Cv. karya mandiri, kali ini akan membahas tentang dekorasi Pada sebuah rumah hunian yang tidak hanya mengedepankan aspek fungsionalitasnya melainkan juga sisi estetika yang ada di dalamnya, maka penggunaan dan pengaturan dekorasi dalam rumah merupakan sebuah hal penting yang patut diperhatikan dan juga direncanakan dengan matang. Karena dengan dekorasi yang serampangan dan juga asal-asalan, tentu akan mengakibatkan adanya hasil visual yang berantakan tanpa meninggalkan kesan yang sedap dipandang mata. Urusan dekorasi rumah terlihat sepele dan gampang pada awalnya, namun jika kurang tepat penanganannya akan berakibat kurang baik. Oleh karena itu dekorasi dalam rumah perlu diperhatikan secara seksama sebelumnya, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan juga tentunya menyenangkan untuk ditempati.

Lantas apa saja sih yang harus diperhatikan dalam seni dekorasi rumah? Bagaimana caranya memilih dekorasi yang tepat tanpa harus meninggalkan kesan norak? Melalui ulasan di bawah ini, kami akan merangkum beberapa hal penting dan juga beberapa tips yang kami harapkan bisa menjadi aspek pertimbangan anda dalam mendekorasi rumah hunian anda. Mari kita simak bersama-sama ulasan singkat dibawah ini.

Pemilihan Warna

Kebanyakan orang memilih warna cat putih sebagai tema utama dalam warna rumah mereka. Tidak salah memang, karena warna putih bisa memberikan kesan minimalis namun juga mampu memberikan nuansa yang stylish dan elegan. Namun jangan salah, warna putih tidaklah hanya sekedar putih. Ada beberapa macam warna putih yang bisa anda pilih untuk lebih menegaskan tema utama yang ingin anda tonjolkan dalam kesan hunian anda. Berikut ini beberapa variasi warna putih yang mungkin bisa anda pilih salah satunya.

– Putih krem (creamy white). Ruang tamu bercat putih krem atau creamy white bisa menjadi tempat yang sangat menyenangkan bagi para tamu dan kerabat yang berkunjung ke rumah anda. Tidak seperti warna putih polos, creamy white mampu memberikan nuansa yang berbeda.

– Putih sejuk (cool white). Dinding yang menggunakan warna putih sejuk atau cool white sangat cocok dengan pengaturan anda pada furnitur dan jendela. Warna ini menciptakan kesan yang tenang dan memiliki sedikit kontras. Putih yang sejuk ini akan sangat cocok diterapkan pada hunian anda yang memiliki tema kontemporer karena memberikan kesan modern.

– Putih lembut (soft white). Memadukan warna putih dengan sedikit warna hitam akan menciptakan kesan seni yang elegan. Layaknya sebuah kanvas, tema warna ini bisa memberikan keleluasan berekspresi bagi anda untuk memadupadankan dengan pilihan dekorasi yang lainnya.

– Putih hangat (warm white). Penggunaan warna putih dengan corak kecoklatan akan mampu menciptakan nuansa organik yang hangat. Jika anda menerapkan tema warna ini pada ruang makan anda, maka warna ini akan sanggup menghadirkan nuansa kehangatan tersendiri pada jamuan makan keluarga anda.

Kemudian bagi anda yang ingin lebih bereksplorasi, maka anda bisa menggunakan warna selain putih untuk lebih mengekspresikan apa yang anda inginkan. Namun yang perlu anda ketahui, ada tiga hal penting yang patut diingat sebelum anda memutuskan warna pada desain rumah anda:

  • Memahami dengan baik warna dasar yang ingin digunakan sehingga Anda dapat memilih warna tambahan (sekunder) dengan baik.
  • Mengetahui cara mengkombinasikan warna yang tepat.
  • Mengenali karakter warna dan efek yang dapat ditimbulkan oleh warna tertentu kemudian disesuaikan dengan karakter yang ingin anda bangun.

Dengan memperhatikan hal tersebut, maka tidak ada lagi cerita adanya salah ekspresi dalam tema dekorasi rumah anda.

Penambahan Aksesoris Untuk Mempercantik Ruangan

Setelah memperhatikan dan memilih warna yang pas dan juga tepat untuk mengekspresikan karakter yang anda inginkan, maka selanjutnya anda bisa mulai menambahkan aksesoris yang tepat untuk dekorasi rumah anda. Perhatikan dengan cermat aksesoris yang ingin anda tambahkan. Jangan sampai membuat rumah anda berkesan terlalu ramai dan penuh karena adanya pemilihan dan penambahan aksesoris yang kurang tepat.

Rak Buku

Selain sebagai fungsinya untuk menata dan juga merapikan koleksi buku kesayangan anda, maka anda bisa sekaligus menjadikan sebagai dekorasi yang indah untuk rumah anda. Anda bisa memilih rak buku dengan warna dan corak yang kontras, sebagai aksesoris yang cantik dan juga menunjang keserasian tema yang ingin anda tonjolkan.

Karpet

Jangan salah, karpet juga merupakan salah satu aksesoris penting yang mampu menghadirkan sebuah nuansa tersendiri. Dengan penambahan karpet, misal pada ruang tamu anda, maka akan mampu memberikan kesan yang berbeda dengan sebelumnya. Dengan pemilihan corak, bahan, serta warna yang tepat maka akan semakin memperindah dan memberikan warna tersendiri dalam ruangan rumah anda.

Tanaman

Mengenai hal ini mungkin sudah tidak diragukan lagi ya. Kehadiran tanaman memang sudah

terpercaya untuk memberikan nuansa keindahan tersendiri dalam sebuah rumah, selain fungsi utamanya yang berguna sebagai penyejuk alami. Anda bisa mencoba untuk meletakkan satu atau dua tanaman hijau pada sudut ruangan anda untuk menyegarkan mata dan juga udara. Selain memberikan kesan yang cantik, maka ruangan anda juga akan  menghadirkan kesan yang fresh dengan adanya tanaman pada sudut ruangan anda. Anda tidak harus menggunakan tanaman yang sulit dirawat. Tanaman hias mini berupa kaktus, calandiva, ataupun miana yang tidak memerlukan perhatian ekstra sudah cukup untuk mempercantik ruangan anda. Terlebih lagi mengurus tananaman, menyiram air dan memberikan perhatian pada tanaman juga bisa memberikan bonus ekstra berupa efek tenang dalam diri anda.

Lampu Gantung

Anda ingin sedikit memberikan kesan klasik dan antik pada ruangan anda? Mudah. Anda cukup menambahkan lampu gantung pada ruangan anda. Dengan pemilihan lampu gantung yang tepat, maka akan mempu memberikan nuansa klasik yang elegan pada ruangan anda. Jika anda menempatkannya pada ruang makan, maka acara santap makan anda bersama keluarga akan menjadi semakin semarak dan harmoni dengan adanya unsur klasik yang diberikan lampu gantung tersebut.

Foto-Foto

Bagi anda yang menyukai fotografi, maka kenapa tidak anda pajang hasil karya anda? Deretan foto pada ruangan anda jelas mampu menambah kesan yang ekslusif pada rumah anda. Foto sebagai saksi bisu yang menceritakan peristiwa penting dan berkesan yang telah anda alami tentunya dapat dijadikan elemen dekorasi interior rumah yang menghangatkan rumah anda. Foto-foto ini akan dapat memberi semangat untuk memulai hari, teman di saat kesepian, dan topik hangat untuk saling berbagi cerita saat anggota keluarga anda berkumpul bersama.

Lukisan

Kemudian salah satu aksesoris lain yang tak lupa juga untuk ditambahkan adalah lukisan. Jelas tidak bisa diragukan lagi, lukisan dengan goresan seninya yang indah dan artistik akan mampu memberikan nuansa tersendiri pada ruangan rumah anda. Dengan kehadiran lukisan jelas akan mampu menyuguhkan nilai dan juga aura yang menghangatkan sekaligus menentramkan. Tidak perlu lukisan yang mahal, dengan pemilihan lukisan yang tepat sudah mampu memberikan semua nilai yang anda butuhkan untuk melengkapi kecantikan rumah anda.

 

Tips Dan Trik

Kemudian untuk bahasan selanjutnya adalah tips dan trik. Melalui uraian singkat dibawah ini akan kami berikan beberapa tips dan trik yang bisa anda terapkan dalam menata dan juga mengurus dekorasi rumah anda untuk dapat terlihat lebih cantik dan juga elegan.

– Coba Susun Aksesoris Rumah Secara Asimetris

Dalam mendekorasi rumah agar terlihat semakin cantik dan menawan, maka selain menambahkan beberapa aksesoris yang dekoratif, anda perlu memikirkan bagaimana caranya untuk menyusun semua yang ada pada ruangan anda semisal furniture dan juga aksesoris tambahan. Jika selama ini anda selalu meletakkan sofa secara simetris, maka anda bisa mencoba untuk mengubah tata letaknya menjadi asimetris. Jangan letakkan sofa sesuai bentuk sudut ruangan, tapi anda bisa mencoba meletakkannya berlawanan dengan sudut ruangan.

Kemudian untuk tempat tidur pun tidak selamanya harus diletakkan menempel pada dinding, tapi anda bisa coba meletakkannya di bagian tengah kamar dimana tidak menempel pada dinding seperti sebelumnya. Dan juga untuk dekorasi, anda tidak perlu menambah dekorasi yang baru, cobalah untuk saling menukar posisi beberapa dekorasi lama dimana bisa membantu mendapatkan suasana yang baru.

– Kualitas Lebih Penting Dibanding Kuantitas

Jika saat ini beberapa furnitur maupun aksesoris dekorasi anda sudah mulai ada yang rusak dan juga sudah mulai tidak bagus lagi kualitasnya, maka pertimbangkanlah untuk mulai merubah pola mindset anda. Mulai sekarang cobalah untuk lebih mengedepankan kualitas dibandingkan dengan kuantitas. Misalnya dengan membeli kursi dari kayu, bukan dari plastik. Memang harga kursi kayu lebih mahal daripada kursi plastik, akan tetapi kursi kayu ini akan awet lebih lama dan anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli kursi dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Selain itu, jumlah aksesoris rumah juga bisa mempengaruhi keindahan rumah. Dibandingkan menggunakan aksesoris rumah dalam jumlah banyak, akan lebih baik jika menggunakan 1 atau 2 buah saja. Semisal meletakkan 2 tanaman berukuran sedang di sudut ruang tamu, dibandingkan dengan meletakkan 5 tanaman kecil di seluruh sudut. Terlebih lagi jika ruangan anda berukuran mungil, maka jumlah aksesoris yang terlampau banyak tentu akan membuat rumah anda menjadi terkesan semakin sempit.

– Sesuaikan Ukuran Aksesoris Dekorasi Dengan Luas Ruangan

Sebelum memilih aksesoris dekorasi, sebaiknya anda perhatikan luas ruangan yang akan didekorasi terlebih dahulu. Pilihlah aksesoris rumah yang ukurannya sesuai dan pas dengan luas ruangan. Jangan gunakan aksesoris rumah berukuran kecil untuk ruangan berukuran luas karena ruangan akan terlihat sangat kosong dan tidak menarik saat dilihat. Jika ruangan anda saat ini terlihat penuh sesak, cobalah menyingkirkan beberapa aksesoris rumah yang tidak diperlukan atau yang ukurannya terlalu besar dan tidak pas untuk ruangan rumah anda.

– Ganti Suasana Dengan Mengganti Kain

Anda bisa mengganti tema dekorasi anda dengan suasana baru tanpa harus menggunakan budget yang besar. Jika selama ini sarung bantal anda hanya berupa kain polos berwarna netral, cobalah membeli sarung bantal baru dengan motif menarik dan warna yang mencolok. Anda bisa juga membuat sarung bantal sendiri dari kaos-kaos bergambar yang sudah tidak pernah anda gunakan lagi.

– Cat Ulang Furnitur Lama

Ingin mendapatkan suasana baru di dalam rumah, tapi tidak memiliki banyak dana untuk membeli aksesoris rumah yang baru? Cat ulang saja beberapa furnitur lama anda dengan warna yang berbeda. Beberapa furnitur yang bisa anda cat ulang adalah meja, kursi, dan lemari yang terbuat dari kayu atau besi. Dengan demikian anda hanya perlu membeli beberapa kaleng cat saja. Pastikan untuk mengecat dengan rapi dan seksama agar hasilnya nanti benar-benar terlihat seperti aksesoris rumah yang baru. Dengan demikian, anda bisa menghemat budget yang cukup lumayan untuk bisa mengganti suasana dekorasi rumah anda.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai ide dan tips dekorasi yang bisa anda terapkan untuk lebih mempercantik tema ruangan rumah anda. Dengan memperhatikan hal tersebut maka kami harapkan anda bisa memperoleh hasil yang maksimal dalam mempercantik dan juga manjadikan rumah anda menjadi lebih semarak serta menyenangkan.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan