Dalam sebuah rumah hunian yang nyaman tentunya tidak bisa bergantung kepada aspek interior belaka. Sisi interior memang bisa dikatakan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, namun jangan lupakan tentang sisi eksterior yang mana juga memberikan pengaruh penting terhadap keseluruhan penampilan rumah hunian anda. Dan salah satu bagian eksterior yang perlu diperhatikan dengan seksama yaitu pada bagian atap. Karena itulah, kali ini kita akan coba mengenal atap Onduline, yang pastinya akan cocok sebagai pilihan alternatif atap rumah anda.

  • Apa Itu Atap Onduline?

Atap Onduline merupakan salah satu jenis atap yang kini populer digunakan pada perumahan maupun perkantoran yang ada di Indonesia. Atap Onduline ini bisa dikatakan sebagai atap yang ramah lingkungan, karena didalamnya tidak terkandung unsur asbes maupun metal. Karena tidak adanya unsur tersebut, maka korosi dan juga karat tentunya akan bisa terhindari. Dan dari sisi fleksibilitasnya, atap Onduline ini mampu diterapkan dengan maksimal pada berbagai model atap, baik itu rangka atap kayu maupun baja ringan.

Tidak salah memang jika atap Onduline ini dikatakan sebagai atap yang populer sebagai pilihan berbagai jenis bangunan yang ada di Indonesia. Karena memang iklimnya yang tropis, maka atap Onduline ini dengan karakteristiknya mampu memberikan perlindungan dan juga penampilan yang prima. Kemampuan atap onduline ini dalam menyerap panas jelas cukup bisa diandalkan. Ditambah lagi kemampuannya dalam meredam suara hingga 30%. Dengan demikian maka saat terjadi hujan deras yang menerpa bangunan anda, ruangan yang ada di dalamnya akan tetap akan tenang dan tidak akan menimbulkan suara berisik.

  • Apa Saja Jenis Atap Onduline Yang Tersedia Saat Ini?
  • Apa Saja Jenis Atap Onduline Yang Tersedia Saat Ini?

Pada saat ini, Onduline sendiri memiliki tiga jenis atap yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini jelas bisa membantu anda dalam memilih jenis yang paling sesuai untuk kebutuhan anda nantinya. Tiap jenis atap Onduline tersebut memiliki kelebihan masing-masing dan juga spesifikasi kandungan unsurnya tersendiri. Untuk lebih jelasnya bisa anda perhatikan dibawah ini:

  • Atap Onduline Classic

Atap Onduline Classic merupakan lembaran atap bitumen gelombang yang telah bersertifikasi SNI. Jenis ini tentunya akan sangat ramah lingkungan karena tidak mengandung unsur Metal dan Asbes, yang mana jelas menghindarkan adanya resiko korosi dan juga karat.

  • Atap Onduvilla.

Atap Onduvilla merupakan sebuah pilihan alternatif bagi anda dengan karakternya yang ringan. Atap Onduvilla ini memiliki varian warna shaded dan 3D, dengan tampilan bentuk yang menyerupai genteng keramik. Onduvilla cocok bagi anda untuk solusi renovasi genteng dengan konsep Oversheeting karena tidak memerlukan bongkar atap dan juga pindah rumah. Kemudian Onduvilla ini dapat diaplikasikan pada rangka baja ringan dan juga rangka kayu yang tentunya akan sangat fleksibel bagi anda.

  • Atap Bardoline

Atap Bardoline merupakan jenis atap shingles yang berbahan dasar aspal, atau sering disebut juga genteng aspal yang bertaraf internasional. Atap bardoline sendiri memiliki kandungan aspal yang dicampur dengan mineral serta di lapisi dengan pasir berwarna yang menarik. Kemudian pada sistemnya, bardoline memberikan pilihan terbaik untuk menciptakan atap yang anti bocor, tahan lama, ringan dan juga indah.

  • Berbagai Kelebihan Atap Onduline
  • Tahan Lama Dan Juga Awet

Dari segi daya tahannya, maka Onduline ini jelas menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mendapatkan perlindungan tahan lama. Adanya material serat selulosa pada atap onduline menjadikannya lebih awet dan tahan lama karena bahan tersebut juga digunakan pada beton dan semen. Onduline ini memiliki ketahanan terhadap air yang cukup sempurna sehingga dapat terbebas dari kerusakan seperti korosi.

Untuk urusan daya tahannya, Onduline ini memang tidak perlu anda ragukan lagi. Keawetan atap onduline ini telah dibuktikan oleh pemakaian selama 50 tahun pada negara-negara Eropa. Kemudian Onduline tahan digunakan sekitar 30 tahun pada perumahan yang berada di wilayah tropis bahkan pada lingkungan yang bersuhu tinggi hingga 70┬░ C.

  • Memiliki Bobot Yang Ringan

Atap onduline ini sangat fleksibel untuk dipasang pada berbagai jenis rangka termasuk kayu ataupun material baja ringan karena memang memiliki bobot yang sangat ringan. Atap onduline memiliki bobot yang sangat ringan yakni sekitar tiga kilogram per meter persegi. Namun meskipun demikian atap onduline ini dapat menahan beban hingga 960 kilogram per meter persegi, jadi anda tidak perlu ragu lagi terhadap kekuatan dari Onduline ini.

  • Anti Berisik Dan Anti Bising

Dalam sebuah hunian yang nyaman maka tentunya wajib memenuhi syarat adanya ketenangan di dalam ruangannya. Dengan menggunakan atap Onduline, maka anda bisa mendapatkan unsur ketenangan tersebut karena memang karakternya yang mampu meredam kebisingan. Atap onduline ini dapat menyerap air dengan baik sehingga meminimalisir suara bising yang ditimbulkan oleh hujan. Jadi anda tidak perlu risau lagi saat hujan turun dengan derasnya, karena hal itu tidak akan mengganggu ketenangan yang ada pada hunian anda.

  • Bersifat Non-Combustible

Atap Onduline (termasuk di dalamnya genteng onduvilla dan genteng bardoline) memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap api. Sehingga keberadaannya tidak akan menambah besarnya kobaran api jika saja terjadi kebakaran pada sebuah bangunan yang menggunakan jenis atap ini. Tentu kita tidak menginginkan hal ini sampai harus terjadi, namun adanya pencegahan jelas merupakan sebuah langkah yang bijak bukan?

  • Kekuatan dan Daya Tahan Yang Prima

Mungkin awalnya anda akan merasa ragu terhadap kekuatan dari atap Onduline ini. Namun dalam kenyataannya, daya tahan dan juga kekuatan atap Onduline ini jelas sangat bisa diandalkan. Atap ini mampu bertahan dari terpaan angin hingga 192 km/jam dan mampu menahan getaran hingga 6,5 SR. Kemudian dari strukturnya sendiri, Onduline ini memiliki sifat yang cenderung lentur. Karena itulah, onduline cocok digunakan pada berbagai wilayah geografis yang ada.

  • Hemat Biaya

Lalu bagaimanakah dengan faktor biaya? Apakah menggunakan atap Onduline berarti harus mengeluarkan biaya yang cukup besar? Kabar baiknya, ternyata Onduline termasuk material yang hemat biaya pemasangan maupun juga perawatannya. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, maka harga yang ada bisa dikatakan cukup murah dan juga hemat. Jelas hal ini cocok bagi anda yang memiliki budget cukup terbatas.

  • Mudah Didapat Dan Banyak Pilihan

Bagi anda yang memang tertarik untuk menjadikan atap Onduline sebagai pilihan, maka anda bisa mendapatkannya dengan cukup mudah. Karena memang atap Onduline ini mudah sekali untuk ditemukan pada pasaran dengan ketersediaannya yang cukup banyak dalam bentuk lembaran. Kemudian bagi anda yang ingin mempercantik tampilan rumah pun tidak perlu merasa khawatir, karena Onduline ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang pastinya bisa anda padu padankan dengan tema hunian yang anda inginkan.

Itu tadi ulasan mengenai atap Onduline yang pastinya akan cocok sebagai alternatif pilihan atap rumah anda. Semoga bisa menjadi inspirasi dan juga tambahan pengetahuan yang berguna untuk anda dalam mewujudkan rumah hunian yang nyaman dan juga aman. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan