Ketika memutuskan untuk mulai membangun rumah hunian, mungkin ada diantara Anda yang masih sangat awam. Dimana Anda sama sekali belum mengerti apa saja yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah mengenai bagian-bagian pada konstruksi bangunan. Meskipun Anda telah mempercayakan proses pembangunan terhadap jasa profesional, namun tentunya Anda harus mulai sedikit belajar mengenai konstruksi bangunan secara lebih jauh.
Nah kali ini admin akan coba mengulas mengenai berbagai bagian konstruksi bangunan yang wajib Anda perhatikan. Dengan mempelajari hal tersebut, maka Anda akan jauh lebih mengerti tentang seluk beluk rumah hunian yang sedang Anda rencanakan. Sehingga sedikit banyak nantinya Anda bisa turut berkontribusi dalam proses pembangunan, untuk lebih mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya memuaskan.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita mulai pembahasannya. Jangan kemana-mana dan simak terus ulasannya hingga selesai ya!

Pondasi Bangunan

Yang pertama adalah pondasi bangunan, yaitu bagian dari konstruksi bangunan yang paling dasar. Pondasi bangunan merupakan bagian konstruksi yang sangat vital, mengingat peranannya sebagai penopang keseluruhan bangunan. Karena itulah maka pondasi bangunan sangat penting untuk diperhatikan dengan seksama.
Untuk pondasi bangunan ada beberapa jenis yang umumnya kerap di aplikasikan. Mulai dari pondasi cakar ayam, sumuran, sampai dengan tiang pancang. Dari berbagai jenis ini tentunya Anda harus memilih manakah yang paling tepat dan sesuai untuk menopang bangunan rumah hunian Anda nantinya.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pada pondasi. Yang pertama yaitu harus ditempatkan pada lahan yang tepat. Kemudian syarat yang berikutnya yaitu harus memiliki risiko longsor yang kecil. Jangan sampai pondasi Anda berada pada area yang rawan longsor. Dan yang terakhir, tentunya area pondasi memiliki tingkat risiko penurunan yang kecil. Pastikan ketiga syarat tersebut terpenuhi agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Balok Beton

Kemudian komponen dari konstruksi bangunan yang selanjutnya yaitu balok beton. Tugas utama dari balok beton ini adalah membagi beban bangunan secara merata dan menyebarkan beban tersebut ke dalam permukaan tanah. Jika pondasi berfungsi meneruskan beban bangunan ke tanah, maka balok beton bertugas meneruskan beban ke pondasi di bawahnya.
Lalu fungsi lain dari balok beton ini ialah memudahkan Anda nantinya dalam membangun dinding. Dinding-dinding yang ada pada bangunan tentu akan menjadi lebih mudah penerapannya dengan bantuan balok beton ini. Semakin besar ukuran dari balok beton maka akan semakin baik, karena kemampuan bangunan untuk menopang beban akan jadi jauh lebih baik lagi.

Dinding

Setelah balok beton, maka yang berikutnya yaitu konstruksi dinding. Bagian dinding termasuk salah satu konstruksi bangunan yang memegang peranan penting dalam suatu bangunan. Karena dinding juga merupakan bagian konstruksi yang mampu menahan beban bangunan, terlebih lagi pada dinding yang berada pada area tengah bangunan.
Nantinya beban dari atap dan langit-langit akan ditahan oleh dinding, yang kemudian akan disebarkan ke tanah dengan merata. Dilihat dari fungsinya yang sangat krusial tersebut, maka peranan dinding jelas sangat penting pada sebuah bangunan dimana tidak bisa digantikan oleh konstruksi lainnya.
Tentu ada beberapa jenis dinding yang cukup populer dan umum digunakan pada bangunan rumah. Tapi dinding yang terbuat dari beton masih menjadi salah satu pilihan yang paling populer. Hal ini dikarenakan dinding beton memiliki ketahanan terbaik terhadap segala bentuk benturan, selain itu juga mampu untuk menahan beban yang sempurna dari sebuah bangunan.

Ring Balok dan Kolom

Selanjutnya ada ring balok atau yang disebut juga dengan kolom. Ring balok dan kolom ini berfungsi sebagai penopang konstruksi atap bangunan serta menghubungkan pasangan dinding yang terpisah agar struktur tidak runtuh. Jika Anda perhatikan, terdapat bagian-bagian seperti tiang di antara setiap dinding yang berbeda,disebut sebagai kolom.
Ring balok dan kolom ini juga termasuk bagian dari konstruksi bangunan yang cukup penting. Untuk penempatannya bisa Anda perhatikan pada balok sloof, karena ring balok dan kolom akan berada tepat di atas balok sloof.

Balok Latei

Setelah ring balok, kini ada balok latei. Secara fungsinya, balok latei memiliki tugas untuk menahan rangka agar selalu dalam keadaan tegak. Hal ini jelas sangat diperlukan mengingat akan adanya risiko bencana alam semisal gempa bumi. Dengan adanya balok latei ini, maka nantinya akan memungkinkan rangka berdiri dengan kokoh dan tanpa risiko bengkok ataupun pecah.

Lantai

Kemudian yang selanjutnya adalah lantai. Lantai bisa juga dikatakan sebagai bagian dari konstruksi bangunan, dimana Anda perlu memperhatikannya secara cermat. Karena nantinya lantai akan memiliki peranan yang penting dalam sebuah bangunan yang sehat. Jadi jangan sampai Anda mengabaikannya ya!
Tentu ada berbagai macam jenis lantai yang bisa Anda pilih. Namun sebelumnya Anda diharuskan mengenali terlebih dahulu karakter dan juga gaya desain dari rumah hunian Anda, sebelum bisa memutuskan untuk memilih jenis lantai yang tepat. Dengan pemilihan yang tepat, maka Anda tidak hanya memberikan aspek fungsi melainkan juga aspek keindahan yang membuat tampilan rumah semakin cantik dan menarik.

Rangka Atap atau Kuda-kuda

Sekarang kita beralih ke bagian agak ke atas, dimana ada Rangka Atap atau yang sering disebut juga dengan kuda-kuda. Dari segi fungsinya sendiri, kuda-kuda ini berperan untuk menopang atap mulai dari genteng, usuk, hingga reng. Rangka atap ini biasanya terbuat dari bahan kayu. Namun saat ini sudah tersedia rangka atap yang terbuat dari baja ringan, dimana memiliki karakteristik yang berbeda dengan rangka atap kayu. Untuk pemilihannya tentu akan bergantung dengan keinginan dan juga kebutuhan bangunan Anda nantinya.

Tangga

Berikutnya ada tangga, yang merupakan komponen konstruksi bangunan yang wajib ada jika bangunan Anda memiliki lantai lebih dari satu. Secara fungsinya tentu Anda sudah mengetahuinya, dimana tangga ini memiliki peranan untuk menghubungkan antar satu lantai bangunan dengan lantai lainnya. Selain itu, tentu bisa juga sebagai daya penahan tambahan dalam menopang struktur bangunan yang ada.

Untuk jenisnya, tentu ada berbagai jenis tangga yang bisa Anda pilih. Mulai dari bahan, hingga model tangga yang sangat beragam, dimana akan memberikan Anda banyak opsi dalam menghadirkan elemen penghubung krusial ini ke dalam gaya rumah hunian Anda. Untuk aplikasi penerapannya pasti tidak bisa sembarangan, karena ada perhitungan tersendiri yang harus dipenuhi untuk menunjang aspek keamanan yang ada.

Atap

Kini kita sudah sampai pada bagian konstruksi bangunan yang terakhir yaitu atap rumah. Dari fungsinya tentu sudah jelas jika atap rumah berperan sebagai pelindung terhadap berbagai tantangan cuaca yang ada. Panas terik matahari, terpaan angin kencang, hingga derasnya hujan nantinya tidak akan menjadi masalah dengan keberadaan atap yang mampu melindungi bangunan Anda.

Selain dari segi fungsi, atap juga mampu berperan dalam mempercantik bagian eksterior rumah hunian. Karena saat ini sudah tersedia berbagai macam pilihan jenis atap beserta dengan banyaknya model yang beragam. Anda bisa memilih manapun yang Anda suka dan cocok untuk diterapkan, guna menjadikan rumah hunian Anda nampak semakin cantik dan menarik dari sisi eksteriornya.
Nah itulah ulasan mengenai berbagai bagian konstruksi bangunan yang perlu Anda kenali terlebih dahulu ketika hendak membangun sebuah rumah hunian. Dengan mengenali berbagai konstruksi tersebut, pastinya akan lebih menambah wawasan dan juga pandangan Anda dalam mewujudkan rumah yang Anda idamkan. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan