Berbicara mengenai elemen yang terdapat pada sebuah rumah hunian, mungkin secara garis besar kita bisa membaginya menjadi dua. Yakni elemen yang berperan menjadi sebuah fungsi dan juga elemen yang memberikan hiasan. Namun ada pula elemen yang mampu memberikan keduanya secara sekaligus, contohnya yaitu rooster.
Rooster atau yang sering kita sebut roster mungkin dulunya adalah sebuah elemen yang hanya memberikan fungsi sebagai ventilasi udara. Namun pada masa sekarang ini, roster ternyata mampu juga diaplikasikan sebagai elemen penghias, yang menjadikan tampilan eksterior maupun interior menjadi jauh lebih berkesan modern.
Nah kali ini kita akan coba melihat berbagai aplikasi roster, terutama roster putih, yang mampu menghadirkan kesan modern pada sebuah rumah hunian. Seperti apakah penampilannya? Jika Anda penasaran, langsung saja kita lihat bersama melalui pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Roster?

Apakah ada sebagian diantara Anda yang masih belum mengetahui apa itu roster? Tenang, kami akan sedikit memberikan gambaran kepada Anda. Karena ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai roster sebelum mengaplikasikannya ke dalam bangunan Anda.
Secara mudahnya, bisa dikatakan roster merupakan sebuah lubang pada dinding yang memiliki fungsi untuk menciptakan sistem sirkulasi udara yang jauh lebih maksimal. Dan untuk bentuknya sendiri tentu ada beragam model. Dari mulai persegi, lingkaran, kotak, segi enam, dan lain sebagainya.
Untuk pembuatannya, roster terbuat dari berbagai macam bahan. Seperti beton, semen dan pasir, keramik, batako, tanah liat, dan sebagainya. Dan untuk teknik pengaplikasiannya, bisa dikatakan roster tidak terlalu rumit. Sehingga cocok untuk menjadi alternatif elemen penghias bangunan Anda, selain dari segi fungsionalitasnya yang memang sangat berguna.

Roster Putih Pada Ruang Keluarga

Untuk yang pertama, Anda bisa coba aplikasikan roster putih pada ruang keluarga, ruang bersantai, ataupun ruang tamu. Seperti pada inspirasi diatas, roster putih diaplikasikan pada ruang keluarga, dengan letaknya yang berada di belakang sofa panjang.
Inspirasi ini tentu cocok untuk Anda yang mengusung tema semi open space, dimana ada beberapa fungsi ruang yang berdekatan dengan ruang keluarga. Roster putih ini nantinya akan memberikan berbagai fungsi. Selain untuk kelancaran sirkulasi udara, juga sebagai sekat pemisah antara ruang keluarga dengan fungsi ruang di belakangnya.
Selain dari segi fungsi, tidak lupa roster putih ini juga memberikan elemen dekoratif yang mampu menghias ruang keluarga anda nampak lebih menawan. Dengan bentuk motif berupa garis dan bangun geometris, mampu membuat ruangan anda lebih berkesan modern.
Pada bagian bingkai, anda bisa berikan warna yang kontras untuk semakin menonjolkan keindahan dari roster tersebut.

Roster Putih Pada Kamar Tidur

Apakah kamar tidur Anda jadi satu dengan fungsi ruang lainnya? Jika iya, maka akan sangat cocok jika Anda menerapkan roster putih ke dalamnya. Dibanding menggunakan dinding polos belaka, maka roster putih bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kesan modern yang ingin anda dapatkan.
Seperti pada inspirasi diatas misalnya, terdapat kamar tidur yang bersebelahan dengan balkon. Penerapan roster putih diatas jelas menampilkan sebuah kesan yang keren. Tidak hanya sirkulasi udara yang maksimal, dan juga pencahayaan alami yang masuk ke dalam kamar, namun juga mampu memberikan siluet pemandangan kota yang bisa menciptakan kesan luas pada kamar tidur.
Anda bisa mencoba inspirasi diatas, jika Anda sudah merasa bosan dengan tampilan kamar tidur anda. Apa lagi jika kamar Anda terasa sumpek dan sempit, maka inspirasi ini bisa anda terapkan untuk mengubah penampilan interior ruangan Anda. Namun jangan lupa untuk menambahkan tirai. Karena tentunya anda membutuhkan kenyamanan privasi dalam ruangan kamar tidur Anda.

Roster Putih Pada Dinding Tangga

Untuk Anda yang memiliki bangunan bertingkat, maka tidak ada salahnya jika Anda coba melirik inspirasi roster putih yang satu ini. Daripada menggunakan dinding polos biasa, kenapa tidak mulai mencoba roster untuk dinding tangga Anda? Yang pasti tangga rumah Anda akan tampil lain dari biasanya!
Terlebih lagi jika ada fungsi ruang lain yang terdapat pada sebelah dinding tangga tersebut. Dengan menggunakan roster putih, maka akan memberikan sirkulasi udara yang jauh lebih baik untuk fungsi ruang tersebut. Selain dari segi estetik, yang sudah pasti tampil keren dan jadi jauh lebih modern.
Untuk lebih menambah keren, Anda bisa memberikan warna bingkai yang senada dengan warna anak tangga. Jika pada inspirasi diatas, diberikan warna bingkai dengan elemen kayu yang selaras dengan anak tangga yang ada. Tidak harus serupa dengan diatas tentunya, Anda bisa berkreasi sendiri menyesuaikan dengan tema warna yang sudah ada pada tangga milik Anda. Namun jika ingin mencontoh seperti diatas, maka Anda bisa gunakan railing tangga kaca tanpa hand railing untuk semakin menonjolkan kesan modern.

Roster Putih Untuk Area Belakang Rumah

Bisa dikatakan roster merupakan sebuah elemen yang adaptif, dimana bisa dikreasikan pada berbagai tempat sesuai dengan daya kreasi pemilik hunian. Seperti pada contoh diatas misalnya, roster mampu tampil menawan saat diaplikasikan pada ruangan dalam rumah yang bersebelahan dengan taman.
Roster tersebut mampu mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan rumah, sehingga jauh dari kesan silau. Sehingga kita tetap mampu melihat ke bagian luar dengan nyaman meskipun cuaca sedang sangat terik , karena intensitas cahaya yang ada sudah cukup redup.
Hal itulah yang menjadikan roster putih diatas nampak menawan dan juga modern. Karena selain dari penampilannya yang berpadu cantik dengan tema ruangan, juga dari segi fungsionalitas yang mampu memberikan manfaat secara maksimal. Tentu inspirasi roster diatas akan sangat cocok menjadi pertimbangan untuk anda terapkan pada rumah hunian Anda.

Roster Putih Pada Dapur

Contoh lainnya bisa Anda lihat pada inspirasi diatas. Jika anda memiliki dapur ataupun ruang makan yang bersebelahan dengan taman kecil atau area belakang rumah, maka penggunaan roster putih adalah pilihan yang cukup apik.
Dari segi manfaat tentu sudah tidak diragukan lagi. Adanya sirkulasi udara yang maksimal, jelas menjadi salah satu alasan kuat penggunaan roster. Terlebih untuk area dapur, dimana perlu adanya sarana untuk keluar masuk udara, sehingga tidak menyebabkan dapur pengap dan beraroma tidak sedap.
Untuk segi visual, maka jelas penggunaan roster putih diatas memberikan elemen dekoratif yang cukup menghadirkan corak berbeda. Jika ingin kesan yang lebih menyatu dengan dinding yang ada di sebelahnya, maka Anda biarkan saja roster putih tersebut tampil polos tanpa perlu menambahkan kontras untuk bagian bingkainya.

Roster Putih Untuk Eksterior

Lantas bagaimana penampilan roster putih untuk bagian eksterior rumah? Tidak diragukan lagi, tentu akan menghasilkan keindahan tersendiri. Penampilan yang menarik dan juga memikat tentu akan didapat dari kesan pertama saat melihat fasad rumah yang terdapat roster putih ini.
Anda bisa memilih pola-pola unik mamupun pola simetris, terserah Anda tentunya. Yang jelas apapun pola pilihan Anda, nantinya akan menghasilkan kesan bangunan yang jauh lebih keren dan modern dibandingkan sebelumnya.
Ditambah lagi, selain sebagai elemen penghias, maka roster ini bisa menjadi secondary skin yang tentunya akan lebih menjaga bangunan anda tahan terhadap berbagai tantangan cuaca yang ada. Jadi bagaimana, tertarik untuk mengaplikasikan roster putih ini ke dalam rumah hunian Anda?

Nah itu tadi ulasan yang bisa kami berikan mengenai roster putih yang bisa mengubah tampilan rumah Anda jadi tampil lebih keren dan juga modern. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan