Bagi pribadi yang menginginkan sebuah rumah hunian dimana mampu memberikan sisi keindahan tersendiri disamping sisi fungsionalitas rumah sebagai tempat tinggal, biasanya akan memikirkan keberadaan taman pada rumahnya. Taman pada rumah memang tidak bisa dipungkiri lagi mengenai ragam manfaatnya yang banyak, baik dari sisi estetika keindahan, kenyamanan penghuninya, sampai pada aspek kesehatan. Namun pada era sekarang ini, keberadaan taman seringkali urung diciptakan karena adanya problem keterbatasan lahan. Lahan yang sempit membuat kebanyakan orang memutuskan untuk meniadakan taman pada rumah mereka untuk mengakomodir adanya ruangan lain yang dirasa lebih urgent dibandingkan keberadaan taman. Nah, bagi anda yang kebetulan tidak memiliki lahan yang cukup luas namun ingin tetap memiliki sebuah area hijau pada rumah hunian anda, maka anda bisa mulai memikirkan untuk membangun taman atap atau yang disebut juga rooftop garden.

Apa sih yang dimaksud taman atap atau rooftop garden? Taman atap merupakan sebuah ruang hijau buatan yang diletakkan pada level teratas sebuah bangunan, dimana biasanya terletak pada balkon maupun atap rumah. Taman atap ini tentunya ditujukan untuk budidaya tanaman, ruang bermain dan bersantai keluarga, sebagai area untuk mempercantik rumah, hingga banyak manfaat lainnya seperti manfaat hidrologis dan ekologis. Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan selain dari sisi dekoratifnya, maka wajar jika taman atap menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba bagi anda yang menginginkan adanya ruang hijau terbuka pada rumah anda.

Lalu seperti apa caranya, dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan taman atap atau rooftop garden pada rumah hunian anda? Mari kita simak bersama melalui ulasan dibawah ini.

Tentukan Konsep Ruang

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam perencanaan taman atap atau rooftop garden yaitu menentukan seperti apa nantinya konsep ruang taman atap yang anda inginkan. Apakah anda menginginkan sebuah taman atap yang khusus untuk bercocok tanam saja, atau ingin adanya space khusus untuk tempat bersantai sekedar duduk menikmati pemandangan bersama keluarga, atau bisa juga adanya meja makan yang digunakan untuk pesta kecil bersama rekan dan kerabat sembari menikmati suasana hijau yang menyegarkan. Anda juga harus memikirkan mengenai privasi, dimana anda bisa memilih apakah taman atap anda berkonsep terbuka sepenuhnya atau semi tertutup jika lingkungan sekitar anda terdapat beberapa bangunan yang sama atau lebih tinggi dibandingkan bangunan anda.

Gambar diatas merupakan sebuah contoh taman atap yang memiliki konsep semi tertutup, dimana anda bisa memiliki privasi tersendiri tanpa harus terlihat oleh orang lain dari lingkungan di sekitar anda. Adanya penambahan meja makan dan beberapa kursi bisa anda gunakan sebagai tempat makan malam yang asik bersama keluarga, atau bahkan rapat kecil bersama rekan dalam suasana yang santai dan asri.

Persiapkan Tantangan Cuaca

Dalam perencanaan taman atap pada rumah anda, salah satu aspek penting yang harus anda pikirkan yaitu mengenai cuaca. Anda harus mempersiapkan dengan matang bentuk perlindungan taman atap anda, yang tentunya akan tahan terhadap tantangan iklim dan cuaca. Tentunya akan menjadi kurang maksimal jika taman atap anda hanya bisa digunakan bersantai saat cuaca sedang cerah saja bukan?

Jika taman atap anda memiliki fungsi lain sebagai tempat bersantai, maka anda harus memikirkan bagaimana perlindungan ruang santai tersebut saat cuaca sedang hujan. Anda bisa memberikan material peneduh seperti payung, kanopi, maupun yang lainnya sesuai selera, keinginan, dan juga kreatifitas anda. Buatlah ruang bersantai anda menjadi tetap bisa ditempati saat sedang hujan untuk menikmati suasana sejuk dan menyegarkan bersama keluarga anda.

Pemilihan Dan Penataan Taman

Setelah memikirkan mengenai konsep ruang dan juga perlindungan yang sesuai untuk selera dan kenyamanan anda, maka tiba saatnya bagi anda untuk mulai memikirkan tanaman apa saja yang akan terdapat pada taman atap anda, dan juga akan seperti apa penataannya yang pas. Sangat kami rekomendasikan bagi anda untuk meminta saran dari para ahli taman, karena ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan semisal media tanam yang pas, maksimal kapasitas berat struktural atap, tanah dan pupuk, drainase, paparan sinar matahari, hingga hembusan angin yang tentunya berpengaruh pada tanaman anda.

Lalu dalam pemilihan tanaman sendiri, anda juga harus pintar dalam memilah dan memilih tanaman apa yang sekiranya cocok untuk anda gunakan pada taman atap anda. Jika anda memiliki taman atap yang luas dan ingin menangkal efek buruk lingkungan sekitar, anda bisa mencoba untuk menanam bambu dan rumput dimana merupakan kombinasi yang cukup bagus mengingat biaya perawatannya yang rendah. Saat anda memilih jenis tanaman pot, maka sebaiknya hindarilah tanaman berbatang kecil yang rentan terhadap embusan angin.

Tanaman yang ideal untuk taman atap anda haruslah tahan lama dan tentunya mampu menangkal angin serta kondisi buruk lainnya. Jika anda mencoba untuk bercocok tanam sayur, maka cobalah untuk memilih jenis tanaman rendah seperti wortel, lobak, tomat, selada, bayam, dan kacang-kacangan. Kemudian yang selanjutnya, anda bisa mempertimbangkan permainan warna serta jenis tanaman. Anda bisa menggunakan perpaduan warna hangat dan dingin secara seimbang untuk mendapatkan tampilan cantik, semisal memadukan pohon, semak, tanaman berdaun warna, atau tanaman berbunga.

Anda tidak perlu khawatir jika taman atap anda tidak memiliki banyak space yang luas. Cobalah untuk melakukan penataan tanaman anda secara vertical seperti pada gambar diatas. Dengan penataan tersebut maka anda tetap bisa menempatkan berbagai macam tanaman favorit anda tanpa harus memakan space yang cukup banyak.

Jangan Lupakan Pencahayaan

Bayangkan suasana malam hari yang cerah dengan tebaran bintang. Tentu akan sangat menyenangkan jika anda bisa menikmatinya dengan bersantai bersama keluarga sembari duduk santai pada taman atap atau rooftop garden anda. Anda bisa berbincang hangat, bersantai dan bercengkrama untuk melepas penat akan aktivitas harian anda, kemudian bersantap makan malam bersama diiringi suasana yang asri dan menentramkan dibawah langit berbintang.

Untuk bisa mendapatkan itu semua, maka anda harus memikirkan mengenai pencahayaan yang tepat dan sesuai untuk taman atap anda pada malam hari. Anda bisa menempatkan pencahayaan yang terang pada pintu masuk taman atap, tangga yang ada pada taman, beberapa aksen pencahayaan kecil pada sisi taman yang mempercantik suasana malam, hingga penerangan pada ruang duduk anda jika anda ingin membaca buku sembari bersantai pada malam hari. Dengan penempatan titik pencahayaan yang tepat, dan juga pemilihan elemen pencahayaan yang sesuai dengan proporsi taman anda, maka selain menambahkan kesan kecantikan tersendiri pada taman atap juga mampu memberikan kesan yang luas dan lapang bagi rooftop garden anda.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai ide desain rooftop garden atau taman atap yang hijau nan cantik. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi anda dalam mewujudkan taman atap yang cantik ke dalam rumah hunian anda.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan