Saat anda merancang desain interior untuk rumah hunian anda, seringkali memang ruang tidur mendapatkan fokus yang paling utama. Tidak salah memang, karena ruang tidur memiliki fungsi dan peranan yang sangat vital dalam kehidupan keseharian bagi penghuninya. Karena itu, menjadi wajar jika ruang tidur mendapatkan perhatian yang cukup ekstra dibandingkan dengan ruang-ruang lainnya yang terdapat pada sebuah rumah hunian.

Pada saat memikirkan akan seperti apa nantinya ruang tidur utama anda, maka pastinya anda menginginkan sebuah ruangan yang memiliki kesan yang luas dan juga lega, dimana waktu istirahat anda menjadi tidak maksimal jika ruang tidur anda kurang nyaman dan terkesan sempit. Akan tetapi terbatasnya lahan dan juga harga properti yang semakin naik tajam pada masa sekarang ini, sedikit banyak memberikan batasan bagi anda untuk mendapatkan luas ruangan seperti yang anda idamkan. Jika sudah seperti itu, maka cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan konsep open space. Dimana nantinya anda akan tetap bisa menghadirkan sebuah ruang tidur yang berkualitas, tanpa harus memiliki kesan sempit, karena menyatu dengan ruangan lain yang ada di sebelahnya.

Untuk bisa menghadirkan konsep tersebut secara tepat ke dalam hunian anda tentunya tidak bisa sembarangan. Konsep open space yang dimaksudkan tidak hanya asal menggabungkan antara ruang tidur dengan ruang lainnya, semisal ruang keluarga atau bahkan dapur. Tapi tentunya ada hal-hal lain yang harus diperhatikan dengan seksama, seperti privasi, estetika, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kali ini kita akan mencoba membahas lebih dalam lagi mengenai konsep open space untuk memisahkan area kamar tidur dengan area lainnya, untuk tetap mendapatkan kesan yang lega.

Penasaran? Yuk langsung saja kita simak bersama melalui pembahasan di bawah ini!

Bagi anda yang memiliki hunian dengan luas yang terbatas, maka ide untuk menggabungkan ruang tidur dengan ruangan lainnya adalah sebuah ide yang tepat. Daripada memaksakan memiliki satu ruangan yang khusus sebagai ruang tidur, akan tetapi anda justru merasa kurang nyaman menempatinya karena terkesan sumpek dan juga sempit. Dengan menggabungkan ruang tidur dengan ruangan lain, maka anda akan mendapatkan view yang jauh lebih luas dibandingkan dengan menjadikannya sebuah ruangan tunggal. Hal ini tentu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas istirahat anda nantinya.

Anda bisa coba menggunakan pemisah ruangan atau room divider dengan bahan kaca seperti pada contoh gambar diatas. Dengan bahan kaca, maka anda akan tetap memiliki pandangan luas yang menuju ruang bersantai saat anda berada pada ruang tidur anda. Anda seakan tidak akan merasa ruang tidur anda terkesan sempit, karena anda memiliki pandangan yang cukup luas untuk menyapu area luar ruang tidur anda. Hal ini tentunya tidak akan anda dapatkan ketika anda memaksakan untuk menjadikan ruang tidur anda menjadi sebuah ruangan tunggal yang memiliki pembatas berupa tembok.

Dengan room divider seperti diatas, yang berupa kaca berbingkai besi hitam, maka selain anda mendapatkan area pandangan yang luas maka anda juga akan tetap mendapatkan adanya privasi yang cukup. Bingkai hitam tersebut selain untuk mempercantik konsep open space yang anda ciptakan, juga memberikan batasan yang jelas antara ruang bersantai dengan ruang tidur anda, sehingga anda akan tetap mendapatkan rasa nyaman yang cukup ketika ingin beristirahat di ruang tidur anda.

Konsep open space tidak memberikan anda batasan terhadap ruangan yang ingin anda gabungkan. Seperti pada contoh diatas misalnya, anda bahkan bisa menyatukan antara ruang tidur anda dengan dapur dan juga ruang makan, tanpa harus khawatir akan efek yang akan ditimbulkan. Dengan room divider yang berbentuk pintu, maka anda bisa menutupnya jika suatu saat dapur anda cukup sibuk dengan berbagai aktivitasnya yang mana bisa berpotensi menimbulkan banyak asap ataupun bau masakan.

Ide diatas tentunya bisa jadi bahan pertimbangan yang pas untuk anda, jika kebetulan luas hunian anda memang tidak terlampau besar. Anda akan tetap mendapatkan sebuah ruang tidur yang nyaman dan juga fungsional. Dengan letaknya yang berada di sudut hunian, menjadikan ruang tidur anda mendapatkan cahaya alami yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Dan dengan sekat kaca yang berada disamping tempat tidur dimana langsung berhadapan dengan dapur, membantu anda mendapatkan kesan ruangan yang lega dimana pandangan anda tidak terbatas hanya pada ruang tidur anda.

Jika anda merasa room divider berbahan kaca masih kurang memberikan anda privasi yang cukup, maka anda bisa mencoba ide diatas. Dengan bahan tirai atau gorden, jelas anda akan mendapatkan privasi yang jauh lebih terjaga. Dan keuntungan lainnya, anda jelas tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk hal ini. Bahkan anda bisa mengganti warna ataupun tema room divider anda nantinya saat anda sudah merasa bosan atau ingin mengganti suasana baru.

Dengan ide seperti diatas, maka jelas anda akan mendapatkan sebuah ruang tidur yang sangat berkualitas, dimana anda akan mendapatkan pandangan keluar yang sangat luas. Anda tidak akan terasa berada di ruangan yang kecil, justru sebaliknya akan memberikan ilusi bahwa ruang tidur anda seakan sangat luas karena memiliki banyak area pendukung seperti sofa untuk bersantai, hingga ruang makan dan juga dapur.

Lalu ide berikutnya adalah dengan memakai setengah dinding, atau yang disebut juga dengan half wall. Bagi anda yang menginginkan sebuah batasan area ruang tidur yang tegas dan juga lugas, namun tetap menginginkan adanya kesan luas dan juga lega yang akan tercipta, maka ide ini jelas cocok untuk anda terapkan. Dengan memakai setengah dinding atau half wall, maka anda akan mendapatkan kesan ruang tidur dengan privasi yang terjaga dan juga tegas. Namun karena memang ukurannya yang hanya setengah dari ukuran normal, maka anda juga akan mendapatkan keuntungan berupa sirkulasi udara yang sangat baik, dan juga pandangan yang meluas dari area tempat tidur anda, dimana hal ini tentu akan menjadikan ruang tidur anda jauh dari kata sempit dan sumpek.

Dari sisi privasi dan batasan, jelas anda akan mendapatkan keuntungan tersebut jika anda menerapkan ide half wall ini. Dan keuntungan lainnya, anda bisa menata ataupun mendekorasi dinding pembatas ini, sehingga nantinya tidak hanya berupa sebagai pembatas belaka melainkan bisa menjadi sebuah titik point yang dekoratif dan memanjakan mata. Anda bisa menatanya dengan meletakkan barang-barang kesayangan anda, piala atau piagam yang anda dapatkan, lukisan favorit anda, atau apapun yang anda inginkan!

Lalu konsep open space yang terakhir hadir untuk anda yang berjiwa sporty. Ide desain ini meletakkan ruang tidur anda berada di ruang atas, dimana jelas akan memberikan sebuah privasi yang sangat terjaga. Keuntungan yang anda dapatkan adalah, anda akan mendapatkan area yang multifungsi, dimana bagian atas adalah ruang tidur anda, dan bagian bawahnya adalah area untuk anda menyimpan barang-barang.

Seperti pada contonh diatas misalnya. Pada bagian bawah, anda akan mendapati space yang bisa digunakan sebagai lemari penyimpanan dan sebagian lagi digunakan sebagai area kitchen set untuk dapur. Jelas konsep ini akan sangat menghemat tempat, dimana bisa menjadi sebuah ide alternatif yang brilian untuk anda yang memiliki problem dengan luas ruangan yang ada.

Demikian pembahasan singkat yang bisa kami berikan mengenai konsep open space untuk memisahkan area kamar tidur dengan area lainnya untuk tetap mendapatkan kesan yang luas dan juga lega. Semoga ulasan yang kami berikan bisa memberikan tambahan pengetahuan dan juga sumber inspirasi bagi anda dalam mewujudkan seni desain interior yang kreatif namun tetap menghadirkan keindahan yang estetik.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan