Berbicara mengenai kenyamanan dalam sebuah rumah hunian, maka tidak bisa terlepas dari adanya aspek keindahan. Karena rasanya hampir mustahil sebuah rumah yang kurang dalam sisi penampilan dan juga estetika visualnya, mampu menjadikannya sebuah tempat tinggal yang nyaman. Semakin tinggi nilai keindahannya, maka seharusnya akan semakin tinggi pula nilai kenyamanan yang akan dimiliki.
Tentu ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk semakin menambah nilai keindahan yang ada. Bagi anda yang suka dengan suasana alam natural misalnya, maka pastinya akan mendambakan sebuah taman asri dengan kolam ikan yang menghiasinya. Terlebih bagi anda yang memiliki hobi, minat, dan juga ketertarikan terhadap ikan. Maka sebuah spot kolam ikan merupakan area yang wajib ada dalam rumah hunian anda.

Nah untuk anda yang kebetulan masih bingung dalam menentukan desain kolam ikan, maka anda sudah berada di tempat yang tepat. Karena kali ini kita akan membahas mengenai berbagai inspirasi kolam ikan yang pastinya akan menambah suasana pada rumah anda semakin adem, rileks, dan juga menyenangkan. Yuk langsung saja kita simak bersama!

Kolam Ikan Sederhana Dengan Bathtub Bekas

Untuk yang pertama kita mulai dari hal yang simpel dan sederhana. Dalam membuat kolam ikan memang bisa dikatakan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun meskipun demikian, anda tetap bisa berkreasi dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak digunakan lagi. Punya bathtub yang sudah tidak terpakai? Kenapa tidak diubah saja menjadi kolam ikan!

Meskipun terbilang sederhana, namun jika dikerjakan dengan tepat maka hasilnya akan sangat memuaskan. Anda bisa mewujudkan kolam ikan mini ke dalam hunian anda menggunakan media bathtub bekas. Simpel, namun tetap bisa memuaskan bukan?
Untuk penempatannya, bisa anda letakkan begitu saja ataupun dengan menanamnya pada permukaan tanah yang ada pada taman anda. Jangan lupa untuk mempercantik sekelilingnya, semisal dengan bebatuan. Tambahkan juga penerangan untuk menyinarinya pada malam hari agar tampil semakin cantik.

Kolam Ikan Bergaya Akuarium

Untuk kolam ikan pada umumnya, maka anda akan menikmati pemandangan indah dari ikan yang berenang dengan bebas melalui tampilan visual yang tersaji dari atas. Kenapa tidak anda coba menambahkan tampilan visual dari samping? Sehingga anda akan mendapatkan sudut pandang yang lebih luas dari biasanya.

Dengan ide kolam ikan bergaya akuarium ini, maka anda akan lebih leluasa menikmati pemandangan indah yang tersaji dari sisi samping. Pastinya akan ada beberapa hal yang tidak bisa anda saksikan dengan jelas jika dilihat dari atas, karena adanya bias yang ditimbulkan oleh permukaan air. Tambahan sudut pandang ini tentunya akan semakin memanjakan mata anda nantinya.
Untuk penempatannya, anda bisa posisikan sejajar dengan permukaan yang ada pada taman anda. Atau seperti pada contoh diatas, anda bisa kreasikan kolam ikan akuarium tersebut sebagai dinding pembatas. Cantik sekali ya hasilnya?

Jika yang diatas dirasa terlalu membutuhkan biaya yang tinggi, maka anda bisa mencontoh versi mininya. Meskipun dengan ukuran yang relatif mini, namun untuk hasilnya tetap tidak kalah cantiknya. Berikan elemen hias seperti pancuran air kecil di tengah kolam ikan akuarium tersebut, agar jadi semakin manis.
Karena ukurannya yang relatif kecil, maka dipastikan biaya pembuatannya jadi lebih terjangkau. Selain itu untuk segi perawatan dan juga pemeliharaan akan jadi lebih mudah tentunya. Tempatkan saja kolam ikan tersebut pada bagian pinggir taman, agar taman anda jadi semakin tampak manis.

Kolam Ikan Bergaya Klasik

Kemudian untuk yang selanjutnya hadir inspirasi kolam ikan dengan gaya klasik. Inspirasi ini cocok untuk anda yang menginginkan kesan alami dan juga natural pada kolam ikan anda. Namun meskipun termasuk dalam gaya klasik, untuk segi keindahannya tentu tidak perlu diragukan lagi.

Seperti pada contoh diatas, anda bisa membuat kolam ikan dengan bentuk melingkar jika anda sudah bosan dengan bentuk kolam ikan kotak atau persegi. Bentuk lingkaran tersebut akan sangat cocok jika ditempatkan pada bagian tengah taman anda. Dikelilingi batu alam yang besar, lalu dengan bebatuan kecil, semakin menambah mantap tampilan kolam milik anda. Boleh juga jika ingin menambahkan bebatuan bertingkat pada satu sisinya untuk menampilkan efek air terjun yang cantik.

Selain bentuk lingkaran, anda bisa mencoba kolam ikan dengan bentuk yang tidak beraturan. Karena bentuknya yang tidak teratur, maka akan menghasilkan lekukan indah pada bibir kolam yang menjadikannya nampak semakin alami dan natural. Pada bagian sisi dalamnya bisa anda tambahkan bebatuan alam dengan tampilan yang berbeda, dimana akan semakin menambah cantik efek visual alaminya. Inspirasi ini cocok untuk ditempatkan pada taman mini yang terdapat pada bagian samping ataupun belakang rumah anda.

Kolam Ikan Sekaligus Tempat Bersantai Diatasnya

Selama ini bagaimanakah cara anda menikmati tampilan indah dari kolam ikan milik anda? Apakah hanya sekedar sambil berdiri, atau duduk santai di pinggiran kolam? Kenapa tidak anda coba untuk bersantai diatasnya!

Kolam ikan yang satu ini memang terbilang sederhana, dengan bentuknya yang persegi. Namun yang menjadikannya berbeda yaitu anda bisa bersantai diatasnya. Dengan adanya penambahan dek kayu pada bagian atas kolam, mampu menopang berbagai perabot yang bisa digunakan untuk bersantai seperti kursi dan meja kecil.

Tentunya akan sangat terasa menyenangkan saat bersantai di sore hari bersama keluarga tercinta, dengan berada di atas kolam ikan. Menikmati secangkir teh hangat, diiringi gemericik air, pemandangan ikan yang menyembul ke atas mencari makanan, dikelilingi oleh taman asri yang menyegarkan, tentu merupakan momen indah yang sangat berkesan. Dan anda tidak perlu keluar rumah untuk menikmatinya!

Kolam Ikan Dengan Jalur Penghubung Diatasnya

Untuk inspirasi yang terakhir ini bisa dikatakan hampir mirip dengan yang sebelumnya. Jika yang sebelumnya bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai di atasnya, untuk yang satu ini bisa digunakan untuk berjalan melewatinya. Nantinya anda akan mendapatkan sensasi berjalan diiringi dengan ikan yang berenang kesana kemari dibawah anda. Pastinya sangat menyenangkan ya!

Dibandingkan dengan membuat jalur yang lurus dan simetris, anda bisa meniru contoh diatas. Dengan jalurnya yang asimetris, justru semakin menambah cantik sisi keindahannya secara estetika. Pada jalur tersebut gunakan warna gelap pada bagian sisi bawah terendam air kolam ikan, kemudian warna terang pada bagian pijakannya. Hal ini akan menimbulkan ilusi optik seakan jalan yang melayang. Pastinya jauh lebih mengesankan dibandingkan jalur yang biasa.
Untuk inspirasi kolam ini bisa anda tempatkan pada area yang menghubungkan dua ruang berbeda. Semisal antara ruang tamu dengan taman samping anda. Dengan begitu, nantinya anda akan memiliki sebuah akses yang lain dari biasanya, yaitu dengan jalan melayang berhiaskan ikan-ikan cantik yang berenang dibawahnya.

Dijadikan sebagai akses untuk masuk kerumah? Bisa juga kok. Pastinya para tamu yang berkunjung kerumah anda akan berdecak kagum melihatnya. Namun pastikan agar pijakannya memiliki tekstur yang kasar dan anti licin ya. Dan berikan jalur dengan ukuran yang lebih lebar, agar lebih nyaman saat berjalan melewatinya.
Nah itu dia ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai berbagai inspirasi kolam ikan yang cantik dan juga menarik. Pastinya rumah hunian anda menjadi semakin nyaman dengan kehadiran kolam ikan yang cantik tersebut. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan