Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah pribadi? Pastinya anda semua ingin memiliki rumah yang berstatus milik sendiri. Akan ada banyak keuntungan dan juga kebanggan tersendiri rasanya jika sudah mampu memiliki rumah yang tidak lagi berstatus sewa ataupun kontrak. Nah kali ini kita simak yuk berbagai panduan lengkap dalam membangun rumah, agar anda memiliki gambaran yang jelas sebelum memutuskan untuk membangun rumah.

Untuk memiliki rumah pribadi sebenarnya ada dua cara, yaitu dengan membangun sendiri ataupun dengan membeli. Terlepas dari segi biaya, ada keuntungan yang akan anda dapatkan saat memutuskan untuk memiliki rumah pribadi dengan cara membeli. Yaitu adanya penghematan waktu, tenaga, dan juga pikiran. Namun dengan membeli rumah, seringkali anda tidak bisa mendapatkan bentuk rumah yang sesuai 100% dengan konsep yang anda inginkan.

Jika anda menginginkan rumah pribadi yang nantinya sesuai sepenuhnya dengan apa yang anda impikan, maka membangun rumah adalah cara yang paling tepat untuk anda. Seberapa sulitkah membangun rumah itu? Banyak anggapan bahwa membangun rumah sendiri itu rumit dan melelahkan. Namun jika anda telah memahami garis besarnya, rasanya proses pembangunan anda terasa jadi lebih ringan karena anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan terencana. Lantas apa sajakah yang harus diketahui sebelum kita memutuskan untuk membangun rumah sendiri? Yuk deh kita simak pembahasan di bawah ini mengenai berbagai panduan lengkap dalam membangun rumah!

  • Tahapan Awal

Sebelum memulai untuk membangun rumah, tentunya ada berbagai tahapan awal yang harus anda perhatikan. Tahapan awal ini jelas menjadi sangat penting, karena memiliki pengaruh yang besar dalam kelancaran proses pembangunan rumah anda nantinya. Karena itu jangan sepelekan soal tahapan awal ini ya!

  • Perencanaan

Pada bagian ini, anda bisa memulai untuk menyusun budget anda dalam membangun rumah. Pastikan budget anda tidak terlalu minim dan juga mepet. Selalu sediakan budget cadangan untuk mengantisipasi berbagai hal tak terduga yang nantinya terjadi di lapangan.

Penyusunan budget ini tentunya ada kaitannya dengan pemilihan lahan anda. Jika memang anda berencana membangun rumah untuk investasi jangka panjang, maka pastikan anda memilih lahan yang strategis. Dan pada lahan yang strategis tentunya akan berpengaruh terhadap harga belinya. Jadi sesuaikanlah kebutuhan anda, dan aturlah budget anda secara matang.

  • Tetapkan Konsep Desain Rumah

Rumah seperti apa sih yang anda inginkan? Apakah yang bergaya minimalis, mediteranian, skandinavian, atau yang lainnya? Tentukan secara mantap konsep desain rumah yang ingin anda wujudkan nantinya. Ada banyak inspirasi di luaran sana yang bisa membantu anda menjatuhkan pilihan pada konsep yang paling pas dan sesuai untuk anda.

Untuk anda yang menyukai kedekatan dengan alam, maka konsep skandinavian bisa menjadi pilihan untuk anda. Ingin yang simpel tapi elegan? Mak konsep minimalis rasanya cocok untuk anda. Terlebih jika budget anda tidak terlalu besar, rasanya konsep minimalis inilah yang paling tepat untuk jadi pilihan.

Kemudian mulailah untuk membuat gambar rencana bangunan, seperti gambar denah ruang, denah bangunan, gambar 3D, gambar tampilan dan gambar detail. Ada banyak sekali software yang bisa membantu anda dalam hal ini. Jika memang anda sudah mahir, maka anda bisa mengerjakan ini sendiri. Namun jika anda masih kebingungan, maka jangan ragu untuk meminta bantuan profesional dari arsitek.

  • Mengurus Perijinan

Terkadang banyak dijumpai kasus dimana orang melalaikan hal ini. Mengurus perijinan seperti IMB atau Ijin Mendirikan Bangunan misalnya, jelas merupakan hal wajib yang harus dipenuhi pada tahapan awal pembangunan. Jika anda mengabaikan hal tersebut, maka bersiaplah untuk mendapatkan berbagai macam sanksi yang berlaku. Tentunya anda tidak ingin mendapatkan masalah bukan? Karena itu jangan sampai anda mengabaikan hal penting ini ya!

  • Menyusun Rencana Anggaran Biaya

Lalu yang berikutnya anda mulailah untuk menyusun RAB. Apa itu RAB? RAB (Rencana Anggaran Biaya) atau yang disebut juga dengan cost planning adalah perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk pekerjaan pembangunan anda nantinya. Dengan adanya RAB ini maka biaya total yang dibutuhkan sampai proyek tersebut selesai telah anda ketahui dan bisa anda perkirakan sejak awal.

RAB ini jelas sangat anda perlukan sebagai acuan dalam pengerjaan proyek anda agar pembangunan bisa berjalan dengan lancar. Saat anda menyusun RAB, lakukanlah dengan rinci dan juga jelas untuk memastikan dana dan budget digunakan secara tepat.

Berikut ini langkah-langkah dalam menyusun RAB:

  • Persiapkanlah gambar kerja.

Gambar kerja ini akan digunakan untuk menentukan semua jenis pekerjaan, spesifikasi dan ukuran bahan bangunan. Jika telah ada gambar kerja maka nantinya anda akan mudah menghitung volume pekerjaan.

  • Hitung volume pekerjaan.

Volume pekerjaan akan anda dapatkan dengan cara mendaftar harga satuan pekerjaan per meter persegi atau per unit. Daftarlah setiap item pekerjaan yang akan dilakukan

  • Tentukan harga satuan kerja.

Harga satuan kerja ini bisa juga disebut sebagai harga upah dan material. Tentukan upah dan harga bahan berdasarkan harga pasaran yang ada di lokasi anda.

  • Menghitung jumlah biaya pekerjaan.

Anda bisa menghitung jumlah biaya pekerjaan dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan. Misalnya penghitungan biaya pemasangan ubin per meter persegi dikalikan dengan biaya upah pekerja.

  • Rekapitulasi.

Kemudian yang terakhir adalah rekapitulasi, yaitu jumlah total masing-masing sub pekerjaan, semisal pekerjaan persiapan, pekerjaan pondasi, atau pekerjaan beton. Setiap pekerjaan kemudian ditotal sehingga akan ditemukan jumlah keseluruhan biaya proyek.

  • Memilih Jasa Pembangunan

Membangun rumah sendiri tidak berarti anda melakukan semuanya sendirian bukan? Pastinya anda akan tetap membutuhkan bantuan jasa yang bisa meringankan proyek anda. Jika anda memang sudah berpengalaman sebelumnya, dan sudah paham benar mengenai seluk beluk pembangunan rumah, maka anda bisa mulai memilih tukang yang ahli. Namun jika anda masih awam, maka mempercayakan proyek anda kepada kontraktor adalah sebuah pilihan yang bijak. Pilihlah kontraktor dengan harga yang bersahabat, namun terpercaya bisa memberikan anda hasil yang maksimal. Cv.Karya Mandiri kontraktor yang berpengalaman membangun rumah dan bangunan lainnya .

  • Tahap Pembangunan

Pastikanlah semua yang ada pada tahapan awal anda telah terpenuhi dan juga tertata dengan rapi. Tidak perlu terburu-buru untuk menuju tahap pembangunan. Lebih baik anda mencurahkan waktu dan tenaga lebih lama di awal, untuk bisa lebih mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Jika memang semuanya sudah beres, maka sudah saatnya anda memulai untuk tahap pembangunan.

Untuk tahap pembangunan ini secara garis besarnya adalah seperti pada di bawah ini:

  • Membersihkan area yang akan dibangun dan membuat bedeng untuk para pekerja.
  • Mengukur dan menetapkan batas-batas bangunan.
  • Membuat pondasi rumah.
  • Membuat rangka bangunan.
  • Pengerjaan instalasi pipa.
  • Membangun dinding
  • Membuat kusen, pengerjaan pintu dan jendela.
  • Memasang plafon dan rangka atap.
  • Memasang perlengkapan sanitary dan kabel listrik.
  • Memasang keramik

Perlu diingat bahwa terkadang dalam proyek pembangunan rumah ada berbagai hal tak terduga yang tidak bisa dihindari. Semisal anda kehabisan dana karena ada pembengkakan biaya tak terduga, atau mungkin karena faktor cuaca yang kurang mendukung. Tidak ada salahnya jika anda ingin berhenti sejenak dan melanjutkan di waktu berikutnya. Ini akan sangat berguna untuk memulihkan fokus anda sampai situasi menjadi stabil kembali.

  • Tahap Finishing

Lalu kemudian yang terakhir tentunya adalah tahap finishing atau penyelesaian. Tahap finishing ini sudah bisa anda mulai setelah seluruh pekerjaan struktural selesai agar hasilnya lebih maksimal. Sehingga tidak perlu lagi adanya bongkar pasang, dan juga tidak berpotensi merusak ataupun mengotori.

Berikut ini gambaran besar dalam tahapan finishing:

  • Mengecat bagian interior dan eksterior rumah.
  • Pekerjaan tambahan seperti memasang pagar dan kanopi, pemasangan handle dan juga kunci pintu.
  • Pembersihan rumah agar terbebas dari debu kotoran serta sisa material bangunan.

Nah jadi itu tadi ulasan yang bisa kami berikan mengenai berbagai panduan lengkap dalam membangun rumah. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah pengetahuan bagi anda yang kebetulan sedang akan membangun rumah. Dengan memahami berbagai panduan diatas, pastinya anda tidak lagi merasa bingung dan rumit saat akan melaksanakan proyek pembangunan rumah anda. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi pada pembahasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan