cv.karya mandiri kontraktor Tentunya anda menyadari bahwa ruang keluarga atau ruang tengah merupakan sebuah ruangan dalam rumah yang memegang peranan cukup penting dalam aspek kenyamanan. Sangat wajar memang, karena dalam ruangan inilah terciptanya berbagai aktivitas kebersamaan dalam keluarga, dimana tentunya memerlukan perhatian khusus dalam penanganannya. Jika anda memiliki lahan yang luas tentunya bukanlah sebuah persoalan, karena anda bisa menciptakan ruang keluarga dengan space yang luas. Namun bagaimana jika lahan yang dimiliki terbatas?

Mungkin diantara anda ada yang berpikiran untuk mengorbankan space pada ruang tengah. Tidak mengapa ruang tengah memiliki ukuran yang kecil, asalkan ruang-ruang yang lainnya bisa tercipta. Atau sebaliknya, menciptakan ruang tengah yang luas namun dengan mengorbankan space untuk ruangan yang lainnya. Daripada harus begitu, mengapa tidak menjadikan satu saja antara ruang tengah dengan ruang yang lain? Dengan konsep ruang tengah multifungsi, maka anda akan tetap memiliki ruang tengah dan juga ruang-ruang lainnya dengan space yang luas tanpa harus mengorbankan salah satunya.

Konsep ruang tengah multifungsi ini jelas cocok untuk diterapkan pada lahan yang tidak terlalu luas. Terlebih bagi anda yang memang mengusung tema minimalis pada rumah hunian anda, dimana konsep ruang tengah multifungsi jelas semakin menambah nilai estetik ke dalam tampilan yang anda ciptakan. Lantas seperti apa saja contoh ruang tengah multifungsi yang bisa diterapkan ke dalam rumah minimalis? Nah, untuk menjawab rasa penasaran anda langsung saja kita simak bersama ulasan berikut ini mengenai inspirasi ruang tengah multifungsi untuk rumah minimalis anda!

  • Ruang Tengah Multifungsi Dengan Area Bermain

Inspirasi yang pertama datang dari ruang tengah multifungsi dimana memiliki fungsi tambahan sebagai area untuk bermain anak anda. Bagi anda pasangan yang sudah dikaruniai buah hati, tentunya inspirasi yang satu ini cocok untuk menjadi bahan pertimbangan anda.

Tentunya anda menyadari bahwa masa bermain anak tidaklah panjang. Hanya beberapa tahun saja anak berada dalam fase bermain, sampai beralih pada fase belajar akademis atau masa sekolah. Daripada anda menciptakan ruang kecil untuk bermain anak anda, bukankah akan lebih baik jika menyatukannya dengan ruang tengah atau ruang keluarga? Dengan begitu anak anda akan mendapatkan space untuk bermain dan juga berekplorasi dengan area yang lebih luas. Dan nilai tambahnya, anda bisa turut serta berpartisipasi atau sekedar mengawasi saat sedang bersantai di ruang tengah.

Untuk membuat batas imajiner, maka anda bisa memberikan dekorasi khusus anak-anak ke dalam ruang tengah multifungsi anda. Anda bisa menempatkan karpet warna-warni misalnya, atau bisa juga dengan karpet bergambar karakter kesukaan anak anda. Dengan begini, anak anda bisa belajar untuk mengetahui batas dimana dia bisa bermain, tanpa anda harus takut si anak mengotori area ruang tengah anda. Dan jangan lupa untuk menempatkan box khusus ya, sebagai media penyimpanan mainan anak setelah selesai bermain agar mainan tidak berserakan dan mengganggu penampilan ruang tengah anda.

  • Ruang Tengah Multifungsi Dengan Area Makan

Inspirasi yang berikutnya datang dari ruang tengah multifungsi dimana bergabung dengan area makan keluarga. Inspirasi ini tentunya patut untuk anda jadikan pertimbangan, karenan nantinya anda akan mendapatkan ruang makan dengan space yang luas, dibandingkan dengan menciptakan sebuah ruang makan khusus. Suasana santap bersama keluarga anda tentunya akan jadi jauh lebih menyenangkan karena adanya banyak hal visual yang bisa dieksplor, semisal makan bersama sambil menonton tayangan televisi.

Meskipun ruang multifungsi adalah ruang yang memiliki dua atau lebih fungsi ruangan, bukan berarti anda tinggal menyampurkan kedua fungsi tersebut begitu saja. Tetap ada aturan yang harus diperhatikan, semisal garis batas atau penanda imajiner. Seperti pada contoh ilustrasi diatas misalnya, anda bisa menempatkan sofa dengan membelakangi arah meja makan yang ada. Hal ini diperlukan untuk memberikan garis batas yang jelas antara dua fungsi ruangan, sehingga ruang tengah multifungsi anda tetap tampil cantik secara estetik. Jangan lupa untuk menambahkan detail pemanis seperti tanaman hijau ya, agar ruang tengah multifungsi anda tidak hanya cantik tapi juga memiliki suasana asri yang natural.

  • Ruang Tengah Multifungsi Dengan Dapur

Jika inspirasi yang sebelumnya menggabungkan antara ruang tengah dengan meja makan saja, maka inspirasi kali ditambahkan sekaligus dengan dapur. Dengan ruang tengah multifungsi seperti ini, jelas ada banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan nantinya. Contoh kecilnya, suasana memasak anda akan jauh dari kata membosankan karena ada bukaan visual yang luas. Tentu ini jadi jauh lebih menyenangkan dibandingkan memasak pada area dapur yang sempit dan juga tertutup.

Manfaat yang lain akan anda rasakan nantinya saat anda mengadakan acara kumpul keluarga besar. Dengan ruang tengah multifungsi seperti ini jelas suasana kumpul keluarga yang ada jadi lebih semarak, terutama saat makan bersama. Anda bisa menggunakan sofa berbentuk U yang membelakangi area dapur anda. Untuk lebih mempertegasnya, maka anda bisa memberikan karpet pada area sofa tersebut. Dengan begitu, maka tampilan yang didapatkan akan menjadi jauh lebih estetik. Untuk menjadikannya lebih mantap lagi tempatkan ruang tengah multifungsi anda berada di sebelah taman ataupun ruang terbuka, dijamin deh akan semakin menambah semarak suasana santai yang ada!

  • Ruang Tengah Multifungsi Dengan Area Kerja

Untuk ide desain yang berikutnya ini cocok untuk anda yang sering membawa pekerjaan kerumah. Dengan ruang tengah multifungsi seperti ini, maka anda akan mendapatkan ruang kerja dengan visual space yang luas. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh positif kepada anda, terlebih untuk anda yang mungkin berkecimpung pada industri kreatif yang membutuhkan adanya banyak inspirasi.

Manfaat lainnya, ruang tengah untuk berkumpul keluarga anda bisa beralih fungsi sebagai area meeting kecil saat klien anda berkunjung kerumah. Tentunya hal ini sangat serasi sekali dengan tema minimalis yang anda hadirkan ke dalam rumah hunian anda. Sebagai penanda batas, anda bisa menggunakan karpet pada bagian sofa dan kursi tamu untuk memisahkan fungsi antara ruang tengah dan ruang kerja saat difungsikan sebagai ruang keluarga. Untuk unsur dekoratifnya anda bisa menggunakan cermin seperti pada gambar diatas yang nantinya juga bisa menambah kesan luas pada ruang tengah multifungsi anda.

  • Ruang Tengah Multifungsi Dengan Perpustakaan

Anda termasuk pribadi yang hobi membaca namun tidak mempunyai lahan lagi untuk menciptakan ruang baca dan ruang untuk menyimpan buku-buku kesayangan anda? Tenang, solusinya adalah dengan menggabungkan ruang tengah anda dengan perpustakaan mini. Dengan begini, maka nantinya anda akan mendapatkan ruang tengah multifungsi yang elegan dengan adanya perpustakaan mini di dalamnya.

Anda bisa menggunakan rak tinggi seperti pada contoh ilustrasi diatas, yang memiliki space di tengahnya untuk menaruh tv anda. Dengan pemilihan furnitur yang tepat, anda bisa mengatur koleksi buku-buku kesayangan anda dengan rapi. Anda bisa menggunakan warna kontras seperti diatas untuk memberikan kesan yang dramatis pada ruang tengah multifungsi anda ini. Rasanya akan sangat menyenangkan ya bersantai bersama keluarga sembari membaca buku favorit anda. Adanya ruangan tengah multifungsi ini nantinya juga akan berpengaruh besar terhadap minat baca dan juga belajar anak anda. Bagaimana, tertarik untuk mewujudkannya ke dalam rumah hunian anda?

Nah jadi itu tadi ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai inspirasi ruang tengah multifungsi untuk rumah minimalis anda. Kami harapkan bisa menjadi alternatif pilihan untuk anda dalam menciptakan ruang tengah yang menarik dan juga elegan. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan informatif berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan