Mungkin beberapa diantara anda masih asing dengan adanya istilah dapur kotor dan juga dapur bersih. Tidak bisa dipungkiri memang, kebanyakan masyarakat kita masih menggunakan satu dapur yang memiliki fungsi sekaligus yaitu dapur kotor dan juga dapur bersih. Hal ini tidaklah salah, namun bagi anda yang ingin mengedepankan penampilan dalam rumah hunian anda, maka sudah waktunya bagi anda untuk memisahkan antara dapur kotor dan juga dapur bersih.

Lantas apakah itu dapur kotor? Dan apa bedanya dengan dapur bersih? Jika kita lihat dari penamaannya pastilah anda bisa sedikit mengira-mengira. Ya benar, dapur kotor adalah dapur yang lebih berpotensi untuk mendatangkan kekotoran karena memang fungsinya yang jauh lebih kompleks dalam mengolah makanan. Dan sebaliknya, dapur bersih akan jauh lebih minimal potensi kekotorannya karena memang hanya digunakan untuk menyajikan makanan ataupun minuman yang ringan tanpa perlu proses pengolahan yang kompleks seperti halnya pada dapur kotor.

Lalu bagaimana caranya dalam mendesain dapur kotor yang tidak hanya mengedepankan fungsi namun juga memiliki nilai estetika yang tinggi? Seperti apa sajakah desain dapur kotor yang bisa menambah cantik penampilan keseluruhan yang ada pada sebuah rumah hunian? Untuk menjawab rasa penasaran anda, yuk langsung saja kita ulas bersama mengenai berbagai inspirasi dapur kotor yang bisa anda terapkan pada hunian anda!

  • Dapur Kotor Bersebelahan Dengan Taman

Dapur kotor tentunya identik dengan aneka masakan dimana memerlukan berbagai proses yang panjang. Pernahkah anda merasakan adanya kebosanan saat sedang mengolah masakan yang membutuhkan proses yang cukup lama saat berada pada dapur kotor? Jika iya, maka sudah saatnya anda merombak dapur kotor anda. Seperti pada contoh ilustrasi dibawah ini misalnya. Anda bisa menyandingkan dapur kotor anda bersebalahan dengan taman anda yang anda miliki.

Coba anda bayangkan, manakah yang jauh lebih menyenangkan. Antara mengolah masakan disebuah ruangan yang monoton, dengan mengolah masakan pada dapur yang memiliki akses pandangan langsung ke sebuah taman? Tentunya anda sudah bisa membayangkan mana yang jauh lebih nyaman dan menyenangkan.

Dengan penempatan dapur kotor anda yang bersanding langsung dengan taman, tentunya prosesi memasak anda menjadi jauh lebih berwarna dibandingkan dengan berada pada sebuah ruangan tertutup. Anda tidak akan pernah merasa kebosanan dalam mengolah masakan yang membutuhkan proses panjang, karena anda bisa melakukannya sembari menikmati keindahan visual yang ditawarkan taman anda.

Agar tampilan dapur kotor anda menjadi lebih spesial, anda bisa menambahkan kursi dan juga meja ke dalamnya. Sehingga kesan dapur anda yang kotor seolah berganti menjadi tempat makan yang menyenangkan, dengan pemandangan asri yang ditawarkan. Kemudian anda juga bisa mendesain dinding backsplash pada dapur kotor tersebut dengan model batu bata yang tidak disemen atau dipasangi keramik. Selain stylish dan menghemat biaya, model seperti ini juga bisa menyamarkan noda-noda dari proses pengolahan masakan anda nantinya. Menarik untuk dicoba ya pastinya?

  • Dapur Kotor Rustik Semi Unfinished

Dalam mengolah berbagai masakan yang membutuhkan proses yang panjang tentunya akan dibutuhkan dapur kotor dengan luas yang memadai. Namun bagaimana jika anda tidak memiliki lahan yang cukup? Tenang, anda tidak perlu khawatir. Dapur kotor tidaklah selalu harus memiliki area yang besar. Anda tetap bisa memiliki dapur kotor yang cantik dengan lahan yang terbatas, seperti pada ilustrasi dibawah ini misalnya.

Saat anda mengalami keterbatasan lahan dalam mewujudkan dapur kotor yang ideal, maka anda bisa mencontoh ide desain seperti diatas. Anda bisa mendesain dapur kotor anda dengan model huruf U, yang mana akan sesuai dengan lahan anda yang terbatas. Dengan berbentuk huruf U, maka anda tetap bisa memiliki tiga area yang mencukupi dalam melakukan berbagai proses pengolahan masakan berat.

Kemudian untuk mempercantik dapur kotor tersebut, anda bisa mencoba tema rustik yang pastinya akan menjadikan dapur kotor anda terlihat sangat menarik. Lalu anda juga bisa memadukannya dengan desain unfinished pada beberapa bagian yang anda sukai, untuk menjadikannya tampak lebih memiliki gaya tersendiri. Jangan lupa untuk menambahkan detail tanaman hijau di beberapa sisi, agar dapur kotor anda yang kecil tetap nampak segar dan juga nyaman. Sekarang anda sudah menyadari bahwa lahan sempit tidaklah menjadi penghalang bukan?

  • Dapur Kotor Gaya Mediterania

Siapa bilang bahwa dapur kotor harus ditempatkan pada area dalam rumah? Jika anda sudah bosan dengan dapur kotor yang begitu-begitu saja, kenapa anda tidak mencoba untuk memindahkannya pada halaman belakang rumah? Jika memang anda memiliki area belakang rumah yang cukup luas, maka coba saja untuk menyulapnya menjadi sebuah dapur kotor. Pastinya anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda ketika memasak pada area terbuka, yang mana tidak bisa anda dapatkan sebelumnya.

Untuk desainnya, anda bisa mencoba untuk menerapkan gaya Mediterania ke dalam dapur kotor anda. Anda bisa mulai dengan mendesain salah satu area untuk menempatkan kompor dan oven. Pada sisi lain, tempatkan wastafel cuci piring dan tempat untuk meletakkan peralatan dapur. Kemudian anda bisa menggunakan batu alam pada area dapur kotor anda untuk semakin mempertegas unsur alaminya.

Dengan adanya bukaan yang lebar pada dapur kotor anda, maka jelas akan memberikan suasana yang segar dalam prosesi memasak anda. Sepanjang apapun proses pengolahan masakan anda, tidak akan menjadikannya membosankan karena ditemani dengan unsur alam yang sangat dominan. Ditambah lagi dengan space yang cukup luas, bisa menjadikan anda lebih leluasa ketika berkreasi dalam memasak nantinya. Rasanya anda bisa mengadakan pesta kecil yang asik ya kalo memiliki dapur seperti ini?

  • Dapur Kotor Minimalis Pada Lorong Belakang Rumah

Apakah anda memiliki lorong belakang yang masih kosong dan tidak terpakai? Jika iya, kenapa tidak memanfaatkannya sebagai dapur kotor? Pastinya akan jauh lebih menarik dibandingkan jika anda membiarkannya kosong begitu saja.

Untuk desainnya, anda bisa mencoba konsep desain minimalis yang pastinya akan cocok untuk menghiasi lorong belakang rumah anda. Anda bisa menggunakan kitchen dengan model memanjang, yang anda letakkan bersebelahan dengan dinding rumah. Dinding rumah inilah yang nantinya akan menjadi backsplash untuk dapur anda.

Anda bisa menggunakan kitchen set yang memiliki media penyimpanan pada area bawahnya, untuk menjaga tampilan dapur kotor anda tetap minimalis dan juga elegan tanpa terlihat berantakan. Jika masih merasa kurang, anda bisa berkreasi untuk menmpatkan rak kecil pada backsplash dapur kotor anda, yang berfungsi untuk menempatkan berbagai peralatan nantinya. Kalau luasnya masih memungkinkan, maka anda bisa coba menambahkan kursi dan juga meja makan. Pasti asik bukan jika bisa makan siang bersama keluarga sambil bersantai di area belakang rumah?

Nah itu tadi ulasan singkat yang bisa kami bagikan mengenai berbagai inspirasi dapur kotor yang bisa anda terapkan pada hunian anda. Kami harapkan ulasan diatas bisa memberikan inspirasi bagi anda dalam mewujudkan dapur kotor yang tidak hanya fungsional, namun juga memiliki nilai estetika yang rupawan. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan