Kali ini dari kami CV. Karya Mandiri sebagai Kontraktor akan memberikan sedikit saran dan masukan kepada anda yang ingin mengecat rumah anda tetapi dengan budget yang ringan.

Rumah yang sudah jadi tetapi belum dicat, terkesan seperti rumah yang belum selesai. Banyak orang yang sedang membangun rumah, seringkali menunda dulu pekerjaan satu ini hanya karena faktor harga cat yang mahal. Belum lagi biaya upah pekerjaan pengecatannya. Dana yang harus dikeluarkan untuk hal ini terasa memberatkan kepada yang membangun rumah.

kontraktor jogja, jasa pemborong jogja, jasa pemborong bangunan jogja, pemborong bangunan, kontraktor, cat rumah

Memang tidak dipungkiri dari hari kehari harga cat dipasaran semakin mahal. Sampai saat ini belum ada istilah kalau harga cat ini turun. Banyak trik yang dilakukan para produsen cat agar cat yang mereka produksi tidak terkesan mahal. Ada yang memasukkan gelas di dalam kaleng cat dengan alasan ini merupakan bonus. Namun dibalik itu berat cat tersebut sudah terkurangi dengan berat gelas yang dimasukkan ke dalam kaleng cat tersebut. Ada juga dengan memasukkan “bonus” uang dalam kantong plastik ke dalam kaleng cat. Ada-ada saja trik para produsen cat agar cat yang mereka jual terkesan tidak mahal dan membuat orang tertarik membelinya.

Saat ini berbagai macam merek cat tembok banyak tesedia di pasaran. Mulai dari rentang harga yang murah sampai harga mahal, semuanya ada. Bagi yang punya dana lebih, harga cat yang mahal sampai dengan satu juta rupiah per galon (25 kg) tersedia. Sedangkan bagi yang punya dana pas-pasan, harga di bawah seratus ribu rupiah per galon pun juga ada. Tinggal kita memilih mau harga yang mana. Tentu perbedaan harga ini tidak terlepas dari masalah kualitas. Kenapa? karena kualitas tentu akan berbanding lurus dengan harganya. Bagaimanapun, kualitas cat berharga murah tidak lah sama dengan cat berharga mahal. Ini ditinjau dari berbagai hal, terutama masalah ketahanan cat terhadap cuaca yang mempengaruhi umur dari cat itu sendiri.

Setiap perbedaan tingkatan harga cat, masing-masing memiliki tingkat resiko yang berbeda pula. Cat berharga murah tidak akan jauh dari masalah mudah pudar, cepat luntur, mudah terkelupas, bertekstur lembab dan berjamur. Bila ada dua rumah yang dicat dengan merek cat yang memiliki harga yang jauh berbeda, dimana rumah A dicat dengan cat berharga mahal dan rumah B dengan cat berharga murah, maka perbedaannya mulai terlihat setelah 3 bulan berjalan. Warna cat yang ada di rumah B akan mulai samar-samar pudar. Setelah enam bulan, pada bagian bawah dinding bila diraba akan terasa sedikit lembab. Begitu juga bila hujan datang. Tampias air hujan akan membuktikannya. Rumah B yang dicat dengan cat berharga murah akan mulai belang-belang terkikis air hujan. Ini semua ujung-ujungnya akan berakhir dengan ketidakpuasan. Si pemilik rumah B mau tidak mau setelah satu tahun akan mengecat ulang rumahnya kembali. Bila rumah A baru dicat kembali setelah lima tahun alias sekali dalam lima tahun, maka rumah B sekali setahun. Bila hal ini dihitung secara seksama untung ruginya, tentu pada akhirnya rumah A lah yang beruntung.

Namun saat ini pemilik rumah B jangan bersedih dulu, karena pembicaraan belum selesai. Anda pernah dengar “aditif cat”? Nah, ini yang namanya sejenis zat additif cat yang bisa membantu Anda yang hanya mampu membeli cat berharga murah agar kualitas cat murah yang Anda beli bisa setara dengan cat berharga mahal. Kok bisa? “Katanya” bila aditif cat dicampur dengan cat berharga murah, akan membuat kualitas cat murah tersebut tidak murahan lagi.

Dari informasi orang-orang yang telah menggunakannnya, setelah additif Zamirex dicampur dengan cat murah sesuai petunjuk pemakaian, hasilnya sungguh mengejutkan. Cat yang menempel di dinding baik sewaktu basah maupun setelah kering, warnanya tetap sama alias tidak ada perbedaan. Setelah sekian lama, cat juga tidak cepat luntur dan bisa dinding dapat dicuci dengan air bila terkena kotoran. Dan yang “hebatnya” lagi, cat murah bercampur aditif cat ini tahan lembab dan anti jamur.

Sekarang timbul pertanyaan, kenapa? Ternyata zat aditif cat memiliki sifat kohesif dan adhesif yang membuat cat berharga murah tadi jadi tidak murahan lagi. Lapisan aditif cat bisa melindungi lapisan cat dari pengaruh luar dan menimbulkan kesan mengkilap. Dan campuran cat ini ternyata bisa juga untuk melapisi seluruh permukaan seperti tembok, logam, asbes, genteng, kayu, kaca, kain dan juga berfungsi sebagai waterproofing (anti bocor / rembes) pada bangunan.

Sekarang kesimpulannya kembali kepada Anda. Yang jelas zat additif aditif cat bagaimanapun bukanlah serba hebat dan dapat mengatasi segalanya. Cat yang berharga tinggi yang ditunjang dengan kualitas yang tinggi pula bagaimanapun tentu lebih baik. Karena sifatnya campuran, aditif cat hanya sebatas meningkatkan mutu cat berharga murah menjadi lebih baik.

Nah itulah tips dari CV. Karya Mandiri untuk anda yang ingin menggunakan budget yang murah dalam urusan Cat Rumah anda. Jika anda membutuhkan jasa kontraktor, atau pemborong bangunan / rumah, anda bisa menghubungi kami segera. Kami akan memberikan yang terbaik untuk anda dan rumah anda.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan