Dalam sebuah rumah idaman, tentunya akan ada banyak sekali nilai keindahan yang berusaha ditampilkan oleh pemiliknya, baik dari segi interior maupun eksterior. Salah satu bagian pada rumah yang cukup sering ditonjolkan keindahan bentuknya selain tentunya juga fungsinya yaitu pada bagian balkon. Balkon sendiri merupakan faktor penting yang menentukan nilai estetika pada bagian depan rumah yang memiliki dua lantai atau lebih. Dari artinya, balkon sendiri mempunyai arti yaitu teras yang terletak di lantai atas, sedangkan teras merupakan sebuah bangunan yang lebih tinggi dari permukaan tanah, dimana biasanya terdapat pada halaman depan atau belakang dimana berfungsi sebagai tempat bersantai keluarga maupun tamu kerabat yang berkunjung. Dengan adanya balkon pada rumah idaman anda, maka bisa dipastikan tampilan rumah anda akan menjadi lebih indah dan bernilai estetika yang tinggi.

Tentunya ada banyak sekali ide desain balkon yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan untuk lebih mempercantik tampilan rumah anda. Namun sebelum menuju pada pembahasan tema desain tersebut, mari sejenak kita bahas mengenai balkon secara lebih lanjut mengenai kualifikasi umum dan beberapa hal penting yang wajib diperhatikan dalam membentuk tampilan balkon yang elegan dan keren bagi rumah anda.

Dibandingkan dengan teras, balkon mempunyai beberapa kelebihan tersendiri. Diantaranya jika digunakan untuk menikmati pemandangan alam sekitarnya, maka jarak pandang dari balkon bisa mencakup view yang lebih luas. Kesejukan udara alami yang didapatkan tentunya juga menjadi lebih banyak karena adanya sirkulasi udara yang lebih bebas dan tidak terhalang oleh tembok maupun pagar. Bagi anda yang memiliki rumah dengan menerapkan konsep desain minimalis , maka bentuk balkon yang bagus dan pas adalah yang sederhana dan diberi pagar teralis polos secara horisontal ataupun vertikal. Adapun bahan yang digunakan bisa berupa kayu atau besi. Sedangkan bagi anda yang memiliki rumah bergaya klasik, teralis yang dipasang akan menjadi semakin cantik dengan adanya motif ukiran. Kemudian untuk rumah yang punya desain country maka gaya yang diterapkan cenderung memunculkan kesan gagah dan kuat dengan pemberian warna yang lebih gelap. Dan bahan yang digunakan untuk rumah bergaya country ini pada umumnya adalah dari bahan kayu.

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaan pagar untuk balkon adalah ukuran. Dimana ukurannya tidak boleh lebih tinggi dari ukuran pagar rumah. Kemudian sebisa mungkin untuk bentuk dan desainya dibuat untuk tetap sama. Jika ukuran pagar pada balkon lebih tinggi akan mengakibatkan nilai estetika dan keindahan bangunan rumah anda akan berkurang dimana kesan yang ditampilkan tidak serasi dan juga selaras.

Lalu ketika membuat balkon, coba anda perhitungkan dengan cermat dan seksama arah matahari yang masuk ke dalam hunian anda. Sangat disarankan agar arah balkon tidak menghadap ke arah matahari yang akan tenggelam. Sebab sinar matahari yang akan tenggelam mempunyai sifat yang lebih panas dibandingkan matahari terbit, dimana hal ini sedikit banyak bisa mempengaruhi atau bahkan merusak bagian ruang terutama pada cat tembok dan perbagai perabot yang ada di dalam hunian anda. Namun jika ternyata keadaan ini tidak memungkinkan, maka balkon tersebut bisa disiasati dengan adanya pemberian aneka pohon yang ditaruh dalam pot agar sinar matahari bisa terhalang masuk. Pilihlah jenis pohon yang punya ketinggian tertentu sehingga bisa menghalangi masuknya sinar matahari dengan maksimal. Namun seandainya jika sinar matahari tetap bisa masuk, maka anda bisa menggunakan cara yang lain yaitu dengan menggunakan tanaman yang bisa tumbuh menjuntai ke bawah dan diletakan dalam pot gantung. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengurasi dan meminimalisir akan dampak yang ditimbulkan adanya sinar matahari tersebut.

Kemudian setelahnya, selain mempertimbangkan ukuran bangunan, maka pembuatan balkon juga harus menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar rumah anda. Terutama ukuran lebar jalan yang ada di depan rumah anda. Jika jalannya mempunyai ukuran yang relatif kecil dan sempit, maka ukuran balkon juga harus bisa menyesuaikan, menjadi tidak boleh begitu besar. Jika balkon terlalu besar, bukan tampilan indah yang didapat, namun kesan padat atau sesak yang akan muncul dimana akan menyebabkan tampilan rumah anda secara keseluruhan menjadi kurang sedap untuk dipandang mata. Berbeda halnya jika jalan tersebut mempunyai ukuran yang sangat lebar. Ukuran balkon juga bisa dibuat secara maksimal, sehingga bisa dilihat dari luar secara maksimal pula dan kesan yang diciptakan akan menjadikan tampilan yang terasa lebih lapang.

Jika rumah anda kebetulan terletak dijalan besar maupun ditengah kota, tentu trafik lalu lintasnya juga menjadi lebih padat. Hal ini menimbulkan efek berupa suara bising dari kendaraan yang bisa mengganggu kenyamanan dalam area relaksasi keluarga anda. Lalu apa yang bisa dilakukan? Agar balkon tetap bisa memberi ketenangan, maka sebaiknya posisikan balkon tersebut agar lebih masuk ke dalam. Kemudian perhitungkan juga jika area di depan rumah anda ternyata juga terdapat bangunan bertingkat dan kebetulan sama-sama memiliki balkon. Usahakan agar desain balkon anda dibuat menjadi area yang lebih tertutup sehingga tidak mengganggu kenyaman dan privacy anda sekeluarga. Namun jangan lupa dengan esensi balkon itu sendiri, desain tertutup ini tidak boleh menghalangi mata anda untuk menikmati pandangan yang luas. Jika balkon anda terhalang dan tidak bisa menikmati view yang luas, maka bangunan yang anda ciptakan tersebut tidak akan berbeda dengan ruangan biasa yang hanya diberi jendela atau pintu saja.

Lalu yang terakhir, karena balkon anda terletak menghadap ke lingkungan sekitar yang terbuka, maka tentu aspek keamanan patut anda perhatikan secara cermat. Usahakan untuk tidak menggunakan adanya furniture mahal dan mudah menarik perhatian di area tersebut. Untuk lebih mendapatkan ketenangan, maka balkon dapat anda berikan media CCTV disudut ruangannya demi mendapatkan aspek keamanan yang tentunya lebih terjaga.

Itu tadi merupakan gambaran singkat mengenai ketentuan umum dan juga beberapa hal penting yang bisa anda perhatikan sebelum memilih desain balkon yang tepat untuk hunian anda. Kemudian untuk lebih memberikan inspirasi dan juga masukan untuk anda, maka dibawah ini kami berikan beberapa ide desain balkon yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda.

Balkon Dengan Desain Tropis

Dengan adanya kesan tampilan yang natural namun juga elegan dari bahan kayu yang disusun secara sederhana ini, maka balkon pada hunian ini menjadi terlihat sangat keren untuk rumah mewah bergaya tropis ini. Karakter kayu yang sengaja diekspos ini memunculkan adanya sisi kemewahan dan kecantikannya yang alami. Tema desain ini cocok untuk anda terapkan bagi anda yang mempunyai jiwa alami dan menginginkan keasrian pada area bersantai anda.

Balkon Yang Berbeda Untuk Setiap Ruang

Balkon dengan tema seperti ini bisa anda hadirkan kedalam hunian anda jika anda ingin menampilkan keindahan garis untuk membentuk kejelasan perspektif ruang yang ada. Dengan adanya tema desain balkon seperti ini, maka rumah anda akan menampilkan begitu banyak garis sebagai karakter utama untuk tampak muka, dinding, lantai, jendela, dan pagar balkon. Keberadaan banyak balkon ini sanggup mempertegas konsep garis yang diusung dan menampilkan sisi keindahan desain modern yang coba anda wujudkan.

Balkon Sebagai Kanopi Lantai Bawah

Bagi anda yang berjiwa dinamis, maka desain ini akan cocok untuk anda. Dengan adanya rancangan balkon yang multi-fungsi, dimana balkon ini mempunyai dua fungsi sekaligus yaitu menjadi kanopi untuk teras yang berada di bawahnya, kemudian juga sebagai point of interest sisi depan bangunan anda. Ide desain balkon ini tampil menjadi unik dengan adanya pola garis-garis vertikal yang terdapat pada pagar balkon, dimana berbeda dengan bagian dinding lainnya yang berpola kotak-kotak coklat. Hal ini memberikan sebuah penegasan pada balkon tersebut sehingga kesan elegan yang coba anda tampilkan bisa terkesekusi secara lebih sempurna.

Balkon Dengan Area Bersantai

Ide desain pada balkon ini mengkolaborasikan adanya bahan alam berupa kayu dan batu alam. Balkon ini juga memiliki area duduk untuk bersantai lengkap dengan taman minimalis berhiaskan bunga lili lokal dan pohon tabebuia/sakura Indonesia. Ide desain ini jelas ditujukan bagi anda yang menginginkan adanya sebuah tempat bersantai sekaligus relaksasi yang mendalam pada bagian rumah anda, diselingi dengan hamparan pemandangan yang siap untuk disajikan kepada anda. Dengan adanya balkon yang memiliki konsep sebagai taman mini ini, maka acara bersantai keluarga anda di sore hari menjadi lebih hangat dan bermakna. Anda bisa pilih dan gunakan jenis kayu dan batu alam yang sesuai dengan selera anda pribadi untuk lebih dapat mendapatkan kesan yang anda inginkan.

Balkon Sekaligus Selasar Penghubung Antar Ruang

Sebagai ide desain alternatif lain, maka anda bisa merancang balkon yang juga memiliki fungsi sebagai selasar dimana menginteraksikan antara interior dan eksterior. Dengan tambahan adanya lantai berjenis parket dengan susunan garis-garis sederhana dan berpadu serasi dengan kolom-kolom struktural, maka akan semakin menegaskan sisi dinamis yang coba anda wujudkan. Keduanya memberikan sentuhan minimalis yang mampu menghadirkan sistem pencahayaan dan juga aura yang menenangkan bagi ruang-ruang di sekelilingnya. Balkon ini bisa menjadi tempat anda menikmati pemandangan area terbuka di tengah rumah, diiringi suasana yang tenang dan menentramkan, keindahan tanaman favorit anda berhiaskan bunga kuning mungil yang cantik, dan tak ketinggalan juga gemericik air dari kolam yang ada di lantai dasar. Sebuah perpaduan yang sangat sempurna dan juga pas untuk anda yang mendambakan suasana kedamaian pada sebuah hunian.

Balkon Minimalis Sebagai Ruang Makan

Pernah terpikirkan suasana makan malam keluarga anda menjadi semakin hangat dan romantis? Maka ide desain balkon ini bisa menjadi pilihan bagi anda. Dengan desain balkon yang memiliki fungsi tambahan sebagai ruang bersantap bersama, tentunya akan ada banyak keceriaan dan kehangatan dalam kebersamaan yang tercipta pada acara makan anda sekeluarga. Memadukan adanya unsur kayu yang tampak serasi dengan lingkungan sekitar, ditambah dengan penggunaan kaca berukuran besar dimana menyatukan ruangan lain yang ada di lantai tersebut, semakin menciptakan persona rumah hunian yang tidak hanya elegan namun juga sangat diidamkan oleh semua orang.

Demikian ulasan singkat mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan balkon dan juga beberapa ide desain balkon yang bisa anda pilih untuk diterapkan pada hunian anda. Untuk dapat lebih mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna, maka mengenai balkon ini harus sudah terpikirkan dan juga terencana matang sebelumnya mengenai tema dan juga kecocokannya dengan garis besar gaya hunian rumah anda.

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan