Tentunya sebagian besar dari anda sudah cukup sering menginap di hotel. Baik itu ketika melakukan perjalanan dinas keluar kota, ataupun ketika berlibur berakhir pekan bersama keluarga. Perasaaan nyaman, rileks, dan juga menyenangkan pastinya akan anda dapatkan ketika menginap di sebuah hotel yang memang berkelas. Pengalaman itu tentunya akan selalu anda dapatkan, karena memang penataan kamar dalam sebuah hotel yang berkelas diautr sedemikian rupa agar mampu memberikan experience yang maksimal terhadap tamu yang menginap.

Lantas, bisakah hal itu kita terapkan ke dalam kamar rumah anda? Tentu sangat bisa. Jika anda bisa mengamati, meniru, kemudian memodifikasi berbagai penataan yang ada pada kamar hotel untuk diterapkan ke dalam kamar pribadi anda. Mungkin tidak akan sama persis nantinya, tapi setidaknya bisa mendekati experience yang anda rasakan ketika menginap di sebuah hotel. Asalkan anda memahami berbagai kaidah yang ada dalam desain kamar hotel, bukan tidak mungkin kamar pribadi anda nantinya memiliki penampilan dan juga pengalaman yang serupa.

Lalu seperti apa sih caranya untuk menjadikan kamar pribadi anda seperti pada kamar hotel? Apa saja yang harus diperhatikan? Nah untuk menjawab rasa penasaran anda, mari kita ulas bersama bagaimana cara menerapkan kamar bergaya hotel ke dalam rumah anda!

  • Pemilihan Perabotan

Coba anda ingat kembali pada saat anda menginap di sebuah hotel yang berkelas. Apa sajakah perabotan yang digunakan? Tentunya anda akan menyadari bahwa perabotan yang digunakan pada kamar hotel tidaklah berlebihan. Hanya perabotan yang memang benar-benar penting dan dibutuhkan saja yang dihadirkan ke dalam kamar hotel, dimana mampu menunjang kenyamanan para tamu secara maksimal. Jika begitu, maka tirulah hal tersebut ke dalam kamar pribadi anda!

Mulai sekarang, anda bisa menyortir perabotan apa saja yang memang diperlukan untuk dihadirkan ke dalam kamar anda. Terlebih jika ukuran kamar anda tidak terlalu luas, maka anda diwajibkan untuk menyingkirkan perabotan yang sekiranya tidak terlalu penting. Untuk mendapatkan kesan kamar hotel yang maksimal, maka anda perlu menjaga tampilan kamar anda agar tidak nampak penuh dan sesak.

  • Penataan

Kemudian yang berikutnya dari segi penataan. Pada kamar hotel tentunya anda akan menyadari bahwa semua barang yang ada telah tersusun secara rapi dan sistematis. Anda tidak akan melihat adanya barang yang berserakan di kamar hotel. Jika anda menginginkan tampilan kamar hotel yang maksimal pada kamar pribadi anda, maka anda bisa meniru hal tersebut

Cobalah untuk menata kamar anda serapi mungkin. Anda bisa menampilkan beberapa barang saja pada kamar anda, yang mana bisa menjadi unsur dekoratif. Selebihnya, anda perlu menyimpannya dengan rapi ke dalam storage yang ada. Jika memang kamar anda tidak terlalu luas namun anda memiliki banyak barang yang memang diperlukan, maka anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan furnitur multifungsi. Misalnya dengan menggunakan tempat tidur yang memiliki ruang penyimpanan dibawahnya. Jika kamar anda sudah rapi, maka anda sudah maju selangkah dalam menyulap kamar pribadi anda menjadi seperti kamar hotel.

  • Pemilihan Warna Dan Pencahayaan

Seperti apa sih pencahayaan dan juga pemilihan warna pada kamar hotel? Jika anda sudah sering menginap di kamar hotel pastinya menyadari bahwa nuansa yang ada pada kamar hotel dirancang untuk memberikan suasana yang tentram dan juga menenangkan. Suasana tersebut mampu hadir secara maksimal karena adanya pencahayaan dan juga pemilihan warna yang tepat. Jika anda menginginkan suasana yang mirip dengan kamar hotel, maka cobalah untuk meniru hal tersebut.

Anda bisa menggunakan warna terang, misalnya warna putih, untuk bisa menghadirkan suasana yang nyaman dan tenang. Dengan pemilihan warna putih, maka anda akan menciptakan kesan yang bersih dan juga terang. Selain itu, anda juga bisa menghadirkan kesan kamar yang lebih luas dengan pemilihan warna putih. Untuk segi pencahayaan, anda bisa menggunakan dua macam pencahayaan dari lampu anda. Yaitu pencahayaan yang terang, dan juga pencahayaan temaram yang akan anda butuhkan saat akan beristirahat. Jika memungkinkan, anda bisa menambahkan bukaan yang lebar dari jendela anda. Nantinya hal tersebut akan memberikan efek cahaya alami yang akan semakin mempercantik tampilan kamar pribadi anda.

  • Efek Visual

Untuk mendapatkan kesan yang mirip dengan kamar hotel, maka anda jangan lupa untuk menambahkan berbagai detail yang berguna untuk menciptakan efek visual. Seperti misalnya penggunaan tirai yang dipasang lebih tinggi dari bingkai jendela untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar. Kemudian pemasangan wallpaper dinding dengan motif garis-garis tipis yang memiliki jarak yang lebar, dimana bisa menciptakan efek ruangan kamar yang jadi lebih tinggi.

Anda bisa juga menambahkan elemen dekoratif lainnya, seperti hal nya lukisan. Anda bebas berekspresi dalam menampilkan elemen dekoratif tersebut. Namun yang perlu anda ingat, jangan sampai berlebihan dalam menghias kamar anda jika anda ingin mendapatkan tampilan yang mirip dengan kamar hotel. Usahakan elemen dekoratif tersebut tidak memenuhi kamar anda, cukup jadikan saja sebagai focal point.

  • Ide Desain Kamar Pribadi Bergaya Hotel

Setelah anda memperhatikan berbagai kaidah yang perlu dicermati dalam menciptakan kamar bergaya hotel, sekarang mari kita simak beberapa ide desain kamar bergaya hotel yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk anda.

Jika anda perhatikan gambar diatas, nampak sekali tidak ada perabotan yang memang tidak penting. Cukup anda hadirkan dua meja kecil di samping tempat tidur anda. Pada bagian kepala tempat tidur, anda bisa menghadirkan elemen dekoratif yang berfungsi sebagai focal point. Lalu untuk lampu tidur, anda bisa menghadirkan warna yang kontras untuk memberikan penegasan pada penampilan kamar bergaya hotel milik anda.

Kemudian ide desain kamar bergaya hotel berikutnya ini cocok untuk anda yang memang menginginkan suasana yang super nyaman. Anda bisa menggunakan warna kalem seperti pada gambar diatas. Warna ini bisa anda gunakan pada seluruh eleman kamar anda, termasuk pada berbagai perabotan yang ada. Dengan adanya meja kecil disamping tempat tidur, kemudian lampu baca yang cantik, menjadikan kamar anda memiliki tampilan yang mirip dengan kamar hotel. Belum lagi ditambah tufted headboard yang ada pada tempat tidur anda, yang menjadikan anda seolah sedang berada di hotel yang mewah.

Jika kamar anda kebetulan cukup luas, maka anda bisa menambahkan meja kerja dan juga sofa ke dalamnya. Tambahkan juga karpet dekoratif ke dalamnya, yang bisa menjadikan kamar anda jadi semakin nyaman. Kemudian anda bisa memberikan pencahayaan yang lembut dan hangat seperti pada contoh diatas. Jika anda bisa mendesain kamar seperti ini, dijamin siapapun akan mengira anda sedang berada di hotel berbintang!

Nah jadi itu tadi ulasan singkat yang bisa kami berikan dalam menerapkan kamar bergaya hotel ke dalam rumah anda. Kami harapkan setelah ini anda bisa mewujudkan sebuah kamar yang tidak hanya nyaman dan indah, namun juga memiliki tampilan yang mirip dengan kamar hotel favorit anda. Semoga bisa menginspirasi, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan