Memiliki sebuah hunian dengan luas yang cukup besar tentu adalah impian bagi semua orang. Akan tetapi pada perkembangannya saat ini, bisa memiliki sebuah rumah kecil rasanya sudah cukup beruntung. Semakin sulitnya mendapatkan lokasi yang cocok dan juga tersedia untuk mendirikan rumah, belum lagi ditambah dengan harga tanah dan juga bangunan yang tentunya akan semakin mahal lagi ke depannya, jelas membuat kesulitan untuk bisa mendapatkan sebuah hunian yang sesuai keinginan. Namun anda tidak perlu merasa khawatir, meskipun saat ini hunian yang anda tempati tidaklah terlalu luas, ada beragam cara untuk mensiasatinya.

Pada sebuah rumah yang tidak terlalu luas, maka yang akan didapati adalah adanya persoalan dimana luas ruangan menjadi sempit, yang pastinya akan mengurangi keleluasaan dalam bergerak dan tentu saja aspek kenyamanan akan sangat terpengaruh. Sebuah rumah dengan ruangan yang sempit, namun ditangani dengan serampangan jelas akan membuat kekisruhan di dalamnya. Dari sisi kenyamanan sudah jelas akan sangat terganggu, adanya penataan yang tidak tepat membuat ruangan yang sempit menjadi seakan tambah sesak, yang tentu tidak sedap dipandang mata.Oleh karena itu, ruangan yang dirasa cukup sempit harus kita akali dan siasati agar bisa memberikan potensinya yang maksimal dalam memberikan kenyamanan dan juga keindahan bagi para penghuninya.

Lantas cara apa sajakah yang bisa dilakukan untuk mensiasati adanya ruangan sempit pada rumah agar tetap bisa memberikan kesan lega? Cara-cara apa saja yang mampu mengubah ruangan sempit yang tadinya penuh sesak menjadi sebuah area yang terkesan luas dan cukup lega? Mari kita ulas bersama melalui pembahasan berikut ini.

Terapkan Banyak Bukaan Pada Rumah Anda

Dalam menata sebuah hunian yang kecil, tentunya sisi penataan tersebut akan memberikan tantangan tersendiri dimana luasnya yang tidak terlalu besar berarti tidak adanya banyak sisi ruangan yang bisa dieksplorasi. Seringkali orang sudah merasa pasrah dengan rumahnya yang tidak terlalu luas, dan membiarkan penataannya menjadi serampangan yang tentunya berakibat kurang baik dalam kenyamanan keluarga yang menghuni rumah tersebut.

Namun sebenarnya ada cara yang bisa dikatakan cukup simpel untuk mensiasati hal tersebut, yaitu dengan memberikan banyak bukaan atau bukaan yang cukup besar pada ruangan rumah anda. Dengan adanya banyak bukaan, tentunya kesan ruangan yang tadinya sempit, sumpek, dan juga tidak nyaman akan segera sirna. Dengan adanya bukaan yang besar ini, maka selain memberikan adanya sirkulasi udara yang lebih baik, tentunya pandangan mata menjadi jauh lebih luas untuk bisa melihat keluar ruangan, dimana hal ini akan membuang jauh-jauh mengenai konsep ruangan yang sumpek dan juga sempit pada persepsi kita.

Berikan Sentuhan Refleksi Pada Ruangan

Lalu kemudian cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatur ruangan yang tadinya sempit menjadi berkesan lebih lega yaitu dengan cara menambahkan adanya sentuhan refleksi pada ruangan tersebut. Refleksi yang dimaksud disini tentunya adalah pantulan gambaran ruangan yang umumnya menggunakan cermin atau kaca.

Pada sebuah hunian yang memiliki luas tidak terlalu besar, jangan sampai lupa menambahkan elemen reflektif ini ke dalam ruangan anda. Penataan cermin dan material-material reflektif pada ruangan yang sempit ini, tentu saja bertujuan untuk memberikan efek ilusi pembesaran ruangan yang ada. Dengan adanya pantulan gambaran ruangan yang direfleksikan melalui sebuah cermin, maka akan memberikan sebuah pandangan yang berkali lipat jauh lebih baik dibandingkan saat kita hanya melihat sebuah tembok atau dinding. Efek dari ilusi pembesaran ruangan ini jelas akan mampu mengubah persepsi kita akan sebuah ruangan yang tadinya sempit menjadi memiliki kesan yang lebih luas dan lapang.

Berikan Dekorasi Penegasan

Kemudian berikutnya untuk bisa memberikan kesan lega dan juga lapang pada ruangan sempit anda yaitu dengan adanya sebuah dekorasi penegasan, yaitu sebuah aksen yang cukup mencolok pada suatu sisi ruangan dimana memberikan perspektif yang berbeda dibandingkan sekelilingnya. Anda bisa mewujudkan dalam berbagai macam cara tergantung selera anda, semisal dengan adanya perbedaan warna furnitur yang terdapat pada ruangan tersebut, sampai dengan permainan tabrak tekstur material, semuanya disesuaikan dengan selera anda pribadi asalkan tujuan utamanya yaitu memberikan penegasan pada dekorasi bisa terpenuhi.

Anda juga tidak perlu merasa ragu jika ingin menambahkan sebuah corak yang berukuran besar pada ruangan anda. Sepertinya ada kesan bahwa dalam sebuah ruangan yang sempit itu corak-corak yang berukuran besar tidak boleh digunakan sebab corak yang berukuran besar itu bisa memberikan kesan bahwa ruangan tersebut menjadi makin sempit. Namun hal tersebut tidaklah benar, karena corak yang besar dan juga memiliki ketegasan ornamen mampu memberikan perspektif berbeda dibandingkan sekelilingnya. Hal ini jelas akan mampu memberikan ilusi tersendiri dimana ruangan menjadi tampak lebih luas dibandingkan dekorasi yang monoton dan cenderung sama pada sekeliling ruangan tersebut. Terlebih lagi pada sisi lainnya penggunaan corak-corak berukuran besar itu ternyata malah bisa memberikan kesan hangat tersendiri pada ruangan anda.

Gunakan Konsep Open Plan

Pada sebuah rumah yang tidak terlalu luas, maka ada banyak keterbatasan dalam ruangan yang ada. Jika kita menginginkan cukup banyak ruangan, maka kita akan mendapati adanya ruangan-ruangan yang sempit dan juga kurang nyaman bagi penghuninya karena memang luas rumah yang tidak terlalu besar. Namun dengan menerapkan konsep open plan, anda tetap bisa memiliki cukup banyak ruang yang tetap memberikan kesan lega dan juga lapang. Konsep open plan sendiri adalah mengubah sebuah konsep pembatas antar ruangan yang tadinya biasa menggunakan dinding sebagai pemisah, menjadi sebuah pembatas visual.

Ada banyak pembatas visual yang bisa digunakan untuk menjadi batas ataupun pemisah antar ruangan satu dengan yang lainnya. Diantaranya adalah perbedaan tinggi lantai, penggunaan karpet sebagai penanda visual, perbedaan arah hadap furnitur, rak buku besar, partisi kaca, dan banyak lainnya. Dengan konsep open plan maka jelas akan mengubah perspektif anda mengenai ruangan yang kecil dan juga sempit, karena batasan yang menghalangi ruangan tersebut kini sudah tersamarkan. Dengan memakai batasan visual inilah maka anda bisa mengubah ruangan yang tadinya sempit menjadi lapang dan juga lega karena menyambung dengan beberapa ruangan lainnya yang masih memiliki keterikatan fungsional.

Atur Furnitur Anda

Kemudian cara yang terakhir untuk bisa memberikan kesan lega pada ruangan anda yaitu dengan cara memperhatikan furnitur yang ada di dalamnya. Furnitur yang terlalu berlebihan dan juga tidak proporsional tentunya akan mejadikan ruangan anda menjadi semakin sempit. Pada ruangan yang tidak terlalu luas, anda harus jeli untuk memilih dan memilah mana saja perabot yang pas bagi ruangan anda tersebut.

Cobalah untuk membatasi jumlah furnitur, agar ruangan anda tidak menjadi ramai dan juga sesak. Lalu bisa juga untuk memilih furnitur yang cukup rendah, untuk menimbulkan kesan jarak langit-langit yang cukup tinggi dimana akan memberikan kesan lega. Kemudian hal lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengatur posisi barang secara linier sehingga dalam pandangan mata semuanya tampak  lurus, seimbang, dan selaras.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai cara-cara mengatur rumah dengan ruang sempit agar tetap terkesan lega. Dengan cara dan juga penataan yang tepat, maka permasalahan anda mengenai ruang sempit akan sanggup teratasi, dan berubah menjadi sebuah ruangan yang memiliki kesan luas dan tentunya semakin memberikan rasa nyaman bagi penghuninya.

Tinggalkan Balasan