Berbicara mengenai desain interior ruangan maupun seni kreatifitas dalam mempercantik ruangan memang seakan tiada habisnya. Selalu saja ada inovasi terbaru dalam guna menjadikan nilai sebuah ruangan tidak hanya sebagai sekedar ruangan belaka, namun juga sebagai tempat yang memiliki nilai keindahan dan kecantikan tersendiri. Salah satunya yaitu seni bata expose .Apa itu bata Expose ? mari kitaulas bersama secara mendalam.

Yang dimaksud dengan bata expose yaitu proses penyusunan dinding ruangan baik rumah, perkantoran, cafe dll dimana akan dibiarkan polos tanpa plester dan aci. Dengan begitu maka akan tereksposlah kecantikan dari karakter bata, dengan keindahan warnanya, tekturnya, dan juga bentuknya.
Bata expose menjadi salah satu pilihan desain yang sering diaplikasikan pada dinding guna menciptakan suatu kesan ruangan yang bernilai artistik dan juga suasana yang natural. Karena material batu bata yang terbuat dari tanah liat ini jika diekspos dengan sebuah susunan yang rapi, benar, dan juga presisi maka akan mewujudkan sebuah nuansa alam nan eksotis ke dalam ruangan anda.
Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan penerapan bata expose pada ruangan? Mari kita cek.

Kelebihan Bata Expose :

Biaya

Dinding ruangan yang menerapkan bata expose akan memangkas beberapa biaya yang biasanya dikeluarkan pada saat membangun sebuah ruangan yang umum (tanpa bata expose). Biaya yang akan dipangkas tersebut diantaranya adalah biaya material dalam pembuatan plester untuk dinding bata seperti semen, pasir, dan sebagainya.
Biaya lainnya yang bisa dihilangkan yaitu biaya cat dinding. Karena bata expose adalah sebuah seni yang ingin menonjolkan karakteristik dan tampilan visual yang cantik dari batu bata, maka tidak diperlukan lagi adanya pengecatan pada dinding. Ini tentunya akan menghemat biaya cat yang harus dikeluarkan, terlebih lagi jika ruangan anda memiliki area yang cukup luas.

Tampilan

Jika anda mengaplikasikan bata expose pada ruangan anda maka sudah tentu anda akan mendapatkan sebuah ruangan dengan tampilan yang cantik. Nuansa kesan unik, klasik, dan juga berestetika tinggi akan terwujud pada tampilan ruangan anda. Terlebih lagi jika ruangan anda memiliki tema klasik. Perpaduan furniture klasik yang terdapat pada ruangan anda akan berpadu dengan selaras melalui tampilan eksotis pada bata expose.

Anda ingin menerapkannya pada cafe maupun tempat usaha anda? Tentu sangat bisa. Nuansa alami yang ditampilkannya tentu saja akan menambah semarak dan juga kenyamanan para customer anda untuk betah berlama-lama untuk bercengkrama di tempat anda. Penerapannya pada sebuah cafe ataupun restoran akan membuat suasana makan bersama menjadi lebih rileks dan berkesan dengan pesona alami yang ditampilkan bata expose.

Kekurangan bata expose :

Pengerjaan

Untuk mendapatkan sebuah seni yang bernilai estetika tinggi tentunya tidak bisa dikerjakan secara serampangan dan asal-asalan bukan? Dibutuhkan kerja lebih dan juga effort tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan juga memuaskan.
Dari aspek waktu pengerjaan, bata expose jelas membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya dikarenakan pemasangan bata expose ini membutuhkan ketelitian yang tinggi. Biasanya pemasangan bata pada dinding biasa bisa mencakup delapan hingga sepuluh meter persegi untuk kurun waktu perharinya. Sedangkan pada bata expose mungkin hanya kisaran lima hingga enam meter persegi dikarenakan butuhnya ketelitian yang tinggi dalam pengerjaannya.
Akan sangat dibutuhkan jasa tukang yang profesional dan berpengalaman di bidangnya untuk bisa menghasilkan bata expose yang sempurna. Dengan tingkat kesulitannya yang lumayan tinggi, bata expose tentu akan sangat riskan jika diserahkan pada tukang yang tidak ahli dalam hal ini.

                                                                                   Kesimpulan

Setelah melihat penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan bata expose diatas maka tentunya anda sudah bisa mendapatkan gambaran secara lebih jelas mengenai bata expose. Dalam mendapatkan sebuah bentuk nilai seni yang tinggi, maka diperlukan sebuah effort yang cukup tinggi juga. Namun anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Meskipun terlihat cukup sulit, namun saat ini sudah banyak sekali tukang yang ahli dalam penerapan bata expose. Saat anda mendapatkan jas profesional yang tepat, maka saat itu juga anda akan mendapatkan sebuah keindahan bernilai seni tinggi pada ruangan anda.

Nah, berikut ini beberapa tips singkat bagi anda yang berminat untuk mengaplikasikan bata expose pada ruangan anda.

Tips Bata Expose

1.Gunakan bata expose dari daerah penghasil bata dengan kualitas terbaik. Setelah anda menghemat biaya plester         dinding dan juga cat ruangan, tentu akan ada dana tersisa untuk bisa anda gunakan membeli bata expose dengan       kualitas terbaik. Salah satu daerah yang mneghasilkan bata terbaik adalah Kebumen. Untuk alternative lainnya           anda bisa mencoba daerah Godean, Klaten, dan Temanggung.
2.Perhatikan stok bata yang anda butuhkan. Sebab di tiap daerah terkadang memiliki warna dan ukuran yang tidak        sama persis. Tentunya anda tidak ingin mendapatkan tampilan yang belang dan kurang presisi bukan? Maka dari      itu perhatikan dengan benar stok bata yang anda butuhkan. Jangan sampai anda kehabisan stok dan membelinya      dari tempat yang berbeda untuk menghindari tampilan yang kurang sempurna pada ruangan anda.
3.Pada saat proses finishing, jangan lupakan lapisan coating atau anti air Hal ini sangat penting sebagai proteksi            dinding anda dari lumut maupun kotoran yang mudah menempel.

Demikian ulasan mengenai bata expose yang bisa kami berikan sebagai referensi untuk menambah nilai keindahan ruangan anda. Dengan perencanaan yang matang dan tepat, maka anda akan mendapatkan sebuah jaminan kecantikan alami nan natural pada hunian anda.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan