seni desain eksterior rumah, semua upaya yang ada bertujuan untuk dapat memaksimalkan fungsinya kemudian juga untuk menunjukkan keindahan yang dimilikinya. Semua fungsionalitas yang ada pada elemen eksterior tersebut harus mampu berpadu dengan aspek penampilan yang menarik, dengan tujuan untuk mendapatkan kenyamanan yang sempurna bagi pemiliknya dan juga bagi orang lain yang melintas maupun berkunjung ke rumah tersebut. Pada bagian eksterior rumah, tentu ada banyak hal yang bisa dimaksimalkan nilai keindahannya semisal taman, kolam, bentuk bangunan, warna cat eksterior, dan lain sebagainya. Namun terkadang orang melupakan satu bagian sederhana dari berbagai area eksterior rumah, yang posisinya justru berada pada garda terdepan rumah. Ya benar, orang seringkali melupakan bagian pagar rumah, yang posisinya justru ada di bagian paling depan sebuah rumah, dimana sangat besar peluang orang lain yang melintas untuk melihat dan juga akan menilai bagaimana penampilan keseluruhan eksterior yang bisa jadi justru dimulai dari pagar rumah anda. Oleh karena itu, pagar rumah tentunya harus didesain secara sempurna untuk mendapatkan tampilan rumah yang cantik dan juga menawan.

apa sih fungsi dari pagar rumah? Apakah hanya sebagai pembatas, atau sebagai pemanis belaka? Secara garis besarnya, maka dapat dikatakan pagar rumah memiliki sisi fungsionalitas seperti berikut ini:

  • Sebagai adanya tanda pembatas dengan jalan maupun dengan lahan milik orang lain
  • Sebagai pelindung terhadap beberapa hal yang disebabkan oleh cuaca, semisal paparan angin kencang, sehingga tidak langsung masuk ke dalam rumah
  • Untuk pencegahan terhadap kemungkinan adanya binatang berbahaya yang mungkin bisa masuk ke dalam rumah
  • Dan yang terakhir tentunya sebagai sarana pencegahan terhadap adanya ancaman kejahatan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab

kita lihat diatas, pagar rumah memiliki fungsi yang cukup penting bagi keamanan rumah hunian anda. Namun seringkali orang hanya memandang pagar dari sisi fungsionalitas belaka, tanpa menyadari adanya sisi penampilan yang bisa dimaksimalkan. Padahal bagian pagar rumah jika kita maksimalkan penampilannya maka akan berkontribusi menambah cantik tampilan keseluruhan dari ekterior rumah anda. Oleh karena itu, pada kali ini kita akan coba membahas mengenai berbagai ide desain pagar rumah yang cantik dan menawan, guna meningkatkan keindahan visual tampilan eksterior rumah anda.

Cantiknya Kesederhanaan Dalam Pagar Minimalis

untuk anda yang menginginkan kesan minimalis, maka anda bisa mencoba mendesain pagar rumah seperti pada contoh ilustrasi diatas. Desain pagar minimalis sendiri lebih menitikberatkan kepada pemaksimalan fungsi, namun tetap bisa membentuk adanya keindahan visual dalam kesederhanaannya. Pada gambar diatas bisa kita lihat warna hitam yang disematkan mampu memberikan kesan tegas dan juga kuat. Ditambah dengan pola campuran yang ada, menambah kesan cantik yang akan didapatkan pada pandangan pertama. Selain itu, pola tersebut juga mampu berpadu selaras dengan konsep bangunan yang sudah ada, sehingga menjadikan pagar rumah tersebut tidak hanya sebagai pembatas belaka, namun menjadi satu bagian penting yang menunjang kecantikan keseluruhan eksterior rumah.

Pola Simetris Yang Menawan

pada gambar diatas, pagar rumah yang ada didesain dengan penambahan pola yang simetris, dimana akan langsung memberikan kesan yang menarik sejak awal. Pola-pola simetris tersebut selain menegaskan citra kokoh yang sudah ada, juga mampu memberikan tambahan kecantikan tersendiri pada keseluruhan tampilan eksterior yang ada. Jika kebetulan bentuk bangunan anda berbentuk kotak, maka ide desain pagar rumah diatas akan mampu mempertegas tampilan visual yang sudah ada pada bangunan rumah anda.

Dominasi Unsur Kayu

jika rumah anda mengusung gaya eksterior yang natural, semisal gaya scandinavian, maka ide desain pagar rumah seperti pada contoh diatas sangat tepat untuk anda terapkan. Suasana alam natural yang sebelumnya sudah ada pada gaya rumah anda, akan menjadi semakin sempurna dengan kehadiran pagar rumah yang memiliki motif kayu. Meskipun pada tampilan eksterior rumah anda terdapat beberapa unsur modern, maka pagar rumah dengan unsur kayu ini akan tetap membaur dengan sempurna, dan justru akan menambah nilai artistik tersendiri terhadap tampilan eksterior rumah anda.

Berikan Motif Untuk Mendapatkan Kesan Mewah


Desain pagar rumah tentunya tidak selalu harus berupa persegi dan garis-garis yang membosankan. Contohnya seperti pada ilustrasi diatas, dimana pagar rumah yang ada memiliki bentuk lengkungan dan juga berupa motif ukiran yang indah. Contoh pagar rumah diatas sangat cocok untuk anda aplikasikan pada bangunan yang memiliki gaya semi modern. Ide desain pagar rumah diatas tentunya akan membuat tampilan eksterior rumah anda menjadi semakin cantik dan juga memiliki kesan yang mewah. Untuk pemilihan warna, anda bisa menggunakan warna hitam pada teralis untuk menonjolkan motif yang ada. Kemudian pada bagian dinding pagar, usahakan anda memilih warna yang tidak terlalu terang dan tidak mencolok agar motif cantik yang ada pada teralis bisa tampil menonjol.

Eklektif Akan Selalu Tampil Cantik

bosan dengan motif yang itu-itu saja? Maka anda bisa mencoba berkreasi dengan pagar rumah yang memiliki pola semi acak seperti pada contoh ilustrasi diatas. Ide desain pagar ini tentu akan sangat cocok dipadukan dengan rumah anda yang mengusung gaya eklektik. Adanya pola semi acak yang masih memiliki keteraturan, kemudian dengan gabungan beberapa warna yang ada pada bagian dinding pagar dan juga teralis, mampu menjadikan bagian paling depan rumah anda ini menjadi satu sisi yang sangat cantik dan menarik. Coba tambahkan pencahayaan yang terang pada kedua sisi pagar, maka pagar anda akan tampil memukau dan semakin memancarkan kecantikannya pada saat malam hari.

Perlindungan Dan Keindahan Batu Alam

salah memang jika batu alam masih menjadi primadona hingga saat ini, mengingat adanya kesempurnaan dan juga keindahan yang bisa ditawarkan. Jika anda menggunakan bahan batu alam untuk desain pagar rumah anda, maka dipastikan akan mampu mengangkat citra tampilan eksterior anda menuju level yang lebih tinggi. Seperti pada contoh ilustrasi diatas, batu alam akan mampu memancarkan keindahannya tersendiri, selain menunjukkan dan juga menegaskan kesan kokh yang ada pada tampilan eksterior rumah anda. Dengan penggunaan batu alam, maka anda tidak perlu khawatir terhadap adanya tantangan cuaca yang ada. Selain terkenal karena daya ketahanannya, batu alam juga memiliki sifat dimana kerusakan justruk akan menjadikan tampilannya semakin artistik. Memang ada harga mahal yang harus dibayar, namun rasanya akan sangat sepadan dengan keindahan dan juga kecantikan yang akan ditawarkan dengan adanya penggunaan batu alam pada desain pagar rumah anda.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai beberapa desain pagar rumah yang cantik yang menawan. Sedikit tips untuk anda, dalam memilih desain pagar rumah yang tepat untuk eksterior rumah anda, maka hendaknya anda sudah memikirkan gambaran awal terlebih dahulu. Pastikan pagar rumah yang akan anda kreasikan akan menjadi sebuah elemen yang mendukung serta menunjang sisi keindahan visual yang sudah ada sebelumnya pada tampilan dan juga gaya rumah anda. Jangan sampai desain pagar rumah yang anda ciptakan justru membuat tampilan anda seolah bertubrukan, dimana akan membagi fokus tampilan yang terpecah dan juga menyebabkan adanya kekacauan visual. Kemudian mengenai tinggi pagar rumah itu sendiri, perhitungkanlah secara seksama tinggi bangunan

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan