Mungkin saat ini Anda sedang mencari inspirasi eksterior rumah untuk rumah baru impianmu Atau mungkin juga Anda seorang arsitek yang sedang mencari inspirasi untuk mendesain eksterior rumah untuk client. Untuk membantu Anda dalam mewujudkan dekorasi eksterior rumah agar terlihat menarik, berikut ini tips dan trik yang perlu Anda perhatikan.

 

1 | Cat ulang eksterior rumah dengan warna-warna yang hangat

Mengecat ulang rumah dengan cat yang baru dapat berpengaruh sangat signifikan untuk memperbaiki eksterior rumah agar terlihat menarik. Pilihlah warna-warna cat dengan warna palet dan tone yang hangat sehingga bisa meningkatkan mood penghuninya. Terkadang warna cat juga melambangkan kepribadian pemilik rumah, maka dari itu ciptakan tampilan warna cat eksterior rumah Anda yang hangat dan elegan. Untuk memberikan kesan lembut dan memiliki daya tarik pilihlah warna-warna palet, di jamin rumah Anda akan tampak hasil berbeda dengan sebelumnya.

 

2 | Beri perhatian bagian pintu utama

Setelah Anda selesai mengecat ulang seluruh eksterior rumah, beralihlah dengan memperhatikan bagian pintu utama. Mungkin Anda bisa menonjolkan karakter dari pintu itu sendiri dengan cara mengecatnya dengan warna-warna gelap seperti biru tua atau coklat tua. Warna gelap ini dapat menonjolkan kesan elegan dan kokoh pada pintu utama. Sebagai contoh pintu yang terbuat dari kayu jati akan terlihat sangat kokoh. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu daun pintu dari sticker atau kotoran yang melekat sehingga akan lebih mudah untuk di cat ulang. Kemudian perhatikan juga gagang pintu apabila sudah usang dan berkarat sebaiknya di ganti.

 

3 | Pintu garasi dalam kondisi baik

Selain pintu utama, salah satu bagian yang sangat menonjol dari eksterior rumah adalah pintu garasi. Untuk itu, Sobat perlu melihat kondisi pintu garasi ini, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak terutama bagian rel garasi. Bila memang masih baik, maka Anda bisa membersihkan permukaannya saja dengan harapan pintu garasi ini akan lebih mengkilap. Namun, apabila pintu garasi ini sudah berkarat dan susah untuk di buka atau di tutup, alangkah baiknya diperbaiki oleh ahlinya atau memasang pintu garasi yang baru. Hal ini demi menunjang eksterior rumah Anda agar tampak menarik.

 

4 | Maksimalkan pencahayaan pada bagian luar rumah

Pencahayaan di luar rumah terkadang cenderung sangat sederhana hanya dengan mengandalkan lampu utama. Sebaiknya Anda memasang lampu shading yang ditempel/dipasang di dinding luar rumah. Cahay yang dikeluarkan lampu shading agak temaram sehingga dapat menciptakan suasana yang hangat dan bersahaja pada rumah, sehingga rumah Anda akan terlihat semakin menarik di malam hari.

 

5 | Tambahkan taman bunga kecil pada bagian depan rumah

Untuk rumah minimalis modern akan tampak semakin indah jika Anda meletakkan taman bunga kecil pada bagian depan rumah. Tidak perlu terlalu banyak meletakkan tanaman di dalamnya,agar taman terlihat bersih dan luas, cukup 3 sampai 4 macam jenis tanaman dengan warna bunga yang sedap di pandang mata. Tanaman pot bonsai juga bisa menjadi inspirasi untuk taman kecil Anda. Tanaman perdu seperti beluntas atau teh bisa sebagai pagar pembatas. Supaya terkesan lebih natural Anda bisa buatkan juga kolam buatan kecil di bagian tengah atau bisa juga air terjun mini dar batuan taman. Suara dedaunan yang terkena air terjun ini akan membuat suasana rumah jadi lebih ceria. Selain untuk memperindah rumah, taman mini ini juga pasti membuat udara menjadi lebih segar dan sejuk di sekitar rumah Anda.

 

6 | Tambahkan kanopi sebagai pemanis eksterior rumah

Pada rumah minimalis sekalipun kanopi bisa membuat tampilan eksterior rumah jadi terlihat menarik bila disesuaikan dengan ukuran, warna dan bentuk rumahnya. Jika ingin terkesan alami  bisa Anda ciptakan tumbuhan rambat pada kanopi seperti contohnya tanaman anggur. Kanopi bisa juga menjadi pajangan untuk taman mini di depan rumah Anda.

 

7 | Pasang nomor rumah dengan baik

Nomor rumah adalah merupakan salah satu elemen penting pada rumah. Nomor ini merupakan identitas pada rumah, sehingga keberadaanya sangat penting dalam mengidentifikasi rumah tersebut. Namun, terkadang papan nomor rumah ini sudah lapuk atau bahkan hilang. Sekiranya anda perlu membuat papan nomor rumah yang baru.

Itulah beberapa tips yang bisa di pertimbangkan, apabila anda berencana membanagun rumah bertipe minimalis, bersama CV. Karya Mandiri bisa memberikan solusi dan inovasi untuk mewujudkan keinginan pembangunan rumah anda.

Tinggalkan Balasan