menambah cantik tampilan sebuah rumah hunian, tentunya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Baik itu eksterior maupun interior rumah, semuanya bisa dikreasikan tanpa batas untuk menambah kesan yang cantik dan menarik. Akan ada banyak sisi pada rumah yang bisa diubah maupun disulap menjadi tampil lebih menawan, dimana salah satunya adalah bagian dinding. Jika selama ini kita menjadikan dinding sebagai sebuah area dengan tampilan visual yang halus dan mulus, kenapa tidak kita coba untuk menjadikan sebaliknya. Dengan tampilan yang cenderung kasar dan tidak beraturan, maka dinding yang ada akan tampil beda dan pastinya jadi lebih menarik. Dengan dinding kamprot, atau dinding yang dikerjakan dengan teknik kamprot, maka tampilan rumah anda tentunya akan jauh lebih estetik dan pastinya akan tampil beda dibandingkan dengan rumah-rumah pada umumnya.

seperti apa sih dinding kamprot itu? Bagaimana cara mengaplikasikannya ke dalam sebuah rumah hunian? Terus apa saja sih kelebihan dari dinding kamprot ini? Tenang, semua pertanyaan anda mengenai dinding kamprot akan coba kami bahas lebih mendalam melalui pembahasan dibawah ini. Yuk langsung saja kita simak bersama-sama!

Apa Itu Dinding Kamprot?

apa sih itu dinding kamprot? Nah, kamprot adalah sebuah trik atau teknik finishing pada sebuah bidang atau permukaan yang dilakukan dengan cara tertentu, sehingga dapat menimbulkan tekstur kasar secara acak dan menghasilkan hasil akhir yang tampil cantik dan natural.

teknik pengaplikasiannya yaitu mengatur adukan beton dan beberapa proses lainnya dimana bisa membuat permukaan dinding menjadi bertekstur. Teknik ini tentunya sangat bertolak belakang dengan penerapan plesteran dan acian yang selama ini bertujuan untuk meratakan dan memperhalus permukaan dinding. Dengan permukaan yang tidak rata, terkesan kasar, dan memiliki tekstur, maka penampilan dinding kamprot ini nantinya menjadi unik, cantik, dan menarik dengan gayanya yang natural dan alami.

kemudian daya tarik yang menonjol pada dinding kamprot ini adalah efek shadow atau bayangan yang terlihat pada dinding kamprot nantinya. Apabila diberi atau terkena cahaya, baik cahaya buatan maupun cahaya matahari, maka efek kasar yang ada pada dinding kamprot menjadi kian dominan. Karena daya tarik inilah yang menjadikan salah satu bentuk alternatif finishing pada dinding ini kian digemari. Ditambah lagi dengan kelebihan lainnya dimana aplikasi dinding kamprot ini cukup mudah untuk diterapkan, sehingga wajar jika makin banyak orang yang ingin menerapkan aplikasi ini pada rumah hunian mereka.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan

Pemilihan Semen Menjadi Hal Yang Penting

mengaplikasikan teknik kamprot ini, maka pemilihan semen menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Karena dinding kamprot ini rawan mengalami kerontokan, maka kualitas semen yang bagus dan teruji, dimana mempunyai daya rekat yang tinggi, tentunya akan dibutuhkan untuk bisa memberikan hasil dinding kamprot yang berkualitas dan memiliki daya tahan yang maksimal.

Pilih Pasir Dengan Ukuran Yang Tepat

  • untuk mendapatkan dinding dengan tekstur yang halus dan mulus seperti pada kebanyakan rumah yang ada sekarang ini, maka anda wajib memilih pasir halus untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Begitu juga dengan sebaliknya, untuk mendapatkan hasil dinding kamprot yang maksimal, maka anda diharuskan memilih pasir dengan tekstur yang pas dan sesuai.

  • cermati juga pasir yang akan anda gunakan tersebut. Pastikan agar tidak ada banyak kotoran dan juga batu kerikil dengan ukuran yang besar. Adanya kotoran dan batu kerikil yang besar ini nantinya akan menghasilkan dinding dengan kontur yang terlalu berantakan, dimana nantinya akan dipenuhi dengan kerikil-kerikil yang mencuat ke permukaan. Jika sudah begitu, maka yang akan terjadi adalah hasil dinding kamprot yang jelek dan mudah rontok. Karena itulah, sebaiknya anda mengayak terlebih dahulu pasir tersebut agar bersih dari kotoran dan juga kerikil yang mengganggu. Gunakanlah saringan kawat ram yang ukurannya sesuai dengan tingkat kehalusan tekstur yang ingin anda buat.

    Aplikasikan Secara Tepat

  • sebelah mana saja sih yang pas dan tepat untuk mengaplikasikan dinding kamprot ini? Secara umumnya, dinding kamprot ini diaplikasikan pada bagian eksterior rumah, dimana hasilnya akan memberikan tampilan visual yang cantik secara alami dan natural. Kesan tampilannya yang kasar namun memiliki gaya tersendiri, pastinya akan memberikan penampilan yang berbeda dengan rumah kebanyakan, sehingga tampilan rumah anda akan menjadi unik dan lain daripada yang lain.

  • dinding kamprot ini hanya bisa diaplikasikan pada bagian eksterior saja? Tentu tidak. Anda bisa berkreasi untuk menempatkan dinding kamprot ini pada bagian interior rumah anda. Tapi ingat, pilihlah salah satu area saja untuk menempatkan dinding kamprot ini. Pilihlah salah satu bagian dinding yang ingin anda fokuskan atau ingin anda jadikan sebagai vocal point. Karena dinding kamprot ini juga memiliki sifat yang cenderung gelap, maka adalah sebuah kesalahan jika anda menyulap seluruh dinding yang ada pada interior rumah anda untuk menjadi dinding kamprot. Bukannya kesan cantik yang anda dapatkan, anda justru akan membuat ruangan yang ada menjadi bernuansa suram dan terlihat tidak menyenangkan. Oleh karena itu anda harus pintar dalam memilih area dinding yang pas untuk anda fokuskan nantinya.

    • Cara Pembuatan Dinding Kamprot

  • seperti apa sih caranya dalam membuat dinding kamprot? Nah, untuk cara pembuatan dinding kamprot sendiri ada dua macam. Yang pertama yaitu pembuatan dinding kamprot dengan cara manual, kemudian yang kedua yaitu dengan menggunakan mesin atau alat khusus.

  • untuk pengaplikasian dinding kamprot dengan cara manual, maka yang pertama dilakukan adalah mengaduk semen pasir dalam kekentalan tertentu. Lalu setelah itu dilempar ke arah permukaan dinding melalui penghalang saringan atau kasa dengan dimensi lubang sesuai keinginan dan hasil yang ingin anda dapatkan. Dalam hal ini, besar-kecilnya ukuran saringan serta kekentalan adukan semen pasir sangat menentukan tekstur yang dihasilkan oleh pembuatan dinding kamprot dengan cara manual. Karena itu perhatikanlah secara cermat dan seksama kedua hal tersebut untuk dapat menghasilkan dinding kamprot yang sempurna dan sesuai dengan keinginan anda.

  • Lalu cara berikutnya adalah dengan menggunakan mesin atau alat khusus. Untuk alat yang digunakan yaitu seperangkat spray gun khusus dengan tabung besar dan kompresor, dimana hampir mirip seperti pada proses pengecatan duco atau melamin. Biasanya pengaturan kekasaran tekstur kamprot sangat bergantung pada kekentalan adukan, besar bukaan pada spray gun, dan tekanan angin kompresor. Pada cara ini, peran operator atau tukang yang mengendalikan peralatan tersebut mempunyai peranan sangat penting terhadap bagus atau tidaknya hasil akhir dari dinding kamprot.

  • secara garis besarnya, maka pada teknik manual faktor-faktor yang dapat menentukan dinding kamprot itu bagus atau tidaknya akan bergantung terhadap kekentalan adukan semen pasir, ukuran partikel pasir yang digunakan sebagai bahan dasar adukan, lalu ukuran lubang saringan yang berfungsi sebagai penghalang pelempar adukan ke tembok, kemudian yang terakhir yaitu kemampuan serta kepekaan tukang dalam aplikasi atau pembuatan dinding kamprot. Semakin banyak pengalaman tukang tersebut dalam menangani dinding kamprot, maka biasanya hasil akhir yang didapat akan semakin rapi, cantik, dan juga memuaskan. Lalu untuk cara kedua yang menggunakan mesin atau alat bantu, bisa dibilang hampir sama dengan cara manual, hanya saja kemahiran aplikator akan sangat berperan penting disini karena hal lainnya sudah sangat terbantu dengan adanya alat atau mesin.

  • Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai dinding kamprot yang bisa menjadikan bagian eksterior dan juga interior anda menjadi semakin cantik dengan gayanya yang alami dan natural. Semoga bisa menambah pengetahuan dan juga memberikan inspirasi bagi anda dalam menata rumah hunian yang asri, indah, dan juga menyenangkan.

    Please follow and like us:
    0
  • Tinggalkan Balasan