Pada sebuah rumah hunian yang sehat terdapat beberapa ruangan yang mesti benar-benar diperhatikan segi kenyamanannya. Salah satu ruangan tersebut yaitu kamar tidur utama. Kamar tidur pada sebuah hunian memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan penghuninya, baik itu mental maupun fisik. Tidak berlebihan rasanya, karena memang kamar tidur berfungsi sebagai pelepas lelah dan penat atas aktivitas harian yang tentunya sangat menyibukkan dan juga menguras energi, pikiran, dan juga stamina.

Oleh karena itu kenyamanan kamar tidur merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan secara serius. Dimana ruangan ini akan menjadi sebuah tempat untuk mengembalikan energi dan juga stamina yang telah terkuras, dan juga sebagai tempat untuk merefresh pikiran agar bisa kembali segar untuk menyongsong aktivitas harian pada keesokan harinya.

Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan agar membuat kamar tidur anda menjadi sebuah area yang nyaman dan juga menyenangkan? Mari kita bahas bersama melalui ulasan di bawah ini.

➣ Pergunakan Warna Pastel Pada Kamar Tidur Anda

Tips pertama yang ampuh untuk digunakan yaitu dengan adanya penggunaan warna pastel pada kamar tidur anda. Warna pastel dipercaya mampu untuk memberikan kenyamanan sekaligus juga ketenangan bagi anda jika anda terapkan pada tema kamar tidur anda. Anda dapat menghadirkan warna ini pada dinding kamar tidur anda. Atau bila ingin cara yang lebih mudah dan simpel, anda bisa menambahkannya pada soft furnishingnya. Lalu kemudian, anda bisa kombinasikan warna-warna lembut ini dengan sentuhan alami agar semakin memberikan aura ketenangan dan juga kenyamanan pada kamar tidur anda.

➣ Pergunakan Kombinasi Warna Berani Dan Netral

Jika anda kurang menyukai warna pastel, maka anda bisa juga dengan menggunakan warna-warna yang terkesan berani pada kamar tidur anda. Jangan salah, warna-warna yang terkesan cukup mencolok pun mampu menghadirkan sebuah ketenangan tersendiri jika anda bisa mengkombinasikannya dengan warna netral pada sekitarnya. Kehadiran warna netral ini berfungsi untuk menciptakan keselarasan warna dimana pada akhirnya mampu menghadirkan kesan tentram dan rileks.

➣ Adanya Ventilasi Yang Cukup Besar

Sejak dulu alam memang telah terkenal dengan sifatnya yang mampu memberikan ketentraman jiwa bagi seluruh mahluk hidup. Oleh karena itu maka anda bisa mencoba untuk memasukkan unsur alami kedalam kamar tidur anda. Cara termudah untuk mengaplikasikannya yaitu dengan adanya sebuah ventilasi yang cukup besar pada salah satu sisi kamar tidur anda. Dengan adanya pintu kaca geser ataupun jendela yang besar, maka sinar matahari dan semilir angin yang menerpa masuk kedalam kamar tidur anda akan memberikan sebuah ketenangan alami yang tentunya dapat membuat jiwa anda menjadi sejuk dan juga tentram. Terlebih lagi jika ada pemandangan alami berupa hamparan space luas ataupun taman buatan yang langsung menghadap ke kamar tidur anda. Dengan adanya unsur alam yang hadir pada kamar tidur anda, maka waktu istirahat anda akan menjadi lebih optimal untuk bisa menghadapi tuntutan aktivitas keesokan harinya.

➣ Gunakan Konsep Gaya Skandinavia

Gaya Skandinavia pada kamar tidur juga merupakan salah satu alternatif ide desain yang patut untuk dicoba. Dengan sifatnya yang simpel, maka akan mampu menghadirkan sebuah kenyamanan tersendiri pada kamar tidur anda. Dengan tambahan berupa pot tanaman kecil pada sudut ruangan anda, rasanya anda akan betah untuk berlama-lama berada pada ruangan kamar tidur anda.

➣ Tema Hangat Pada Kamar Tidur Anda

Jika memang ruangan kamar tidur anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari langsung, maka anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mensiasatinya agar anda tetap mampu memberikan unsur kehangatan pada kamar tidur anda. Cara yang bisa dilakukan antara lain dengan adanya warna kuning pada motif seprai kasur anda, adanya unsur kayu pada ruangan kamar tidur anda, ataupun dengan penggunaan lampu warna kuning temaram pada pencahayaan kamar tidur anda. Dengan ide kreatif yang tepat maka anda akan tetap mampu untuk menikmati adanya kehangatan yang menenangkan pada kamar tidur anda meskipun dengan tidak adanya sinar matahari langsung.

➣ Warna Kesegaran Pada Biru Laut

Lalu kemudian salah satu cara alternatif lainnya yaitu dengan adanya penggunaan warna biru pada kamar tidur anda. Warna biru yang identik dengan sensasi kesegaran suasana laut dan pantai tentunya bisa anda pertimbangkan untuk coba anda masukkan kedalam tema kamar tidur anda. Dengan adanya unsur laut dan pantai pada kamar tidur anda tentunya akan memberikan sebuah ketenangan yang intens pada waktu istirahat ataupun momen kebersamaan dengan pasangan anda.

➣ Konsep Unfinished Pada Kamar Tidur

Cara lain yang bisa dipertimbangkan yaitu dengan adanya konsep unfinished pada ruangan kamar tidur anda. Cukup pilih salah satu sisi ruangan yang ingin anda sulap menjadi tema unfinished. Konsep ini dipercaya mampu memberikan sebuah kenyamanan tersendiri dimana akan menghadirkan sebuah sisi alami pada kamar tidur anda.

➣ Hindari Adanya Unsur Pekerjaan Pada Kamar Tidur Anda

Untuk lebih memberikan ketenangan dan juga kenyamanan pada momen istirahat anda, maka anda harus benar-benar membuat ruangan kamar tidur anda bersih dari nuansa pekerjaan anda. Pisahkan selalu antara bekerja dan istirahat. Tentunya anda akan merasa kurang nyaman jika anda masih melihat berkas-berkas pekerjaan anda berada pada salah satu sudut kamar tidur anda bukan? Alih alih beristirahat dengan nyaman, mungkin anda justru akan disibukkan dengan pikiran-pikiran liar mengenai rutinitas pekerjaan anda.

➣ Atur Penataan Dengan Rapi

Kemudian tips terakhir yang bisa dilakukan untuk menambah kenyamanan pada kamar tidur anda yaitu dengan memperhatikan penataan ruangan anda. Sebisa mungkin atur penataan barang-barang dan furnitur anda dengan rapi. Ini dimaksudkan untuk menghadirkan kesan keteraturan dan juga kenyamanan yang tentunya sangat berpengaruh besar terhadap waktu istirahat anda. Dengan penataan yang rapi, bersih, dan tidak semrawut tentunya akan lebih memberikan kesan rileks dan juga akan mampu menghadirkan kenyamanan beristirahat anda. Ingatlah selalu untuk memperhatikan konsep bahwa ruang tidur murni sebagai ruangan untuk pelepas lelah.

Pisahkan dan juga hindari adanya barang-barang yang tidak perlu berada pada ruangan kamar tidur anda agar masa istirahat anda menjadi lebih tenang dan juga berkualitas. Namun jika memang ruangan kamar tidur ada memiliki konsep kamar tidur yang menyatu dengan area kerja, maka sebisa mungkin berilah sekat atau pemisah yang membatasi pandangan anda langsung terhadap area kerja anda. Hal ini bertujuan untuk menjaga ketentraman pikiran anda dari pekerjaan yang seharusnya tidak boleh mengganggu waktu istirahat anda.

Demikian beberapa tips yang bisa kami berikan mengenai ide desain yang mampu menghadirkan kenyamanan pada ruangan kamar tidur anda. Dengan penerapan konsep yang tepat dan juga matang, maka tidak akan ada lagi ada cerita momen penting istirahat anda terganggu ataupun merasa kurang nyaman dan tenang dalam beristirahat. Adanya kamar tidur yang nyaman, tenang, dan juga tentram, pastinya akan mampu memberikan kesegaran pada anda untuk menjalani rutinitas harian

Tinggalkan Balasan