Menggunakan bantuan jasa pembangunan rumah profesional memang merupakan sebuah hal yang sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin mendapatkan hasil maksimal. Baik itu memakai jasa tukang yang sudah berpengalaman maupun menggunakan jasa kontraktor terpecaya, memang akan terasa sangat membantu proyek pekerjaan anda. Terlebih bagi anda yang ingin mendapatkan jasa bantuan yang komplit, maka jasa kontraktor jelas merupakan pilihan yang tepat. Namun apakah semua kontraktor mampu memberikan hasil yang maksimal untuk anda, tentunya tidak. Karena itu ada baiknya anda simak pembahasan berikut ini mengenai hal yang harus dihindari saat akan memilih kontraktor rumah.

Mungkin anda telah mengetahui adanya gambaran besar dalam membangun rumah yang harus anda hadapi nantinya seperti perhitungan biaya, desain, perijinan, pemilihan bahan baku dan lain sebagainya. Apakah anda kurang familiar dengan hal tersebut? Jika iya, maka dengan menyewa jasa kontraktor akan membantu anda menghadapi berbagai hal yang mungkin belum anda pahami sepenuhnya. Nantinya kontraktor dengan segala pengetahuan dan juga pengalamannya akan hadir sebagai penasihat, pelaksana, dan juga pengawasan dalam pelaksaan proyek pembangunan yang akan anda lakukan.

Jika melihat berbagai keunggulan yang dimiliki jasa kontraktor, pastinya anda akan tergiur untuk memulai kerjasama dalam mewujudkan rumah idaman anda. Namun sebelum anda mendapatkan semua itu, maka anda diharuskan untuk memilih kontraktor yang memang berkomitmen memberikan itu semua kepada anda. Salah memilih kontraktor jelas akan membuat impian anda memiliki rumah yang indah dan nyaman jadi kandas begitu saja. Proyek yang asal jadi, terbengkalai, atau bahkan kontraktor kabur membawa uang anda, merupakan resiko yang mengintai jika anda keliru dalam memilih kontraktor.

Nah agar anda bisa terhindar dari berbagai resiko buruk tersebut, ada beberapa hal yang harus dihindari saat akan memilih kontraktor rumah. Apa sajakah hal tersebut? Yuk kita bahas bersama melalui ulasan dibawah ini!

  • Memilih Kontraktor Tanpa Rekomendasi Orang Terdekat

Tentunya ada banyak sekali jasa kontraktor diluaran sana yang memiliki klaim mampu mengerjakan proyek anda dengan sangat memuaskan. Namun tentunya anda tidak boleh percaya begitu saja jika anda memang belum pernah sekalipun bekerjasama dengannya. Lantas bagaimana caranya untuk bisa mengetahui apakah kualitas yang dihasilkan akan sama dengan apa yang diklaim oleh kontraktor tersebut? Tentu salah satu caranya adalah dengan menanyakan hal tersebut kepada orang yang pernah merasakan seperti apa kualitas yang dihasilkan.

Anda bisa mencoba meminta saran kepada orang-orang terdekat anda, baik itu kerabat maupun rekan bisnis anda. Mintalah rekomendasi dari mereka, mengenai pilihan kontraktor yang memang telah terbukti memiliki kualitas yang terbaik. Dengan memilih berdasarkan rekomendasi dari orang-orang terdekat anda, maka anda telah meminimalisir resiko salah memilih kontraktor. Setidaknya orang tersebut pernah mengalami langsung bagaimana prosesnya bekerjasama dengan kontraktor pilihan mereka. Jika memang memuaskan, maka kontraktor tersebut patut untuk anda masukkan dalam daftar pilihan anda.

Kemudian hal selanjutnya yang harus anda hindari dalam memilih kontraktor adalah kontraktor yang tidak memiliki legalitas resmi. Legalitas resmi tentunya merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi pada kontraktor pilihan anda. Jika ternyata kontraktor yang anda pilih tidak memenuhi syarat tersebut, maka sebaiknya hindarilah untuk berurusan dengan kontraktor tersebut. Tentunya anda tidak ingin mendapatkan masalah di kemudian hari bukan. Karena itu sebaiknya jangan ambil resiko, meskipun kontraktor tersebut menawarkan harga yang menggiurkan.

Kontraktor yang profesional tentunya akan memiliki legalitas yang resmi, jelas badan usahanya, memiliki kantor yang meyakinkan, serta dengan izin usaha yang masih berlaku. Jika kontraktor pilihan anda tidak memenuhi berbagai kriteria tersebut, akan lebih baik jika anda mencoretnya dari daftar pilihan anda. Tidak peduli seberapa menariknya tawaran yang diajukan, lebih baik anda melakukan langkah pencegahan. Karena berurusan dengan kontraktor yang tidak memiliki legalitas resmi hanya akan membuat posisi anda kurang menguntungkan jika nantinya anda bermasalah dengan pihak tersebut.

  • Memilih Kontraktor Tanpa Cek & Ricek Latar Belakang

Lalu hal berikut yang harus anda hindari anda memilih kontraktor yang tidak jelas latar belakangnya. Meminta identitas resmi tentunya menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan, untuk kemudian mengecek latar belakang kontraktor tersebut. Jika memang sudah profesional dan tidak pernah mengalami permasalahan dengan hukum, pastinya kontraktor tidak akan keberatan untuk itu.

Dengan anda mengecek latar belakang kontraktor tersebut, maka anda bisa mulai menilai apakah kontraktor tersebut memang mempunyai kapabilitas dalam mewujudkan proyek yang akan anda jalankan. Anda harus melakukan pengecekan apakah kontraktor tersebut pernah menangani proyek yang serupa dengan yang saat ini akan anda kerjakan. Kemudian anda cek kualitasnya, apakah memang memuaskan atau tidak. Untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dalam satu tipe bangunan pastinya akan melalui banyak proses pengerjaan dalam kuantitasnya. Jika ternyata dalam pengecekan anda menemui fakta bahwa kontraktor tersebut belum pernah menangani pekerjaan yang serupa dengan proyek anda saat ini, maka anda perlu waspada. Karena bisa jadi proyek anda malah jadi kelinci percobaan, karena memang baru pertama kali dilakukan.

  • Memilih Kontraktor Atas Dasar Harga Murah

Dan yang berikutnya, anda harus menghindari memilih kontraktor hanya karena menawarkan harga yang murah. Memilih kontraktor hanya berdasarkan tarifnya yang murah jelas sangat beresiko untuk anda. Alih-alih mendapatkan hasil yang berkualitas dan memuaskan, malah anda harus gigit jari melihat hasil bangunan anda yang asal jadi dan kurang meyakinkan.

Harga murah boleh saja sih, namun anda harus curiga jika murahnya tidak masuk akal. Karena nanti yang biasanya terjadi adalah penggunaan material dengan kelas dan mutu yang rendah. Sudah tau kan apa akibat yang harus anda bayar nantinya? Kualitas rumah anda jelas menjadi murahan. Pastinya hasilnya tidak akan memuaskan, dan tinggal menunggu waktu saja untuk terjadi berbagai macam kendala di kemudian hari. Boleh mempertimbangkan kontraktor yang menawarkan jasa dengan tarif murah, tapi pastikan hasilnya tidak murahan.

Tidak lantas semua kontraktor yang murah pasti buruk. Ada kontraktor murah yang tetap memberikan hasil yang memuaskan. Karena memang sudah profesional, kontraktor tersebut bisa memangkas beberapa sektor, namun tetap bisa menghasilkan karya yang maksimal. Tinggal bagaimana anda jeli melihatnya, apakah murah yang berkualitas atau murah yang memang murahan.

  • Memilih Kontraktor Yang Tidak Berani Memberikan Garansi

Kemudian yang terakhir, anda harus menghindari pemilihan kontraktor yang enggan memberikan garansi. Kontraktor yang tidak berani memberikan garansi pastilah bukan kontraktor yang profesional, karena tidak berani bertanggungjawab atas hasil karyanya. Pastikan anda memilih kontraktor yang memang berani memberikan garansi, untuk memberikan rasa aman dan juga nyaman di kemudian hari.

Nah jadi itu tadi ulasan mengenai berbagai hal yang harus dihindari saat akan memilih kontraktor rumah. Sedikit tips tambahan untuk anda, jangan pernah terburu-buru untuk menandatangani kontrak. Pastikan anda telah membaca semuanya, dan telah memahami dengan seksama. Tanyakan dengan jelas jika ada isi kontrak yang terlihat masih ambigu untuk anda. Dengan begitu anda bisa terhindar dar kontraktor nakal yang berusaha mencari keuntungan berlebih dari anda melalui isi kontrak yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Kami harap pembahasan diatas bisa membantu anda ya dalam memilih kontraktor yang tepat. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan