ANTARA MEMBANGUN RUMAH ATAU MEMBELI RUMAH

Berbicara mengenai hunian ataupun rumah memang selalu menarik untuk dibicarakan. Sebuah hunian atau rumah merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu urusan rumah sangatlah penting untuk diperhatikan dengan benar dan seksama.

Salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia ini tidak bisa dianggap remeh mengenai fungsi dan statusnya. Terlebih di era sekarang ini sebuah rumah tidak lagi hanya dipandang sebagai sebuah fungsi, namun juga sebagai identitas dan juga kebanggan bagi para pemiliknya. Nah, bagi anda yang saat ini sedang dalam perencanaan untuk memiliki sebuah hunian atau rumah, maka pembahasan ini patut untuk anda simak.

Secara umumnya ada tiga cara yang bisa ditempuh untuk bisa mendapatkan sebuah hunian tempat tinggal yang layak. Yang pertama adalah melalui proses menyewa rumah atau kontrak, kemudian yang kedua adalah dengan cara membangun rumah setelah mendapatkan lahan yang diinginkan, dan yang terakhir adalah dengan membeli rumah.

Namun pembahasan kali ini akan terfokus pada cara untuk mendapatkan sebuah hunian tempat tinggal yang nantinya akan mendapat status kepemilikan tetap, sehingga yang akan kita bahas adalah pemilihan antara membangun rumah atau dengan membeli rumah.

Baik itu membangun rumah ataupun membeli rumah, keduanya merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan sebuah hunian dengan kepemilikan yang bersifat tetap. Jika harus memilih diantara kedua hal tersebut, maka tidak ada pilihan yang benar-benar lebih bagus dibandingkan pilihan satunya. Dikarenakan kedua pilihan tersebut sama-sama kuatnya. Masing-masing memiliki keunggulan dan juga kekurangannya tersendiri, dimana nantinya akan disesuaikan dengan keadaan dan keinginan dari pribadi yang hendak mendapatkan sebuah hunian tetap.

Untuk lebih mengetahui secara jelasnya dari kedua pilihan tersebut dan mana yang sebaiknya akan anda pilih, mari kita bahas keduanya secara lebih mendalam melalui pembahasan di bawah ini.

MEMBANGUN RUMAH

Biaya

Keunggulan pertama dari cara mendapatkan sebuah hunian dengan membangunnya yaitu tampak dari sisi biaya. Jika dibandingkan, total pembiayaan dari membangun sendiri sebuah rumah idaman memang memiliki selisih yang cukup banyak jika dibandingkan dengan membeli rumah. Terlebih lagi jika sebelumnya anda memang sudah memiliki lahan yang tepat dan cocok sebagai lokasi berdirinya istana impian anda.

Selain itu, sisi pembiayaannya juga tidak akan membebani anda dengan tenggat waktu yang ditentukan jika dibandingkan dengan Kredit Pemilikan Rumah, yang dimana akan mengharuskan anda menyelesaikan tanggungan biaya yang telah ditetapkan dalam periode tertentu. Hal ini tentu meringankan bagi anda yang ingin memiliki sebuah rumah dengan bertahap. Anda bisa memulainya dari pembelian lahan terlebih dahulu. Kemudian membagi proses pembangunan menjadi beberapa tahapan sesuai dengan keinginan dan juga keadaan finansial anda.

Keinginan Dan Selera

Jika anda memutuskan untuk memiliki sebuah hunian dengan cara membangunnya, maka anda adalah sang pemegang kendali. Di tangan dan pikiran andalah yang menentukan akan menjadi seperti apa bentuk jadi bangunan yang akan menjadi hunian anda dan sekeluarga nantinya. Anda bisa menentukan tipe artistik dan tema apapun yang anda inginkan untuk diterapkan pada hunian anda nantinya. Anda juga yang menentukan berapa jumlah ruangan yang anda butuhkan beserta masing-masing luasnya. Dengan anda membangun sendiri rumah anda, maka nantinya rumah anda akan merefleksikan indentitas pemiliknya, karena memang andalah yang menentukan setiap detail bangunan rumah anda secara rinci.

Proses

Dalam membangun rumah, kelemahan yang paling terlihat ada pada aspek prosesnya. Bisa dikatakan ada banyak proses dan langkah berliku yang harus dilakukan untuk bisa mewujudkan bangunan rumah anda. Yang paling pertama dilakukan tentunya adalah proses pemilihan lahan yang tepat sebagai lokasi berdirinya bangunan anda nantinya. Saat anda membeli lahan sendiri,anda diharuskan untuk berhati-hati. Perhatikan surat-surat tanah tersebut dan periksakan ke Badan Pertahanan Nasional (BPN) setempat. Jangan lupa juga, cek peruntukan lahan tersebut ke Dinas Kota/Daerah, apakah lahan tersebut diperbolehkan untuk dibangun rumah tinggal sesuai keinginan Anda.

Kemudian anda akan membuat blue print rumah Anda, yang akan berfungsi sebagai pedoman saat mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Bagi anda yang kurang berpengalaman tentunya akan membutuhkan jasa arsitek pada tahap ini. Kemudian setelah melalu proses perizinan, tiba saatnya anda mencari penyedia jasa pembangunan sesuai kebutuhan dan keinginan anda, baik melalui jasa tukang borongan maupun jasa kontraktor.

Efisiensi Waktu

Dalam membangun rumah, aspek yang cukup terlihat lainnya yaitu mengenai masalah waktu. Anda tentu akan membutuhkan cukup banyak waktu dan juga proses yang panjang sejak anda memutuskan untuk membangun rumah hingga pada saat rumah anda telah berdiri tegak. Belum lagi jika ternyata pada progresnya dijumpai beberapa kendala yang sering ditemui secara umum, misalnya pada masalah legalitas dan juga perizinan. Usahakanlah untuk selalu meminta bantuan jasa yang berpengalaman dalam proses pengurusan perizinan anda untuk menghindari adanya potensi risiko biaya legalitas terselubung dan juga permasalahan keabsahan sertifikat saat proses awal pembangunan rumah anda sejak dari pemilihan lahan.

Setelah kita melihat secara lebih dalam pembahasan mengenai keunggulan dan juga kekurangan dalam membangun rumah, maka saatnya kita bandingkan dengan keunggulan dan kekurangan dalam membeli rumah.

MEMBELI RUMAH

Resiko

Ketika anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah, maka anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang tentunya tidak anda dapatkan saat anda memilih untuk membangun sendiri rumah anda. Salah satu diantara keuntungan tersebut yaitu dari faktor minimnya resiko. Ketika anda memilih untuk membeli rumah, maka anda akan memperoleh sisi aman dari aspek legalitas, dimana dalam hal ini keabsahan sertifikat, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan sebagainya, karena proses pengurusan sudah selesai sehingga tidak timbul risiko di kemudian hari.

Efisiensi Waktu

Salah satu keunggulan yang paling nampak dari memiliki rumah pribadi dengan menggunakan cara membeli jadi tentunya adalah dari sisi waktu. Jika dibandingan dengan waktu yang dihabiskan untuk membangun rumah dari mulai sejak awal prosesnya, maka sangat terasa sekali perbedaannya. Anda tidak harus kehilangan waktu untuk proses perizinan yang biasanya memakan waktu cukup lama dan juga waktu untuk proses pengawasan pembangunan rumah anda. Dengan anda membeli rumah jadi, maka anda akan langsung mendapatkan sebuah hunian yang telah siap pakai. Bagi anda yang cukup memiliki kesibukan yang padat, tentu akan sangat merasakan sekali keuntungan dalam hal ini pada saat anda memutuskan untuk membeli rumah.

Harga

Setelah melihat poin keunggulan dari membeli rumah, sekarang akan kita bahas mengenai sisi kekurangannya. Salah satu sisi kekurangan dari memiliki rumah hunian dengan cara membeli rumah jadi, yang cukup kentara tentunya ada pada masalah harga.

Anda pasti sudah mengetahuinya bahwa harga rumah memang bisa dikatakan sudah sangat mahal. Ada perbedaan selisih yang cukup banyak jika anda membandingkan biaya untuk membeli rumah dengan pembiayaan pada pembangunan rumah.

Namun kembali lagi pada poin positif diatas, anda membayar mahal hunian anda selain untuk mendapatkan rumah, maka anda juga mendapatkan sebuah efisiensi waktu dan juga minimnya resiko yang tentunya cukup sulit didapatkan jika anda memutuskan untuk memiliki rumah dengan cara membangunnya sendiri.

Keinginan Dan Selera

Saat anda memutuskan untuk membeli rumah, maka tentunya bentuk dan desain yang akan anda dapatkan sulit untuk sesuai dengan harapan dan keinginan anda secara sempurna. Terkadang muncul permasalahan luas yang kurang sesuai dengan harapan, detil ruangan yang kurang memuaskan, desain arsitektur yang tidak sesuai dengan harapan dan ekspektasi anda, dan lain sebagainya.

Dengan anda memutuskan untuk membeli rumah, maka yang bisa anda lakukan adalah mencari rumah yang hampir mirip atau mendekati dengan keinginan dan harapan anda. Karena pastinya cukup sulit untuk membeli rumah yang sesuai dengan keinginan anda secara sempurna jika dibandingkan dengan anda mendesain dan juga membangunnya sendiri.

Jika memang anda menginginkan desain dan bentuk yang sempurna sesuai dengan keinginan dan selera anda, maka yang bisa anda lakukan tentunya adalah dengan melakukan sedikit perombakan. Perencanaan, ketelitian, dan juga kehati-hatian cukup diperlukan untuk anda pada saat memutuskan untuk membeli sebuah rumah hunian. Carilah hunian yang mendekati dengan selera, keinginan, dan tentunya juga kebutuhan keluarga anda agar nantinya anda tidak perlu melakukan perombakan yang cukup besar.

Kesimpulan

Setelah melihat pembahasan yang lebih dalam mengenai cara dalam memiliki rumah dengan membangun rumah maupun membeli rumah diatas, tentunya anda sudah mempunyai gambaran mengenai cara mana yang akan anda pilih. Bagi anda yang kurang memiliki waktu luang dan tidak terlalu mementingkan mengenai masalah desain dan juga tema hunian yang akan tempati bersama keluarga, maka cara membeli rumah adalah yang paling tepat untuk anda.

Dengan anda memutuskan untuk membeli rumah, maka anda akan mendapatkan sisi efisiensi waktu yang cukup besar. Anda tidak akan direpotkan oleh urusan pencarian lahan, masalah pengurusan perizinan, pengawasan pembangunan rumah, dan lain sebagainya. Memang anda akan mendapatkan selisih harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan anda membangun sendiri, namun anda bisa memanfaatkan bantuan KPR untuk hal ini.

Dan bagi anda yang memiliki cukup waktu luang dan juga memiliki keinginan tinggi untuk mempunyai sebuah hunian yang sesuai dengan keinginan anda secara sempurna, maka pilihan cara membangun rumah adalah yang terbaik untuk anda. Anda bisa membagi progress pembangunan rumah anda sesuai dengan waktu dan juga sisi finansial anda.

Dengan anda membangun sendiri istana impian anda, maka anda akan mendapatkan setiap detail keinginan pada ruangan dan juga desain rumah yang anda impikan sebelumnya. Identitas dan juga ciri yang ingin anda tonjolkan bisa anda representasikan melalui bentuk bangunan rumah yang akan anda bangun nantinya. Dengan setiap detail ruangan yang selama ini anda idamkan, tentu akan membuat anda merasa semakin nyaman berada pada hunian anda setiap harinya.

Tidak masalah jika anda merasa kurang berpengalaman ataupun mungkin tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam hal pembangunan rumah. Dengan adanya penyedia jasa pembangunan rumah yang profesional, maka yang perlu anda lakukan hanyalah berkonsultasi dan mereka akan mewujudkan keinginan anda ke dalam sebuah bentuk hunian yang anda impikan.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan