SERBA SERBI, IDE DESAIN, DAN TIPS-TIPS RUMAH MINIMALIS PADA LAHAN SEMPIT

Jasa Bangun Rumah – Sebuah hunian atau rumah saat ini bukanlah hanya sebagai sarana berteduh semata, melainkan juga harus memberikan faktor kenyamanan bagi anggota keluarga yang tinggal di dalamnya.
Aspek kenyamanan merupakan salah satu variabel penting yang harus terpenuhi pada sebuah hunian.Dimana kenyamanan adalah suatu pondasi dalam terciptanya keharmonisan dalam suasana antar keluarga yang menghuni dalam sebuah rumah. Selain itu, kenyamanan merupakan salah satu pendukung terciptanya daya kreatifitas yang berperan penting dalam peningkatan taraf hidup berkeluarga. Maka dari itu, proses pembangunan sebuah hunian harus memiliki konsep yang jelas sejak awal, agar menghasilkan suasana keceriaan yang kondusif bagi mereka yang mendiami didalam hunian tersebut.

Seringkali kita berpikiran bahwa suatu hunian yang nyaman identik dengan rumah yang cukup megah dan luas. Namun sepertinya itu merupakan hal yang keliru. Kita mampu menciptakan sebuah hunian yang nyaman meskipun hanya memiliki lahan yang sempit ataupun tidak terlalu luas. Harga lahan yang semakin meningkat setiap tahunnya, ditambah dengan tingkat kesulitan mencari lahan pemukimam pada daerah potensial yang kita kehendaki,seringkali menjadikan kita terjebak pada sebuah lahan yang sempit. Namun anda tidak perlu untuk khawatir, dengan ide konsep yang matang dan terencana, kita bisa menghadirkan suasana kenyamanan pada hunian tempat tinggal kita dengan memanfaatkan lahan yang bahkan bisa dibilang cukup sempit. Seperti apakah gambarannya, mari kita ulas bersama.

➣ Karakteristik

Apakah lahan yang sempit membuat anda pesimis dan kurang semangat dalam mewujudkan hunian idaman bagi anda dan keluarga? Maka pemikiran tersebut adalah hal yang keliru. Sebuah lahan sempit sanggup menghadirkan nilai-nilai positif dalam hunian anda. Mari kita cek beberapa keunggulannya.

• Segi Biaya

Meskipun hunian Anda berada pada lahan sempit, namun anda justru bisa lebih berhemat untuk mendesainnya. Lahan sempit tidak akan membutuhkan banyak hal yang perlu anda beli. Dari sisi pembiayaan bahan bangunan tentu bisa anda hemat dalam hal ini.

Pada interior ruangan, anda juga tidak perlu membeli banyak perabotan rumah. Dikarenakan rumah yang mungil tentu tidak memungkinkan bagi anda untuk menyimpan perabotan dalam jumlah besar. Keuntungan dalam hal ini adalah, anda bisa lebih mengalokasikan dana lebih yang anda punya untuk kebutuhan lain, misalnya asuransi rumah, tabungan pendidikan keluarga, dan masih banyak lagi. Dengan adanya penghematan pada sisi biaya pembangunan rumah, tentunya berimbas positif pada alokasi dana untuk kebutuhan anda dan keluarga di sisi lainnya.

• Sisi Artistik Hunian

Sebuah hunian pada lahan yang sempit tentu akan terlihat lebih unik daripada yang lainnya. Pada rumah yang mungil anda bisa menonjolkan sisi artistik keindahan bangunan tersebut melalui konsep gaya minimalis nan unik, dimana menambah nilai positif dalam karakter hunian anda.
Keunikan rumah bisa berasal dari bentuknya, maka anda bisa sedikit berkreasi dengan bentuk arsitektur rumah. Anda bisa menggabungkan ide konsep minimalis dengan gaya apapun, baik klasik, modern, hingga futuristik sekalipun. Bentuk rumah yang tidak biasa akan menjadi perhatian banyak orang, bahkan sebelum orang tersebut masuk ke dalam rumah Anda. Hal ini tentunya menjadi nilai plus dalam sisi keindahan pada hunian rumah yang anda miliki.

• Efisiensi

Dengan ukuran rumah di lahan yang sempit, maka anda tidak akan dihadapkan dengan banyak kerepotan. Terutama dalam masalah kebersihan dan juga sisi perawatan rumah. Sebuah hunian mungil tentunya memberikan banyak efisiensi waktu bagi anda untuk membersihkannya. Cakupan areanya yang tidak terlalu luas, akan memberikan anda konsentrasi detail mengenai kebersihan rumah anda hingga pada setiap sudut ruangan. Begitu pula dari sisi perawatan, dengan tidak banyaknya perabotan yang ada membuat anda menjadi lebih fokus dalam sisi pengawasan dan perawatan terhadap interior anda.

➣ Faktor Penting

Setelah kita melihat beberapa keuntungan yang ditawarkan, maka kita beranjak pada pembahasan berikutnya. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan di awal tahap perencanaan hunian anda. Meskipun hunian anda merupakan sebuah rumah mungil, namun haruslah memenuhi syarat dasar agar hunian anda menjadi sebuah tempat tinggal yang nyaman untuk anda tempati bersama keluarga.

• Tata Ruang

Desain tata ruang yang pas dalam sebuah rumah adalah suatu keharusan dalam menciptakan sebuah kenyamanan dalam hunian anda. Penempatan dan peletakan ruangan yang sesuai dengan fungsi ruangan itu sendiri, serta sesuai dengan alur kegiatan sehari hari penghuni rumah, merupakan hal penting yang harus anda perhatikan. Tata ruang yang tepat akan memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam tempat tinggal anda.
Salah satu contoh kecil:

Penempatan kamar mandi dan toilet yang diletakan pada ruang publik, semisal ruang keluarga. Hal ini tentu akan menghadirkan perasaan tidak nyaman bagi penghuni yang sedang berkumpul di ruang keluarga ketika ada salah seorang penghuni memasuki kamar mandi atau toilet. Dari sisi pengguna kamar mandi pun tentunya menjadi kurang nyaman selama berada di dalam kamar mandi.
Hal-hal sepele seperti itu haruslah menjadi pertimbangan dan dipikirkan secara matang. Sebaiknya penempatan kamar mandi atau toilet untuk rumah pada lahan sempit diletakan terpisah agak jauh dari ruang publik.

• Kesehatan

Sistem yang paling baik digunakan untuk merancang sistem sirkulasi udara yang alami adalah dengan sistem ventilasi silang (cross ventilation). Pada sistem ventilasi silang, sirkulasi udara diatur sedemikian rupa agar bisa mengalir dari satu titik ventilasi udara menuju titik ventilasi udara lain, begitu juga sebaliknya. Dengan adanya perbedaan tekanan didalam dan diluar bangunan, maka aliran udara tidak akan terjebak di dalam rumah, yang menyebabkan rumah terasa pengap dan panas. Atau jika dirasa kurang memungkinkan, maka anda bisa menggunakan bantuan AC pada hunian anda. Setelah kita melihat sisi penghematan di awal pembahasan tadi, tentunya anda memiliki alokasi dana yang cukup untuk penggunaan AC di dalam rumah anda bukan?

• Keindahan

Keindahan sebuah rumah dapat dilihat di dalam dan dari luar, atau interior dan eksterior. Interior sebuah rumah yang baik adalah adanya keserasian tata ruang dengan penempatan perabot/ furnitur rumah, mulai dari warna, model, dan ukuran perabot mebel. Ketepatan dan keserasian adalah salah satu hal penting yang mampu mewujudkan sebuah hunian yang nyaman dan menyenangkan.

➣ Desain Minimalis Untuk Hunian Pada Lahan Sempit

Sekarang tiba saatnya kita pada pembahasan mengenai ide desain rumah minimalis yang bisa diterapkan jika anda kebetulan memiliki lahan yang tidak terlalu luas. Berikut ini adalah beberapa ide desain yang mungkin bisa menjadi masukan untuk anda dalam merencanakan dan membangun rumah yang nyaman.

• Rumah minimalis hanya dengan 5 ruangan

Keterbatasan lahan bukanlah menjadi penghalang bagi anda untuk mendapatkan sebuah hunian yang nyaman. Anda bisa memiliki rumah minimalis yang dibangun hanya dengan 5 ruangan saja yaitu 2 kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. Bagi anda yang belum memiliki buah hati, maka satu kamar yang tersisa bisa digunakan sebagai area penyimpanan barang-barang anda. Pada saat tidak ada tamu ataupun rekan yang berkunjung, maka ruang tamu bisa menjadi area bersantai bagi anda dan pasangan.

• Kembangkan menjadi area taman mini jika anda mempunyai tanah yang agak lebar

Sebuah hunian dengan rumah mungil bukanlah halangan untuk mendapatkan kesan asri dan alami. Dengan perencanaan yang matang, maka anda akan mendapatkan space untuk menjadikan lahan anda sebagai taman mini yang mampu menghadirkan nuansa kesejukan pada hunian anda.

• Punya ruangan berlebih? Jadikan sebagai area relaksasi dengan bath tub


Siapa bilang rumah kecil tidak mampu menghadirkan kenyamanan? Semua kepenatan dan rasa lelah akan aktivitas seharian rasanya akan sirna begitu kita merebahkan diri pada bath tub. Relaksasi sepulang kantor atau beraktivitas diluar rumah akan membuat penghuni merasa segar untuk menyongsong hari esok yang lebih ceria.

• Perencanaan untuk menambah lantai

Salah satu trik untuk mensiasati lahan yang sempit tentunya adalah dengan penambahan lantai pada hunian anda. Anda belum memiliki cukup dana? Tidak masalah. Tapi mulailah dari sekarang untuk merencanakan area dimana anda akan meletakkan tangga yang akan menghubungkan lantai dasar dengan lantai atas nantinya

• Jadikan dapur menjadi satu ruangan dengan meja makan

Trik lainnya untuk mensiasati terbatasnya lahan yaitu dengan menggabungkan area dapur dengan ruang makan. Dengan pemilihan pantry ataupun kitchen set yang tepat, maka suasana makan anda bersama keluarga akan menjadi lebih semarak dan juga menyenangkan. Siapa bilang rumah mungil tidak bisa bergaya modern?

➣ Tips

Setelah kita melihat beberapa ide desain yang bisa anda pertimbangkan dalam membangun rumah hunian anda, mari kita simak beberapa tips berikut ini. Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa menjadikan rumah minimalis anda menjadi terlihat lebih indah, cantik, dan juga nyaman.

• Penggunaan warna terang dan netral

Jadikan rumah minimalis anda memiliki kesan yang luas. Dengan pemilihan warna yang tepat, maka akan didapatkan efek luas pada ruangan anda. Anda bisa menggunakan warna putih, kuning, ataupun abu-abu. Warna-warna tersebut akan menghadirkan kesan yang nampak luas pada ruangan anda. Tidak hanya satu warna, anda bisa juga berkreasi dengan kombinasi dua ataupun tiga warna yang bisa membuat hunian anda menjadi lebih cantik dan berkesan.

• Langit-langit

Tips lain yang bisa digunakan untuk menghadirkan kesan luas pada hunian anda yaitu dengan memperhatikan langit-langit rumah. Bentuk langit-langit yang rendah akan membuat efek sempit pada ruangan anda. Maka dari itu cobalah untuk membuat langit-langit ruangan anda menjadi lebih tinggi, agar menghadirkan efek ruangan yang luas.

• Furniture

Pada konsep rumah minimalis, maka pemilihan perabotan adalah hal yang penting. Pilihlah perabotan yang berkonsep simpel dan juga tidak memiliki banyak motif. Dari segi ukuran, carilah perabotan dengan ukuran yang kecil. Untuk segi warna, usahakan untuk mencari perabotan yang memiliki warna senada dengan rumah untuk menghadirkan keharmonisan dan keseimbangan tema yang hendak anda tonjolkan pada rumah minimalis anda.

• Pencahayaan

Selain sirkulasi udara yang telah kita bahas di awal, maka pencahayaan juga merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatian untuk sisi kesehatan dan kenyamanan pada rumah minimalis anda. Anda bisa membuat desain rumah dengan banyak jendela agar sinar matahari dapat bebas masuk ke dalam. Dengan pencahayaan yang tepat tidak hanya membuat hunian menjadi lebih sehat, namun juga menghadirkan kesan luas pada ruangan. Selain itu, tentunya akan menambah penghematan pada listrik untuk siang harinya.

Demikian pembahasan mengenai karakteristik, keunggulan, ide desain, dan juga tips-tips yang bisa anda pertimbangkan sebagai acuan anda dalam membangun rumah minimalis pada sebuah lahan yang sempit. Sekarang anda tidak perlu lagi khawatir. Dengan ide konsep dan juga pelaksanaan yang tepat guna, maka lahan sempit yang anda miliki akan berubah menjadi sebuah hunian yang tidak hanya indah namun juga nyaman untuk anda tempati bersama dengan keluarga.

Kami cv.karya mandiri siap mewujudkan untuk memiliki rumah impian,harga terjangkau dan dengan material yg berkwalitas,tepat waktu dan bergaransi.

Tinggalkan Balasan