Tentunya kita semua sepakat bahwa membangun rumah merupakan sebuah hal yang terbilang rumit, serta membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan juga biaya. Oleh sebab itulah, kita harus bisa menghindari adanya kesalahan yang tidak perlu dalam membangun rumah. Karena dengan melakukan kesalahan sama halnya dengan menambah waktu, tenaga, dan juga biaya yang lebih untuk memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat. Nah untuk anda yang kebetulan sedang akan membangun rumah, maka perlu untuk menyimak pembahasan kita kali ini mengenai berbagai kesalahan dalam membangun rumah yang paling sering terjadi. Dengan mengenali berbagai kesalahan yang umumnya terjadi, maka kami harapkan anda bisa terhindar dari berbagai hal yang membuat anda harus mengeluarkan effort yang ekstra dalam proyek pembangunan rumah yang akan anda kerjakan nanti.

Membangun rumah jelas tidak hanya sekedar menyediakan anggaran yang cukup. Anda tentunya harus memahami setidaknya gambaran besar dalam kaidah pembangunan rumah yang benar. Jika anda melakukan kesalahan, jelas hanya akan membuat anda keluar dana lagi untuk memperbaiki kesalahan yang anda perbuat. Dan yang lebih parahnya, selain harus mengeluarkan dana ekstra, tentunya anda akan kehilangan banyak waktu dan juga tenaga. Sebuah pemborosan bukan?

Karena itulah, sebuah tindakan yang bijak jika anda meluangkan sejenak waktu untuk mengenali berbagai macam kesalahan yang tidak seharusnya anda lakukan dalam membangun rumah. Lantas kesalahan apa saja sih yang umumnya kerap terjadi saat membangun rumah? Yuk langsung saja kita ulas bersama melalui pembahasan di bawah ini!

  • Perencanaan Awal Yang Asal-Asalan

Anda tentunya sudah tahu bahwa membangun rumah adalah sebuah pekerjaan yang bisa dikatakan tidak mudah. Ada berbagai macam hal yang harus direncanakan dengan detail dan matang. Jika perencanaan awal anda asal-asalan, maka hanya tinggal menunggu waktu saja untuk menemui berbagai kendala di kemudian hari. Dan kendala yang harus anda hadapi, sama saja halnya dengan anda harus keluar biaya lagi.

Biasanya yang sering terjadi adalah gegabah dalam menentukan anggaran. Terkadang seseorang memaksakan diri untuk membangun rumah, padahal anggaran yang ditetapkan terbilang mepet. Yang terjadi kemudian adalah adanya penghematan besar-besaran, dimana lebih mementingkan harga yang murah tanpa memperdulikan kualitas. Dan bisa ditebak akhirnya, hasil bangunan tidak akan memuaskan. Jikalau cukup memuaskan, resiko berikutnya adalah tidak tahan lama, karena dibangun dengan berbagai material murah yang tidak terjamin kualitasnya.

Kemudian asal-asalan dalam menentukan konsep desain rumah juga merupakan kesalahan yang harus anda hindari. Sudah bukan jamannya lagi untuk membangun rumah asal jadi. Konsep desain rumah jelas harus anda tetapkan dengan mantap pada tahap awal. Konsep rumah yang asal jadi, baru akan terasa di kemudian hari. Rasa tidak betah, tidak nyaman, dan juga penyesalan yang anda rasakan, jelas akan memaksa anda mengeluarkan banyak biaya untuk merombak rumah yang telah anda bangun. Akan lebih baik jika anda menentukan desain rumah yang bagus dan mengikuti perkembangan seni desain masa kini, dimana sesuai dengan selera anda. Tentunya anda ingin menikmati rumah yang hasilnya bisa anda rasakan dalam jangka waktu lama bukan?

  • Acuh Terhadap Izin Mendirikan Bangunan

Lalu kesalahan berikutnya yang kerap terjadi adalah lalai dalam mengurus Izin Mendirikan Bangunan. Hal ini rasanya sudah sering terjadi pada masyarakat kita, dimana terlalu menggampangkan urusan IMB. Padahal jelas IMB ini merupakan sebuah aturan penting yang harus ditaati sebelum anda mulai membangun rumah.

Jika anda mengabaikan masalah IMB ini, maka anda bisa dikatakan telah melakukan tindakan pelanggaran hukum. Sebenarnya kewajiban pengurusan IMB ini bukanlah semata-mata untuk mempersulit anda dalam membangun rumah. IMB ini justru sebagai salah satu tindakan dalam perencanaan pembangunan sesuai rencana tata ruang daerah yang bersangkutan.

Jika anda lalai dalam hal ini, maka jelas sanksi telah menanti anda. Sanksi yang dapat diberikan kepada pemilik rumah yang tidak memiliki IMB ada beberapa macam. Sanksi dapat berupa sanksi administratif, sanksi pemberhentian pembangunan apabila rumah dalam proses pembangunan, hingga sanksi pembongkaran rumah. Tentunya anda tidak ingin hal ini menimpa anda bukan?

  • Sembarangan Dalam Memilih Material

Pemilihan material jelas harus anda perhatikan dengan seksama untuk mendapatkan hasil bangunan yang memuaskan. Jika anda sembarangan dalam memilih material, maka dipastikan berbagai kendala siap menghadang anda di kemudian hari. Apakah anda ingin hal ini terjadi?

Material yang berkualitas jelas harus menjadi prioritas utama untuk anda. Dan material yang berkualitas tidak harus mahal kok. Anda bisa melakukan survey, mencari material berkualitas yang sedang ada diskon, hingga mengajak toko material yang anda percayai untuk menjadi rekanan. Banyak kok cara untuk mendapatkan material berkualitas namun dengan harga yang miring. Alternatif lainnya anda bisa menggunakan material bekas yang memang masih bagus kondisinya. Intinya, ada banyak cara untuk mendapatkan material yang berkualitas tanpa harus mengeluarkan dana yang terlalu mahal.

  • Tidak Memperhatikan Kaidah Pembangunan Rumah

Membangun rumah jelas tidak bisa asal membangun saja. Ada berbagai hal yang harus anda ketahui, dan nantinya harus anda taati. Hal ini tentunya bukan untuk memberatkan anda, karena semuanya akan kembali lagi kepada anda. Dengan anda tidak mentaati kaidah yang berlaku, maka sama halnya dengan anda merugikan diri sendiri.

Contohnya adalah mengenai jarak rumah dengan jalan umum. Banyak terjadi kasus dimana orang memanfaatkan luas lahannya secara maksimal, tanpa memikirkan adanya kemungkinan pelebaran jalan. Hal ini memang bukanlah sebuah tindakan yang salah, karena yang dimanfaatkan masih tanah milih sendiri sesuai dengan sertifikat yang dimiliki. Namun anda harus mengerti akan adanya pertumbuhan pembangunan, terutama pada kota-kota besar. Jadi akan lebih baik bagi anda memberikan jarak terhadap jalan umum, untuk mengantisipasi adanya pelebaran jalan di kemudian harinya. Dengan memikirkan potensi yang akan terjadi sejak sekarang, maka anda sudah meminimalisir adanya resiko di kemudian hari bukan?

Kemudian contoh yang berikutnya adalah mengenai perbandingan tinggi lantai rumah anda dengan tinggi jalan. Apa yang akan terjadi jika tinggi lantai rumah anda setara dengan tinggi muka jalan? Hal ini jelas mengakibatkan masuknya air hujan apabila saluran drainase di daerah tersebut tidak berjalan dengan baik. Sangat merugikan bukan?

Dan ada banyak sekali kaidah lainnya yang sebaiknya anda ketahui sebelum mulai membangun rumah. Semisal mempertimbangkan arah aliran air tanah. Kemudian mempertimbangkan adanya sumur resapan. Hingga mempertimbangkan estetika bangunan anda terhadap kawasan yang anda tempati. Semua hal tersebut tentunya harus anda perhatikan dengan cermat sebelum membangun rumah.

  • Asal Dalam Memilih Jasa Pembangunan Rumah Anda

Kemudian yang terakhir datang dari penyedia jasa yang akan membantu anda mewujudkan rumah impian anda. Apapun itu, baik kontraktor ataupun pemborong, jika anda asal-asalan dalam memilihnya maka sama saja dengan anda membuka pintu masalah. Jika anda ingin mempercayakan kepada kontraktor misalnya, maka pilihlah yang memang sudah memiliki rekam jejak memuaskan. Ada harga tentunya akan ada sebuah kualitas yang akan dinikmati. Tidak perlu ragu untuk membayar sedikit lebih mahal, jika memang hasil akhirnya bisa memuaskan dalam jangka waktu yang lama. Pilihlah kontraktor yang memang sudah profesional dan juga terpercaya, agar anda mendapatkan jaminan ketenangan di kemudian hari.

Nah jadi itu tadi ulasan mengenai berbagai kesalahan dalam membangun rumah yang paling sering terjadi. Dengan anda mengenali berbagai macam kesalahan tersebut, maka kami harapkan bisa membuat anda lebih cermat lagi sehingga tidak harus merasakan dampak negatifnya. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada bahasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan