Mungkin anda pernah mengalami atau bahkan saat ini masih memiliki dinding rumah yang lembab dan rembes serta berjamur. Hal  ini tentunya sangat menggangu sekali karena bisa merusak keindahan rumah anda dan bahkan bisa merusak dinding rumah anda di kemudian hari.  Anda perlu mengetahui apa penyebab terjadinya dinding yang lembab dan rembes serta berjamur.

 

Faktor Penyebab Dinding Lembab

Dinding yang menjadi pembatas antara ruangan dengan kamar mandi seringkali terlihat lembab. Karena pada dasarnya kamar mandi itu sangat lembab sehingga besar kemungkinan dinding pembatas kamar mandi tersebut akan lembab sekali dan mudah ditumbuhi jamur. Saat hujan turun ada atap yang bocor akan mengakibatkan dinding menjadi lembab. Untuk masalah yang satu ini, sebaiknya perbaiki atap yang bocor terlebih dulu. Terkadang lokasi rumah  juga sangat berpengaruh. Jika memang Anda tinggal di daerah yang dingin apalagi berdekatan dengan irigasi, maka tidak mengejutkan jika dinding rumah sering lembab.

 

Tips Melindungi Dinding Rumah Dari Lembab

Jika saat ini Anda sedang membangun atau merenovasi rumah terutama bagian dinding, perhatikan beberapa tips agar dinding tidak lembab. Jika rumah Anda bersebelahan dengan irigasi dan cat luar langsung terkena paparan sinar matahari, sebaiknya gunakan cat waterproof untuk melindungi warna dinding agar tidak cepat pudar.

Selain itu, untuk dinding bagian dalam gunakan sealer sebelum mengecat dinding. Jadi, ada dua lapisan yang akan melindungi dinding dari kelembaban. Namun, apabila dinding sudah terlanjur lembab dan berjamur, perhatikan tips berikut ini.

 

Di Bawah ini Adalah Langkah-Langkah Mengatasi Dinding Berjamur dan Rembes :

  1. Gunakan cat tahan air (waterproof) untuk mencegah air merembes atau tembus ke dinding yang membuat lembab.
  2. Gunakan amplas untuk menggosok dinding yang berjamur hingga dinding berpori untuk mengeluarkan uap air dan menghilangkan lapisan jamur pada dinding.
  3. Setelah dinding di gosok hingga berpori, kemudian gunakan klorin atau kaporit pada dinding dengan cara gosok perlahan. Sebaiknya anda harus hati-hati karena klorin dan kaporit mengandung bahan kimia yang bisa membuat iritasi kulit. Sebaiknya anda harus menggunakan kacamata pelindung dan sarung tangan karet agar terhindar dari masalah iritasi kulit.
  4. Setelah dinding di gosok dengan klorin dan kaporit, maka anda harus diamkan dinding selama semalaman agar larutan tersebut bisa meresap dan jika sudah kering Anda kerok dinding tersebut dan bersihkan dengan lap kering.
  5. Lapisi dinding dengan cat berbahan dasar pelarut setelah di kerok kemudian Anda bisa cat ulang menggunakan cat tembok biasa dengan catatan cat berbahan dasar pelarut sudah kering.
  6. Anda juga dapat mencampurkan pelapis anti bocor dengan cat tembok yang telah Anda persiapkan dengan perbandingan 1:1 untuk menghindari agar dinding rumah tidak berjamur dan rembes lagi di kemudian hari.
  7. Untuk mencegah masalah dinding rumah yang lembab dan rembes di kemudian hari, pada saat melakukan pengecatan Anda bisa menambahkan cat pelapis anti bocor pada cat tembok dengan perbandingan 1 : 1

 

Tips Membersihkan Dinding Rumah Tanpa Cat Terkelupas

 

Baking Soda

  • Baking soda tergolong bahan pembersih ampuh yang bisa diterapkan di mana saja, termasuk pada permukaan dinding. Tambahkan setengah cangkir baking soda dalam ember air. Aduk hingga baking soda tercampur rata. Lalu celup spons ke dalam campuran tersebut dan usapkan spons pada noda di dinding dengan gerakan memutar perlahan agar cat dinding tidak terkelupas.

 

Cuka

  • Sama seperti baking soda, cuka juga memiliki kemampuan sebagai cairan pembersih alami yang efektif. Namun, cuka memiliki keunggulan karena bisa diterapkan di permukaan dinding yang berlumut dan ditumbuhi jamur. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1 : 1. Celup spons ke dalam larutan ini kemudian gunakan untuk membersihkan area dinding yang bernoda. Usapkan spons dengan gerakan memutar dan biarkan kering dengan sendirinya.

 

Sari Jeruk Lemon

  • Peras jeruk lemon dan ambil sarinya kemudian campurkan sari jeruk tersebut dengan air dengan perbandingan 1 : 1. Tuangkan cairan ini ke botol spray. Semprotkan pada dinding yang bernoda secara perlahan dan biarkan dinding kering alami.

 

Itulah beberapa tips yang bisa di pertimbangkan, apabila anda berencana membanagun rumah bertipe minimalis, bersama CV. Karya Mandiri bisa memberikan solusi dan inovasi untuk mewujudkan keinginan pembangunan rumah anda.

Tinggalkan Balasan