Kali ini cv.karya mandiri akan membahas tentang perpaduan gaya sebuah desain .Berbicara mengenai sebuah hunian idaman, tentunya ada beberapa unsur yang harus terpenuhi. Salah satu unsur penting tersebut yaitu unsur kenyamanan. Sebuah rumah tentunya harus sanggup menghadirkan sebuah kenyamanan bagi mereka yang tinggal di dalamnya, karena bisa dikatakan rumah merupakan awal dari segala aktivitas.

Lantas apa saja yang biasanya dilakukan untuk bisa memenuhi unsur kenyamanan tersebut? Salah satu hal yang biasanya dilakukan yaitu dengan menerapkan salah satu tema atau gaya interior favorit ke dalam wujud hunian yang anda miliki. Dengan berada pada hunian yang memiliki tema atau gaya yang sangat mewakili perasaaan kita, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap unsur kenyamanan di dalamnya.

Lalu gaya apakah yang anda sukai? Apakah gaya klasik, modern, kontemporer, atau tradisional? Atau mungkin gaya yang lainnya? Jika anda kebingungan untuk menentukan sebuah gaya ataupun memang anda menyukai semua gaya tersebut, kenapa tidak digabungkan menjadi satu saja yaitu menjadi gaya eklektik.

Gaya eklektik merupakan sebuah percampuran beberapa gaya desain dari beberapa periode waktu dan tempat yang berbeda namun dikombinasikan menjadi satu. Dari beberapa gaya seperti gaya klasik, modern, kontemporer, hingga tradisional, semuanya bahkan bisa digabungkan menjadi dalam satu ruangan. Banyak orang yang sangat menyukai gaya desain eklektik dikarenakan melambangkan kebebasan bagi pemiliknya untuk mengekspresikan apa saja yang menjadi keinginan dan kesukaan bagi mereka yang memilih gaya eklektik tersebut.

Apakah anda mulai tertarik untuk mengaplikasikan gaya ini ke dalam rumah anda? Namun tunggu dulu, tentunya ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan bila ingin menerapkan gaya ini. Karena bila Anda hanya asal menggabungkan gaya saja, alih-alih menjadikan rumah terasa nyaman dan indah, namun kesan berantakan yang justru akan Anda dapatkan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar gaya eklektik anda berjalan sempurna.

Apa saja yang harus diperhatikan, mari kita coba bahas bersama melalui ulasan dibawah ini.

➣Usahakan Agar Saling Terhubung

Dalam menerapkan gaya eklektik, tentunya kita akan menghadirkan banyak gaya ke dalam satu hunian rumah kita. Akan tetapi, selalu usahakan agar dalam banyaknya gaya tersebut memiliki koneksi antar gaya satu dengan gaya yang lainnya. Jangan sampai antara satu gaya dengan gaya lainnya justru menghadirkan kesan tidak nyambung atau terputus hubungannya. Ruangan pada rumah Anda akan terkesan tampak terputus jika terdapat banyak sekali perubahan yang mencolok antara ruang satu dengan ruang yang lainnya. Oleh karena itu usahakan agar ada garis benang merah meskipun hanya tipis, agar mampu mengahdirkan kesinambungan antara ruangan satu dengan lainnya. Dengan adanya garis merah antara satu gaya dengan gaya yang lainnya, maka gaya eklektik yang coba anda hadirkan akan tereksekusi dengan sempurna dan juga memuaskan tentunya.

➣Adanya Satu Fokus Pada Ruangan Anda

Kemudian tips yang selanjutnya dalam menerapkan gaya eklektik adalah dengan mencari satu titik fokus pada ruangan anda. Meskipun gaya eklektik adalah mencampur banyak gaya ke dalam satu ruangan, namun jangan sampai dari sekian banyak gaya tersebut justru malah saling bertarung untuk menunjukkan eksistensinya. Anda harus menetapkan satu titik fokus gaya yang menonjol diantara gaya yang lainnya, sehingga dari sekian banyak gaya tersebut tidak akan bertabrakan dalam menunjukkan eksistensinya. Penentuan satu titik fokus ini bertujuan untuk tetap mendapatkan sebuah ruangan yang tetap sedap dipandang mata meskipun mencampurkan banyak gaya di dalamnya. Jangan sampai gaya eklektik yang coba anda hadirkan justru mendapatkan kesan terlalu ramai dan norak karena tidak adanya titik fokus yang terdapat pada ruangan anda.

➣Adanya Benang Merah

Tips kali ini masih berhubungan dengan tips pertama yaitu adanya kesinambungan antar ruang. Cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan benang merah antar gaya salah satunya dengan memilih sebuah warna yang bisa menjadi garis hubung antara satu gaya dengan yang lainnya. Kemudian hadirkan warna tersebut pada setiap ruangan bergaya eklektik yang anda miliki untuk memberikan adanya benang merah terhadap banyaknya gaya yang anda miliki pada sebuah hunian anda. Benang merah disini jelas memiliki peranan yang cukup penting. Karena tanpa adanya garis benang merah akan mengakibatkan antar ruangan anda seolah berdiri sendiri tanpa memiliki sebuah kesinambungan yang mempersatukan ruangan satu dengan yang lainnya.

➣Adanya Banyak Dekorasi

Salah satu ciri khas dari gaya eklektik yaitu adalah kaya akan dekorasi. Anda bisa melakukannya dengan menetapkan motif yang cukup mencolok pada furnitur atau bagian sudut ruangan. Hiasan pada dinding juga merupakan salah satu poin yang efektif pada gaya eklektik. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan porsi dari dekorasi yang hendak anda masukkan pada ruangan anda untuk tetap menjaga gaya eklektik anda selalu pada titik yang maksimal.

➣Bermain Dengan Pola

Kemudian ciri khas lainnya dari gaya eklektik yaitu adanya pola geometris yang terdapat di dalamnya. Hal ini dapat anda aplikasikan pada motif lantai, dinding, bantal, karpet, sofa hingga pada wallpaper anda. Anda bisa menerapkan pola-pola geometris pada umumnya yang sering digunakan yakni vertikal, horizontal, ataupun ziz-zag. Pada gambar diatas terlihat pola yang cantik pada bagian karpet dan juga sofa dimana sangat menonjolkan kesan eklektik pada ruangan tersebut.

➣Selalu Perhatikan Ukuran Ruang

Kemudian hal terakhir yang harus anda perhatikan yaitu ukuran ruangan yang akan anda masukkan gaya eklektik ke dalamnya. Ketika anda mencoba untuk memasukkan banyak unsur gaya ke dalam sebuah ruangan, maka salah satu tantangan terbesarnya yaitu mencegah agar ruangan tersebut tidak menjadi nampak penuh dan sempit. Tentunya jika anda asal dalam memasukkan unsur gaya ke dalam sebuah ruangan, maka hasil akhir yang didapatkan seringkali menjadikan ruangan tersebut menjadi nampak terlalu penuh, ramai, dan juga sempit.

Untuk mencegah hal itu terjadi, maka kunci utamanya adalah tetapkan proporsi yang pas antara ukuran ruangan anda dengan unsur gaya yang akan anda gunakan atau motif yang akan anda masukkan kedalamnya. Jika ruangan anda tidak memiliki luas yang cukup besar, ada baiknya untuk anda menggunakan dekorasi dengan ukuran yang relatif kecil. Anda perlu menyesuaikan antara setiap elemen gaya yang akan anda masukkan dengan skala luas ruangan anda. Dengan anda memperhatikan skala antara kedua hal tersebut, maka anda akan mendapatkan sebuah hasil akhir yang pas dan juga proporsional.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan kepada anda dalam bagaimana cara menerapkan gaya eklektik ke dalam sebuah hunian idaman anda. Beberapa faktor yang telah disebutkan diatas harus benar-benar anda perhatikan untuk bisa mendapatkan hasil akhir yang maksimal dan juga memuaskan. Poin utama dari penerapan gaya eklektik agar dapat memberikan output yang sempurna yaitu dengan memperhatikan skala ruangan berbanding dengan unsur gaya yang akan anda masukkan, dan juga jangan lupa untuk selalu menarik garis benang merah yang menghubungkan antara banyaknya gaya yang ada sehingga terciptanya kesinambungan dan keteraturan antara beberapa gaya yang ada pada hunian anda.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan