Setiap orang tentu ingin mempunyai rumah yang sangat nyaman untuk ditempati dan juga rumah tersebut termasuk dalam rumah yang kokoh. Dalam pemilihan semua bahan – bahan tentunya anda ingin menggunakannya dengan kualitas yang terbaik.
Untuk pemilihan bahan – bahan yang akan di gunakan untuk membangun rumah anda tentu saja banyak pilihan yang bagus – bagus dan hal ini seringkali membuat anda bingung menggunakan bahan dengan jenis apa.
Untuk bagian atap banyak pilihan bahan – bahan yang bisa dijadikan sebagai atap rumah anda yang tentunya harus nyaman dan yang bisa melindungi dari teriknya sinar matahari dan juga hujan. Banyak dari masyarakat yang menggunakan atap dengan baja ringan. Namun, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu pemakaian atap baja ringan untuk bangunan rumah anda.

Atap Baja Ringan

Seperti namanya yaitu atap baja ringan tentu saja memiliki sifat yang tetapi walaupun kerangka baja ini ringan tetap kuat dan hal ini yang membuat rangka baja ringan ini dijadikan primadonan dalam pembuatan atap. Kemudian, rangka baja ini juga dapat mengungguli dari rangka kayu maupun rangka baja yang konvensional.

Rangka atap baja ringan yaitu walaupun baja ini bersifat ringan namun mempunyai kekuatan tegangan tarik yang cukup tinggi yaitu kurang lebih 550 Mpa, hal ini lebih besar jika dibandingkan dengan tegangan tarik baja konvensioanal yang hanya mempunyai kekuatan kurang lebih sebesar 300 Mpa.

Hal ini terjadi karena rangka atap baja ringan mempunyai sifat yang lentur yang juga dapat menyerap energi dalam jumlah lebih besar. Kekuatan atap baja ringan ini terjadi karena atap baja ringan dapat menyerap energi dalam jumlah yang sangat besar.

Untuk pemasangan atap baja ringan ini pada bangunan rumah bisa menghemat waktu dan juga biaya dalam proses pengerjaannya karena atap baja ringan ini bersifat ringan dan kuat. Untuk sambungan yang dapat di gunakan yaitu seperti baut, skrup,atau juga menggunakan kanopi baja ringan dan hal ini untuk memudahkan dalam merangkai dengan satu konstruksi lainnya yaitu beton dan kayu.

Kelebihan dari atap baja ringan

Ada beberapa kelebihan memakai atap baja ringan salah satunya yaitu sebagai berikut ini :

1.Kekuatan tarik yang tinggi namun ringan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu atap baja ringan ini mempunyai sifat yang ringan dan kuat. Untuk daya tarik pada rangka atap baja ringan ini juga memiliki daya yang tinggi.

2.Sifat liat atau tangguh

Sifat liat merupakan sebuah kemampuan dari suatu material untuk menyerap suatu energi dengan jumlah yang cukup besar. Baja ini dapat menahan beban yaitu beban deformasi yang cukup besar dan hal ini terjadi pada proses fabrikasi. Transportasi ataupun konstruksi yang tanpa mengakibatkan kehancuran.
Sedangkan jika menggunakan baja konvensional ataupun kayu yang mempunyai sifat yang keras dan getas yang kemudian akan menjadi hancur jika diberikan sebuah beban kejut. Rangka atap baja ringan ini yaitu dapat diberikan berupa beban kejut, beban geser dan juga dapat diberikan kelenturan supaya strukturnya menjadi lebih fleksibel.

3.Memiliki sifat seragam

Baja ini di produksi oleh sebuah pabrik sehingga menggunakan standar mutu yang sama atau seragam dan kualitasnya pun dalam penggunaannya tidak banyak berubah. Baja ringan ini karena di produksi oleh pabrik maka mutu yang dihasilkan yaitu mutu yang konsisten.

4.Baja ringan tahan terhadap rayap

Atap baja ringan ini tahan terhadap serangan dari rayap – rayap berbeda halnya dengan penggunaan kayu yang rawan terhadap serangan rayap. Dengan adanya hal ini dalam penggunaan baja ringan dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.
Baja ringan ini tidak perlu dilakukan perawatan atau perawatan yang sering atau intens oleh karena itu dalam penggunaan baja ini dapat juga menghemat pengeluaran untuk dalam waktu waktu jangka panjang.

5.Pemasangan rangka baja ringan sangat cepat

Dalam proses pemasangan atap baja ringan ini hanya memerlukan waktu yang cepat atau singkat yaitu kurang lebih selama 3 hari sampai 1 minggu. Rentang waktu tersebut disesuaikan dari tingkat kerumitan atap yang akan dipasang dan juga seberapa luas atap bangunan juga dapat memengaruhi lamanya proses pemasangan rangka baja ringan.
Proses pemasangan yang cepat ini terjadi karena baja ringan mudah untuk di sambungkan pada berbagai macam sambungan yaitu seperti keling, las ataupun baut. Kemudian, bobot dari baja ringan ini yang sifatnya ringan dapat mengurangi tingkat kesulitan dalam proses sebuah konstruksi.

6.Tahan untuk menjadi karat

Baja ringan ini tahan terhadap karat oleh karena itu anda tidak perlu melakukan finishing cat lagi. Untuk harga dari baja ringan ini sendiri termasuk ke dalam kategori yang murah jika di bandingkan dengan stainless steel yang sudah mempunyai keunggulan atau kelebihan yang sama.
Pada saat setelah selesai proses pembongkaran rangka atap baja ringan ini mempunyai nilai yang dapat di ambil manfaatnya kembali yaitu seperti baja ringan ini dapat dijadikan daur ulang. Dengan adanya pemanfaatan kembali baja ringan ini atau biasa disebut dengan daur ulang akan membuat hal ini menjadi ramah lingkungan.

7.Atap baja ringan digunakan untuk berbagai macam penutup atap

Dengan menggunakan atap baja ringan ini anda dapat menggunakan berbagai jenis macam atap seperti asbes, kaca, genteng beton dan juga bisa menggunakan keramik sesuai dengan keinginan atau selera anda.
Dengan menggunakan atap baja ringan ini juga bisa menggunakan atap yang terbuat dari material logam yaitu seperti genteng metal. Tetapi, semakin berat beban atau bobot dari genteng tersebut juga semakin banyak juga baja ringan yang akan digunakan untuk pembuatan atap tersebut.

Penyebab baja ringan berkarat

Walaupun baja ringan ini sudah mengandung anti karat namun ada baiknya anda tetap menjaganya agar tidak terjadi karat dalam baja ringan anda. berikut ini beberapa hal yang dapat membuat baja ringan menjadi berkarat yaitu :

1.Air semen

Lapisan antikarat yang terdapat pada baja ringan jika terkena semen maka akan menghasilkan reaksi kimia dan reaksi yang dihasilkan ini bisa membuat lapisan antikarat menjadi rusak, terutama yang terdapat lapisan antikarat dengan jenis galvanis atau zinc. Pada proses pengerjaannya hindarkan baja ringan ini terhadap beton ataupun semen.

2.hujan

Walaupun baja ringan ini mempunyai lapisan antikarat tetapi jika terus menerus terkena hujan maka bisa juga lapisan antikarat ini menipis dan mulai menghilang.

3.Larutan asam

Sesuatu larutan yang mempunyai sifat asam itu sangat reaktif terhadap permukaan baja ringan jika saat mengalami sentuhan, jika bersentuhan larutan asam ini membuat lapisan yang terdapat pada baja ringan yaitu lapisan antikarat akan terkelupas.
Larutan asam ini biasanya terdapat pada berbagai produk pembersih keramik maupun pembersih lantai

4.Tergores

Jika lapisan antikarat tergores maka bisa menyebabkan lapisan ini terkelupas sehingga menimbulkan baja ringan terkena oksigen yang bisa menyebabkan karat terjadi.

Demikian sedikit pengetahuan dari kami mengenai atap baja ringan

untuk info mengenai bangun rumah dan renovasi hub : 0813-2683-0227

 

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan