Memiliki sebuah rumah idaman tentunya merupakan keinginan bagi semua orang. Sebuah rumah yang tidak hanya memiliki fungsi terbatas sebagai tempat berteduh, melainkan sebuah tempat yang bisa memberikan begitu banyak dorongan semangat pada berbagai aspek kehidupan penghuninya yang terpancarkan dari kehangatan kekeluargaan harmonis di dalam lingkungan tersebut. Untuk bisa memaksimalkan fungsi rumah hingga ke tahap itulah maka perlunya ada perencanaan yang matang ketika hendak membangun atau menata rumah. Ada berbagai ragam desain rumah yang dipilih untuk bisa mewakilkan ciri dan juga merefleksikan identitas penghuninya.

Nah, salah satu desain yang patut untuk anda coba tentunya adalah desain rumah dengan konsep American Styles. Konsep american styles merupakan salah satu rekomendasi terbaik kami bagi anda yang mendambakan sebuah kehangatan dan juga menginginkan adanya harmonisasi dalam keluarga, namun juga tetap ingin merefleksikan sebuah identitas keindahan yang elegan melalui gaya rumah anda. Meskipun mengusung ciri minimalis namun rumah dengan konsep american styles ini tidak bisa dipandang sebelah mata akan aspek keindahan dan juga kemewahannya. Sebuah kesederhanaan yang bersahaja melalui aspek minimalisnya, dan berpadu dengan sensasi keindahan yang dirasakan melalui corak desainnya yang stylish, maka rumah dengan konsep american styles ini jelas merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk anda.

Lantas seperti apakah ciri desain rumah american styles dan bagaimana caranya untuk menerapkannya pada hunian anda? Mari kita ulas bersama melalui pembahasan di bawah ini.

Keanggunan Pola Simetris

Salah satu ciri yang sangat terlihat pada rumah yang mengambil konsep american styles tentunya adalah adanya keteraturan yang simetris baik pada eksterior maupun interiornya. Pada umumnya bentuk rumah dengan konsep american styles ini berbentuk sebuah kotak yang mana akan dibagi-bagi menjadi beberapa ruangan di dalamnya. Jika dilihat sekilas saja maka akan tampak sekali ciri menonjol pada rumah american styles ini melalui tampilannya dari luar.

Pada bagian eksterior depan sudah sangat terlihat bagaimana ciri khas pola simetris rumah bergaya american styles ini yang tercermin melalui pintu depan rumah. Biasanya pintu rumah memang akan selalu terletak di bagian tengah-tengah, dengan beberapa jendela di sampingnya yang tersusun rapi dimana menambah kesan estetika keindahan pola simetrisnya. Di bagian depan rumah juga biasanya terdapat sebuah taman yang merefleksikan sebuah kesan natural yang akan terhubung langsung dengan pintu depan melalui sebuah tangga.

Pada american styles sendiri, seringkali terdapat bagian terbuka yang bisa berada di depan maupun belakang rumah yang dikhusukan untuk menjamu tamu yang datang. Namun hal ini tidak mutlak untuk dilakukan dan bisa anda abaikan jika memang terkendala oleh luas bangunan yang anda miliki.

Bentuk Atap Yang Khas

Kemudian ciri yang menonjol lainnya pada rumah dengan konsep american styles ini adalah atapnya yang berbentuk pelana. Jika dilihat sekilas memang akan terlihat mirip dengan atap yang ada pada rumah di Indonesia pada umumnya, namun akan terlihat menonjol jika kita membandingkannya dengan bentuk rumah modern yang ada sekarang ini.

Atap pada rumah american styles pada umumnya berada persis di tengah-tengah, sesuai dengan ciri simetris yang diusungnya, yang terpusat pada atap pintu rumah. Atap ini jelas menjadi sebuah tampilan visual yang manis untuk melengkapi bentuk kotak dari bangunan rumah bergaya american ini.

Jika memang anda akan menerapkan konsep american styles ini pada rumah hunian anda, maka nantinya rumah anda akan memiliki sebuah keserasian dengan lingkungan sekitar melalui tampilan visual yang terdapat pada atap rumah anda. Dengan bentuknya yang menyerupai tampilan rumah di negara ini pada umumnya, maka rumah anda akan terlihat membaur sempurna dengan rumah di sekeliling anda, namun akan tetap memberikan kesan keindahan tersendiri melalui wujud kesederhanaan yang mewah pada tampilan simetris yang menawan.

Keunikan Jendela American Styles

Jika anda sudah terbiasa melihat tampilan rumah bergaya american styles, maka pastinya anda tahu ciri khas atau keunikan dari rumah bergaya elegan ini. Benar, ciri keunikan tersebut jelas nampak melalui bagian jendelanya yang terlihat sangat menonjol dari luar. Pada rumah bergaya american hampir pasti ditemukan adanya sebuah jendela yang berada tepat diatas pintu depan atau pintu utama. Letaknya yang tepat berada diatas jelas semakin menguatkan aspek simetris yang ditonjolkan gaya ini. Jendela pada atas pintu utama yang biasanya disebut dengan fanlight ini biasanya memiliki desain ukiran yang indah dan juga rumit yang mengitari di sekelilingnya.

Kemudian untuk mendapatkan tampilan american styles pada rumah hunian anda secara sempurna, maka anda perlu memasang banyak jendela pada rumah anda. Ini dikarenakan pada gaya american styles ini memang bercirikan sebuah rumah dengan cukup banyak jendela. Biasanya rumah bergaya american ini memiliki enam jendela per lantai dan memiliki lebih dari dua jendela dengan ukuran besar. Jangan lupa untuk mengaturnya secara simetris tentunya.

Untuk jenis jendela tersebut, anda bisa memilih jendela yang berbentuk kaca pada bagian tengah dan bagian yang diapit oleh sepasang ‘penangkap’ cahaya berbentuk kaca pada bagian samping yang dinamakan juga jendela Palladian. Atau anda bisa juga memakai jendela elips, jendela kecil yang berbentuk setengah lingkaran, dan jendela bulat.

Interior Yang Menawan

Kemudian yang terakhir kita berlanjut pada sisi interiornya. Ada dua ciri khas pada sisi interior yang biasanya terdapat pada rumah bergaya american ini. Yang pertama yaitu adanya penekanan melalui salah satu material yang dipakai, misalnya batu bata. Batu bata ini akan nampak dibiarkan tampilan aslinya, atau yang disebut juga bata expose. Anda bisa menerapkan bata expose ini pada bagian dalam rumah, atau bisa juga anda terapkan pada sisi eksterior. Namun ada baiknya anda memilih salah satu saja. Jika sudah anda terapkan pada bagian luar rumah maka tidak perlu anda terapkan lagi untuk bagian interior.

Kemudian ciri khas berikutnya dari american styles yaitu adanya dekorasi horizontal yang berkarakter. Ini bisa anda aplikasikan melalui lis plafon atau cornice dengan bentuk ukiran yang indah. Lis plafon atau cornice ini bisa anda terapkan sebagai hiasan horizontal yang menandai elemen bangunan, misalnya pada tiang, dinding, maupun jendela rumah.

Demikian ulasan dari kami cv.karya mandiri kontraktor, yang bisa kami berikan mengenai cara mendesain rumah dengan konsep gaya american styles. Setelah anda membacanya tentu anda telah mengerti bahwa pada dasarnya untuk bisa menerapkan konsep american styles ini pada rumah anda tidaklah sulit. Jika ditarik garis besar, maka yang terpenting adalah bagaimana anda merefleksikan pola simetris ke dalam rumah anda melalui tampilan fasad rumah anda, yaitu dengan adanya pintu di tengah-tengah, jendela pada atas pintu utama, kemudian dengan beberapa jendela yang tersusun rapi pada setiap lantai. Dan juga berikutnya adalah bentuk pelana terpusat pada atap, dan yang terakhir yaitu statement dekorasi horizontal pada rumah anda. Dengan memperhatikan garis besar tersebut maka anda sudah bisa mendapatkan sebuah rumah hunian yang menawan berkonsep American Styles.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan