Kamar mandi dirancang tidak hanya untuk memaksimalkan sisi fungsionalitasnya, namun juga sisi estetika keindahannya. Gagasan itulah yang ditonjolkan pada seni desain interior pada saat ini. Lalu bagaimana dengan kamar mandi anda? Apakah saat ini sudah terbilang indah dan cantik? Atau hanya sekedar kamar mandi biasa yang mengedepankan fungsionalitas, tanpa memperhatikan sisi kecantikannya?

“Ah buat apa sih bikin kamar mandi bagus, toh cuma digunakan untuk mandi dan buang air saja”. Jika anda masih termasuk orang yang berpikiran demikian, maka sebaiknya ubahlah pemikiran tersebut sekarang juga. Pada era sekarang ini, kamar mandi tidak bisa dipandang sebelah mata, karena memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga mood dan kenyamanan penghuninya. Sehingga penataan kamar mandi tidak boleh dilakukan secara sembarangan, dimana asal jadi dan asal berfungsi sebagaimana mestinya. Perlu diperhatikan juga unsur keindahan estetikanya, yang mana mempunyai peranan penting dalam keseluruhan nilai aspek hunian anda.

Lalu bagaimana caranya agar kamar mandi jadi indah dan nyaman? Tentunya kita harus memikirkan ide desain yang pas dan sempurna, agar kamar mandi memberikan kenyamanan yang lebih tinggi lagi. Salah satunya adalah dengan menambahkan konsep alam natural atau back to nature ke dalam kamar mandi yang tadinya hanya sekedar “kamar mandi biasa”. Nuansa alam dikenal sangat ampuh dalam memberikan suasana relaksasi yang mendalam, hingga dipastikan akan mampu memberikan suasana yang berbeda dan pastinya akan memberikan aspek kenyamanan yang tinggi.

Karena itu, kali ini kita akan mencoba membahas beberapa ide desain kamar mandi dengan gaya back to nature atau dekat dengan alam. Apa sajakah ide desain kamar mandi back to nature tersebut, yuk mari kita lihat bersama!

Kayu memang menjadi salah satu primadona dalam seni desain interior maupun eksterior rumah, mengingat ada banyak sekali keunggulan yang bisa diberikan. Jika anda menambahkan unsur kayu pada kamar mandi anda, maka anda akan mendapatkan kamar mandi yang bergaya natural dan berkesan dekat dengan alam. Anda bisa menggunakan kayu pada lantai dan juga menempatkan balok kayu pada plafon.

Ada anggapan bahwa kayu sebaiknya dihindari pada kamar mandi, mengingat sifat dari kayu dimana tidak tahan dengan kelembaban, dan kamar mandi tentunya akan selalu dipenuhi dengan air. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, karena di luar sana ada cukup banyak jenis kayu yang justru suka dengan keberadaan air. Salah satu contoh kecilnya adalah jenis kayu ulin. Kayu ini sering digunakan sebagai tiang/penyangga rumah-rumah kayu pada aliran sungai di Kalimantan. Tentunya anda bisa menemukan jenis kayu lainnya, yang bisa anda aplikasikan dengan sempurna pada kamar mandi anda nantinya tanpa takut mudah rusak.

Unsur kayu bisa anda tambahkan pada meja wastafel seperti pada contoh gambar diatas. Meja wastafel tersebut nantinya bisa berfungsi juga sebagai media penyimpanan peralatan mandi anda seperti handuk, sabun, sikat gigi dan sebagainya. Sehingga kamar mandi natural anda akan nampak selalu rapi tanpa adanya peralatan yang terlihat berserakan. Pastinya selain menampilkan kecantikan yang alami, unsur kerapian juga akan semakin menambah nilai estetika kamar mandi anda bukan?

Untuk semakin menambah kecantikannya yang natural, maka anda bisa menyempurnakan unsur kayu yang ada seperti pada gambar diatas. Anda bisa mencoba untuk memberikan pernis berwarna oranye, dimana akan mampu menghadirkan nuansa kehangatan alami pada kamar mandi anda. Atau bisa juga anda gunakan warna lain sesuai dengan selera anda, yang penting usahakan agar tetap bisa menonjolkan dan juga memperkuat unsur kayu yang sudah ada.

Jangan lupakan juga detail lain yang bisa memperkuat gaya back to nature pada kamar mandi anda. Seperti pada contoh diatas, anda bisa menambahkan material rotan yang berfungsi untuk menampung pakaian kotor anda. Anda juga bisa memakai kotak rotan yang bisa digunakan untuk menaruh kosmetik, sabun, dan sebagainya. Lalu tambahkan bunga atau tanaman lainnya sesuai keinginan anda, dijamin kamar mandi anda akan semakin nampak cantik untuk dilihat.

Jika ingin berkreasi lebih, maka anda bisa mencoba menambahkan bebatuan yang berfungsi sebagai penghias lantai kamar mandi anda. Adanya perpaduan unsur kayu dan bebatuan pada kamar mandi anda, tentukan akan menambah sempurna kesan back to nature yang ingin anda tampilkan. Dengan adanya nuansa alami seperti ini, pastinya kamar mandi anda akan memiliki suasana yang sangat menyenangkan.

Kemudian yang selanjutnya, anda bisa mencoba untuk menjadikan salah satu dinding kamar mandi anda sebagai kanvas dengan pesona keindahan alami. Gunakan batu alam pada salah satu dinding anda, yang akan berfungsi sebagai vocal point yang sangat sempurna dalam menunjang kecantikan alami pada kamar mandi anda.

Anda ingin totalitas dalam menampilkan kesan back to nature? Tentunya bisa! Apa kesan pertama yang anda rasakan saat melihat desain kamar mandi diatas? Tentunya sangat cantik bukan? Kesan alami serta kecantikan natural dari perpaduan unsur alam yang ada, bergabung menjadi satu kesatuan visual yang sangat memanjakan mata. Dan tentunya juga akan memanjakan raga anda nantinya, saat berendam pada bathtub sembari menikmati keindahan yang dipancarkan dari unsur alam tersebut.

Bebatuan apa sih yang biasanya bisa diaplikasikan dengan sempurna untuk kamar mandi? Yang pertama ada jenis batu alam endesit. Batu ini juga dibagi menjadi beberapa jenis batu lain yaitu batu alam endesit bintik bakar Cipanca, batu alam endesit bintik bakar Gunung Haur, batu alam endesit sirih bintik, dan batu alam endesit sirih polos. Bebatuan ini sering menjadi pilihan yang pas untuk diterapkan pada kamar mandi yang bernuansa alam.

Lalu kemudian ada jenis batuan lainnya seperti batu kerikil sungai. Batu kerikil sungai adalah batu dengan ukuran kecil-kecil seperti kelereng. Jumlah batu yang banyak dan unik ini jika disusun pada dinding kamar mandi ataupun lantai kamar mandi pastinya membuat kamar mandi anda terlihat semakin cantik. Batu jenis ini juga awet dan mudah untuk di susun dalam proses mendesain kamar mandi, hanya butuh ketelitian lebih saja dalam menyusunnya. Kemudian tentu ada pula jenis batuan lainnya yang cukup populer dan pastinya akan membuat kamar mandi akan semakin bergaya natural jika anda mengaplikasikan kedalamnya.

Nah, bagi anda yang ingin mempunyai kamar mandi bergaya natural tapi juga ingin tetap mempunyai kesan modern, maka anda bisa mencontoh salah satu ide desain seperti pada gambar diatas ini. Anda bisa mengaplikasikan batu marmer atau batu granit ke dalam kamar mandi anda, untuk mendapatkan hasil perpaduan antara modern dan natural.

Selain mendapatkan gaya alami back to nature, maka anda akan mendapatkan kesan mewah, elegan, dan ekslusif dengan menggunakan material batu marmer ataupun granit. Memang bisa dikatakan biaya yang harus anda keluarkan akan cukup banyak nantinya, mengingat harga batu granit dan marmer yang tidak murah. Namun pastinya akan memberikan kepuasan tersendiri nantinya saat anda melihat hasil kecantikan yang ditampilkan oleh ide desain ini.

Nah itu dia ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai berbagai inspirasi kamar mandi dengan gaya back to nature. Semoga bisa menginspirasi, menambah pengetahuan, dan juga memberikan manfaat untuk anda dalam mewujudkan kamar mandi yang cantik, alami, dan tentunya memiliki kesan yang dekat dengan alam.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan