Seperti yang kita ketahui bersama, penataan eksterior pada rumah hunian tentu tidak kalah pentingnya dengan penataan interior rumah. Selain harus mendapatkan elemen kecantikan dan juga keindahan, maka penataan eksterior rumah tentunya harus bisa memberikan aspek kenyamanan yang mumpuni. Salah satu bagian dari eksterior rumah yang patut mendapatkan perhatian yang serius yaitu adalah bagian teras rumah. Teras rumah bisa dikatakan memegang peranan penting dalam penilaian kesan pertama dari keseluruhan tampilan eksterior rumah anda. Oleh karena itu, dalam merancang ide desain teras rumah tentunya harus melalui pertimbangan dan juga pengetahuan yang tepat, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga memuaskan.

 

 

 

 

 

 

Tentunya ada banyak sekali ide desain teras rumah yang bisa anda pilih untuk diterapkan dalam bagian eksterior rumah anda. Dari beragam citra, bentuk, dan juga gaya, kemudian dengan berbagai variasinya dari bermacam ide desain teras rumah tersebut mungkin akan membuat anda sedikit kebingungan dalam memilihnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan coba memilihkan beberapa ide desain teras rumah terbaik yang pastinya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda dalam mempercantik tampilan keseluruhan bagian rumah tinggal anda.

Sebelumnya, Apa Sih Itu Teras Rumah?

Semua orang tentunya sangat sering mendengar kata ini, namun apa sih sebenarnya teras rumah, dan apa saja fungsinya? Jika kita lihat dari kamus besar bahasa indonesia, maka teras rumah berarti bagian bidang tanah ataupun lantai datar yang biasanya terletak pada bagian depan rumah hunian. Bidang ini biasanya dibuat agak lebih tinggi dari bagian di sekelilingnya (meskipun tidak harus), yang menghubungkan antara area depan rumah dengan bagian dalam rumah. Terutama di Indonesia, bagian teras ini sering ditambahkan furnitur berupa kursi duduk dan berbagai furnitur penunjang lainnya, sehingga bisa menambah fungsionalitasnya sebagai tempat untuk bersantai ataupun menjamu tamu yang berkunjung.
Jika kita liat dari penjelasan diatas, maka kita mengerti kenapa bagian teras rumah memegang peranan yang penting dalam nilai tampilan keseluruhan eksterior rumah anda. Melihat fungsinya yang berperan untuk menghormati tamu yang berkunjung, sebagai area untuk bercengkrama bersama keluarga, hingga citranya sendiri yang seakan mencerminkan kepribadian dari sang pemilik rumah tersebut, maka menjadi sangatlah wajar jika kita harus pintar dan cermat dalam memilih dan juga menerapkan berbagai ide desain teras rumah yang ada.

Ide Desain Teras Rumah Minimalis

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagi anda yang menginginkan kesan tampilan eksterior yang minimalis, maka anda bisa mencoba salah satu ide desain seperti pada gambar diatas. Dengan mengusung gaya minimalis, maka anda akan mengedepankan sisi fungsionalitas pada bagian teras rumah anda. Dengan pemakaian furnitur yang secukupnya, tanpa kesan yang berlebihan, kemudian dengan pemilihan furnitur yang pas, maka akan menjadikan teras rumah anda sebagai satu area yang cantik.

Ide desain teras rumah minimalis tentu akan sangat cocok untuk diterapkan pada rumah yang tidak memiliki area cukup luas. Coba tempatkan dua furnitur kursi dan juga satu meja kecil. Untuk mendapatkan corak dan citra poin yang cantik, maka anda bisa memilih furnitur dengan unsur kayu. Kemudian pada lantainya juga bisa anda berikan unsur kayu yang senada untuk lebih memantapkan corak dan kesan yang ingin anda tampilkan. Dan jika memungkinkan, maka menambahkan sebuah kolam kecil di area depan teras rumah anda akan semakin menambah mantap kesan ketenangan alami yang ada pada eksterior rumah anda. Perpaduan unsur kayu dan juga kolam ikan jelas merupakan sebuah kombinasi yang sempurna untuk menghadirkan kesan yang menyenangkan pada bagian teras rumah anda.

Teras Bergaya Scandinavian

Apakah anda seorang pribadi yang cinta alam dan juga menyukai tantangan? Jika iya, maka ide desain teras rumah dengan gaya scandinavian merupakan ide yang tepat untuk anda terapkan. Anda bisa mencoba membuat teras anda menjadi sebuah area yang memiliki kesinambungan dengan alam sekitar. Seperti pada contoh ilustrasi di atas, tema scandinavian cukup kentara dengan adanya bukaan yang lebar, dipadu dengan alam berupa taman kecil yang ada di sekitar,ditambah dengan adanya beberapa tumbuhan yang menghiasi, jelas akan mampu menghidupkan suasana santai pada gaya eksterior rumah anda.

Untuk malam hari, anda bisa berkreasi dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang, namun mampu menambah unsur dramatis yang sudah ada. Anda bisa memilih pencahayaan yang temaram, yang memiliki penerangan cukup, untuk semakin menambah kesan rileks pada suasana teras rumah anda. Beberapa pot dengan tanaman hias yang berwarna tentunya juga bisa berguna untuk menghadirkan adanya unsur keceriaan anda. Anda bisa berkreasi sesuai dengan selera pribadi, namun tentunya ada hal yang perlu diingat yaitu tantangan cuaca. Pilihlah atap dan juga furnitur yang mampu bertahan lama saat cuaca sedang tidak menentu.

Teras Yang Berpadu Dengan Taman

Jika memang memungkinkan, kenapa tidak padukan saja taman yang ada dengan teras? Anda bisa mencoba menempatkan teras anda seolah berada pada area tengah taman seperti pada ilustrasi diatas. Ide desain teras rumah ini tentunya akan sangat cocok diterapkan pada rumah yang tidak memiliki lahan yang cukup luas. Meskipun lahan terbatas, namun anda akan tetap bisa memiliki taman dan juga teras sekaligus. Dengan menerapkan ide desain ini, maka dapat dipastikan para tamu dan kerabat yang sedang berkunjung akan merasa sangat nyaman untuk sekedar berbincang santai ataupun membahas masalah pekerjaan.

Untuk pemilihan furnitur, anda bisa menggunakan kombinasi antar single sofa dan juga kursi kayu. Anda bisa memilih memakai meja panjang maupun meja kecil, sesuai dengan selera anda. Namun tetap perhatikan jumlahnya, hindari penggunaan furnitur yang berlebihan agar suasana natural yang ada tetap terjaga. Penggunaan furnitur yang terlalu banyak hanya akan menciptakan kekacauan visual pada tampilan indah yang sudah anda ciptakan sebelumnya. Dan jangan lupa untuk menambahkan pencahayaan dramatis pada sisi samping teras anda, untuk menciptakan kesan yang romantis pada saat malam hari.

Ide Desain Teras Rooftop

Apakah teras harus selalu terletak pada bagian depan rumah, tentunya tidak. Seni desain eksterior pada saat ini menjadikan teras sebagai sebuah area fleksibel dimana bisa ditempatkan pada bagian belakang maupun samping rumah, dimana tidak harus selalu berada di depan. Lalu bagaimana jika tidak ada lagi lahan yang tersisa? Maka jawabannya yaitu rooftop terrace atau teras atap. Pilihan ini adalah hal yang tepat untuk anda terapkan saat tidak ada lagi lahan yang tersisa untuk dimanfaatkan.

Seperti pada contoh ilustrasi diatas, anda bisa menempatkan teras anda di bagian lantai atas rumah. Dengan letaknya yang berada di atas, maka tentunya akan semakin memberikan nilai tambah kecantikan eksterior rumah anda, melalui adanya pemandangan indah yang bisa disaksikan dari kursi santai yang ada. Jika anda sering mengadakan pesta kecil, maka berikan area duduk melingkar pada teras rumah anda sehingga bisa menampung cukup banyak tamu yang hadir. Coba kombinasikan dengan furnitur meja yang berbentuk bundar di tengahnya. Kemudian sebagai unsur dekoratif sekaligus manfaat ekologis, jangan lupa untuk menambahkan berbagai macam tanaman di pagian pinggir teras anda.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai berbagai ide desain teras rumah, yang kami harapkan mampu menambah inspirasi anda dalam mewujudkan penampilan eksterior yang cantik pada rumah anda. Jadikanlah teras rumah anda menjadi sebuah area yang berkesan dengan semua unsur kenyamanan dan juga kecantikan yang sempurna.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan