Ruang Dapur Dengan Hiasan Taman Yang Menyejukkan Mata

salah satu area penting dalam rumah sebagai variabel pertama yang berpengaruh ke dalam aspek keharmonisan keluarga yaitu area dapur. Dalam perkembangannya di era modern seperti sekarang ini, dapur bukanlah semata sebuah tempat memasak, melainkan sebuah area yang cukup erat kaitannya dengan aspek kreatifitas, kehangatan, dan keharmonisan dalam sebuah keluarga. Bagaimana bisa kehangatan dan keceriaan dalam keluarga tercipta dengan sebuah masakan yang ala kadarnya? Dan bagaimana bisa sebuah kreatifitas dalam menu harian keluarga muncul dalam sebuah area yang bahkan tidak menarik untuk kaki melangkah kedalamnya?

Cara menjadikan area dapur menjadi sebuah ruangan yang menarik salah satunya dengan menggabungkan unsur alam ke dalamnya. Harmonisasi yang padu dan selaras dengan alam, tidak hanya menambah kecantikan namun juga menciptakan daya kreatifitas dan semangat tinggi dalam proses kreasi menu harian untuk keluarga tercinta. Apalagi jika dapur anda memiliki konsep menyatu dengan ruang makan keluarga.

Bagaimana cara untuk mewujudkan itu semua?  Anda harus melepaskan konsep pemikiran bahwa taman adalah diluar, dan dapur adalah di dalam. Dengan melepaskan sekat tersebut maka anda bisa menggabungkan sebuah konsep dapur yang menyatu dengan taman. Anda bisa menempatkan dapur anda berada di ruang terbuka menyatu dengan taman, ataupun menyandingkan dapur anda dengan taman, dimana anda akan memiliki semua akses pemandangan indah pada taman anda ketika anda sekeluarga sedang makan bersama.

Lalu bagaimana jika ternyata hunian anda memiliki konsep rumah minimalis tanpa memiliki lahan yang cukup untuk penciptaan sebuah taman yang asri? Apakah anda harus memupus keinginan untuk membuat suasana makan malam anda bersama keluaraga menjadi semarak dan menyenangkan? Tentu tidak. Jika anda tidak bisa membawa dapur ke taman, maka lakukanlah sebaliknya, bawalah taman ke dalam dapur anda! Anda bisa mewujudkan hal tersebut tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam, asalkan anda mau berkreasi dan imajinatif dalam mewujudkan nuansa taman yang ideal untuk ditempatkan ke dalam dapur anda.

➣ Perhatikan luas dapur anda

Sebagian besar konsep rumah minimalis memiliki ukuran dapur yang tidak terlalu luas. Namun jangan khawatir, anda bisa mensiasatinya. Caranya aturlah komposisi letak perabotan dapur anda. Sisakan satu sudut khusus sebagai spot untuk taman anda. Selain itu, pada sisi lainnya anda bisa menambahkan cermin, untuk menambahkan kesan luas pada dapur anda.

Bagi anda yang memiliki dapur dengan luas yang cukup memadai, maka taman dengan posisi center adalah saran yang terbaik. Dimana semua layout dapur diatur dengan mengarah terhadap taman.

➣ Pilihlah tema yang pas

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan adalah pemilihan tema taman. Perhatikan tema apa yang ingin anda tonjolkan dalam nuansa ruang dapur anda. Hal ini tentunya juga sangat berkaitan dengan pemilihan tanaman. Jangan menggunakan tanaman yang membutuhkan perhatian ekstra anda. Sebaiknya pilihlah tanaman yang tak perlu disiram setiap hari. Beberapa tanaman yang bisa menjadi pilihan diantaranya adalah palem kuning, lili paris, peace lily, ataupun aglonema.

Bagi anda yang tidak ingin terlalu repot, maka anda bisa mengaplikasikan tema taman gantung. Selain cukup mudah, tema ini juga menghadirkan nilai artistik yang tinggi dimana mampu menambah kehangatan natural dalam kegiatan makan bersama anda sekeluarga.

➣ Perawatan atau Maintenance

Untuk menjaga taman anda tetap indah dan sejuk, tentunya anda harus meluangkan waktu untuk melakukan perawatan. Dengan pemilihan tanaman yang tepat, anda tidak perlu sibuk setiap harinya hanya untuk menyirami taman anda. Pilihlah tanaman yang memerlukan waktu perawatan pada kisaran satu atau dua kali dalam tiap minggunya.
Mengenai teknik penyiraman pada taman mungil anda, tentu cukup berbeda. Anda bisa menggunakan metode semprotan air yang dimodifikasi dari botol bekas parfum. Dan bagi anda yang menggunakan material bekas misalnya gelas atau botol yang tak lagi terpakai sebagai ornamen taman, jangan lupa untuk menggunakan coating antijamur agar materialnya tahan lama.

Demikian ulasan singkat mengenai ide taman pada ruang dapur anda. Dengan sedikit kemauan dan imajinasi anda, maka dapur akan menjadi sebuah ruang yang sangat menyenangkan sebagai ruang kreatifitas dalam memasak, dan juga area yang menyejukkan dalam prosesi makan bersama.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan