salah satu ruangan pada rumah hunian yang seringkali terabaikan ataupun hanya didesain ala kadarnya biasanya adalah ruangan dapur. Ada beberapa kasus dimana dalam sebuah rumah terdapat ruang keluarga dan ruang tidur yang cukup bagus, namun pada bagian dapurnya terkesan sangat biasa, jika tidak bisa dikatakan cukup buruk. Mengingat dapur merupakan salah satu bagian yang berperan penting pada kenyamanan penghuninya, maka seharusnya desain pada dapur perlu untuk dipikirkan secara matang. Sumber tenaga, momen penuh keceriaan, dan salah satu variabel pembentuk mood, tersaji melalui santap makan bersama yang tentunya berawal dari dapur yang sehat, tertata, dan juga nyaman. Tentu akan sangat penting untuk menjadikan dapur anda menjadi lebih baik lagi daripada sekedar dapur yang seadanya.

tetapi, salah satu problem yang dijumpai dalam membentuk dapur yang nyaman dan rapi adalah adanya keterbatasan lahan. Karena lahan yang terbatas, maka dapur seringkali hanya mendapatkan sisa lahan, yang berarti sulit untuk membuatnya terasa nyaman dan menyenangkan jika space yang ada tidak terlalu luas. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kita akan membahas beberapa ide kreatif untuk dapur yang kecil, dimana bisa anda manfaatkan untuk mengubah dapur anda menjadi jauh lebih nyaman meskipun tidak memiliki area yang cukup luas. Area yang tidak terlalu luas bukan berarti penghalang bagi anda untuk berkreasi dalam rangka menjadikan dapur anda menjadi lebih menyenangkan bagi seluruh keluarga anda.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mensiasati ruangan dapur anda yang kecil? Apa saja ide kreatif yang bisa diterapkan untuk dapur kecil anda? Mari kita simak bersama melalui ulasan singkat di bawah ini.

Maksimalkan Sudut Area Ruangan Dapur Anda

peduli seberapa kecil dapur anda sebelumnya, anda dituntut untuk tetap mampu berkreasi dalam menyulap dapur kecil anda menjadi terkesan lebih lapang dan lega untuk meningkatkan taraf kenyamanannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan meninggikan area dapur anda. Jika lebar dapur anda tidak bisa diakali lagi, maka meninggikan dapur merupakan salah satu pilihan yang tepat.

sedikit renovasi, maka tampilan dapur anda akan menjadi lebih lega dan nyaman. Belum lagi jika anda menambahkan ventilasi kaca pada bagian atap dapur anda yang berarti akan menambah lancar pencahayaan alami ke dalam dapur anda, yang tentunya semakin meningkatkan sisi kenyamanan pada acara memasak anda. Selain itu, dengan area dapur yang cukup tinggi maka bisa anda manfaatkan untuk adanya lemari atau kitchen set yang mampu menjangkau langit-langit dapur anda, dimana artinya ada tambahan space yang cukup berarti untuk menampung alat dan bahan dapur lebih banyak dibanding sebelumnya.

ilustrasi diatas terlihat sangat jelas bagaimana kesan luas yang bisa ditangkap saat pertama kali melihat penampilan dapur tersebut. Adanya pemanfaatan tinggi ruangan, ditambah lagi bukaan yang cukup lebar dari penggunaan ventilasi kaca di bagian dinding serta pada atap dapur, memberikan pandangan visual yang luas dan terbuka. Dengan adanya sirkulasi udara yang lancar, maka akan dipastikan prosesi memasak anda menjadi jauh lebih menyenangkan saat ditemani semilir angin yang segar dan alami dari taman anda.

Pemilihan Furnitur Yang Tepat

dapur dengan luas area yang tidak terlalu besar, maka anda tidak bisa sembarangan dalam memilih furnitur yang akan ditempatkan ke dalam dapur anda. Furnitur dengan desain yang berlebihan dan juga tidak pas untuk berada pada ruangan dapur anda, tentunya akan membuat dapur yang berukuran kecil menjadi terlihat semakin penuh. Sebaliknya, penggunaan furnitur dengan desain sederhana dan minimalis akan membuat dapur anda terlihat jauh lebih luas. Anda harus jeli dan cermat dalam memilih furnitur yang efisien untuk dapur anda. Sebaiknya hindari furnitur yang memiliki aksen berlebih dimana akan membuat dapur anda tampak kacau dan penuh.

juga bisa memikirkan untuk mencoba penggunaan furnitur yang multifungsi, dimana kegunaannya yang ganda tentu akan menghemat space yang cukup berarti dalam satu dimensi furnitur yang ada. Semisal lemari berbentuk letter U yang sudah terintegrasi dengan oven, adanya kompor yang berada diatasnya, kemudian juga tempat pencuci piring, tentu akan membantu anda menghemat space yang cukup berarti untuk menambah kesan lega ke dalam ruangan dapur kecil anda. Jika anda kesulitan untuk menemukan furnitur yang tepat untuk memaksimalkan sudut ruangan dapur anda, maka sebuah langkah yang tepat jika anda memesan custom furnitur sesuai desain anda, yang tentunya akan berpadu maksimal dengan luas area dapur yang anda miliki.

sebagai tempat penyimpanan, anda bisa mencoba untuk menggunakan open shelving atau rak dinding terbuka sebagai media untuk penyimpanan berbagai macam alat dapur anda. Dengan penggunaan rak dinding terbuka seperti pada gambar diatas, maka akan menghadirkan ilusi berupa ruangan yang lebih terkesan lebih luas dan lapang. Ditambah lagi dengan penataan yang baik dan sempurna, akan mampu menambah kesan dapur mungilmu menjadi tampak lebih cantik tentunya. Sedikit tips, mulailah untuk mengelompokkan peralatan makan anda mulai dari yang paling sering digunakan hingga bagian yang jarang anda gunakan. Dengan adanya pengorganisasian kecil tersebut akan membuat dapur anda menjadi tampak lebih rapi nantinya.

Berikan Pencahayaan Yang Maksimal

lain yang bisa digunakan untuk menyulap dapur kecil anda menjadi nampak lebih lapang dan lega yaitu dengan adanya penambahan pencahayaan yang tepat dan juga maksimal. Sebuah ruangan dapur yang kecil, akan menjadi semakin sempit dan suram tanpa ada pencahayaan yang memadai ke dalam area dapu anda. Suasana gelap dan temaram akan memperparah tampilan visual dapur anda, dimana tentunya akan menjadikan dapur anda sebagai ruangan yang kurang nyaman digunakan untuk proses memasak yang seharusnya akan menjadi menyenangkan. Oleh karena itu, pikirkanlah pencahayaan yang tepat bagi ruangan dapur anda, dimana kesan terang yang ditampilkan mampu menghadirkan kesan luas dan nyaman.

tentunya bisa melihat adanya kesan lapang dan menyenangkan pada contoh gambar dapur kecil diatas. Dengan pencahayaan yang maksimal dari jendela kaca yang berada di tengah dapur, kemudian pemilihan lampu penerangan yang pas, mampu membuat dapur tesebut terlihat nyaman dan menyenangkan meskipun dengan ukurannya yang tidak terlalu besar. Pencahayaan merupakan elemen yang tidak boleh anda lewatkan, dimana pengaturan pencahayaan yang cerdas akan mampu menghidupkan suasana dapur kecil anda menjadi lebih lapang dibandingkan sebelumnya.

Pemilihan Warna Yang Tepat

trik terakhir yang bisa anda gunakan untuk menjadikan dapur anda menjadi lebih luas yaitu dengan adanya permainan warna pada tampilan visual dapur anda. Dengan adanya pemilihan warna yang sesuai, maka nantinya akan mengubah penampilan dapur anda dari yang tadinya berkesan sempit menjadi jauh lebih luas dengan adanya permainan warna yang pas dan tepat.

pemilihan warna yang gelap saat anda mendekorasi ruangan dapur anda. Penggunaan warna gelap justru bisa membuat dapur anda menjadi sempit jika tidak menggunakan komposisi yang pas. Oleh karena itu untuk lebih amannya maka anda bisa berkreasi menggunakan warna-warna yang terang atau cerah. Warna-warna terang ini akan mampu membantu memberikan ilusi luas ke dalam ruangan dapur anda. Untuk pemilihan warna terang, anda bisa menggunakan warna yang sama sekali berbeda dengan ruangan lain yang sudah ada, sehingga akan memberikan aksen tersendiri pada ruangan dapur anda yang tentunya akan menambah manis penampilannya.

ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai beberapa ide kreatif untuk menjadikan dapur kecil anda menjadi terlihat lebih luas dan lega. Dengan kreasi yang tepat, maka ukuran yang kecil seharusnya tidak lagi menjadi masalah untuk anda menciptakan ruangan dapur yang nyaman dan juga menyenangkan.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan