Serba Serbi Investasi Rumah Kos

Seperti kita ketahui bersama, pada era sekarang ini semua kebutuhan hidup sudah menunjukkan titik yang cukup tinggi untuk bisa mendapatkannya. Dengan berbagai macam problematika yang ada menjadikan barang yang sekiranya simpel untuk kehidupan keseharian pun sudah berada pada harga yang bisa dibilang tidak murah lagi.

Oleh karena itu, kita harus mampu secara cermat merencanakan aspek finansial di masa ke depannya, salah satunya adalah dengan cara investasi. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai investasi pada rumah kos, sebuah investasi yang cukup terkenal pada kalangan umum dimana mampu memberikan hasil yang sangat memuaskan. Mari kita ulas bersama untuk lebih detailnya.

Kelebihan
Mari kita tinjau dari sisi positifnya terlebih dahulu

Peminat Masih Tinggi

Peluang utama bagi anda yang hendak menginvestasikan dana anda dalam rumah kos datang dari aspek peminatnya yang masih begitu tinggi. Kamar kos merupakan sebuah kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi oleh pendatang yang sedang menuntut ilmu ataupun bekerja di lingkup daerah tersebut. Rumah kos anda akan menjadi tempat yang sangat dibutuhkan terlebih bila berada di dekat sekolah, kampus, ataupun perkantoran.

Keuntungan atau Capital gain Yang Relatif Tinggi

Ada hal yang perlu diperhatikan, bahwa harga tanah di Indonesia ini bisa dikatakan mengalami kenaikan setiap detiknya. Atas dasar tersebut, maka investasi properti akan menguntungkan bila dilakukan untuk tujuan investasi jangka panjang. Kamar kos tidaklah hanya menjual fisik bangunan semata, melainkan ada penjualan jasa di dalamnya. Maka tidak mengherankan jika kamar kos ini menawarkan nilai capital gain yang lebih tinggi.

Penambahan Nilai Jual

Jika anda jeli dalam melihat beberapa aspek yang dibutuhkan oleh para penghuni pada rumah kos anda, maka anda bisa membuka lahan bisnis baru untuk menambah nilai jual kos anda. Sebagai contoh sederhana adalah bisnis laundry kiloan yang sangat membantu bagi para penghuni dengan mobilitas tinggi. Bisa juga dengan warung makan bagi para penghuni kos yang tidak ingin jauh-jauh untuk mencari makan. Atau bisa juga membuka jasa penitipan hewan peliharaan jika memang anda mengijinkan para penghuni untuk membawanya ke dalam rumah.

➣Kelemahan
Setelah melihat aspek positif diatas, maka mari kita bedah sejenak dari aspek negatifnya

Segi Pengaturan, Pengawasan, Dan Perawatan

Sudah kita ketahui bersama bahwa usia muda ataupun peralihan dari muda ke dewasa merupakan rentang waktu dimana penuh gejolak pertentangan akan aturan yang mengikat. Sehingga nantinya akan dijumpai adanya beberapa pelanggaran aturan dari penghuni kos atas aturan-aturan yang telah anda tetapkan pada rumah kos.

Dari segi pengawasan, tentunya anda akan lebih membutuhkan waktu ekstra untuk mengawasi ketertiban dan ketenangan pada hunian rumah kos yang kita miliki. Dengan berbagai macam kateristik penghuni yang mendiami kos anda. Maka akan ada beberapa kendala ataupu masalah yang akan terjadi bahkan melalui hal sepele sekalipun.

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan aspek perawatan dalam hunian rumah kos. Karena terkadang pada penghuni kurang adanya memiliki rasa mempunyai, sehingga seringkali lalai ataupun acuh terhadap fasilitas, kebersihan maupun kenyamanan hunian kos yang anda miliki.

Pembayaran yang tertunda

Tanpa bermaksud untuk mendiskreditkan penghuni, namun seringkali dijumpai penghuni kos yang mengalami penunggakan dalam pembayaran biaya kos anda. Dari beberapa sebab semisal kiriman orangtua yang tidak lancar, atau memang sedang dalam kondisi kesulitan finansial dimana tidak dapat melunasi uang kos dengan tepat waktu

.➣Kesimpulan

Setelah melihat penjabaran diatas, maka tentunya anda sudah mempunyai gambaran besarnya bukan? Investasi pada rumah kos menawarkan anda sebuah keuntungan yang sangat menjanjikan pada masa kedepannya.

           ➣Tips mengelola kos

Berikut beberapa hal yang bisa anda terapkan:

  • Pekerjakan setidaknya dua orang asisten untuk efisiensi waktu anda, satu bagian keamanan serta koordinasi dengan penghuni kos dan satu bagian kebersihan
  • Pilih asisten secara cermat. Carilah yang memiliki tanggung jawab dan bisa dipercaya.
  • Usahakan untuk selektif dan bijak dalam menerima calon penghuni
  • Lakukan pendekatan terhadap para penghuni. Sehingga kesan yang ditimbulkan tidak hanya sebatas pemberi jasa. Berikan pendekatan selayaknya orangtua pengganti, untuk mendapatkan respek dan perhatian. Para penghuni akan segan berbuat hal negatif terhadap pihak yang mendapatkan respek dari mereka
  • Akan lebih baik jika anda memasang cctv untuk tindakan pencegahan dan pengamanan berlapis
  • Jika pasar penghuni adalah mahasiswa, akan lebih bijak jika pembayaran dilakukan setidaknya per 3 bulan, 6 bulan, atau pertahun, dikarenakan masih kurangnya manajemen finansial pada usia tersebut.
  • Berikan aturan secara tegas, namun juga bersahabat sehingga tidak terkesan adanya pengekangan
  • Ciptakan kesan kekeluargaan dalam hunian kos anda, untuk meminimalisir terjadinya perselisihan antar penghuni kos
  • Bersikap aktif dan komunikatif terhadap penghuni untuk meningkatkan aspek kedekatan dimana mampu meminimalisir hal negatif yang akan terjadi

Demikian gambaran garis besar untuk anda jadikan referensi dalam berinvestasi rumah kos. Dengan perencanaan yang matang dan tepat maka anda akan mendapatkan jaminan keuntungan finasial yang cukup besar di kemudian harinya. Segera lakukan perencanaan dari sekarang dan nikmatilah hasilnya yang akan membuat kehidupan anda sekeluarga semakin sejahtera dan bahagia.

Tinggalkan Balasan