Tentu kita semua telah menyadari betapa pentingnya pola hidup sehat yang harus terus dijaga. Terlebih pada era sekarang ini, dimana adanya tuntutan mobilitas yang cukup tinggi, yang pastinya juga menuntut adanya kesehatan fisik dan juga mental yang optimal. Dan terkait dengan rumah hunian, maka artinya kita harus bisa mewujudkan sebuah rumah hunian yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal saja, melainkan mampu mendukung dan juga mengakomodasi pola hidup sehat yang telah kita bangun selama ini.
Jika selama ini kita menciptakan hunian dengan tujuan sebagai tempat tinggal saja, maka sudah waktunya kita beralih dengan menciptakan rumah hunian yang mampu berperan banyak dalam meningkatkan pola hidup sehat. Lantas bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memaksimalkan berbagai elemen yang ada pada sebuah rumah hunian, yang mana tidak hanya mempercantik aspek tampilan belaka namun dibaliknya menyimpan manfaat lain yang berguna bagi kesehatan penghuninya.
Lalu apa saja yang bisa dimaksimalkan? Hal apa saja dalam sebuah hunian yang berperan penting bagi kesehatan? Yuk langsung saja kita ulas bersama melalui pembahasan di bawah ini!

Perbanyak Jumlah Bukaan Lebar

Yang pertama kali, anda bisa memaksimalkan bukaan yang ada pada desain eksterior rumah anda. Karena dengan adanya banyak bukaan lebar yang tersedia pada rumah anda, sama halnya dengan anda menambah nilai tingkat kesehatan meskipun tidak anda sadari sebelumnya.

Adanya banyak jendela dengan bukaan yang lebar, nantinya berguna sebagai jalan keluar masuknya udara. Udara kotor yang tadinya berada dalam rumah, akan berganti dengan udara bersih yang masuk ke dalam. Dan elemen eskterior inilah yang berperan penting dalam memastikan lancarnya sirkulasi udara tersebut. Dengan adanya kelancaran sirkulasi udara, jelas sangat memberikan dampak positif terhadap kesehatan penghuninya. Dan jangan lupakan juga ya dari manfaat estetiknya, dimana tampilan eksterior rumah anda menjadi nampak lebih elegan dan modern.
Eksterior rumah dengan banyak bukaan lebar akan banyak anda jumpai pada rumah-rumah yang menerapkan gaya skandinavian. Rumah dengan gaya skandinavian memang sudah terkenal dengan gaya desainnya yang tidak hanya menawan, namun juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gaya hidup sehat. Karena itu, jika anda masih bingung dalam menerapkan seperti apa bukaan lebar yang cocok untuk rumah anda, maka anda bisa menjadikan berbagai contoh rumah bergaya skandinavian yang telah ada untuk menjadi sumber inspirasi yang pas.

Tambahkan Roster Jika Anda Mau

Lalu yang selanjutnya, anda bisa menambahkan roster jika memang dirasa perlu. Rooster, atau yang lebih umum disebut roster untuk masyarakat kita, merupakan dinding yang berlubang dimana mampu menciptakan sistem sirkulasi udara yang lebih maksimal. Dan sirkulasi udara yang lebih optimal, maka berarti akan semakin bagus aspek kesehatan yang ada pada rumah hunian anda.

Dinding roster merupakan salah satu elemen eksterior yang cukup digemari. Karena selain mampu memberikan manfaat kesehatan, juga memberikan tampilan yang cukup menawan dari unsur dekoratifnya. Kembali lagi kepada anda, apakah anda hanya ingin menerapkan jendela dengan bukaan lebar tanpa roster, atau justru menambahkan keduanya ke dalam tampilan eksterior seperti yang nampak pada contoh gambar diatas. Namun yang pasti, penggunaan keduanya selain menciptakan rumah hunian yang sehat, juga akan memberikan tampilan estetik yang cukup mewah dan modern.

Perhatikan Tinggi Plafon

Sebelumnya kita telah membahas mengenai pentingnya bukaan lebar dalam sebuah rumah yang sehat. Maka selanjutnya ada hal penting lainnya yang harus anda ketahui, yaitu mengenai tinggi plafon. Tinggi plafon tentu harus diperhitungkan dengan seksama, karena nantinya juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap sirkulasi udara yang beredar dalam hunian anda.

Pada eksterior rumah, tinggi plafon harus diatur tingginya secara ideal agar mampu memberikan dampak yang optimal dalam aspek kesehatan. Tinggi plafon yang kurang memadai, akan berarti kurang lancarnya sistem sirkulasi udara pada bagian dalam rumah. Karena itulah, pastikan tinggi plafon anda cukup ideal, agar sirkulasi udara bisa tersebar secara optimal. Selain itu, plafon dengan tinggi yang ideal nantinya mampu menghambat panas dari sinar matahari sehingga menjadikan rumah anda tetap terasa sejuk dan nyaman.

Selektif Dalam Pemilihan Material

Selanjutnya, elemen penting dalam desain eksterior yang perlu anda perhatikan tentunya dari segi pemilihan material. Anda harus jeli dan cermat dalam pemilihan material untuk eksterior rumah anda. Pilihlah material yang bersifat ramah lingkungan, karena ini akan terkait erat dengan sistem rumah sehat yang sedang anda bangun.

Bagi anda yang suka dengan desain eksterior rumah beraksen natural, maka anda bisa memilih penggunaan material seperti kayu dan juga batu bata. Material tersebut selain jelas ramah lingkungan, juga mampu memberikan dampak yang positif kepada sistem rumah sehat anda. Material tersebut diklaim mampu menahan panas matahari secara efektif. Dengan begitu, nanti anda tidak perlu terlalu sering bergantung pada Air Conditioner yang dirasa kurang sehat jika digunakan terlalu sering atau terus menerus.
Kemudian untuk elemen eksterior pada atap, kini telah tersedia banyak material yang ramah lingkungan, semisal baja ringan. Sehingga kini tidak perlu lagi menggunakan material yang bisa menimbulkan panas berlebih terhadap ruangan yang ada di bawahnya. Ingatlah bahwa kita tinggal pada wilayah dengan iklim tropis, dimana akan ada tantangan kelembaban yang cukup tinggi disana. Sehingga tidak salah jika anda dituntut untuk selektif dalam pemilihan material, agar mampu menunjang sistem rumah sehat yang sedang anda ciptakan saat ini.

Jangan Lupa Dengan Area Hijau

Kemudian yang terakhir, jangan lupakan mengenai pentingnya area hijau pada eksterior rumah anda. Area hijau disini jelas akan memberikan dampak dan juga manfaat yang cukup tinggi terhadap aspek kesehatan yang anda. Dan yang pasti, selain anda menciptakan sebuah hunian yang sehat, sisi lainnya anda akan mendapatkan tampilan hunian yang indah dengan adanya area hijau yang terhampar luas.

Anda tidak harus menambahkan taman hijau yang luas ke dalam eksterior rumah anda. Cukup berikan saja taman kecil, terlebih jika memang lahan yang tersisa tidak cukup memadai. Namun pastikan agar area hijau yang ada mampu memberikan energi positif yang maksimal terhadap anda sekeluarga. Rawatlah selalu area hijau tersebut, dan pastikan selalu terjaga keindahannya. Tentu anda sudah mengetahui seperti apa efek positif yang diberikan dari merawat tanaman hijau terhadap kesehatan mental manusia.

Lalu bagaimana jika tidak tersisa lagi lahan yang bisa digunakan untuk menciptakan taman pada eksterior rumah? Solusinya, anda bisa menciptakan area hijau dengan konsep vertical garden. Vertical garden merupakan solusi yang sangat ideal untuk diterapkan, jika memang lahan yang ada sudah sangat terbatas. Yang penting selalu usahakan terciptanya area hijau dalam elemen eksterior rumah anda, agar anda mampu mewujudkan sebuah rumah hunian yang sehat secara optimal dan juga pastinya sejuk untuk dipandang mata karena keindahan visual yang disajikan.
Nah jadi itu tadi ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai berbagai hal penting dalam desain eksterior untuk menciptakan rumah hunian yang sehat. Dengan mencermati berbagai hal yang telah kita ulas bersama diatas, maka kami harapkan bisa membantu anda dalam menciptakan sebuah hunian yang tidak hanya cantik, namun juga mendukung adanya pola hidup sehat yang telah anda bangun selama ini. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada pembahasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan