cukup kecil dibandingkan dengan area patio. Kesan minimalis bisa Anda dapatkan dari adanya tempat duduk yang berbentuk huruf L pada sudut patio. Menggunakan elemen kayu, yang terlihat kontras dengan dinding taman, menjadikannya nampak apik meskipun terbilang sederhana.
Pada bagian lantainya Anda bisa menggunakan tegel, keramik, ataupun material lainnya. Untuk penataan tamannya, tanaman yang ada bisa Anda atur untuk mengelilingi patio sehingga membentuk huruf U. Kemudian Anda juga bisa menambahkan beberapa lampu pada bagian dinding atas patio jika memang Anda akan memfungsikan patio ini untuk bersantai pada malam hari.
Nah itu tadi ulasan singkat yang bisa kami bagikan mengenai berbagai desain patio yang pastinya bisa membuat suasana relaksasi Anda menjadi jauh lebih alami dan juga menenangkan. Semoga bermanfaat untuk Anda, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan