Dalam seni desain interior tentunya ada banyak hal yang bisa diubah, ditata, ditambahkan, maupun dikreasikan sedemikian rupa dengan tujuan untuk mempercantik dan memperindah tampilan suatu ruangan atau bangunan. Dari mulai alternatif bentuk bangunan, pemilihan warna, penambahan furnitur yang mempermanis dan juga tentunya fungsional, hingga pada pengaturan pencahayaan. Khusus yang terakhir, mengenai pengaturan pencahayaan biasanya sering terlupakan atau tidak digarap dengan maksimal dalam interior sebuah rumah. Padahal jika anda meluangkan sedikit waktu dan juga menganggarkan sedikit lebih banyak biaya, akan ada banyak sekali pilihan ide kreasi mengenai pengaturan pencahayaan yang jika diterapkan secara sempurna mampu menjadikan rumah anda terlihat lebih trendy dan stylish.

Oleh karena itu, kali ini kita akan mencoba membahas secara lebih mendalam mengenai beberapa ide kreasi atau pengaturan pencahayaan yang mampu membuat rumah anda menjadi lebih bergaya trendy dan stylish. Apa sajakah ide kreasi tersebut, dan apa saja yang harus diperhatikan untuk menerapkan ide gagasan itu secara tepat dan sempurna ke dalam rumah hunian anda? Mari kita bedah bersama melalui pembahasan singkat di bawah ini.

Maksimalkan Cahaya Alami

Hal paling utama yang patut untuk dipilih tentunya adalah pencahayaan yang alami. Jika memang memungkinkan, berikanlah banyak bukaan lebar pada dinding maupun atap ruangan anda agar mampu mendapatkan terpaan cahaya alami langsung secara natural. Dengan pemilihan dan pengaturan jendel kaca yang pas, maka dipastikan ruangan anda akan menjadi lebih bergaya modern dan trendy secara estetika tampilan. Ditambah lagi dengan manfaat lainnya berupa sirkulasi udara sejuk yang pastinya mampu menghadirkan suasana yang menyegarkan ke dalam ruangan anda, dan belum lagi adanya penghematan energi yang akan anda rasakan keuntungannya dengan adanya kelimpahan cahaya alami tersebut.

Pencahaayan alami ini memang terkesan cukup simpel, namun akan memberikan dampak yang cukup besar tehadap keindahan estetika ruangan anda. Pancaran sinarnya yang terang dan natural tidak diragukan lagi akan mempengaruhi tampilan ruangan anda menjadi lebih trendy dan elegan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka perhatikan secara seksama mengenai arah jendela anda. Pastikan arah hadap jendela anda sudah mengarah ke bagian yang tepat sehingga bisa mendapatkan hasil pencahayaan yang maksimal. Untuk menghindari pencahayaan yang berlebihan, maka anda dapat menggunakan sarana modulasi untuk mencegah silau yang tidak diinginkan, panas berlebihan, dan juga efek negatif sinar ultraviolet yang masuk ke dalam ruangan anda.

Pencahayaan Terang Untuk Ruangan Umum

Pada rumah yang bergaya modern dan trendy, ruangan yang sering digunakan secara umum biasanya akan memiliki tampilan yang cukup terang. Ruangan umum yang dimaksud diantaranya ruang tamu, ruang keluarga, hingga pada dapur. Jika tidak memungkinkan untuk memanfaatkan pencahayaan alami, maka yang umumnya dilakukan yaitu dengan penambahan lampu uplight yang tentunya mampu memberikan kesan yang stylish dan juga elegan.

Jika anda merasa kesulitan untuk mengetahui seberapa persis banyaknya cahaya yang anda butuhkan dalam sebuah ruang agar bisa membuat ruangan anda menjadi lebih bercahaya dengan stylish dan elegan, maka anda bisa menggunakan rumus sederhana ini. Untuk perhitungannya, anda cukup menghitung ukuran luas ruangan anda lalu kalikanlah jumlah tersebut dengan 1,5 untuk mendapatkan total watt yang akan anda perlukan. Saat anda akan memilih menggunakan CFL (compact fluorescent) ataupun LED (light-emitting diode), maka pastikanlah untuk memeriksa watt pijar yang setara dengan lampu ini. Misalnya, output cahaya 13-watt CFL akan setara dengan lampu pijar 60 watt. Jumlah watt mengukur berapa banyak daya yang digunakan bohlam, bukan jumlah cahaya yang dipancarkan. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka anda bisa menggunakan dimmer pada setiap sirkuit yang berfungsi untuk mengontrol level cahaya pada ruangan anda.

Pada gambar diatas nampak jelas bagaimana pencahayaan yang tepat mampu menghidupkan suasana ruang keluarga tersebut menjadi lebih maksimal. Meskipun tanpa adanya bantuan pencahayaan alami, ruangan tersebut mampu untuk menjadi lebih hidup dengan adanya pencahayaan yang mantap. Anda bisa memadukan pencahayaan uplight tersebut dengan aksen warna putih pada elemen dinding dan furnitur anda untuk lebih mendapatkan hasil pencahayaan yang maksimal ke dalam keseluruhan tampilan ruang anda.

Selain dengan penggunaan uplight yang stylish, maka anda bisa memutuskan untuk menambahkan standing lamp atau yang sering disebut juga dengan lampu lantai. Anda bahkan bisa menggunakan standing lamp saja tanpa memerlukan uplight, jika memang pencahayaan anda sudah cukup memadai dengan adanya bukaan yang lebar pada dinding ruangan anda. Pada contoh ilustrasi diatas, penggunaan standing lamp dimaksudkan untuk adanya penekanan aksen pencahayaan pada ruang tamu, yang mampu memberikan nuansa yang trendy ke dalamnya. Selain sisi pencahayaannya yang berpadu mantap dengan pancaran sinar alami, bentuk standing lamp tersebut mampu memberikan gaya tersendiri ke dalam ruang tamu atau ruang keluarga anda.

Pencahayaan Sedang Dan Terfokus Untuk Ruangan Pribadi

Berbeda dengan ruangan yang sering dipakai secara umum oleh anggota keluarga lain ataupun kerabat yang kebetulan sedang berkunjung, maka anda akan menerapkan ide pencahayaan yang berbeda ke dalam ruang pribadi anda. Pada ruang pribadi semisal kamar tidur anda, maka desain ini akan mampu memberikan kesan relaksasi yang mendalam disamping tampilan stylish-nya yang sudah jelas akan didapatkan melalui pengaturan pencahayaan tersebut.

Pada contoh diatas, terlihat bahwa pencahayaan diatur untuk berada pada titik tertentu. pada sebelah kiri terdapat uplight yang selain berfungsi sebagai penerangan yang cukup, juga memberikan aksen epengasan terhadap kesan trendy yang coba ditampilkan melalui sebuah lukisan yang ada pada dinding. Kemudian adanya penambahan fixture lampu pada kedua sisi tempat tidur berguna untuk beberapa keperluan kecil sebelum tidur, seperti membaca catatan penting, jadwal untuk keesokan hari, dan lain sebagainya. Lampu ini merupakan pencahayaan yang pas, tepat guna, dimana mampu memberikan kontras yang cukup ke dalam tampilan visual ruang pribadi anda, selain kepada sisi fungsionalitasnya.

Kemudian titik fokus dalam pencahayaan ruang pribadi anda juga perlu untuk diperhatikan dengan detail. Pada contoh diatas, terlihat adanya fokus pencahayan di tiga titik yaitu pada tempat tidur, sofa untuk bersantai, kemudian pada akses pintu keluar dan menuju ke kamar mandi. Adanya titik fokus pencahayaan ini akan memberikan efek cukup dramatis ke dallam ruangan pribadi anda, dimana suasana yang dihadirkan akan membuat suasana istirahat anda menjadi lebih tenang dan rileks. Pencahayaan yang terfokus dan hanya pada beberapa spot tertentu yang membutuhkan penerangan, menjadikan kamar tidur anda jauh dari kesan sibuk dan berlebihan dengan adanya sumber cahaya lain yang tidak perlu. Selain menjadikan kamar tidur anda lebih bergaya trendy, maka anda juga akan mendapatkan sisi romantisnya melalui ide pencahayaan diatas.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai ide pengaturan pencahayaan bagi rumah yang trendy dan juga stylish. Semoga beberapa masukan yang telah kami berikan bisa menjadi inspirasi bagi anda dalam menata interior rumah anda menjadi lebih bergaya trendy dan modern.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan