Dalam pembahasan mengenai sebuah rumah hunian yang indah dan nyaman, maka tentunya tidak bisa lepas dari aspek interior dan juga aspek eksterior. Kedua aspek tersebut merupakan dua hal yang secara garis besar sangat perlu untuk diperhatikan secara seksama. Jika aspek interior merepresentasikan sebuah kenyamanan yang ada, maka aspek eksterior akan menunjukkan sebuah keindahan, yang mana tidak hanya dinikmati oleh sang pemilik sebagai sebuah kebanggaan, namun juga dinikmati kalangan umum bagi siapapun yang melihat ataupun melintas di depannya. Oleh karena itu aspek eksterior jelas harus dikerjakan secara matang sejak dari perencanaan. Nah, berbicara mengenai eksterior rumah, ada satu bahan material yang hingga kini masih menjadi primadona untuk mempercantik tampilan sebuah rumah hunian, yaitu batu alam. Penggunaan batu alam untuk eksterior rumah banyak dipercaya orang untuk menjadikan hunian mereka menjadi rumah yang elegan.

Lalu seperti apa sih keindahan yang bisa ditawarkan dengan pemakaian batu alam untuk eksterior rumah anda? Dan apa sajakah yang perlu diperhatikan? Mari kita simak bersama melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Saja Keuntungan Penggunaan Batu Alam Untuk Eksterior Rumah?

Saat anda memilih menggunakan batu alam untuk eksterior rumah anda, maka ada cukup banyak keuntungan yang akan anda dapatkan. Yang pertama tentunya menjadikan tampilan rumah anda sebagai rumah yang memiliki nilai keindahan yang tinggi. Batu alam merupakan bahan yang sangat unik, terbentuk dari ikatan mineral tertentu yang akan berbeda-beda pada setiap wilayahnya, sehingga batuan ini akan memiliki kesan dan tampilan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal inilah yang akan menyulap tampilan eksterior rumah anda menjadi sebuah kesan alami bernilai tinggi.
Kemudian yang kedua, karena sifat keunikannya tersebut, maka dengan menggunakan batu alam untuk eksterior rumah anda mampu menjadikan sebuah tampilan yang berbeda dengan rumah kebanyakan, dan bahkan sesama rumah yang mengaplikasikan eksterior batu alam. Ada banyak sekali variasi yang bisa diciptakan secara kreatif dimana mampu menghasilkan karya seni keindahan yang tiada duanya.

Kemudian keuntungan yang selanjutnya datang dari sisi fleksibilitas. Saat anda memakai batu alam untuk eksterior, maka anda akan mendapati tampilan rumah yang fleksibel. Ini dikarenakan, saat batu alam ini mengalami kerusakan, tidak akan menjadikan tampilannya menjadi jelek. Justru sebaliknya, batu alam ini mampu menimbulkan kesan artistik tersendiri, sehingga anda tidak perlu repot memikirkan penggantinya seperti saat anda menggunakan bahan yang lain. Selain itu, fleksibilitas akan anda temui pada ukuran batu alam, dimana mampu anda pecah untuk dikreasikan sesuai dengan keinginan dan juga selera pribadi anda. Apapun seni keindahan yang ingin anda tonjolkan, maka batu alam ini akan sanggup mewujudkan apa yang anda pikirkan.

Lalu Bagaimana Aplikasinya Ke Dalam Eksterior Rumah?

Pembahasan selanjutnya yaitu mulai kepada contoh penerapannya ke dalam eksterior rumah anda. Ada banyak sekali tentunya sisi eksterior rumah anda yang bisa anda kreasikan dengan batu alam. Semua kreasi dari yang mulai sederhana, rumit, dan bahkan kompleks sekalipun akan tetap menghasilkan seni keindahan yang elegan dalam tampilan rumah anda. Sebaiknya, anda tentukan dulu konsep seperti apa yang ingin anda tampilkan, dan juga pilihlah vocal point yang tepat dan tidak berlebihan. Namun jika anda ingin menempatkannya secara keseluruhan, maka tidak akan menjadi masalah, batu alam akan tetap memberikan sisi keunikannya tersendiri.

Pada bagian teras misalnya, anda bisa menjadikan teras anda naik ke level selanjutnya, dimana suasana dan nuansa yang dihadirkan oleh batu alam akan mampu menghadirkan sebuah relaksasi yang mendalam. Dengan keindahannya yang natural, efek ketenangan alami yang ditampilkan, akan mampu membuat siapun yang bersantai di dalamnya menjadi betah berlama-lama. Bayangkan jika anda mengundang kerabat maupun rekan bisnis untuk rapat di teras anda, maka anda akan mendapatkan kebanggaan tersendiri saat mereka terpana oleh keindahan yang ditampilkan teras anda lewat batu alam tersebut.
Anda bisa menggunakan batu alam tersebut untuk diterapkan pada teras depan maupun teras belakang rumah anda. Tentunya ada bermacam jenis batu alam yang bisa anda kreasikan. Salah satunya yaitu batu sabak atau slate stone, atau bahkan batu palimanan, yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk mempercantik bagian eksterior rumah anda tersebut. Seperti pada ilustrasi gambar diatas, anda bisa menerapkan batu alam sebagai sebuah path ataupun jalan kecil yang menghubungkan antara bagian dalam rumah anda dengan bagian teras. Dengan kecantikannya, maka batu alam tersebut seakan menjadi sebuah keindahan natural yang akan menuntun anda ke dalam ketenangan batin.

Kemudian anda bisa juga mencoba untuk mengaplikasikannya pada bagian pagar ataupun pembatas area rumah anda dengan lingkungan sekitar. Dengan memakai batu alam yang anda kreasikan pada pagar anda, maka jelas akan memberikan sebuah kesan tersendiri terhadap dimensi rumah hunian anda. Tampilannya yang artistik, unik, dan juga cantik mampu menjadikan pagar anda tidak hanya menjadi sebuah pembatas belaka, melainkan sekaligus sebagai kanvas seni yang menampilkan citra keindahan visual. Jika anda ingin mencoba menggunakan batu alam pada pagar rumah anda, maka salah satu alternatif yang bisa anda pilih yaitu batu andesit ataupun batu granit. Namun tentunya dari banyaknya macam pilihan batu alam yang tersedia, anda bebas untuk memakainya sesuai dengan selera dan juga kesan yang ingin anda tampilkan pada eksterior rumah anda.

Bagi anda yang tidak ingin tampil terlalu mencolok, atau hanya menginginkan tampilan batu alam yang ada sebagai pemanis eksterior rumah anda, maka anda bisa mencoba untuk menambahkan batu alam ke dalam beberapa bagian saja. Misalnya anda bisa memberikannya ke dalam pilar atau tiang penyangga, seperti pada contoh ilustrasi di atas. Dengan pengaplikasiannya yang hanya sebagai pemanis, maka cocok bagi anda yang tidak menginginkan kesan yang terlalu dominan, namun tetap bisa memancarkan keindahan alam yang natural dari batu alam yang ada pada eksterior rumah anda. Jika anda ingin mencobanya pada pilar rumah anda, maka anda bisa memilih dari jenis batu andesit semisal andesit susun sirih, andesit RTA atau andesit bakar. Anda menginginkan yang lebih ekonomis dan hemat dibandingkan dengan batu andesit? Maka alternatif pilihannya yaitu batu candi yang tentunya memiliki harga lebih murah. Saat anda menambahkan batu alam sebagai pemanis eksterior rumah anda, maka cobalah untuk menyesuaikan dengan tema warna yang ada. Cobalah sesuaikan dengan latar belakang tampilan eksterior anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Adakah Kekurangan Dari Batu Alam?

Setelah kita membahas banyak sekali keunggulan dan juga efek positif yang bisa ditampilkan oleh batu alam, maka tentunya kita juga harus melihat dari sisi kekurangannya. Jika dilihat dari sisi kekurangannya, maka secara garis besar ada dua kelemahan dari bahan ini. Yang pertama tentu dari sisi harganya yang terbilang cukup mahal, dan yang selanjutnya datang dari segi pemasangan dimana cukup merepotkan dan membutuhkan perhatian yang lebih. Namun jika anda bersedia untuk menganggarkan budget ekstra dan juga mau memberikan effort yang berlebih, maka imbal baliknya anda akan merasakan manfaat yang besar dari penggunaan batu alam pada eksterior rumah anda.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai penggunaan batu alam untuk eksterior rumah yang diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi anda. Semoga bermanfaat dan tentunya bisa membantu anda mewujudkan sebuah rumah hunian yang memiliki kesan elegan dan juga menawan.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan