Pada sebuah rumah hunian, ruangan kamar tidur pastinya memiliki peranan yang cukup penting dalam aspek kenyamanan rumah tersebut. Apapun tema rumah tersebut, jika ruangan kamar tidur didesain dengan sembarangan,maka jelas rumah tersebut tidak bisa dikatakan sebagai hunian yang nyaman untuk ditempati. Tidak berlebihan memang, karena ruangan kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang berfungsi sebagai jiwa dalam satu kesatuan rumah, dimana kamar tidur mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian dalam keseharian penghuninya.
Dalam penataan kamar tidur, tentunya harus diperhatikan secara seksama dalam tujuannya untuk menjaga kenyamanan bagi siapapun yang menempatinya. Tidak bisa sembarangan, dan juga tidak bisa asal-asalan dalam menata kamar tidur. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips dalam penataan kamar tidur anda agar ruangan pribadi tersebut menjadi nyaman untuk anda tempati dalam kesehariannya.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan, dan apa saja yang bisa anda lakukan untuk menyulap ruangan kamar tidur anda menjadi sebuah area yang nyaman dan menyenangkan? Mari kita simak bersama melalui pembahasan di bawah ini.

Pilihlah Tema Sesuai Gaya Anda

Ruangan kamar tidur merupakan sebuah area ruangan penting yang akan sering anda tempati. Bagaimana jika anda setiap harinya menempati ruangan yang tidak sesuai dengan kepribadian anda? Tentunya hanyalah ketidaknyamanan yang anda dapatkan. Oleh sebab itu, langkah awal dalam penataan kamar tidur yaitu anda harus memilih sebuah tema kamar tidur yang sesuai dengan selera dan kepribadian anda.
Tentunya ada banyak tema yang bisa anda pilih, dari mulai eklektik, scandinavian, rustic, midcentury, hingga tema retro. Anda bebas memilih tema manapun yang sekiranya cocok dengan gaya kepribadian anda. Dengan memilih tema yang sesuai dengan kepribadian anda, maka anda akan merasa betah, nyaman, dan tenang saat beristirahat di ruangan kamar tidur anda.

Bagi anda yang menyukai kebebasan, maka tema scandinavian diatas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Adanya bukaan yang cukup lebar untuk sirkulasi udara yang menyegarkan, adanya elemen warna kayu pada lantai yang merepresentasikan alam sekitar, kemudian kesederhanaan dalam pemilihan dan penataan furnitur, jelas bisa membuat anda merasa nyaman dalam bersantai maupun beristirahat.

Gunakan Warna Yang Mengekspresikan Jiwa Anda

Anda sudah harus bisa menentukan di awal, akan seperti apakah warna kamar tidur anda nantinya. Warna ruangan kamar tidur anda tentunya memiliki pengaruh yang cukup besar untuk membangun mood anda. Tentunya anda menginginkan suasana hati anda terjaga dengan baik di pagi hari saat anda terbangun dari tidur, dengan bantuan nuansa menyenangkan yang terpancar dari warna kamar tidur anda.
Ada banyak pilihan warna yang bisa anda pilih sesuai dengan kepribadian anda. Bagi anda yang menyukai kesederhanaan, anda bisa memakai warna netral untuk kamar tidur anda. Jika anda berjiwa melankolis, maka warna hangat pada kamar tidur anda akan mampu memberikan kenyamanan ekstra dalam istirahat anda.

Untuk anda yang menginginkan nuansa warna sejuk pada ruangan kamar tidur anda, maka contoh diatas bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk anda coba. Nuansa warna biru yang segar pada dinding kamar tidur, tidak diragukan lagi bisa membantu membangun mood anda menjadi jauh lebih baik setiap harinya dengan aura kesejukan yang ditawarkan

Berikan Elemen Unik Pada Langit-Langit Kamar

Saat anda berbaring untuk beristirahat, maka anda akan sejenak melihat ke atas ruangan anda. Saat itulah, perlu adanya aksen unik yang mampu memberikan sebuah relaksasi untuk anda. Coba anda berikan sentuhan aksen pada langit-langit ruangan kamar tidur anda untuk menjadikan kamar tidur anda semakin cantik dan tentunya menambah kenyamanan untuk ditempati.

Aksen unik berupa elemen kayu yang terdapat pada bagian atas kamar tidur tersebut terlihat sangat menarik bukan. Bisa dipastikan penambahan elemen kayu tersebut bisa membuat anda lebih mudah untuk melakukan relaksasi sebelum memejamkan mata. Hindari penggunaan elemen yang terlalu ramai, karena justru bisa membuat anda kurang rileks untuk beristirahat. Pilihlah elemen yang menenangkan, seperti elemen kayu ataupun corak lainnya dengan warna netral sesuai selera anda pribadi.

Tambahkan Aksen Untuk Kamar Tidur Anda

Pada masa sekarang ini, kamar tidur bukanlah menjadi sebuah area yang hanya digunakan ketika akan tidur saja. Ruangan kamar tidur pada masa sekarang ini telah beralih ke perluasan fungsi sebagai area pribadi untuk bersantai melepas lelah, ataupun hanya untuk duduk sejenak mencari sebuah inspirasi bagi pekerjaan anda. Oleh sebab itu, berikanlah beberapa tambahan aksen yang bisa membuat kamar tidur anda menjadi semakin menarik dan menyenangkan.

Anda bisa mencoba menambahkan satu spot khusus untuk anda duduk bersantai, sekedar bercengkrama ringan dengan pasangan atau untuk membaca buku kesukaan anda. Adanya tempat duduk yang unik, kemudian tambahan wallpaper yang cantik akan menjadikan ruangan kamar tidur anda sebagai satu area yang sangat nyaman untuk anda tempati. Jangan lupa juga untuk menambahkan karpet atau permadani pada kamar anda. Meskipun sederhana, namun keberadaan karpet bisa menambah nyaman sesi relaksasi anda ketika sedang bersantai ataupun membaca buku favorit anda.

Atur Apa Saja Yang Boleh Berada Pada Kamar Tidur Anda

Faktor kenyamanan merupakan hal terpenting yang harus terpenuhi pada kamar tidur anda. Maka anda harus bisa selektif dalam menata kamar tidur anda, apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk berada dalam kamar tidur anda.

Anda diharuskan untuk bisa mengenali diri anda, dan memilah apa saja yang seharusnya tidak berada pada kamar tidur anda. Contohnya adalah keberadaan teknologi seperti televisi. Tanyakan kepada diri anda, apakah tv bisa menambah istirahat anda menjadi rileks atau malah bisa mengacaukan waktu istirahat anda. Jika tv cukup mengganggu, maka anda bisa menggantinya dengan buku-buku yang ringan. Tempatkan meja kecil pada samping kasur anda, untuk menaruh lampu baca dan juga buku yang telah selesai anda baca ketika hendak tidur.

Kemudian usahakan untuk tidak membawa hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan anda ke dalam ruangan kamar tidur anda. Suasana relaksasi anda bisa terganggu seketika ketika tanpa sengaja melihat hal yang ada kaitannya dengan urusan anda di kantor. Karena itu cobalah untuk selektif dalam memilah dan memilih apa saja benda yang sebaiknya tidak berada dalam kamar tidur anda.

Kamar tidur memang sebuah area yang bersifat personal, namun bukan berarti anda harus memasukkan semua barang kesukaan anda di dalam kamar. Adanya barang yang berlebihan pada kamar tidur anda akan membuat kekacauan visual, dimana hal ini jelas berakibat buruk terhadap faktor kenyamanan yang akan anda dapatkan. Oleh karena itu pilihlah beberapa saja yang memang menjadi favorit anda, untuk dapat tetap menjaga mood dan keceriaan di pagi hari ketika terbangun dan bersiap-siap untuk memulai aktivitas harian anda.

Demikian ulasan sederhana yang bisa kami bagikan mengenai ide kreatif dalam penataan kamar tidur yang nyaman. Semoga ulasan tersebut bisa memberikan inspirasi bagi anda untuk membentuk dan menata kamar tidur anda menjadi sebuah area ruangan bersantai yang nyaman dan juga menyenangkan.

 

 

 

 

 

 

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan