Problem lahan yang terbatas tentu sudah menjadi hal umum yang dirasakan oleh banyak orang pada masa kini. Akibat dari keterbatasan lahan yang ada di perkotaan, kemudian juga harganya yang terbilang cukup mahal, maka menjadikan kita harus cukup puas dengan lahan yang dimiliki saat ini. Dan dari problem tersebut, biasanya harus ada beberapa hal yang dikorbankan. Salah satunya adalah kamar tidur yang kecil, demi untuk menghadirkan beberapa fungsi ruang lainnya dengan optimal.
Namun anda tidak perlu berkecil hati dengan kondisi kamar tidur yang kecil tersebut. Meskipun relatif kecil, namun dengan penataan yang tepat nantinya akan menjadikan kamar anda jadi tetap tampil menarik dan juga nyaman.
Lantas hal apa saja yang bisa diupayakan? Tentunya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadikan kamar anda yang kecil jadi tampak jauh lebih menarik. Beberapa diantaranya bahkan bisa menjadikan kamar anda yang tadinya kecil bisa nampak jauh lebih lega dan luas. Dan berbagai hal tersebut akan kita ulas bersama melalui pembahasan di bawah ini!

Inspirasi Kamar Serba Putih

Tentu sudah menjadi sebuah rahasia umum jika warna terang mampu menghadirkan kesan ruangan yang jauh lebih luas. Karena itu kenapa tidak anda coba untuk mewujudkannya ke dalam kamar anda yang kecil? Cobalah untuk menjadikan kamar anda serba putih misalnya. Dijamin tampilannya akan jadi jauh berkesan, dan tentunya akan jadi nampak lebih lapang dan lega.

Sebagai contohnya maka anda bisa melihat dari gambar diatas. Penggunaan warna serab putih menjadikan kamar yang tadinya kecil bisa nampak jauh lebih lapang. Anda bisa menerapkan warna putih pada dinding kamar, berbagai perabotan yang ada, hingga pada bagian tempat tidur anda.
Namun yang perlu diingat, anda perlu menambah beberapa aksen pada kamar anda agar tampilan yang ada tidak terkesan monoton. Semisal dengan menambahkan karpet dengan tambahan corak hitam, kemudian menambahkan elemen dekoratif berupa tanaman hias. Dengan tambahan hal tersebut, maka ide kamar serba putih anda jadi tampak sangat menarik meskipun ukurannya tidak terlalu luas.

Selalu Perhatikan Masalah Penyimpanan

Sebuah kamar tidur dengan ukuran yang kecil sebenarnya bukanlah sebuah masalah. Namun akan jadi masalah ketika kamar anda yang kecil jadi nampak penuh dengan berbagai barang. Menggunakan beberapa lemari penyimpanan bisa jadi sebuah jawaban, namun bukan jawaban yang ideal pada sebuah kamar yang berukuran kecil. Penambahan beberapa lemari penyimpanan tentunya makin menambah sempit kamar anda yang kecil.

Salah satu tips ideal untuk menjawab problem tersebut adalah dengan menggunakan tempat tidur yang memiliki fungsi tambahan sebagai storage atau ruang penyimpanan. Nantinya anda bisa meletakkan berbagai barang anda seperti pakaian maupun pernik lainnya ke dalam penyimpanan tempat tidur anda. Dengan begitu, anda tidak lagi memerlukan tambahan beberapa lemari yang justru bisa membuat kamar anda jadi semakin sempit.

Bahkan jika anda mau, anda bisa menggunakan tempat tidur yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan saja, namun juga bisa dilipat ke dalam. Seperti pada contoh diatas, dimana tempat tidur yang ada bisa dimasukkan ke dalam saat tidak digunakan. Hal ini jelas akan membuat kamar anda yang kecil menjadi jauh lebih lapang. Tinggal lipat saja tempat tidurnya pada siang hari, dan anda bisa mendapatkan space kamar yang jauh lebih luas dan lega!

Pemilihan Furnitur Yang Tepat

Tentunya sebuah kamar yang kecil bisa jadi makin berantakan jika anda salah menempatkan berbagai furnitur ke dalamnya. Furnitur memang hal yang penting, namun untuk kamar yang kecil maka anda harus selektif dalam memilihnya. Salah dalam memilih furnitur, maka hanya akan mengakibatkan kamar anda jadi semakin ramai dan penuh sesak.

Sebagai tips untuk kamar anda yang kecil, maka anda perlu memilah furnitur mana saja yang memang diperlukan. Hindari untuk menambahkan berbagai furnitur yang kurang penting, agar anda tetap mendapatkan space yang cukup lega untuk kamar anda yang kecil.
Pilihlah furnitur dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Seperti pada kursi misalnya, gunakan saja kursi kecil dengan desain yang bisa menjadikannya sebagai unsur dekoratif. Dengan begitu anda tidak perlu menambah ramai kamar anda dengan unsur dekoratif lainnya yang hanya menambah sumpek kamar anda. Kemudian anda bisa menggunakan rak melayang tanpa penutup sebagai media penyimpanan buku-buku anda. Dengan adanya rak terbuka, nantinya bisa menambahkan kesan luas terhadap kamar yang kecil dibandingkan menggunakan rak yang tertutup.

Rak melayang yang bisa berfungsi juga sebagai tempat kerja atau tempat belajar juga menjadi salah satu tips ampuh untuk mengurangi kesan sumpek yang ada pada sebuah kamar berukuran kecil. Dibandingkan penggunaan furnitur berupa meja yang standar, ide seperti diatas mampu menghadirkan kesan visual yang nampak jauh lebih menarik. Dan yang pasti kamar anda yang kecil jadi nampak semakin lega nantinya.

Perhatikan Pencahayaan Dan Juga Dekorasinya

Kamar dengan ukuran yang kecil tentu membutuhkan perhatian yang lebih ekstra. Salah dalam penataan interiornya, bisa menjadikan kamar tersebut nampak sumpek. Dan sudah tentu kamar yang sumpek akan jauh menurunkan tingkat kenyamanannya.

Cobalah anda perhatikan dengan benar mengenai unsur pencahayaan yang ada pada kamar anda tersebut. Pastikan kamar anda memiliki pencahayaan alami yang cukup. Berikan bukaan yang cukup lebar, semisal dengan jendela yang cukup besar disamping tempat tidur anda. Selain nantinya mendapatkan cahaya yang maksimal, maka sistem sirkulasi udara pada kamar anda menjadi jauh lebih maksimal dengan adanya bukaan yang lebar. Dengan begitu, dijamin kamar anda jauh dari kesan sumpek dan suram jika anda memperhatikan tips yang satu ini.

Kemudian hindari untuk menambahkan dekorasi yang terlalu banyak. Cukup gunakan saja satu hingga dua elemen dekoratif ke dalam kamar anda. Satu lukisan kecil memanjang dan juga satu pigura foto pemandangan rasanya sudah cukup maksimal untuk menjadikan kamar anda yang kecil menjadi jauh lebih menarik dan berwarna.
Anda bisa juga menambahkan satu cermin besar ke dalam kamar anda. Seperti yang sudah diketahui, cermin besar mampu merefleksikan ruangan yang ada, sehingga efeknya akan menghadirkan ilusi seolah ruangan anda menjadi semakin luas. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba ya.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan