Dalam merancang dan membangun sebuah rumah hunian yang tidak hanya nyaman namun juga memiliki sebuah gaya tersendiri, tentunya ada cukup banyak konsep yang bisa dipilih dan diterapkan sesuai dengan selera pribadi masing-masing. Salah satu konsep yang masih menjadi pilihan utama yaitu adanya konsep rumah klasik, yang hingga kini masih sering kita temui bentuknya pada beberapa tempat. Konsep rumah klasik merupakan satu pilihan yang cukup favorit karena memang hasil dan bentuknya yang memukau, dimana memiliki nilai keindahan yang tinggi dan sarat akan makna.
Namun tentunya akan cukup sulit pada masa sekarang ini untuk menemukan cukup banyak rumah yang mengusung desain klasik secara penuh dan menyeluruh.
Ciri rumah klasik yang cukup menonjol yaitu adanya bangunan yang berdiri megah dan luas, dimana hal ini tentu agak sulit untuk diterapkan pada masa sekarang ini karena adanya problem keterbatasan lahan. Karena itu, beberapa orang mencoba memberikan desain klasik ke dalam rumah mereka dengan cara menggabungkannya dengan konsep modern yang ada. Sehingga selain mendapatkan adanya nilai keindahan dari konsep desain klasik yang ada, mereka juga akan mendapatkan sisi tampilan yang trendy dan stylish dengan adanya penambahan unsur modern.

Lalu seperti apa sih bentuk rumah yang mengusung konsep modern klasik? Seperti apa wujudnya, dan apa saja elemen yang diperlukan untuk bisa mendapatkan sebuah rumah hunian yang bergaya modern klasik? Untuk menghilangkan rasa penasaran anda, maka kali ini akan kami berikan sedikit pembahasan mengenai ide desain rumah klasik yang tentunya bisa anda terapkan untuk membuat rumah anda menjadi lebih memiliki cita rasa seni yang tinggi.

Tidak Harus Besar Dan Luas

Salah satu ciri rumah klasik yang begitu kentara yaitu dengan penampilannya yang megah seolah merupakan sebuah istana. Tentunya akan menjadi sulit untuk mewujudkannya dengan masalah keterbatasan lahan yang ada pada masa kini. Namun dengan menggunakan desain rumah modern klasik, maka anda tetap bisa mendapatkan unsur klasik di dalam rumah anda meskipun dengan lahan yang tidak terlalu luas.

Dengan menggabungkan antara desain klasik dengan desain modern, maka anda akan bisa mengatasi masalah keterbatasan lahan yang ada. Pada ruangan yang tidak terlalu luas, anda bisa memasukkan ide desain modern yang bisa mengakali dan menyulap tampilan ruangan anda menjadi terkesan lebih luas. Semisal dengan memberikan langit-langit yang tinggi, pencahayaan yang maksimal melalui jendela kaca yang tinggi dan lebar, sampai dengan penambahn cermin yang mampu memberikan ilusi ruangan yang luas. Kemudian saat desain modern tersebut anda gabungkan dengan unsur klasik yang terletak pada pemilihan furnitur, penambahan ornamen, dan beberapa detil penting yang ada, akan menjadikan rumah anda menjadi bercita rasa tinggi melalui desain modern klasik yang telah anda terapkan dengan sempurna.

Tampilan Luar Yang Elegan

Untuk mendapatkan cita rasa rumah hunian yang memiliki gaya modern klasik, maka anda bisa menggabungkan kedua unsur tersebut ke dalam bentuk fasad atau tampilan rumah anda. Pada rumah klasik yang bergaya seutuhnya, seringkali tampilan yang ada memiliki kesan sedikit kuno atau ketinggalan jaman. Namun tidak begitu halnya dengan rumah bergaya modern klasik, dimana anda akan tetap mendapatkan tampilan klasik, namun dengan kemasan yang lebih masa kini.

Dengan penggunaan pilar-pilar besar pada tampilan rumah anda, kemudian ornamen dekoratif yang ada pada dinding luarnya, menjadikan tampilan rumah anda jauh dari kesan kuno ketika anda menggabungkannya dengan desain modern. Motif dekoratif yang tampil pada bagian depan rumah anda menjadi penghias yang cantik dalam kolaborasinya bersama unsur modern yang telah ada. Tentunya anda akan mendapatkan kebanggaan tersendiri melalui gabungan unsur modern klasik yang telah menempatkan rumah anda ke dalam karya seni yang artistik.

Penggunaan Furnitur Sebagai Kesan Klasik

Pada rumah bergaya klasik, tentunya hal lain yang cukup kentara yaitu adanya elemen kayu yang bertebaran di berbagai sisi. Pada rumah dengan desain modern klasik, anda bisa menggunakan elemen kayu hanya pada beberapa sisi tertentu saja, atau bisa dikatakan sebagai aksen tanpa perlu menggunakannya pada banyak sisi rumah anda. Kemudian sebagai gantinya, anda bisa memberikan visual kayu tersebut melalui pemilihan furnitur yang akan anda tempatkan ke dalam ruangan rumah anda.

Pemilihan furnitur dengan material kayu seperti gambar diatas cukup merepresentasikan bagaimana tampilan gaya desain modern klasik yang sesungguhnya. Penggabungannya yang pas, dimana anda mendapatkan kesan klasik melalui unsur materialnya, yang kemudian digabungkan dengan tampilan warna dan finishing yang modern, tentunya menjadikan ruangan anda menjadi sangat memiliki kesan dan nilai yang tinggi.

Anda bisa juga membuat tampilan elemen kayu yang ada menjadi nampak jelas dan dominan seperti pada contoh diatas. Elemen kayu yang ada sengaja ditonjolkan untuk lebih menampakkan seni klasik yang ada. Digabungkan dengan uplight dan tata pencahayaan yang modern, menjadikan ruang tidur diatas menjadi sebuah ruangan yang nampak sangat cantik dan elegan, dimana akan sangat cocok untuk anda yang mendambakan sebuah ruangan tidur yang nyaman dan juga menyenangkan.

Ornamen Penegas Gaya Klasik

Pada rumah bergaya desain modern klasik, selain pada furnitur yang bisa anda maksimalkan untuk memunculkan nilai seni klasiknya yaitu pada penambahan detil ornamen yang ada pada setiap ruangan anda. Ornamen tambahan ini tentu selain memiliki fungsi sebagai penghias dan pemanis, juga sebagai elemen yang memberikan ketegasan adanya kesan klasik yang ada pada tampilan rumah anda. Karena dalam seni arsitektur klasik, ornamen bahkan merupakan suatu keharusan yang wajib dipenuhi untuk bisa membawa gaya klasik ke dalam level keindahan yang lebih tinggi.

Ornamen yang dimaksudkan disini tentunya tidak harus berupa patung, namun bisa berupa benda-benda dekoratif lainnya, yang sesuai dengan desain modern dimana selain mengedepankan estetika keindahan tentunya juga memiliki sisi fungsionalitas. Tentunya ada banyak sekali yang bisa anda gunakan untuk memberikan elemen penegasan tehadap gaya klasik yang tercipta pada ruangan anda semisal chandelier, lampu dinding, detail hiasan dinding, bahkan tempat lilin yang tentunya akan menyulap ruangan anda menjadi semakin tampil memukau dan elegan.

Tentunya akan ada banyak sekali kreasi yang bisa anda pikirkan untuk memberikan ornamen penegasan kedalam ruangan bergaya modern klasik yang ada pada hunian anda. Anda bahkan bisa mendapatkan elemen tersebut pada karpet, gorden, maupun pada cermin yang memiliki motif ornamen yang unik. Namun harus selalu diingat untuk tetap memberikan satu tema yang mengikat ke dalam banyaknya ornamen yang sedang anda tonjolkan. Jangan sampai berbagai macam ornamen tersebut malah menjadikan ruangan anda nampak terlalu ramai. Tetap seimbangkan tema klasik yang ada pada ruangan anda, selaraskan dengan unsur masa kini yang dapat berpadu dengan mantap, sehingga anda akan mendapatkan hasil akhir berupa tampilan visual modern klasik yang tidak hanya memukau namun juga memberikan sebuah kenyamanan bagi siapun yang menempatinya.

Demikian ulasan singkat dari kami Cv.karya mandiri kontraktor mengenai desain rumah modern klasik yang bisa kami berikan kepada anda. Semoga pembahasan yang ada bisa menjadi inspirasi bagi anda dalam mewujudkan sebuah rumah yang tidak hanya nyaman, namun juga memiliki cita rasa seni yang tinggi.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan