Ketika anda memutuskan untuk mulai membangun tempat tinggal berupa rumah hunian yang selain nyaman juga mampu memberikan kebanggaan tersendiri bagi anda sang pemiliknya, tentu anda akan mengalami problematika dimana anda kebingungan untuk memulainya. Terlebih bagi anda yang awam dan tanpa pengetahuan yang cukup, anda tidak tahu apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mewujudkan gambaran rumah ideal yang ada pada angan anda. Anda sudah memiliki gambaran yang matang dalam benak anda, namun kesulitan mengenai langkah apa saja yang harus ditempuh untuk bisa mewujudkannya. Maka atas dasar problematika tersebut, hadirlah sebuah jasa yang mampu membantu mewujudkan keinginan anda dan banyak orang lainnya dengan permasalahan serupa, yaitu jasa kontraktor.

Apa sih sebenarnya jasa kontraktor itu? Bagaimana cara kerjanya? Apakah kita benar-benar memerlukan bantuan jasa kontraktor tersebut? Dan juga banyak pertanyaan lainnya. Oleh karena itu, kami akan membantu anda menjawab berbagai pertanyaan tersebut melalui ulasan singkat di bawah ini.

Apa Itu Jasa Kontraktor

Ditinjau secara umum, maka kontraktor bisa didefinisikan sebagai orang atau badan yang proses kerjanya terikat dengan kontrak. Dan tentu saja pekerjaan ini disesuaikan dengan tenggat waktu yang telah disepakati antara dua belah pihak, mulai dari perencanaan, pengerjaan hingga penyelesaian. Dengan demikian, maka jasa kontraktor bangunan adalah orang-orang yang bekerja dalam ikatan kontrak, dalam hal ini pekerjaan yang dilakukannya yaitu membantu orang-orang yang kurang memiliki pengetahuan yang cukup dan juga tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola sendiri pembangunan rumah idamannya.

Kontraktor bisa juga disebut sebagai pelaksana sebuah proyek yang berbadan hukum dan didasarkan pada keahliannya. Ketika menerima tugas untuk melakukan proses pembangunan, maka pihak kontraktor akan menandatangani surat perjanjian serta surat penunjukan tugas. Oleh karena itu, anda sebagai klien tak perlu merasa khawatir untuk menggunakan jasa kontraktor ini karena dijamin terpercaya dan tentunya juga memiliki surat izin resmi

Kontraktor yang profesional dan terpercaya tentunya memiliki persyaratan dasar teknis dalam mendirikan bangunan. Ada banyak keuntungan jika seorang Kontraktor memiliki pendidikan dasar teknik, baik itu Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Mekanikal dan Elektrikal, Landscape maupun Desain Interior. Beberapa manfaat yang didapatkan antara lain :

  • Mengetahui tata letak dan kebutuhan ruangan dalam sebuah rumah
  • Pengaturan tata cahaya alami ( meminimalisir penggunaan listrik disiang hari)
  • Pengaturan sirkulasi udara yang baik
  • Mengetahui daerah mana saja yang perlu diberi penghijauan atau ruang terbuka hijau.
  • Perencanaan struktur dan konstruksi yang baik
  • Perencanaan anggaran biaya dan waktu kerja.
  • Posisi, dimensi dan perhitungan kekuatan untuk pondasi, tangga, balok dan plat, kolom dan atap
  • Pengaturan jenis tanaman yang cocok
  • Tata letak tanaman hias dan tumbuhan
  • Penataan elemen batu hias untuk memperindah suasana taman dan lain sebagainya

Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor Bangunan

Kemudian untuk lebih mengetahui seluk beluk kontraktor bangunan secara lebih mendalam maka tak ada salahnya juga untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab kontraktor bangunan. Karena jasa kontraktor bangunan ini bisa dikatakan adalah partner anda dalam mewujudkan suatu bangunan ataupun rumah idaman anda, maka tentunya anda perlu mengenal lebih jauh lagi mengenai jasa kotraktor bangunan tersebut.

Secara umumnya, tugas dan tanggung jawab seorang kontraktor dapat didasarkan pada kepemilikan proyek. Dalam pelaksanaan tugasnya, kontraktor  juga akan diawasi oleh tim pengawas yang telah ditunjuk oleh pemilik proyek. Selain itu, kontraktor juga bisa melakukan konsultasi jika terjadi masalah pada saat pengerjaan proyek. Tidak hanya perlu diketahui oleh tim kontraktor, tugas dan tanggungjawab kontraktor sebaiknya juga diketahui oleh klien agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai tugas dan tanggung jawab kontraktor. Klien diharapkan mampu tanggap dan juga reaktif dalam memonitoring jasa kontraktor agar tetap berada pada jalur yang dinginkan dan juga semestinya.

  • Dalam menjalankan tugasnya, maka proses pengerjaan dan pelaksanaan konstruksi harus sesuai dengan rencana spesifikasi dan peraturan yang telah disebutkan dalam surat perjanjian yang telah disepakati. Dengan adanya surat perjanjian sebelumnya, maka pihak klien dapat terlindungi jika terjadi kesalahan yang tidak diinginkan atau ketidaksesuaian maupun kelalaian dari pihak kontraktor.
  • Membuat laporan berkala mengenai kemajuan dari proyek yang sedang dikerjakan. Laporan ini dibuat dalam bentuk laporan harian, laporan mingguan, dan juga laporan bulanan dimana ditujukan kepada pemilik proyek. Dalam isi laporan tersebut, dapat dilaporkan mengenai pelaksanaan pekerjaan, jumlah tenaga kerja, kemajuan proyek, dan adanya pengaruh cuaca pada saat proses pengerjaan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perkembangan proyek.
  • Keterlaksanaan jadwal kerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya sehingga proses pengerjaan bangunan dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu.
  • Melakukan penyediaan bahan atau material, tenaga kerja yang profesional dan juga terampil serta tempat yang diperlukan untuk mendukung kelancaran proses pembangunan.
  • Dalam proses pengerjaan proyek maka pihak kontraktor harus selalu menjaga semua peralatan yang digunakan agar tetap dalam kondisi yang aman dan juga layak sehingga dapat memperlancar proses pengerjaan proyek pembangunan.

Apa Manfaat Menggunakan Jasa Kontraktor

Kemudian setelah mengetahui dan mengenal secara lebih mendalam mengenai apa itu jasa kontraktor, kemudian tugas dan tanggung jawab jasa kontraktor, maka kali ini kita coba menggali apa saja manfaat yang didapatkan jika anda menggunakan jasa kontraktor.

  • Konsep Pembangunan Yang Lebih Detail

Anda bisa mengkonsultasikan keinginan desain termasuk pemilihan jenis material bangunan yang terbaik. Pihak jasa kontraktor akan memberikan masukan bermanfaat mengenai rencana pembangunan yang lebih terkonsep dan detail. Anda pun bisa memiliki konsep hunian yang nyaman dan sesuai dengan gambaran awal yang telah disepakati bersama. Kemudian bagi anda yang kurang memiliki pengetahuan tentang konsep dan desain rumah, maka hal ini jelas merupakan poin penting yang bisa sangat membantu anda. Anda bisa mempercayakan pembangunan hunian idaman anda pada orang yang telah memiliki profesionalitas tinggi. Jasa kontraktor rumah berpengalaman akan membantu mengaplikasikan serta menyelaraskan semua keinginan dan ide anda, tentunya yang sesuai dengan konsep dan ilmu arsitektur yang benar.

  • Anggaran Yang Tepat & Terencana

Sebelum membangun sebuah hunian, anda tentu akan membuat sendiri Rancangan Anggaran Biaya (RAB). Jika memilih menggunakan jasa kontraktor rumah, anda bisa mendapatkan RAB yang lebih detail dan juga teliti. Dengan anggaran yang lebih terencana tentunya akan sangat membantu anda dalam persiapan pembangunan yang lebih maksimal.

  • Pengerjaan Yang Disiplin & Tepat Waktu

Seringkali pembangunan sebuah rumah terhenti karena berbagai alasan. Maka dengan menggunakan jasa kontraktor, anda bisa mendapatkan pengerjaan yang lebih cepat sesuai dengan tenor yang ditentukan. Pihak kontraktor profesional jelas akan menepati kesepakatan awal pembangunan dimana akan tetap memperhatikan pengerjaan secara detail. Pihak jasa kontraktor yang berkualitas tinggi tentunya akan sangat memperhatikan komponen bagian rumah agar tercipta struktur yang kuat, bukan hanya asal jadi saja. Kemudian kontraktor rumah pun biasanya memiliki para pekerja yang telah memenuhi standar keamanan dan keselamatan karyawan. Anda tidak perlu merasa khawatir jika terjadi sesuatu yang di luar keinginan seperti kecelakaan kerja yang mungkin saja terjadi.

  • Hemat Waktu dan Biaya

Dengan menggunakan jasa kontraktor tentunya akan membuat anda memiliki lebih banyak waktu luang yang bisa dihabiskan bersama dengan keluarga. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan pemantauan saja selama proyek berlangsung. Pihak pengembang bakal melakukan pengerjaan sesuai konsep yang telah disepakati bersama.

  • Hasil Yang Bagus Dan Juga Bergaransi

Resiko kesalahan dalam sebuah pembangunan tentunya akan selalu ada. Namun dengan menggunakan jasa kontraktor, maka anda bisa memastikan garansi pembangunan meskipun proyek telah selesai lebih lama. Garansi kerusakan ini akan menguntungkan anda sehingga tidak perlu memikirkan biaya tambahan untuk renovasi rumah lagi.
Beberapa manfaat tersebut bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa kontraktor yang tepat dan juga profesional. Pengalaman dan pengetahuan pihak kontraktor jelas lebih mumpuni sehingga menjamin hasil yang tentunya akan sangat memuaskan bagi para kliennya. Anda pun hanya tinggal melakukan pengawasan dan pengarahan saja hingga proyek selesai tepat waktu dan juga sesuai dengan keinginan anda sebelumnya.

Tips Memilih Jasa Kontraktor

Setelah melihat ada banyak manfaat yang bisa anda rasakan dengan menggunakan jasa kontraktor, maka saat ini tentunya anda berada di tahap memilih jasa kontraktor yang tepat dan juga terpercaya. Salah memilih jasa kontraktor tentunya akan berakibat cukup fatal. Oleh karena itu kami coba berikan sedikit tips yang bisa jadi bahan pertimbangan anda dalam memilih jasa kontraktor.

  • Cek Terlebih Dahulu Kredibilitas Kontraktor

Langkah pertama, anda wajib mengetahui dan memastikan bahwa kontraktor yang anda pilih merupakan kontraktor yang kredibel. Cek lebih mendalam mengenai alamat kantor, nomor telepon hingga beragam desain unik dan menarik yang ada dalam katalog online mereka. Kontraktor rumah yang terpercaya akan mencantumkan detail portofolio mereka secara lengkap tanpa ada unsur fiktif. Anda dituntut untuk benar-benar selektif mengingat banyak sekali oknum yang mencoba memanfaatkan kecanggihan internet sebagai media penipuan. Kemudian sebisa mungkin cobalah untuk menemukan jejak testimoni meyakinkan dari para pelanggan yang pernah benar-benar menggunakan jasa mereka. Cek apakah mereka mendapatkan hasil yang memuaskan setelah berkerja sama dengan jasa kontraktor tersebut.

  • Harga Yang Kompetitif Dan Bersaing

Jangan mudah tergiur harga yang murah dan tidak masuk akal. Perhatikan betul RAB atau Rancangan Anggaran Biaya yang ditawarkan. Anda harus menghitung secara teliti dan realistis agar tidak tertipu kontraktor nakal. Harga murah bisa jadi hanya sebuah kamuflase untuk melakukan penipuan. Sebaiknya anda melakukan survey kecil mengenai harga yang ditawarkan dari pihak kontraktor lain sebagai bahan referensi. Anda bisa mencoba menawarkan tender kecil untuk mendapatkan RAB yang benar dari beberapa kontraktor rumah. Teliti hasil tersebut agar anda mendapatkan pihak kontraktor rumah yang paling berkualitas dari segi harga, karena kontraktor yang tidak bertanggung jawab biasanya membuat RAB yang kurang masuk akal demi mendapatkan keuntungan besar namun disisi lain akan merugikan anda sebagai klien.

  • Pelayanan yang ramah

Kontraktor rumah yang sudah profesional tentunya akan memberikan konsultasi desain yang berkualitas. Mereka akan terbuka dengan semua opini anda termasuk memberikan masukan yang bermanfaat. Anda pun bisa mencoba melakukan negosiasi harga dengan pihak kontraktor sesuai dengan rencana desain atau pemilihan material yang akan digunakan. Pastikan jika sang kontraktor menawarkan sistem pembayaran yang benar misalnya anda wajib membayar uang muka pembayaran sekian persen dan sebagainya setelah tanda tangan kontrak selesai. Namun sekali lagi, kewaspadaan adalah kunci utama dalam memilih jasa kontraktor. Jangan mudah tergiur dengan keramahan jasa kontraktor saat mereka menawarkan sesuatu yang sudah jauh dari unsur rasionalitas.

  • Adanya Garansi

Kontraktor yang profesioanl dan berpengalaman tentunya akan berani menjamin hasil kerja mereka dan juga membina sistem relasi yang baik dengan anda. Klien yang merasa puas dengan hasil kerja mereka tentunya akan melakukan kerja sama lagi jika suatu saat hendak melakukan perbaikan kembali atau dalam proyek yang lain. Tentu branding nama adalah hal yang menjadi prioritas utama kontraktor rumah berkualitas. Oleh karena itu, pilihlah jasa kontraktor yang terlihat ingin mengutamakan kepuasan klien, dimana bisa memungkinkan untuk menjalin kerjasama lain di masa yang akan datang. Bukan jasa kontraktor yang hanya ingin mendapatkan satu kali keuntungan dan pergi menghilang, dimana biasanya hasil karyanya tentu tidak akan maksimal.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai jasa kontraktor, baik itu pengertian, tugas dan tanggung jawabnya, hingga bagaimana pemilihan kontraktor yang tepat. Dengan adanya ulasan ini kami harapkan bisa menjadi pengetahuan sekaligus panduan anda dalam memilih jasa kontraktor yang akan mewujudkan rumah idaman anda suatu saat nanti. Karena dengan adanya bantuan jasa kontraktor, akan membantu mewujudkan rumah idaman yang masih ada di dalam benak anda terwujud ke dalam realitas dengan hasil yang maksimal dan tentunya juga sangat memuaskan.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan