Apakah membangun rumah akan selalu identik dengan keluarnya biaya mahal yang menguras kantong? Jika anda berpikiran seperti itu, mungkin memang ada benarnya. Karena kita telah melihat dari berbagai kasus, memang membangun rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun bukan berarti anda tidak bisa berhemat bukan? Nah kali ini kita akan coba bahas bersama mengenai cara berhemat saat membangun rumah, agar pengeluaran yang ada bisa jadi lebih ditekan dan tidak terlalu memberatkan.

Apakah anda termasuk orang yang cenderung lebih memilih membangun rumah sendiri dibandingkan dengan membeli rumah? Rasanya memang kebanyakan orang akan memilih untuk membangun rumah sendiri jika memungkinkan, daripada diberikan pilihan untuk membeli rumah. Karena memang dengan membangun rumah sendiri artinya mewujudkan bentuk tempat tinggal yang memang sesuai dengan apa yang diinginkan, mulai dari bentuk, konsep, desain, dan lain sebagainya. Hal itu jelas agak susah untuk terpenuhi jika anda membeli rumah jadi, dimana bukan anda yang menentukan seperti apa hasil akhir bangunan tersebut.

Jika memang kebetulan anda sedang berpikiran untuk membangun rumah, maka rasanya anda sudah berada di tempat yang tepat. Melalui ulasan dibawah ini, kami akan mengajak anda untuk bisa melakukan penghematan dalam membangun rumah, dimana nantinya anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk hal lainnya. Jika memang bisa berhemat, kenapa harus mahal kan? Kalau begitu langsung saja deh kita simak bersama pembahasannya!

  • Perencanaan Yang Matang Dan Sempurna

Cara berhemat yang pertama sebenarnya bisa anda lakukan di tahap awal, yaitu dengan melakukan perencanaan yang matang. Kenapa bisa begitu? Karena dengan adanya perencanaan yang mendetail, matang, dan juga sempurna, berarti anda telah memikirkan berbagai macam potensi yang akan terjadi di kemudian hari. Kemudian dengan adanya perencanaan matang tersebut, maka anda sudah tau pasti arah pembangunan yang akan dilangsungkan. Jadi tidak lagi ada cerita dimana pembangunan berubah arah karena memang rencana yang kurang sempurna, yang pastinya akan membayar banyak biaya untuk merombak hal yang keliru.

Lalu perencanaan tersebut nantinya akan berkaitan erat dengan waktu. Dalam membangun rumah, jika semakin lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya maka akan sama halnya dengan anda membayar biaya yang lebih banyak. Karena itulah, perencanaan dibutuhkan untuk bisa mengatur proyek anda selesai tepat waktu. Dan yang pasti anda juga harus cermat dalam memilih partner yang akan membantu anda menyelesaikan pekerjaan anda. Baik itu tukang ataupun kontraktor, haruslah yang benar-benar profesional dan menguasai dalam bidangnya, agar perencanaan matang yang sudah anda buat mampu diterapkan dengan baik.

  • Bangunan Yang Tidak Boros Biaya

Lalu untuk langkah penghematan yang berikutnya, anda bisa coba terapkan pada bentuk bangunan rumah anda. Bentuk bangunan pastinya akan berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan, dan juga kebutuhan bahan bangunan. Apa itu artinya? Artinya, semakin rumit dan kompleks bentuk bangunan yang ingin anda kerjakan, maka akan berarti semakin banyak biaya yang harus anda keluarkan. Untuk anda yang memang ingin berhemat, maka anda bisa menggunakan bentuk bangunan yang sederhana seperti persegi ataupun persegi panjang. Bentuk tersebut jelas tidak memiliki sudut yang melengkung, yang mana biasanya akan membutuhkan banyak biaya untuk bisa mewujudkannya secara sempurna secara estetik.

Kemudian dari konsep rumah yang akan anda bangun, jika anda memang ingin berhemat maka bisa menggunakan konsep rumah minimalis. Kenapa konsep rumah minimalis ini harus anda pilih? Karena konsep minimalis akan berarti rumah anda tidak terlalu banyak hal yang percuma, dimana rumah anda akan tetap simpel namun tetap memberikan keindahan dan juga kecantikan yang prima. Hal ini jelas akan sangat sesuai dengan konsep penghematan anda, yaitu mengeluarkan biaya yang kecil namun mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan salah, konsep minimalis bukan berarti rumah anda terlihat ngirit. Seperti pada gambar di atas misalnya. Pastinya sangat elegan dan tidak ada kesan irit bukan? Dengan menggabungkan ruang makan dan juga dapur, maka jelas anda akan menghemat biaya yang cukup besar dibandingkan harus menghadirkan dua ruangan yang berbeda.

  • Jangan Malas Untuk Belajar dan Juga Riset Harga

Dengan anda memutuskan untuk membangun rumah sendiri, maka berarti anda harus siap untuk berkutat dalam dunia membangun rumah sendiri. Untuk anda yang mungkin masih awam, maka pastinya harus banyak belajar. Paling tidak, anda sudah harus memahami secara garis besarnya mengenai berbagai tahapan dalam membangun rumah. Karena semakin anda tidak paham dengan apa yang akan anda kerjakan, maka semakin besar potensi anda untuk melakukan kesalahan. Dan itu akan berarti resiko anda untuk mengeluarkan biaya tak terduga akan menjadi semakin besar seiring makin besarnya potensi kesalahan anda. Jangan malas untuk belajar, dan jangan sungkan untuk meminta masukan dari rekan terdekat yang memang sudah pernah menyelesaikan pembangunan rumah.

Dan tidak lupa, untuk melakukan penghematan dalam membangun rumah maka akan erat kaitannya dengan harga bahan bangunan. Untuk itu anda harus melakukan riset terhadap bahan bangunan yang ada. Datangilah berbagai tempat, kemudian bandingkan harga yang ada. Namun jangan mudah tergoda akan harga yang murah. Tentu anda harus perhatikan juga mengenai kualitasnya. Pilihlah mitra dimana bisa memberikan anda bahan bangunan dengan harga yang murah, namun dengan kualitas yang tidak murahan.

  • Pilih Juru Bangunan Yang Tepat

Langkah penghematan yang berikutnya, bisa anda lakukan pada tahap pemilihan juru bangunan atau tukang. Juru bangunan nantinya akan mengeluarkan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit, karena itu anda harus benar-benar cermat dan juga selektif dalam memilih tukang. Kenapa harus begitu? Karena jika anda keliru dalam memilih tukang, maka artinya semakin besar kemungkinan proyek pembangunan anda molor pengerjaannya, karena kurang kecepatan dan juga keterampilan dalam menyelesaikan proyek anda. Dan itu artinya semakin banyak biaya yang harus anda keluarkan.

Karena itulah, sebaiknya anda tidak perlu terburu-buru dalam memilih juru bangunan atau tukang. Pastikan anda bisa bekerja sama dengan tukang yang memang sudah ahli dan juga berpengalaman. Sebisa mungkin anda harus mengetahui tentang rekam jejak pekerjaannya, apa saja yang sudah pernah dihasilkan dan seperti apa hasilnya. Akan lebih bijak untuk anda ketika membayar tukang ahli yang mahal namun cepat selesai pekerjaannya, daripada tukang kurang berpengalaman yang murah namun kualitas hasilnya buruk.

  • Bangun Rumah Secara Bertahap

Untuk anda yang memang ingin melakukan penghematan, maka anda bisa mencoba membangun rumah secara bertahap. Anda tidak perlu menunggu sampai mempunyai dana yang cukup untuk seluruh proyek anda hingga selesai. Sebaiknya anda lakukan saja secara bertahap, seperti dimulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dilakukan, dimana nantinya akan disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Jika anda melakukan pembangunan rumah secara bertahap, dimana menyesuaikan dengan budget yang ada saat itu, memang konsekuensinya proses pembangunan rumah anda menjadi lama selesai. Namun sisi positifnya, hal ini akan memberikan anda ekstra fokus dalam pelaksanaan setiap tahap pembangunan yang ada. Dan apa artinya? Artinya adalah anda akan mengurangi potensi resiko terjadinya kesalahan, dan dengan begitu maka anda telah berhemat dari pengeluaran biaya yang memang seharusnya tidak perlu anda keluarkan.

Jadi itu tadi pembahasan kita mengenai cara berhemat saat membangun rumah. Memang membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun jika kita bisa berhemat maka akan bisa banyak membantu dan juga meringankan pengeluaran yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan