Pada era modern saat ini, jika kita berbicara mengenai sebuah rumah hunian maka akan adanya peningkatan dari sisi fungsionalitas. Jika dulu fungsi rumah terbatas hanya sebagai tempat tinggal, maka saat ini tentunya berbeda. Pada masa sekarang ini seringkali rumah juga berfungsi sebagai tempat untuk bekerja. Berbanding dengan dinamika, mobilisasi, dan juga tuntutan profesionalitas pekerjaan yang makin tinggi dan juga padat pada masa sekarang, seringkali pekerjaan harus dibawa pulang kerumah. Terkadang pada saat bangun tidur sebelum berangkat ke kantor juga kita harus membereskan beberapa pekerjaan penting sebelumnya. Oleh karena itulah pada rumah modern saat ini banyak ditemukan adanya ruangan khusus di dalam rumah yang memang ditujukan serta difungsikan untuk bekerja.

Tentunya pada ruang kerja tersebut ada banyak aspek yang harus terpenuhi agar pekerjaan yang kita lakukan mampu terselesaikan dengan maksimal. Dalam hal ini, tentunya ruang kerja yang kita miliki pada hunian kita tentulah harus bisa menunjang produktifitas kita. Karena dalam ruang kerja yang tidak cukup meunjang, temtu akan mengakibatkan adanya pekerjaan yang tersendat dan tidak tepat waktu. Ruang kerja dalam rumah diharuskan memiliki kekuatan dan kenyaman tersendiri yang mampu mendorong kita untuk bisa meningkatkan produktifitas.

Lantas apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang kerja tersebut? Mari kita ulas bersama melalui pembahasan berikut ini.

Kenali Ruang Kerja Yang Ideal Bagi Anda

Dalam melakukan penataan ruang kerja, tentulah tidak bisa dilakukan pukul rata untuk semua jenis pekerjaan. Desain ruang kerja tentunya akan memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya, tergantung bagaimana jenis pekerjaan anda. Tiap pekerjaan tentunya akan memiliki berbagai jenis tekanan yang berbeda-beda. Dalam mendesain ruang kerja, maka anda harus mengenali jenis pekerjaan anda dan juga desain ideal yang tepat. Salah satu hal yang menentukan desain ruang kerja akan menjadi ideal dengan pekerjaan anda adalah warna.

Warna-warna tema yang berada di dalam ruangan kerja anda merupakan salah satu faktor penting yang tak bisa dipilih secara sembarangan. Jika tipe pekerjaan anda adalah jenis pekerjaan kantor dimana membutuhkan ketelitian dan ketepatan, maka sangat penting untuk anda mendapatkan ketenangan yang datang dari warna-warna lembut seperti biru, putih, coklat, dan sebagainya. Lalu jika tipe pekerjaan anda merupakan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas, maka buatlah sekitar anda menjadi penuh dengan warna-warna cerah yang pastinya akan dapat memancing kecepatan dan ketepatan anda dalam mendapatkan inspirasi serta mengolah ide.

Kemudian, menjaga suasana yang ada dalam ruang kerja anda tentunya sangat diperlukan untuk mengembangkan kreativitas, ketenangan, dan juga produktifitas anda dalam bekerja. Salah satu hal terpenting yang harus didapatkan dari ruang kerja anda adalah letaknya yang jauh dari ruangan lain yang berpotensi menimbulkan keramaian. Ketahui pula seberapa luas ruang yang ada untuk anda bekerja, sehingga perencanaan untuk penataan dan juga penentuan desain ruang kerja pun dapat anda lakukan dengan baik.

Berikan Kenyamanan Dalam Ruang Kerja Anda

Untuk dapat menunjang produktifitas dalam pekerjaan, maka aspek kenyamanan jelas berperan penting di dalamnya. Pastikan ruang kerja anda memiliki suasana yang nyaman untuk melakukan pekerjaan secara maksimal. Pisahkanlah urusan pekerjaan anda dengan hal lainnya yang tidak memiliki kaitannya dengan pekerjaan anda. Hal ini diperlukan untuk menjaga fokus dan juga konsentrasi akan pekerjaan anda.

Pastikanlah ruang kerja anda menjadi sebuah ruangan khusus yang hanya berisi furnitur, alat-alat, dan barang lainnya yang memang berurusan dengan pekerjaan anda. Jangan campur adukkan hal lainnya dalam rumah ke dalam ruang kerja anda untuk bisa menjaga ritme pekerjaan anda tetap stabil tanpa terganggu. Kecuali jika anda menambahkan hal lain yang memang bisa membantu relaksasi anda di tengah pekerjaan.

Kemudian pilihlah furnitur yang nyaman bagi diri anda. Semisal kursi dan meja kerja yang memang memiliki peranan penting. Anda bisa mencoba tema yang memiliki koneksi dengan alam, misalkan kursi atau meja kayu dimana akan memberikan nuansa alam yang natural ke dalam ruangan kerja anda. Bisa juga anda menambahkan tanaman alami di satu sisi ruangan untuk menjaga suasana tetap natural di tengah padatnya konsentrasi anda.

Pastikan Penataan Ruang Kerja Anda Sempurna

Sebuah keteraturan akan mampu menjaga suasana dan ritme anda dalam bekerja. Oleh karena itu aspek kerapian merupakan salah satu hal penting yang wajib terdapat pada ruang kerja anda guna menunjang produktifitas pekerjaan anda. Anda bisa mencoba berpikir minimalis, letakkan dengan rapi benda-benda yang diperlukan saja. Padukanlah sedikit  warna-warna netral agar ruangan tampak lebih luas dan bersih.

Kemudian aspek kebersihan juga jelas memiliki peranan yang penting. Dalam ruangan yang bersih, jelas akan mampu meningkatkan kenyamanan bagi pribadi yang ada di dalamnya. Dengan penataan yang dibatasi hanya benda yang berkaitan dengan pekerjaan, maka dipastikan tidak ada banyak benda tidak perlu yang akan mempersulit untuk membersihkannya.

Perhatikan Sirkulasi Dan Juga Pencahayaan

Ruangan kerja yang ideal, nyaman, dan juga produktif tentunya harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik jika ruangan memiliki bukaan dan ventilasi yang cukup lebar karena memang udara yang alami terkenal ampuh untuk memberikan kenyamanan. Anda bisa juga memasang penyejuk udara (AC) yang mampu menambah kelancaran sirkulasi udara agar ruangan menjadi semakin bertambah nyaman untuk bekerja.

Kemudian selain sirkulasi udara, anda juga memerlukan sebuah view yang indah dan menarik untuk bisa menambah kenyamanan dalam bekerja. Situasikan arah hadap meja kerja anda dekat ke arah jendela dengan pemandangan yang menarik. Namun jika tidak ada jendela, maka anda bisa berkreasi sendiri dengan menciptakan pemandangan menarik tersebut melalui dekorasi kreatif anda yang pastinya bisa membuat ruangan kerja anda menjadi tampak lebih menarik.

Setelah itu berilah pencahayaan yang sesuai untuk kesehatan mata dan juga kenyamanan anda pribadi. Usahakan jangan memilih lampu yang terlalu terang karena akan membuat mata anda mudah lelah dan jangan pula memilih pencahayaan yang terlalu redup karena akan membuat anda menjadi mudah merasa ngantuk. Berikan pencahayaan yang pas untuk bisa menunjang produktifitas pekerjaan anda.

Tambahkan Space Untuk Relaksasi Sejenak

Dalam sebuah pekerjaan yang terlalu diforsir pengerjaannya tentu akan memberikan hasil yang kurang maksimal. Tenaga dan pikiran anda haruslah diberi ruang sejenak untuk bisa memulihkan stamina dan mood anda kembali pada titik tertinggi. Oleh karena itu, anda bisa menyiapkan space khusus di dalam ruangan kerja anda yang akan anda fungsikan sebagai area untuk beristirahat sejenak di tengah rutinitas pekerjaan anda.

Dengan adanya space khusus ini, tentunya anda bisa sejenak mendinginkan pikiran dan beristirahat sambil menggali ide dan menumbuhkan kreatifitas dalam rangka menunjang produktifitas tinggi pada pekerjaan anda. Namun tetaplah ingat konsep space ini hanyalah untuk sekedar relaksasi sejenak. Maka jangan sampai anda berlebihan dalam memberikan sisi hiburan pada area ini. Tentunya anda tidak ingin pekerjaan anda malah terbengkalai karena anda terlalu asik bersantai pada area ini bukan?

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai desain ruang kerja dalam rumah yang akan mampu menunjang produktifitas harian pekerjaan anda. Dengan penanganan dan penataan yang tepat, maka anda akan mendapatkan sebuah ruangan yang mampu menambah daya kreasi, memberikan semangat, dan juga menjaga ritme anda tetap prima untuk menunjang produktifitas harian anda.

 

 

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan