Pada saat anda merancang desain interior sebuah rumah hunian, terkadang anda akan menemukan adanya sebuah bagian ruang yang kosong, pada bagian bawah tangga misalnya. Tentu sangat sayang jika ruang kosong tersebut tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, dimana bisa berguna sebagai tempat penyimpanan, gudang, atau bahkan kamar mandi. Mungkin anda sudah cukup sering menemukan adanya ruang penyimpanan yang terletak di bawah tangga. Tapi bagaimana dengan kamar mandi? Rasanya jarang ya orang memikirkan untuk meletakkan sebuah kamar mandi pada bagian bawah tangga.

Nah karena itulah kali ini kita akan coba membahas khusus mengenai kamar mandi yang ada pada bawah tangga. Ruang yang ada pada bawah tangga tentunya tidak memiliki space yang terlalu luas, lalu apakah memungkinkan untuk meletakkan sebuah kamar mandi disana? Apakah nantinya tidak terlalu kecil? Apakah bisa mewujudkan sebuah kamar mandi kecil yang tetap nyaman dan juga fungsional pada bagian bawah tangga? Tenang, untuk menjawab rasa penasaran anda langsung saja kita simak bersama pembahasan di bawah ini mengenai ide desain kamar mandi bawah tangga, mungil namun tetap nyaman dan fungsional!

  • Pastikan Tingginya Memadai

Sebelum anda memutuskan untuk meletakan sebuah kamar mandi pada bagian bawah tangga rumah hunian anda, pastinya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Jangan sampai anda gegabah dan terburu-buru dalam menentukan, dimana bisa menjadikan hasil akhir yang kurang sempurna nantinya. Pastikan beberapa hal tersebut terpenuhi sebelum anda memutuskan, agar anda mendapatkan hasil akhir yang sempurna dan juga memuaskan.

Untuk hal pertama yang harus anda perhatikan tentunya adalah ketinggian ruang. Cobalah anda tentukan terlebih dahulu apakah tinggi ruang pada bawah tangga anda ideal dan mencukupi untuk dijadikan sebagai sebuah ruangan kamar mandi mungil. Pastikan agar orang dewasa bisa berdiri tegak ketika memasuki ruang tersebut, dan tentunya masih memiliki sisa ketinggian yang cukup lega pada bagian atapnya. Jika memang ideal dan memungkinkan, maka anda bisa memutuskan untuk menyulap ruang kosong pada bawah tangga tersebut menjadi sebuah kamar mandi mungil yang fungsional.

Kemudian karena memang letaknya berada persis di bawah tangga, maka nantinya anak tangga yang ada itulah yang akan menjadi atap atau langit-langit kamar mandi anda. Ini berarti bagian atas atau atap kamar mandi anda akan miring atau tidak sejajar. Namun hal ini bukanlah menjadi sebuah masalah. Anda justru bisa menjadikannya sebagai sebuah keunikan yang mempercantik kamar mandi mungil anda nantinya. Atau jika anda memang ingin menjadikannya sejajar, maka anda bisa mengubah sisa ruang yang ada menjadi sebuah storage atau tempat penyimpanan. Anda bisa menjadikannya sebagai area yang berguna untuk menaruh beberapa benda milik anda, semisal peralatan memancing dan sebagainya.

  • Jangan Lupakan Sirkulasi Udara

Setelah anda memastikan kamar mandi bawah tangga anda memiliki ketinggian yang cukup memadai, maka yang selanjutnya anda harus memikirkan tentang sirkulasi udara. Seperti yang kita ketahui bersama, ruang bawah tangga memang tidak memiliki space yang cukup luas. Ini berarti nantinya area kamar mandi anda bisa terbilang cukup kecil dan mungil. Hal inilah yang nantinya akan menjadi sebuah tantangan kecil untuk anda.

Pastikan agar kamar mandi mungil anda mendapatkan sirkulasi udara yang bagus dan mecukupi. Jangan sampai kamar mandi bawah tangga anda nantinya berakhir menjadi sebuah kamar mandi yang pengap dan sesak. Anda harus mampu merancang akses keluar masuknya udara yang mana bisa menjadikan kamar mandi mungil anda tetap terasa segar, tanpa adanya kesan pengap. Anda bisa membuat bukaan untuk kelancaran sirkulasi udara berupa lubang angin berkisi agar udara dapat tetap masuk dan keluar dengan lancar. Kisi-kisi merupakan salah satu cara yang cukup baik untuk mendapatkan fungsi sebuah jendela. Terlebih lagi, rancangan ini juga hemat anggaran, sehingga nantinya tidak akan terlalu memberatkan anda.

  • Atur Pencahayaan

Setelah anda memperhatikan mengenai tinggi ruangan dan juga sirkulasi udara, maka hal berikutnya yang perlu anda perhatikan tentunya adalah masalah pencahayaan. Pencahayaan juga menjadi sebuah hal serius yang patut untuk anda perhatikan dengan baik. Jangan sampai ruang kamar mandi bawah tangga anda justru menjadi sebuah tempat yang membuat orang menjadi malas untuk menggunakannya, karena memang suasananya yang terkesan gelap dan suram.

Coba aturlah pencahayaan yang tepat dan maksimal untuk menerangi bagian bawah tangga anda tersebut. Usahakan agar pencahayaan yang ada nantinya tidak terlalu terang, dan juga tidak terlalu redup. Pencahayaan yang terlalu terang justru akan menimbulkan nuansa yang berlebihan terhadap kesan ruang kamar mandi mungil yang ingin anda tonjolkan. Begitu juga dengan pencahayaan yang terlalu minim, dimana berpotensi menjadikan kamar mandi bawah tangga anda menjadi terkesan suram dan bahkan jadi menyeramkan.

Contoh Desain Kamar Mandi Bawah Tangga

Setelah anda mengetahui berbagai hal yang harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk meletakkan sebuah ruangan kamar mandi pada bagian bawah tangga, maka yang berikutnya kami hadirkan beberapa contoh desain kamar mandi bawah tangga yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan pilihan untuk anda.

  • Kamar Mandi Bawah Tangga Mini

Jika memang space pada bawah tangga anda cukup sempit, maka ide diatas bisa menjadi pilihan yang sangat pas untuk anda. Anda cukup menggunakan satu wastafel dan juga closet duduk untuk ditempatkan pada kamar mandi bawah tangga anda. Jangan lupakan sentuhan penggunaan cermin yang mana mampu memberikan tambahan kesan berupa dimensi yang cukup lega.

  • Kamar Mandi Bawah Tangga Bergaya Rustic

Terkadang para tamu anda butuh area untuk merapikan pakaian, touch up make up, dan lain sebagainya. Jika anda memiliki kamar mandi bawah tangga seperti pada contoh diatas, tentnunya akan sangat membuat tamu anda merasa nyaman nantinya. Anda bisa memberikan cermin yang cukup besar dan elegan serta tambahan penerangan pada bagian kiri kanan, untuk membuat tamu anda menjadi semakin nyaman saat berhias diri. Kemudian adanya wastafel dari elemen kayu dan juga keranjang rotan menjadikan gaya rustic yang ingin anda tonjolkan menjadi semakin terasa kental. Yang terakhir, jangan lupakan tambahan bunga dimana semakin mempercantik tampilan kamar mandi anda.

  • Kamar Mandi Bawah Tangga Bergaya Victorian

Meskipun kamar mandi bawah tangga anda berukuran kecil, namun tidak berarti menghalanginya untuk tampil gaya dan berkelas bukan? Salah satu ide yang bisa anda gunakan untuk menyulap kamar mandi mungil anda menjadi lebih berkelas adalah dengan menggunakan tema victorian. Anda bisa memilih dan menggunakan cermin yang memiliki berbagai ukiran disampingnya. Kemudian dengan ditambahkan wallpaper yang bertemakan motif khas victorian, jelas semakin mempertegas tampilan kamar mandi mungil anda nantinya.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai ide desain kamar mandi bawah tangga, yang meskipun bentuknya mungil namun tetap menjadi nyaman dan juga fungsional pastinya. Semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan dan juga inspirasi bagi anda dalam merancang kamar bawah mandi bawah tangga anda nantinya.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan