Apa saja sih aspek yang dibutuhkan untuk membuat sebuah rumah hunian menjadi nyaman untuk ditempati? Tentunya ada banyak sekali ya. Mulai dari kerapian, keindahan, hingga pada aspek kesehatan. Nah mungkin yang terakhir ini yang kerap kali disepelekan atau dianggap remeh. Padahal aspek kesehatan merupakan salah satu hal penting dimana wajib untuk diperhatikan secara seksama.
Dan salah satu variabel penting dalam aspek kesehatan rumah hunian seperti yang telah kita ketahui bersama yaitu adanya ventilasi udara. Tentunya tidak hanya sekedar asalkan ada ventilasi udara, lantas aspek tersebut telah terpenuhi. Karena jika asal dan sembarangan dalam memilih lokasi serta tata letaknya, tidak cukup memberikan manfaat dalam sisi kesehatan.

Lantas seperti apa sih sistem ventilasi yang paling baik? Jika kita melihat dari sisi lokasinya, maka kita yang berada di Negara tropis akan sangat tepat jika menggunakan sistem ventilasi silang. Pastinya ada diantara anda yang masih kurang familiar dengan istilah ventilasi silang. Namun jangan khawatir, akan kita ulas bersama secara lebih jauh melalui pembahasan dibawah ini!

Kenapa Ventilasi Dianggap Penting?

Manusia adalah mahluk yang sangat bergantung terhadap udara, sehingga kualitas udara yang bersih, layak, dan sehat, jelas akan sangat dibutuhkan. Kualitas udara yang buruk jelas akan sangat berdampak negatif terhadap kesehatan manusia. Karena itulah, ventilasi pada sebuah rumah hunian patut untuk diperhatikan secara seksama. Dimana nantinya perputaran udara yang baik pastinya akan menghasilkan udara bersih dengan kualitas yang prima.

Dan tidak hanya sampai disitu, arus perputaran udara yang baik juga nantinya akan membawa dampak yang cukup besar terhadap interior rumah. Material bangunan, perabot, dinding, dan lain sebagainya akan jauh lebih bisa bertahan lama saat didukung dengan adanya arus pertukaran udara yang baik. Karena pertukaran udara tersebut yang menjaga adanya keseimbangan suhu serta kelembaban di dalam rumah hunian. Jika suhu dan kelembaban udara pada ruang anda terjaga dengan baik, maka tentunya perabot anda dan berbagai material lainnya tidak akan cepat rusak bukan?

Ventilasi Silang Atau Cross Ventilation

Kemudian yang selanjutnya kita masuk ke pembahasan ventilasi silang. Untuk rumah hunian yang berada pada iklim tropis, maka sistem ventilasi silang ini dinilai sebagai sistem yang paling pas dan ideal. Ventilasi silang sendiri berarti sistem sirkulasi udara dengan cara membuat bukaan pada bagian tertentu dari sebuah ruang bangunan, dimana nantinya akan ada dua bukaan yang saling berhadapan.
Untuk cara kerja dari sistem ventilasi silang ini terbilang cukup sederhana. Sistem ini akan bekerja dengan memanfaatkan adanya perbedaan tekanan udara, yaitu antara zona tekanan tinggi dan zona tekanan rendah. Kemudian adanya perbedaan tekanan tersebut yang nantinya menarik udara segar dari satu sisi bukaan, kemudian mendorong udara pengap untuk keluar dari bukaan yang lainnya. Dengan demikian, maka ruangan yang menggunakan sistem ventilasi silang akan terhindari dari ruang pengap, sesak, ataupun sumpek, karena aliran udara akan keluar masuk dengan lancar melalui dua bukaan yang ada.

Untuk ilustrasinya bisa anda perhatikan melalu gambar diatas. Ventilasi silang memungkinkan untuk adanya pertukaran udara yang berkelanjutan, karena udara yang masuk akan terdorong keluar melalui bukaan yang lainnya. Itu artinya tidak akan ada udara yang mengendap di dalam ruangan, karena akan segera keluar tergantikan dengan udara baru yang lebih segar. Jika begitu, maka dipastikan adanya suhu dan juga kelembaban yang terjaga karena sirkulasi udara yang masuk akan terus berkelanjutan silih berganti.
Dalam merancang sistem ventilasi silang, maka nantinya anda akan memperhitungkan melalui luas ruangan yang ada. Sebaiknya saat membuat ventilasi, maka ukuran yang disarankan adalah minimal 20 persen dari luas ruangan yang ada. Kemudian ventilasi silang sebaiknya dibuat dengan posisi yang bersilangan atas bawah, ataupun menyerong ke arah kiri kanan. Dan jangan lupa ya untuk tidak meletakkan banyak furnitur dengan ukuran besar pada arah arus ventilasi silang tersebut, agar tidak mengganggu kelancaran aliran udara yang ada nantinya.

Minim Penggunaan AC

Tentu akan ada cukup banyak manfaat yang bisa anda rasakan nantinya setelah mengadaptasi sistem ventilasi silang ini. Salah satunya yaitu pada penggunaan pendingin ruangan atau yang sering kita sebut sebagai Air Conditioner (AC). Nantinya akan terasa dampak manfaat positifnya, yaitu anda tidak perlu lagi sering-sering untuk menyalakan AC.

Mungkin biasanya anda perlu untuk menghidupkan AC dengan durasi yang cukup lama, atau bahkan secara terus menerus. Saat tidak dihidupkan sebentar saja, rasanya sudah cukup gerah dan pengap. Jika itu yang terjadi, mungkin sudah saatnya anda mengaplikasikan sistem ventilasi silang.
Dengan penerapan sistem ventilasi silang, maka ruangan anda nantinya akan lebih terjaga kesegaran udaranya. Karena memang akan ada sistem perputaran udara dengan sirkulasi yang terus menerus silih berganti. Dengan begitu maka anda sudah bisa menurunkan tingkat ketergantungan anda terhadap pendingin ruangan. Setidaknya akan ada sedikit penghematan bukan?

Pencahayaan Yang Lebih Natural

Keuntungan yang berikutnya akan anda rasakan dari segi pencahayaan ruangan. Dengan adanya dua bukaan yang cukup besar, maka dipastikan akan ada cukup banyak sumber cahaya matahari yang akan menyinari. Yang natural pastinya akan jauh lebih menyehatkan bukan?

Jika selama ini anda masih boros lampu, mungkin sudah saatnya anda beralih ke sistem ventilasi silang. Karena selain sistem ini memberikan manfaat berupa sirkulasi udara yang lebih terjaga kualitasnya, maka anda akan merasakan adanya pencahayaan yang jauh lebih baik.
Jumlah bukaan yang ditambah, kemudian dengan luasnya yang diperlebar, maka nantinya akan berperan sebagai jalan masuk cahaya matahari. Anda tidak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari, karena pencahayaan yang ada sudah mencukupi dengan baik melalui cahaya alami nan natural dari matahari. Tentunya akan jadi lebih sehat ya pastinya?

Selain Sehat, Yang Pasti Hemat Biaya

Setelah cukup panjang mengenal sistem ventilasi silang, sekarang apakah yang ada di benak anda? Tentunya jadi bikin anda tertarik ya? Terlebih bagi anda yang selama ini masih merasakan ada yang kurang nyaman pada rumah hunian anda. Karena bisa jadi itu karena faktor udara yang kurang berkualitas, dimana disebabkan oleh sistem pertukaran udara yang kurang maksimal.

Dengan menerapkan sistem ventilasi silang, maka nantinya akan semakin menambah nyaman ruangan yang ada pada hunian anda. Sudah nyaman, jadi jauh lebih sehat, belum ditambah dengan adanya penghematan biaya. Anda jadi tidak perlu sering-sering menghidupkan pendingin ruangan atau AC, dan jadi bisa lebih hemat listrik karena tidak membutuhkan lampu penerangan pada siang hari. Biaya tagihan listrik jadi lebih irit, dan anda bisa anggarkan untuk kebutuhan yang lainnya. Menguntungkan sekali kan pastinya!

Nah jadi itu tadi ulasan singkat mengenai ventilasi silang. Tentu kami harapkan pembahasan kali ini bisa memberikan inspirasi dan juga tambahan pengetahuan untuk anda. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
0
20
fb-share-icon20

Tinggalkan Balasan