Ketika anda melihat sebuah bangunan ataupun rumah, maka apa sih yang pertama kali anda nilai? Aspek apakah yang akan menjadi perhatian anda dalam menentukan kesan pertama? Ya benar, hal pertama tentunya adalah bentuk dan juga warnanya. Sebagian besar orang akan menilai suatu bangunan ataupun rumah dari bentuk dan juga warnanya terlebih dahulu. Sebuah rumah yang berbentuk bagus, namun memakai warna yang kurang pas, akan mendapatkan kesan yang kurang maksimal. Dalam seni desain eksterior, pemilihan cat merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh dan sepele. Oleh karena itu, kali ini kami akan mencoba mengajak anda untuk mengulik lebih lanjut mengenai pemilihan cat eksterior rumah yang tepat bagi hunian anda.

Apakah Memilih Cat Eksterior Sama Dengan Memilih Cat Interior?

Tentu tidak, memilih cat eksterior tidaklah sama dengan ketika anda memilih cat untuk bagian interior rumah anda. Dikarenakan kedua bidang ini memiliki sifat yang berlainan, maka tentunya cat yang digunakan pun akan berbeda jenisnya.

Pada cat untuk interior, anda akan melihat adanya tampilan lapisan cat yang halus. Kemudian biasanya cat akan mudah dibersihkan karena rentan terkena noda dalam ruangan. Cat interior juga tidak mudah berjamur pada bagian-bagian lembab, dimana lapisan cat mampu menutup retakan-retakan halus pada dinding. Sedangkan pada cat eksterior, seperti yang sudah kita ketahui bersama tentunya akan memiliki ketahanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan cat untuk interior. Ini dikarenakan peruntukannya di bagian luar rumah, dimana akan menghadapi berbagai tantangan cuaca seperti terpaan angin dan sinar matahari, guyuran hujan, serta adanya perubahan suhu. Tantangan cuaca inilah yang biasanya akan memberi resiko kerusakan pada dinding rumah anda, semisal rembesan air yang masuk ke dinding dalam. Maka sangat jelas, cat eksterior haruslah memiliki sebuah ketahanan yang ekstrim, mengingat ada banyaknya resiko yang akan muncul.
Melihat jenisnya yang berbeda, maka anda tidak bisa menggunakan cat interior untuk anda aplikasikan pada bagian eksterior rumah. Daya tahannya tentu tidak akan kuat untuk menghadapi berbagai tantangan cuaca yang ada. Penggunaan cat haruslah sesuai dengan peruntukannya, meskipun cat eksterior bisa juga digunakan untuk interior, namun pastilah akan mengakibatkan adanya pembengkakan biaya.

Memilih Warna Untuk Cat Eksterior Rumah

Setelah sedikit membahas mengenai cat interior dan juga cat eksterior, kali ini kita masuk ke dalam pembahasan warna. Apa sih warna yang harus anda pilih? Apakah anda masih bingung untuk mendapatkan warna yang tepat? Atau anda masih ragu dengan warna pilihan anda? Tenang, anda tidak perlu terburu-buru untuk memutuskannya.

Jika anda masih bimbang, maka anda bisa sejenak meluangkan waktu untuk berjalan-jalan melihat area sekitar. Anda bisa melihat warna-warna yang sudah ada pada area lingkungan sekitar rumah anda. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan inspirasi warna apa yang sekiranya akan cocok untuk menjadi tampilan eksterior rumah anda. Anda bisa memutuskan untuk tampil beda, tapi ingatlah untuk tetap dapat masuk dan membaur dengan keseluruhan tampilan yang sudah ada pada area sekitar rumah anda.

Lalu pada saat memilih warna untuk eksterior rumah anda, maka anda harus memperhatikan bentuk bangunan anda baik itu ukuran, dimensi, hingga pada gaya arsitekturnya. Anda harus bisa memutuskan, warna apakah yang akan mendukung gaya yang sudah ada pada desain bangunan anda. Jangan sampai warna yang anda pilih justru menutup gaya yang sudah ditampilkan desain bangunan anda, atau justru menjadikan bangunan anda yang luas menjadi tampak kecil karena adanya kesalahan pemilihan warna.

Warna sendiri memiliki kaitan yang sangat erat terhadap emosi dan pikiran manusia. Dan pada eksterior rumah, maka warna cat eksterior akan menjadi perlambang kondisi si pemilik rumah. Selain itu, aspek kenyamanan tentunya akan terpengaruh juga oleh pemilihan warna cat eksterior yang tepat. Maka dari itu, pemilihan warna haruslah tepat agar mampu mendapatkan semua keunggulan tersebut. Bagi anda yang masih awam dengan warna cat eksterior, pada dasarnya anda hanya harus memahami warna dasar yang akan anda gunakan nanti, agar bisa mengetahui warna sekunder yang pas. Kemudian yang selanjutnya yaitu mengenali karakter warna dan efek yang dapat ditimbulkan.

Karakter Warna

Pada sebuah studi, warna ternyata mampu memberikan pancaran frekuensi gelombang yang dapat mempengaruhi pikiran manusia. Dalam dunia psikologi sendiri dikenal istilah asosiasi warna yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sebuah warna dengan emosi tertentu yang ditimbulkannya. Maka untuk dapat memilih warna cat eksterior rumah yang tepat bagi hunian anda, dimana mampu memberikan rasa nyaman baik kepada penghuni maupun orang yang berkunjung, mari sejenak kita ulas mengenai karakter warna, sifat, dan juga hubungannya dengan mood atau pikiran manusia.

Hijau muda, hijau pupus, biru muda, biru laut, dan juga ungu, merupakan warna yang cocok digunakan untuk menghadirkan suasana tenang, tentram, dan juga meditatif. Warna ini cocok digunakan bagi anda yang memiliki kepribadian pendiam, serius, dan introvert. Kemudian warna merah, coklat, kuning, dan oranye cocok digunakan jika anda ingin menghadirkan kesan yang hangat dan dramatis. Biasanya warna ini akan digunakan oleh pribadi yang bersemangat dan juga memiliki antusiasme yang tinggi. Lalu berikutnya ada karakter fresh yang diwakili oleh warna-warna seperti putih kebiru-biruan, pink pastel, hingga lemon atau citrus. Warna ini tepat untuk dipilih bagi anda yang ceria dan juga berjiwa muda.
Setelah mengetahui tentang karakter warna yang pas untuk anda terapkan pada ekterior rumah anda, maka berikutnya anda akan pergi ke toko cat untuk memilih warna yang anda inginkan. Namun harus anda ingat, warna pada kartu warna yang ada pada toko cat biasanya akan berbeda dengan warna asli ketika sudah diaplikasikan pada tembok rumah. Cara terbaik untuk memastikannya yaitu dengan membeli cat berukuran kecil terlebih dahulu, kemudian mencobanya pada area eksterior rumah yang tidak menarik perhatian orang. Cobalah untuk pelajari warnanya selama beberapa kali dalam sehari; bagaimana perubahan cahaya dan berbagai kondisi cuaca memengaruhi warnanya. Akan lebih baik jika anda bersabar dan meluangkan sedikit waktu, daripada harus menyesal di kemudian hari karena keliru memilih warna yang kurang sesuai.

Tips Cat Eksterior Rumah

Setelah anda mendapatkan warna yang pas dan sesuai dengan keinginan anda, maka tiba waktunya untuk melakukan pengecatan. Ada baiknya bagi anda yang masih awam untuk mempercayakan pengecatan eksterior rumah anda kepada jasa yang sudah profesional. Namun bagi anda yang ingin melakukannya sendiri, maka akan kami coba berikan sedikit tips untuk anda.

  • Tembok baru akan penuh pori-pori yang bisa menghisap cat. Oleh karena itu cobalah untuk melapisinya dengan sealer tembok water based atau solvent based yang berkualitas baik.
  • Sebelum melakukan pengecatan, perhatikan kelembaban tembok yang terjadi akibat bahan yang digunakan sebagai campuran bahan dasar tembok.
  • Pada tembok lama, biasanya pori-pori sudah tertutup sehingga cat baru sulit menempel. Akan lebih baik jika anda mengerok dulu seluruh permukaan tembok, lalu amplas seluruh permukaan tembok hingga sisa cat lama tak tersisa lagi.
  • Biarkan lapisan pertama kering sekitar dua jam hingga tiga jam. Gunakan dulu cat dasar sebelumnya.
  • Pada cat eksterior, campuran air yang ideal adalah sekitar 10%.
  • Setelah lapisan pertama mengering (2-3 jam), lanjutkan mengecat lapisan kedua di atas lapisan pertama.
  • Pada tahap akhir, berikanlah cat pelapis untuk melindungi warna dan juga memberikan perlindungan daya tahan yang ekstra.

Demikianlah sedikit pembahasan yang bisa kami berikan mengenai pemilihan cat eksterior rumah yang tepat. Semoga ulasan yang kami berikan bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi anda, dan juga bisa menjadi panduan untuk anda mewujudkan tampilan eksterior rumah yang cantik dan juga memukau.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan