Pernahkah Anda melihat atau mengunjungi sebuah bangunan dimana terdapat adanya konstruksi beton yang sengaja ditonjolkan? Mungkin orang awam akan melihatnya sebagai sebuah bangunan yang belum sepenuhnya jadi. Namun sebenarnya itu merupakan sebuah kesengajaan dimana sisi unfinished pada konstruksi beton dengan sengaja ditonjolkan guna mencirikan sebuah gaya tersendiri.
Pada masa sekarang ini, hal tersebut diatas bisa dibilang sering sekali dilakukan terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan kesan bergaya industrial. Pada sebuah rumah hunian misalnya, adanya ekspos konstruksi beton yang ada justru menjadikannya nampak cantik dengan kesan natural dan alami. Berbeda dengan rumah kebanyakan, yang justru kebalikannya yaitu berusaha menutupi konstruksi beton yang ada.

Lantas seperti apa saja sih ekspos konstruksi beton yang justru bisa menambah kecantikan sebuah bangunan? Apakah Anda penasaran dan berniat untuk mencobanya? Tenang, kali ini admin akan coba berikan berbagai inspirasi konstruksi beton yang memang sengaja di ekspos untuk menampilkan kecantikannya tersendiri. Jadi jangan kemana-mana ya, simak terus ulasan di bawah ini hingga selesai!

Ekspos Beton Pada Ruang Keluarga

Inspirasi berikut ini tentu akan sangat cocok bagi Anda yang menginginkan adanya perubahan suasana pada ruang keluarga. Jika biasanya Anda menata ruang keluarga dengan gaya modern, mungkin saja sudah saatnya Anda beralih ke gaya industrial. Seperti pada inspirasi di bawah ini misalnya. Tentu terlihat keren dan bisa membawa suasana yang lebih segar ke dalam rumah hunian Anda.

Pada inspirasi ini beton yang menjulang tinggi keatas memang sengaja ditampilkan atau di ekspos guna menampilkan kesan industrial yang sangat kental. Ruangan dengan plafon yang tinggi seperti ini memang akan sangat cocok untuk disulap ke gaya industrial. Untuk menjadikannya semakin mantap, Anda bisa menambahkan elemen dekoratif seperti pipa-pipa yang ada pada bagian atas ruangan. Dimana pipa-pipa tersebut akan semakin memperkuat gaya tampilan yang ingin Anda berikan ke dalam ruang tamu tersebut.
Untuk urusan pencahayaan, jangan lupakan bahwa Anda memerlukan cukup banyak cahaya yang masuk. Tentunya hal ini untuk menghindari adanya kesan yang suram dan gelap pada ruang keluarga Anda nantinya. Bukaan dengan jendela memanjang ke atas akan sangat pas untuk Anda gunakan nantinya. Pada bagian lantai, rasanya parket atau elemen kayu adalah pilihan yang tepat untuk memaksimalkan gaya ruangan industrial milik Anda.

Ekspos Beton Pada Ruang Dapur

Inspirasi beton ekspos yang berikutnya datang dari ruangan dapur. Ruangan dapur kerapkali di cap menjadi suatu area yang cukup membosankan. Namun sekarang tentunya tidak lagi. Berkat gaya insdustrial yang berhasil Anda ciptakan melalui adanya ekspos konstruksi beton yang membuat ruangan dapur menjadi lebih bergaya dan menawan. Contohnya saja seperti pada inspirasi di bawah ini.

Biarkan beton yang ada pada bagian atas dapur untuk terekspos secara natural. Dengan coraknya yang khas nantinya mampu memberikan atmosfir tersendiri pada ruangan dapur. Anda bisa menggunakan cairan kimia khusus yang disemprotkan ke atas permukaan beton setelah dicetak dan dibereskan untuk meningkatkan waktu pengeringan. Dimana peningkatan waktu pengeringan tersebut cukup untuk menghilangkan lapisan semen pada beton sehingga yang tersisa adalah bagian kasarnya dan memberikan hasil seperti diatas.
Untuk lebih mempercantik tampilan dan juga menambah kesan industrial, Anda bisa menambahkan lampu gantung dengan motif seperti diatas. Dan terakhir tinggal tambahkan ventilasi dengan tuas tarik, pastinya akan semakin sempurna!

Ekspos Beton Pada Ruang Tidur

Anda juga bisa mengekspos konstruksi beton pada ruang tidur jika menginginkannya. Terlebih jika Anda mulai bosan dengan penampilan ruang tidur yang biasanya. Dengan inspirasi ekspos beton seperti pada gambar di bawah ini, tentu akan menghadirkan suasana berbeda yang menyejukkan. Dengan penataan isntrumen pendukungnya, akan menghasilkan visual keseluruhan yang kalem namun memanjakan Anda dalam beristirahat.

Untuk menghindari kesan berlebihan maka Anda cukup berikan saja satu sisi ruang untuk diekspos beton. Ide paling tepat tentunya adalah pada bagian sisi kepala ranjang atau tempat tidur Anda. Untuk caranya, Anda bisa menyapu permukaan semen dengan sikat agar tampilannya kasar. Anda bisa menyikatnya tergantung keinginan, untuk menghasilkan permukaan beton hingga kedalaman yang Anda mau.
Kemudian Anda bisa tambahkan karpet dengan motif putih-abu seperti diatas, dimana warna yang ditampilkan akan semakin menambah kuat kesan yang ingin Anda tonjolkan dari beton ekspos. Untuk menghindari adanya kesan yang suram, maka tentu Anda perlu perhatikan masalah pencahayaan. Berikan saja lampu cahaya kuning seperti diatas, dijamin akan membuat tema beton ekspos Anda jadi berkesan!

Ekspos Beton Pada Penghubung Antar Lantai

Inspirasi berikutnya hadir untuk Anda yang memiliki lebih dari satu lantai pada rumah hunian. Konsep atau ide utama dari inspirasi yang satu ini adalah menonjolkan adanya kekuatan yang alami dan natural pada penghubung antar lantai yang ada. Yaitu dengan membiarkan konstruksi beton yang ada pada samping tangga tetap apa adanya. Dan hasilnya sangat cantik bukan?

Dengan inspirasi ini, nantinya Anda akan mendapatkan kesan tampilan yang kokoh dan juga memberikan ketegasan pada penghubung antar lantai yang ada. Untuk semakin mempercantik, Anda bisa gunakan anak tangga melayang dengan warna motif kayu dimana akan menjadikan unsur alaminya semakin kuat. Untuk railing tangga, bisa Anda gunakan warna kalem seperti abu-abu yang berpadu secara pas dengan beton ekspos yang ada.

Kelebihan Dan Kekurangan Ekspos Konstruksi Beton

Yang berikutnya kita akan membahas mengenai apa saja sih kelebihan yang Anda dapatkan ketika mengekspos konstruksi beton yang ada:

– Yang pertama tentunya adalah anti selip. Ini akan berlaku jika Anda menerapkannya pada lantai rumah dimana permukaannya yang kasar jelas menjadikannya anti selip ketika berjalan di atasnya.
– Untuk pilihan, jelas ada beragam pilihan yang bisa Anda terapkan. Baik itu dari segi warna, ukuran, maupun bentuk. Bahkan untuk beton polos sekalipun, Anda tetap akan mendapatkan berbagai pilihan gaya yang bisa Anda coba.
– Urusan biaya, jelas Anda akan menemukan adanya penghematan. Dari mulai pengaplikasiannya hingga pada biaya perawatan. Karena hanya cukup menggunakan air dan alat pembersih biasa untuk membersihkan beton ekspos jika terkena percikan noda.

Lantas apakah kekurangannya? Dengan mengekspos konstruksi beton tentunya bisa memberikan risiko tersendiri. Contohnya saja seperti di bawah ini:
–  Yang pertama yaitu adanya risiko kerusakan. Misalnya saja jika tidak sengaja terbentur oleh benda yang keras, maka mampu memberikan kerusakan yang cukup berarti. Bisa juga karena adanya tantangan cuaca, jika beton ekspos Anda memang terpapar secara langsung terhadap hujan dan sinar matahari.
– Yang berikutnya adalah sulitnya untuk memperbaiki jika sudah terjadi keretakan pada beton ekspos. Saat sudah terjadi keretakan, maka bisa dibilang cukup sulit untuk memperbaiknya. Dan jika Anda berniat untuk mencoba memperbaikinya, maka bisa dibilang perbaikan tersebut membutuhkan proses yang hampir sama seperti pembuatan ulang dari awal.

Nah jadi itu tadi ulasan yang bisa kami bagikan mengenai ekspos konstruksi beton, dimana hasil akhirnya tentu akan menghadirkan gaya industrial yang masif ke dalam tampilan rumah hunian Anda. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan